Monash University Hadir di BSD City! Kuliah Lagi Yuk~

Sunday, December 6, 2020

Universitas Luar Negeri Pertama di Indonesia,  Monash University Hadir di BSD City

Akhir-akhir ini saya sedang lumayan sering mengikuti e-learning a.k.a kursus online, mulai dari kursus yang membahas tentang dunia marketing sampai ke kursus-kursus yang membahas tentang digital. Semenjak pandemi, aneka talkshow pun semakin banyak yang digelar secara online dan tentunya kalau saya sedang sempat saya juga suka ikutan.

Saking tingginya semangat belajar dan saking seringnya ikutan e-learning dan ikutan talkshow, sampai-sampai terbersit kembali di benak saya cita-cita lama yang belum kesampaian, yaitu lanjutin kuliah S2 Marketing. Kalau bisa sampe S3, juga saya mau, MAU BANGET! Hahaha~ Sayangnya, biaya untuk kuliah masih dalam tahap pengumpulan -yang nggak tau kekumpulnya kapan- dan saya juga masih cari-cari universitas mana yang menawarkan program yang oke dengan biaya yang oke juga~

Monash University Hadir di BSD City! Kuliah Lagi Yuk~

Baru-baru ini, saya dapat sebuah informasi tentang Monash University yang akan hadir di Indonesia, tepatnya di BSD City loh! Sebenarnya BSD City telah dikenal sebagai tempat dari berbagai sekolah, lembaga pendidikan informal, hingga perguruan tinggi di Indonesia. Sejumlah institusi pendidikan ternama seperti Universitas Atma Jaya, Universitas Prasetiya Mulya, dan IULI, bahkan institusi berskala global seperti Apple Developer Academy dari Apple Inc. dan AWS Academy dari Amazon pun beroperasi di BSD City. Selain itu, di BSD City juga ada beberapa pusat pendidikan nonformal seperti Purwadhika Digital Technology School, Techpolitan, Binar Academy, Creative Nest, dan NXL Esports Center yang tentunya menjadi sarana bagi para pelajar dan mahasiswa untuk menambah ilmu serta keahliannya.

Infonya, pada tahun depan, BSD City akan kembali mendapatkan kehormatan dengan menjadi tuan rumah bagi Monash University sebagai perguruan tinggi luar negeri pertama yang akan beroperasi di Indonesia. KEREN!

Perguruan-Tinggi-Luar-Negeri-Pertama-di-Indonesia-Monash-University-Hadir-di-BSD-City-Kampus

Buat yang belum tau, Monash University tuh merupakan institusi pendidikan tinggi yang berdiri pada 1958 di Melbourne, Australia. Institusi perguruan tinggi tersebut tahun 2020 ini berhasil menduduki peringkat 55 dunia berdasarkan QS World University Ranking.

Jadi, Monash University melalui Yayasan Monash University Indonesia infonya sih akan membuka pusat pembelajaran di gedung GOP 9 kawasan BSD Green Office Park BSD City. Ekspansinya ke Indonesia merupakan langkah Monash untuk melebarkan sayapnya ke tingkat global, setelah membuka kampus di Malaysia, Tiongkok, dan India. Monash Indonesia juga akan mendukung perkembangan perguruan tinggi lokal melalui beberapa program kemitraan. Kehadiran Monash juga akan memacu perguruan tinggi nasional untuk dapat berprestasi di tingkat global. WOW! Apakah ini pertanda kalau saya harus kumpulin uang kuliah lebih giat dan coba apply untuk kuliah di Monash University? Doakan ya, semoga terwujud~

Universitas-Luar-Negeri-Pertama-di-Indonesia-Monash-University-Hadir-di-BSD-City-Magister-Gedung

Saya sih seneng banget denger info ini. Bahkan Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja pun menyampaikan bahwa pihaknya merasa sangat terhormat karena BSD City dapat menjadi lokasi bagi Monash University. “BSD City telah dikenal dengan ekosistem pendidikannya yang baik dengan adanya berbagai institusi pendidikan dan universitas terkemuka di Indonesia. Kini kami menyambut Monash University yang akan melengkapi ekosistem pendidikan di BSD City sebagai perguruan tinggi luar negeri pertama yang beroperasi di Indonesia. Ini merupakan peristiwa bersejarah sangat penting yang ditorehkan oleh pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Kami juga turut mendukung Monash University dalam upayanya untuk makin memperluas jaringannya di skala global sehingga mahasiswa Indonesia dapat turut menerima pendidikan kelas dunia,” tutur Michael dalam keterangan resminya.

Sementara itu Professor Andrew MacIntrye – Wakil Rektor Senior Bidang Kemitraan Asia Tenggara Monash University menyatakan: “Kami memilih BSD City karena lokasinya mencerminkan tujuan dari Monash, yaitu untuk terkoneksi ke industri, berada dekat dengan sejumlah perusahaan yang inovatif dan perguruan tinggi Indonesia lainnya, memiliki lingkungan yang berkesinambungan dan memberikan kehidupan yang baik antara kerja, rekreasi dan gaya hidup.”.

Dari info yang saya dapat juga, konon nantinya lulusan Monash University diharapkan dapat mengisi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di perusahaan-perusahaan yang berkantor dalam kawasan Central Business District (CBD) BSD City seperti Unilever, NTT, Orami, MyRepublic dan beragam lainnya. Kalau kamu juga berminat untuk menempuh pendidikan di Monash University yang ada di BSD City, kamu bisa akses menuju dan dari BSD City secara mudah yaitu melalui tol Jakarta-Serpong dan Jakarta-Merak yang terhubung dengan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), tol Jagorawi, dan tol Bandara. Selain itu, BSD City juga terintegrasi dengan beragam moda transportasi publik seperti Royal Trans Jabodetabek dan kereta listrik Commuter Line melalui kawasan transit-oriented development (TOD) Intermoda BSD City. Mudah banget kan aksesnya? Nggak perlu khawatir kesulitan akses menuju kampus nih!

Universitas-Luar-Negeri-Pertama-di-Indonesia-Monash-University-Hadir-di-BSD-City-Outdoor-Street-Building

Oh iya, Monash University Indonesia tuh katanya baru akan mulai beroperasi pada Oktober 2021. Kemudian Monash akan berfokus pada pendidikan tingkat Magister (S2) untuk bidang studi Data Science, Urban Design, Business Innovation dan Public Policy & Management. Wah cocok banget ini mah buat saya! kayanya saya mau cari tau lebih lanjut deh tentang jurusan-jurusan dan biaya studinya. Eh iya, kalo kamu mau cari informasi tentang Monash University yang ada di BSD Citu, kamu bisa cek di monash.edu/indonesia-campus ya!

Perguruan-Tinggi-Luar-Negeri-Pertama-di-Indonesia-Monash-University-Hadir-di-BSD-City-Bangku-Kuliah-Pendidikan-Global

Semoga info dari saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang ingin melanjutkan pendidikan terutama buat kalian yang mau melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi ya... Sampai ketemu lagi di postingan lainnya. Ciao~

Love,
Nola.

No comments

Post a Comment