[DIY] “NEWSY” Table Lampshade

5:22:00 PM no la 11 Comments


Yeap! Di DIY Project sebelumnya, saya sudah membuat Accessories Hanger dari koran bekas. Nah, di kesempatan DIY Project yang berbahagia kali ini -dengan masih memanfaatkan koran bekas- saya membuat “NEWSY” Table Lampshade, khusus untuk SPEAK! Magazine edisi April 2014. 
[DIY] “NEWSY” Table Lampshade Featured
"NEWSY" Table Lampshade karya saya dimuat di SPEAK! Magazine edisi April 2014, halaman 21!! Klik gambar untuk lebih jelas!! ;)

Mau tau gimana cara pembuatannya? Yuk mari dibaca aja di postingan kali ini..

Materials :
Koran Bekas 
Tools :
Gunting besar dan gunting kecil
Pulpen, pinsil, spidol
Penggaris
Lem kayu
Kuas
Cat poster / Cat semprot
[DIY] “NEWSY” Table Lampshade Langkah Persiapan
Tahap Pembuatan Kerangka Kap Lampu untuk "NEWSY" Table Lampshade
What to do :
-Potong kertas koran menjadi beberapa ukuran yang bervariasi baik itu panjang maupun lebarnya. Sementara itu encerkan lem kayu dengan sedikit air.
-Gunakan koran nomer 1 sebagai lapisan bawah dan panduan untuk menempelkan guntingan kertas koran yang sudah disiapkan. Pada guntingan Koran nomer 1 ini buatlah semacam kerangka untuk menempelkan guntingan kertas koran lainnya (guntingan nomer 2, 3, dan 4)
-Setelah kerangka terbentuk, tempelkan semua guntingan kertas koran dengan kombinasi dan posisi acak agar terbentuk tekstur menyerupai jaring.
-Setelah semua guntingan kertas koran menempel, tunggu sampai lem kering dan kaku, kemudian ginting dan rapikan pinggirannya.
-Setelah semua tahap dilalui, bentuklah sesuai keinginan. Kemudian rekatkan kedua tepinya dengan lem kayu, dan tunggu sampai kering.
[DIY] “NEWSY” Table Lampshade Kap Lampu
Tampilan "NEWSY" Table Lampshade Versi Polos
Sampai dengan semua tahap di atas, kamu sudah bisa menggunakan "NEWSY" Table Lampshade, hanya saja versi polos alias tanpa hiasan. Pengen "NEWSY" Table Lampshade kamu lebih kece? Kalo pengen, kamu bisa menambahkan ornamen hiasan yang bisa kamu tempelkan di badan kap lampu. Dalam DIY project saya kali ini, saya menggunakan hiasan berbentuk kupu-kupu. Cara membuatnya, sebagai berikut :
[DIY] “NEWSY” Table Lampshade Langkah
Tahap Pembuatan Ornamen untuk "NEWSY" Table Lampshade
-Untuk hiasan buatlah gambar kupu-kupu di atas kertas koran dengan berbagai ukuran.
-Gunting sesuai bentuknya, kemudian beri warna dengan menggunakan cat poster atau cat semprot.
-Tunggu sampai cat mengering, kemudian tempelkan semua kupu-kupu dari kertas koran tersebut di permukaan table lamp.

Tips :
-Dalam pengerjaan "NEWSY" Table Lampshade ini, karena bentuknya seperti jaring, maka lem akan sering tumpah-tumpah ke lantai. Keringkan pola table lamp dan bersihkan lantai secara berkala, agar pola yang sudah dibuat tidak menempel di lantai dan tentunya agar lantai tidak kotor.
-Pengeringan pola "NEWSY" Table Lampshade secara berkala, dapat dipercepat dengan menggunakan hairdryer. Gunakan hairdryer dengan speed terendah.
-Dalam proses pemberian warna ornamen, sebaiknya menggunakan alas kertas koran dan dilakukan di luar ruangan.
-Ornamen kupu-kupu bisa diganti dengan bentuk lainnya, misalnya bentuk hati, bentuk bintang, atau bentuk apapun sesuai dengan kreativitas kamu.
-Warna ornamen bisa disesuaikan dengan warna interior atau warna favorit masing-masing.

Voila, "NEWSY" Table Lampshade sudah semakin kece untuk mempercantik interior ruanganmu!
[DIY] “NEWSY” Table Lampshade Final
Tampilan Akhir dari "NEWSY" Table Lampshade

Oh iya, seperti yang sudah saya katakan di awal postingan, DIY project saya kali ini khusus saya kerjakan untuk SPEAK! Magazine edisi April 2014. Sedikit cerita tentang SPEAK! Magazine aja nih ya.. Di edisi SPEAK! Magazine yang bertema 'Fun and Friendship' ini, selain kamu bisa liat tutorial “NEWSY” Table Lampshade dari saya di halaman 21, kamu juga bisa baca cerita tentang single kedua dan cerita tentang sahabat-sahabat dari si cantik Elyzia Mulachela pemeran tokoh Luhde di film Perahu Kertas yang jadi cover SPEAK!. Selain itu, kamu juga bisa baca profil dan wawancara singkat dengan 3 orang SPEAK! Ambassador, baca info fashion, info buku bacaan, info film & lagu, info tempat hangout, dan masih banyak info seru lainnya lho!
Penasaran? So tunggu apa lagi, segera dapetin majalahnya dan dapetin berbagai info seru yang sayang banget untuk kamu lewatkan! ;)

Akhir kata, saya ucapkan terimakasih banyak untuk seluruh crew SPEAK! Magazine, terutama Mbak Mayda. Mungkin setelah karya yang ini saya akan bikin DIY project lainnya. Mau bikin apa lagi? Pantengin terus labollatorium.com lah ya! Ihhhiiiiiiiiiy~

Segini aja dulu postingan dari saya, salam sukses selalu dan......
TETAP SEMANGAT BERKARYA!

Ciao~

You Might Also Love

11 comments:

  1. bagus mbak.. dijual kira-kira berapa ya mbak ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduwh makasih nih dipuji bagus.. hihi.. eummm, ndak tau ya kalo dijual laku berapaan, kalo ada yang minat beli sih nego aja deh.. hahahaha.. soalnya aku bikinnya emang bikin buat dipake sendiri sih.. :)

      Delete
    2. .________.

      ya nggak gratisan juga atuuuuh.. cubit nih.. hahahahaaa..

      Delete
  2. Keren... kreatif nih mbaknya... :D

    ReplyDelete
  3. keren euyy..!! *langsung subscribe* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh makasih ya Reny.. aku jadi malu.. semoga ndak nyesel udah subscribe.. tapi aku nanti mau bikin DIY project lagi kok.. tungguin aja ya.. ;)

      Delete
    2. iyapp, tak tunggu beneran :D *duduk manis depan komputer sambil nyemil kripik*

      Delete
  4. wah keren sekali ka, nanti kalo ada waktu luang aku mau coba ah :)

    ReplyDelete
  5. keren bangeeeeeeet :D
    Dapet ide dari mana sih kaaak

    ReplyDelete