5 + 1 Alasan PRUprime healthcare syariah Sebagai Asuransi Kesehatan Unggulan Untuk Semua

12:30:00 AM no la 8 Comments

5 + 1 Alasan PRUprime healthcare syariah Sebagai Asuransi Kesehatan Unggulan Untuk Semua #PRUsyariahUntukSemua

“Kita sering baru menyadari arti penting dari keberadaan suatu hal justru saat kita telah kehilangan.”

Hal ini juga sering terjadi ketika kondisi tubuh kita kehilangan stamina saat sakit. Saat sakit, kita baru akan tersadar betapa pentingnya menjaga kesehatan dan betapa berharganya nikmat sehat. Saat sakit pula, seringnya kita juga baru tersadar akan mahalnya biaya perawatan dan biaya berobat. Pada saat yang sama, biasanya kita baru membuka mata akan pentingnya dana darurat dan betapa berartinya asuransi kesehatan yang justru akan membantu meringankan tanggungan biaya tagihan dari rumah sakit.

MILIKI ASURANSI KESEHATAN SELAGI SEHAT
Penyakit itu seperti tamu tidak diundang lho! Kita tidak pernah tau kapan pastinya ia akan hinggap di tubuh kita. Bahkan kita tidak pernah tau penyakit apa yang akan menjangkiti tubuh kita. Jenis penyakit kan sekarang bermacam-macam, bahkan kadang sakit juga bisa timbul karena faktor kecelakaan yang juga sama sekali tidak bisa kita duga-duga. Naudzubillahimindzalik.. Semoga kita senantiasa diberikan keselamatan dan kesehatan ya.. 

Well, seperti yang sudah saya sebutkan pada paragraf pembuka postingan ini bahwa pada saat sedang sakit, biasanya kita baru membuka mata akan pentingnya dan berartinya asuransi kesehatan. Namun sejatinya asuransi kesehatan bukanlah produk yang baru didaftarkan saat kita sakit. Justru jika kita mendaftarkan diri untuk memiliki produk asuransi pada saat kita sakit, kita malah akan ditolak mentah-mentah oleh perusahaan penyedia asuransi. Antisipasi tentu saja lebih baik jika dibandingkan dengan penyesalan di kemudian hari, kan? Apalagi jika sudah menyangkut biaya tindakan, pengobatan, dan perawatan yang tentunya akan semakin meningkat di masa yang akan datang. So, jangan tunggu sakit! Milikilah asuransi kesehatan selagi kita dalam kondisi sehat dan tidak perlu bingung bagaimana cara mengatur keuangan agar tetap bisa memiliki asuransi kesehatan.

5 + 1 Alasan PRUprime healthcare syariah Sebagai Asuransi Kesehatan Unggulan Untuk Semua #PRUsyariahUntukSemua

BAGAIMANA CARA MENGATUR KEUANGAN AGAR TETAP BISA MEMILIKI ASURANSI KESEHATAN?
Terutama jika sudah berkeluarga, tentunya kita bukan hanya harus memikirkan diri sendiri, namun kita juga harus memikirkan pasangan dan anak-anak kita, mulai dari zakat, konsumsi sehari-hari, biaya kesehatan keluarga, biaya pendidikan anak-anak, pengeluaran rutin rumah tangga, pengeluaran gaya hidup, bahkan hingga pengeluaran tak terduga dan mungkin cicilan. Mengatur pengeluaran pun menjadi tak semudah ketika masih melajang. Berdasarkan hal-hal tesebut lantas muncullah pertanyaan : “Bagaimana cara mengatur keuangan agar tetap bisa memiliki asuransi kesehatan?” 

Money is never enough? Right?! Namun jawaban untuk pertanyaan tersebut singkat saja, buatlah prioritas anggaran. Yeap! Berapapun pendapatan bulanan yang kita peroleh, selalu alokasikan dana untuk setiap kebutuhan dan tentunya alokasikan juga dana untuk asuransi kesehatan. Sebagai gambaran, alokasi penganggaran pendapatan bulanan dari saya ini mungkin bisa dijadikan patokan:
1. Sebagai seorang muslim, alokasi 2,5% untuk zakat adalah yang utama untuk saya anggarkan dari pendapatan;
2. Minimal 5% alokasikan untuk dana darurat, dan 5% untuk membayar premi asuransi;
3. Untuk alokasi konsumsi bulanan, sebaiknya melebihi 60% dari total pendapatan;
4. 15% dari pendapatan bulanan sebaiknya dialokasikan untuk tabungan dan investasi; dan
5. Sisanya bisa dialokasikan untuk cicilan (jika ada), namun cicilan jangan sampai melebihi 30% dari pendapatan. Jika ternyata cicilan sampai melebihi 30% dari pendapatan, maka yang harus dikorbankan adalah alokasi dana untuk konsumsi bulanan.

Jangan lupa juga untuk selalu mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran, agar kita dapat membuat alokasi anggaran yang sesuai dengan standar hidup. Agar hidup lebih terjamin, terutama bagi umat muslim, ada baiknya pilihlah asuransi kesehatan dengan prinsip syariah. Kenapa harus memilih asuransi kesehatan dengan prinsip syariah? Lanjutkan membaca ke poin berikutnya ya.. ;) 

BIJAKLAH DENGAN MEMILIH ASURANSI KESEHATAN SYARIAH YANG TERPERCAYA, TEPAT MANFAAT, DAN MENAWARKAN BANYAK KEUNGGULAN
Selain memiliki alokasi dana darurat dan memiliki tabungan, memiliki asuransi kesehatan adalah salah satu bentuk kematangan dalam perencanaan keuangan untuk memproteksi dan mengantisipasi kemungkinan terburuk dalam hal pembiayaan kesehatan. Namun, memilih asuransi kesehatan yang tepat pun tak kalah penting agar kita tidak dirugikan di kemudian hari.

Salah satu penyedia asuransi kesehatan yang terpercaya adalah Prudential Indonesia. Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan penyedia jasa asuransi jiwa terdepan di Indonesia dan merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris yang berpengalaman lebih dari 168 tahun di industri asuransi jiwa. Prudential Indonesia melalui produk PRUsyariah telah berpengalaman selama 10 tahun beroperasi di industri asuransi jiwa syariah di Indonesia. Sejak masuk di segmen asuransi jiwa syariah pada tahun 2007, Prudential Indonesia telah menempati posisi pemimpin pasar, dengan kontribusi bruto dana tabarru per akhir tahun 2016 sebesar Rp 2,2 triliun dan tercatat lebih dari 510,000 polis syariah yang aktif dengan aset sebesar Rp 3,4 triliun. Sebagai seorang muslimah, kegiatan operasional Prudential Indonesia selama satu dekade dalam menjalankan prinsip-prinsip syariah di asuransi jiwa syariah-nya tentunya menjadi salah satu faktor pertimbangan untuk menjadikannya sebagai penyedia jasa asuransi syariah yang terpercaya.

5 + 1 Alasan PRUprime healthcare syariah Sebagai Asuransi Kesehatan Unggulan Untuk Semua #PRUsyariahUntukSemua
Dari kanan ke kiri: Rinaldi Mudahar, Country CEO, Prudential Indonesia | Ahmad Nuryadi, Sharia Supervisor Broad Prudential Indonesia | Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing & Communications and Sharia Director, Prudential Indonesia | Paradikma Subawa – Product Planning and Development, Prudential Indonesia

Bertepatan dengan event Prudential Syariah 10th anniversary, Prudential Indonesia mengadakan syukuran pada tanggal 10 Mei 2017 yang lalu di Trans Hotel Bandung dan turut menghadirkan Bapak Ahmad Nuryadi, Anggota DPS Prudential Indonesia untuk menjelaskan mengenai konsep asuransi syariah yang memiliki perbedaan dengan konsep asuransi konvensional. Pada asuransi konvensional prinsip yang digunakan adalah pemindahan resiko, yang artinya resiko peserta asuransi menjadi tanggungan perusahaan asuransi. Sedangkan pada asuransi syariah seperti pada produk PRUsyariah, prinsip yang digunakan adalah saling menanggung resiko, yang artinya resiko peserta asuransi menjadi tanggungan sesama peserta. Dalam hal ini perusahaan asuransi memiliki peranan yang sangat terbatas, yaitu hanya sebagai pemegang amanah, pengelola operasional dan menginvestasikan dana.

Beliau pun menjelaskan bahwa asuransi syariah merupakan sebuah usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk asset atau tabbaru. Pola pengembalian tabbaru sendiri akan diberikan kepada peserta setelah melakukan akad secara syariah. Adapun pengertian tabarru secara bahasa, adalah bersedekah atau berderma. Dalam arti yang lebih luas, tabbaru adalah melakukan suatu kebaikan tanpa persyaratan. Dalam asuransi syariah, dana tabbaru dipergunakan bukan semata untuk kepentingan komersial namun dana tabarru juga dipergunakan untuk kemaslahatan orang lain dalam kondisi hidup dengan tujuan untuk kebaikan dan tolong menolong. 

Pada asuransi syariah, di akhir tahun akan ada laporan penggunaan dana tabbaru yang terdiri dari jumlah klaim dan jumlah sisanya. Selanjutnya perusahaan juga akan mengelola dana surplus sharing yaitu dana yang akan diberikan kepada peserta asuransi syariah berdasarkan syarat dan ketentuan tertentu. Surplus sharing ini akan diberikan jika terdapat kelebihan dana dari rekening tabbaru, termasuk juga bila ada pendapatan lain setelah dikurangi klaim dan hutang kepada perusahaan, jika ada.

5 + 1 Alasan PRUprime healthcare syariah Sebagai Asuransi Kesehatan Unggulan Untuk Semua #PRUsyariahUntukSemua

“Dengan nilai-nilai universal Syariah yang termasuk di dalamnya prinsip gotong royong, berbagi risiko dan manfaat untuk semua menjadikan produk PRUprime healthcare syariah tidak hanya terbatas untuk nasabah Muslim, namun juga untuk semua masyarakat Indonesia yang percaya pada nilai-nilai universal syariah atau #PRUsyariahUntukSemua. Manfaat yang ditawarkannya pun sangat inovatif, sehingga patut menjadi pertimbangan sebagai pilihan asuransi kesehatan unggulan dengan proteksi yang komplit.”, demikian Bapak Ahmad Nuryadi menambahkan penjelasannya mengenai konsep asuransi syariah.

Bertepatan dengan event syukuran Prudential Syariah 10th anniversary pula, Prudential Indonesia memperkenalkan sebuah produk asuransi kesehatan yang inovatif, bernama PRUprime healthcare syariah. Ditemui pada event tersebut Ibu Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing, Communications and Sharia Director Prudential Indonesia menjelaskan, PRUprime healthcare syariah merupakan produk asuransi rawat inap berbasis syariah yang membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan, dengan jangkauan global dan manfaat yang dapat berkembang. Produk ini diluncurkan karena Prudential senantiasa mendengarkan dan memahami kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan perlindungan berdasarkan prinsip dan nilai-nilai universal syariah.” 

Sebagai seorang muslimah, kegiatan operasional PRUsyariah dari Prudential Indonesia selama satu dekade dalam menjalankan prinsip-prinsip syariah di asuransi jiwa syariah-nya tentunya menjadi salah satu faktor pertimbangan untuk menjadikannya sebagai penyedia jasa asuransi syariah yang terpercaya. Bukan hanya itu, keunggulan-keunggulan dan manfaat-manfaat juga inovasi produk asuransi kesehatan syariah yang terdapat pada PRUprime healthcare syariah pun rasanya akan membuat kita menjadi yakin untuk menjadikannya sebagai asuransi kesehatan kita. 

5 + 1 Alasan PRUprime healthcare syariah Sebagai Asuransi Kesehatan Unggulan Untuk Semua #PRUsyariahUntukSemua

5 + 1 ALASAN PRUprime healthcare syariah DARI PRUsyariah SEBAGAI ASURANSI KESEHATAN UNGGULAN UNTUK SEMUA
Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita tidak perlu memikirkan jumlah biaya yang harus kita keluarkan ketika jatuh sakit, sehingga kita bisa lebih fokus terhadap pemulihan kesehatan pasca sakit. Selain itu, dengan memilih produk asuransi kesehatan yang tepat manfaat, aset-aset yang kita miliki akan terproteksi secara memadai dan kerugian-kerugian finansial yang timbul akibat sakit pun bisa diganti oleh asuransi kesehatan yang kita miliki. 

Terdapat 5 + 1 alasan kenapa PRUprime healthcare syariah by PRUsyariah - Prudential Indonesia adalah asuransi kesehatan unggulan untuk semua, yaitu:
Alasan #1: PRUprime healthcare syariah merupakan perlindungan komprehensif yang akan membayarkan biaya rawat inap sesuai tagihan hingga batas nilai tahunan yang telah ditentukan, sehingga nasabah bisa lebih fokus terhadap pemulihannya. 
Alasan #2: PRUprime healthcare syariah juga menawarkan manfaat yang terus berkembang dengan sistem No Claim Bonus, dimana Prudential Indonesia akan memberikan penambahan sebesar 10% dari batas manfaat tahunan awal jika tidak ada klaim yang dilakukan selama satu tahun polis berjalan. Penambahan bisa diberikan hingga maksimal 50% dari batas manfaat awal, sehingga perlindungan dapat terus terjaga di tengah biaya pengobatan yang terus meningkat setiap tahunnya. Fitur ini merupakan yang pertama di industri asuransi jiwa syariah. 
Alasan #3: PRUprime healthcare syariah memiliki fitur PRUprime limit booster, yaitu sejumlah dana tambahan yang dapat digunakan apabila seluruh batas manfaat tahunan telah terpakai. Apabila digabungkan dengan batas manfaat tahunan, maka fitur ini dapat memberikan dana tambahan hingga Rp 35 miliar, yang merupakan nilai perlindungan rawat inap tertinggi di Indonesia. 
Alasan #4: PRUprime healthcare syariah memberikan fasilitas perawatan secara cashless di jaringan rumah sakit yang luas di Indonesia, Singapura dan Malaysia, di mana nasabah cukup menunjukkan kartu PRUprime healthcare syariah tanpa harus mengeluarkan uang sendiri. 
Alasan #5: PRUprime healthcare syariah menawarkan perlindungan global (Global Coverage). Sesuai plan yang dipilih, kecuali di Amerika Serikat, Prudential Indonesia akan tetap menanggung biaya perawatan inap dalam kondisi gawat darurat hingga batasan tertentu. 

1 alasan tambahan dari saya yang membuat produk PRUprime healthcare syariah merupakan produk asuransi kesehatan unggulan adalah karena prinsip syariah yang diusungnya. Bukan hanya itu, produk ini juga berbasis nilai-nilai universal syariah seperti prinsip gotong royong, berbagi risiko, dan manfaat untuk semua yang menjadikan produk PRUprime healthcare syariah ini tidak hanya terbatas untuk nasabah muslim, namun juga untuk semua masyarakat Indonesia yang percaya pada nilai-nilai universal syariah atau #PRUsyariahUntukSemua. Karena berbasis prinsip syariah, produk PRUprime healthcare syariah juga memberikan manfaat Santunan Dana Marhamah, atau santunan kasih sayang, yang diberikan jika peserta yang diasuransikan meninggal. Well, meskipun alasan ini berada pada posisi terakhir setelah 5 alasan sebelumnya, justru sebagai seorang muslim alasan ini adalah alasan utama yang membuat saya merekomendasikannya sebagai asuransi kesehatan syariah unggulan untuk semua.

Sepertinya keenam alasan yang sudah saya sebutkan pada postingan kali ini sudah cukup menjadikan produk PRUprime healthcare syariah sebagai produk asuransi kesehatan unggulan dong ya? Untuk keterangan selengkapnya mengenai produk PRUprime healthcare syariah dari Prudential Indonesia ini, kamu bisa berkonsultasi kepada tenaga pemasar Prudential dengan mengunjungi Kantor Pemasaran Mandiri terdekat di kotamu atau kamu juga bisa kunjungi www.prudential.co.id ya.. Jangan tunda sampai sakit untuk memiliki produk asuransi kesehatan syariah ini! ;)

You Might Also Love

8 comments:

  1. Seringkali konsumsi bulanan memakan banyak jatah dalam keuangan keluarga aku...sampai-sampai dana darurat jadi tidak terpikirkan. Padahal kata finansial planner, boleh gak punya asuransi asal dana darurat sudah 4x pengeluaran bulanan kita.

    Deuuh...
    ini problem banget buat aku yang boros.

    ReplyDelete
  2. Sepertinya bikin asuransi memang menjadi ide yang bagus ya Mbak untuk berjaga - jaga di masa depan.

    ReplyDelete
  3. Kadang kl cicilan melebihi anggaran. Harus ridho emang ambil jatah bulanan hihi

    ReplyDelete
  4. makasih sharingnya bisa menjadi bahan pertibangan

    ReplyDelete
  5. bagus teh, emang harus mengalokasikan pendapatan yaa..

    ReplyDelete
  6. kirain ga ada istilah syariah di dunia asuransi, dan ternyata saya ketinggalan zaman, asuransi syariah ternyata sudah lama ada,

    ReplyDelete
  7. Saya baru tahu ternyata asuransi ada yang syariah, kirain cuma bank ajah...

    ReplyDelete