Perjamuan Khong Guan - Buku Kumpulan Puisi Joko Pinurbo

Perjamuan Khong Guan - Buku Kumpulan Puisi Joko Pinurbo

Ramadhan masih beberapa bulan lagi, tapi gaung Khong Guan yang biasa didengar ketika Lebaran begitu membahana sebelum waktunya tiba. Bukan akibat tingginya permintaan akan biskuit Khong Guan yang citranya begitu melegenda. Bukan pula karena adanya sebuah inovasi dari biskuit yang gambar di kalengnya itu sering menimbulkan tanda tanya. Bukan pula karena beredarnya biskuit Khong Guan abal-abal yang kalengnya Khong Guan tapi isinya rengginang. Bukan! Bagi kalian yang senang membaca atau mengikuti berita seputar kesusastraan, mungkin sudah sangat tau bahwa bulan Januari lalu baru saja rilis sebuah buku kumpulan puisi karya Joko Pinurbo (Jokpin) yang berjudul Perjamuan Khong Guan.

Jadi gini, pada suatu sore saat saya berkunjung ke toko buku Gramedia di Bandung, niat saya awalnya hanya untuk membeli beberapa alat tulis. Namun ketika selesai berbelanja dan sedang menuju ke kasir, mata saya langsung tertuju pada display yang memajang buku berwarna merah yang ternyata adalah buku kumpulan puisi Perjamuan Khong Guan karya Joko Pinurbo. Arrrgh! Buku Perjamuan Khong Guan ini benar-benar membuat saya penasaran, seperti kamu! Iya kamu... :)) Bukan hanya penasaran karena sampul depannya memang mirip sekali dengan gambar keluarga Khong Guan yang ada di kaleng aslinya, namun saya juga dibuat penasaran dengan sampul belakang buku ini yang mencantumkan kata-kata yang membuat saya tertawa sekaligus bertanya-tanya pada saat yang sama. Begini tulisannya:

Mari kita buka
apa isi kaleng Khong Guan ini:
biskuit
peyek
keripik
ampiang
atau rengginang?

Simsalabim, Buka!

Isinya ternyata
ponsel
kartu ATM
tiket

voucer
obat
jimat
dan kepingan-kepingan rindu
yang sudah membatu.

Sudah. Hanya ada kata-kata itu saja yang menggambarkan buku ini pada bagian sampul belakangnya. Singkat namun mengena, terutama pada bagian 'kepingan-kepingan rindu yang sudah membatu'. JLEB! Kemudian batin saya bertanya-tanya: "Apa sih isi buku kumpulan puisi ini?", "Apakah isinya hanya membahas tetang cinta?", "Ataukah isinya penuh dengan pembahasan tentang kaleng Khong Guan saja?". Tanpa banyak mencari tau di google, saya langsung bergegas ke kasir untuk membayar semua belanjaan saya termasuk buku tersebut dan bergegas pulang ke rumah untuk membacanya.

Sesampainya di rumah, saya langsung membuka segel buku kemudian membaca 'Kaleng' demi 'Kaleng'. "Hah? Kaleng memangnya bisa dibaca, Nol?" Bisa! 'Kaleng' adalah istilah yang digunakan oleh Joko Pinurbo untuk menyebut tiap bab dalam buku ini. Sebagai informasi, buku ini terdiri dari 4 Kaleng dimana tiap Kaleng memiliki berbagai topik berbeda -persis seperti isi Kaleng Khong Guan yang biskuitnya ada bermacam-macamdan isinya bukan hanya tentang cinta! Ada puisi bertema tentang keluarga, tentang agama, tentang negara, tentang patah hati, tentang dunia maya, dan berbagai tema lainnya yang menurut saya jika kita telaah baik-baik sebenarnya terdapat pesan moral yang bisa kita petik pada puisi-puisi yang ada di buku ini. Selalu terjadi setiap sedang membaca buku kumpulan puisi, tiba-tiba jadi pengen nulis puisi aja gitu padahal mah nggak bisa. Hahaha...

Seperti yang pernah saya sampaikan pada tulisan sebelumnya bahwa saya sebenarnya bukan seorang yang sangat paham dengan puisi dan bukan pula seorang yang pandai membuat puisi. Tapi kalau boleh saya memberikan pendapat tentang buku ini, bagi saya diksi-diksi yang disampaikan dalam Perjamuan Khong Guan tersampaikan dengan sederhana namun begitu mengena, sehingga membuat saya lebih mudah mencerna makna yang ingin disampaikan. Bahkan membaca buku ini terasa fun karena pada beberapa bagian diselipkan kalimat jenaka dan tema-tema yang diangkat pun kebanyakan adalah tentang berbagai fenomena yang kita temui dalam keseharian. Sekalinya ada puisi yang membahas tentang hal serius, Joko Pinurbo merangkainya dalam diksi yang terasa ringan tapi tetap bermakna dalam, jenius! Secara emosional, buku ini juga sukses membangkitkan kenangan. Well, siapa sih yang nggak punya kenangan dengan kaleng Khong Guan - Biskuit Lebaran? Baru liat sampul buku ini saja, pikiran saya jadi teringat kembali dengan momen Lebaran di rumah Kakek & Nenek jaman saya kecil dulu, dimana selalu ada kaleng Khong Guan yang isinya rengginang. Singkat kata, saya menikmati membaca buku kumpulan puisi Perjamuan Khong Guan ini.

Jujur -seperti yang kalian tau kalau saya ini orangnya sangat jujur- saya ini sebenarnya juga bukan orang yang sangat mengikuti per-puisi-an di Indonesia terlebih mengikuti karya Joko Pinurbo. Tapi karena saya baik -seperti yang kalian tau saya ini orangnya baik banget- saya mau kasih tau ke kalian bahwa Joko Pinurbo atau Jokpin ini telah menerbitkan belasan buku puisi dan telah menerima berbagai penghargaan di bidang sastra. Bahkan dari yang saya baca dari lifestyle.bisnis.com Jokpin mengatakan bahwa riset dan proses pembuatan buku Perjamuan Khong Guan membutuhkan waktu selama 3 tahun sejak 2017 sampai dengan 2020. Kalau saya sih udah resign lebih dari 3 kali kayanya kalo harus nunggu 3 tahun gitu. Hahaha... Inilah buktinya bahwa untuk membuat sebuah karya tuh dibutuhkan ketekunan guys! Salut!

Nah, setelah saya membaca buku ini sampai selesai, barulah saya tau bahwa tulisan di sampul belakang buku ini ternyata adalah salah satu puisi di Kaleng Empat yang berjudul 'Bingkisan Khong Guan' dan pada Kaleng Empat ini kamu akan benar-benar 'menikmati' Perjamuan Khong Guan -yang sesungguhnya- loh! Kenapa? Karena pada Kaleng Empat kamu akan menemukan tiap puisi yang memiliki keterkaitan dengan 'Khong Guan' namun membahas beragam sudut pandang. Bahkan ada salah satu puisi yang berjudul 'Doa Khong Guan'. Penasaran kan? ;)

"Puisi kesukaan Nola yang mana?" Hmmm agak susah sih kalo harus milih salah satu, soalnya nggak tau kenapa saya suka hampir semuanya. Mungkin karena pakai rok mini jadi alasan, canda! Mungkin karena saya sadar diri kalau saya nggak bisa bikin. Hihi... Tapi ada petikan bait dari puisi yang berjudul 'Kopi Tubruk' yang sangat saya suka, yaitu:

Dilarang ngopi sambil bersedih. (bait 1)

Di cangkir cantik ini
kubunuh dan kuhabiskan
kau, kesedihan
sambil kuingat sebuah firman:
"Pahit sehari cukuplah buat sehari." (bait 4)

Menurut saya buku ini cocok banget buat kamu yang butuh bacaan ringan namun bermakna -disela-sela beratnya menjalani kehidupan- untuk teman duduk di waktu senggang -karena nggak punya teman duduk lain selain buku- saat kamu memiliki waktu luang. Kalau mau beli bukunya, kamu tinggal cari aja di Gramedia. Tersedia versi cetak dan digital ceunah, jangan beli bajakan ya!

Well, segini aja dulu postingan review buku -yang nggak terlalu review-review amat- kali ini. Hope ya'll enjoy it!

Love,
Nola.

---

BUKU KUMPULAN PUISI PERJAMUAN KHONG GUAN - IN SUMMARY

Judul buku: Perjamuan Khong Guan
Penulis: Joko Pinurbo
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit cetakan pertama: Januari 2020
ISBN: 978-602-06-5758-7
Desain sampul: Sukutangan
Penyelia Naskah: Mirna Yulistianti
Jumlah halaman: 130 halaman
Harga: Rp 68.000,-

Ratusan Talenta Muda Digital Lulus dari Apple Developer Academy di BSD City

Ratusan Talenta Muda Digital Lulus dari Apple Developer Academy di BSD City

BSD City
– Era digital yang serba mudah dan cepat ini membutuhkan sumber daya manusia yang potensial dan berkualitas. Hal ini digerakan oleh para anak muda Indonesia khususnya dalam pengembangan potensi bisnis dan kemajuan teknologi. Sinar Mas Land melalui BSD City memfasilitasi berbagai pengembangan potensi tersebut, khsusunya di Apple Developer Academy yang hari ini menggelar Apple Graduation yang kedua kalinya. Tahun ini, Apple Developer Academy melahirkan 194 wisudawan yang telah mengikuti program beasiswa selama sepuluh bulan dari April 2019 hingga Januari 2020.

Melalui program beasiswa ini, Apple Developer Academy berupaya mencetak lebih banyak sumber daya manusia Indonesia yang memiliki kompetensi pengembangan aplikasi kelas dunia sehingga mampu mendorong perkembangan ekonomi digital nasional. Acara Apple Graduation tersebut turut dihadiri oleh Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro – Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional.

Ratusan Talenta Muda Digital Lulus dari Apple Developer Academy di BSD City dihadiri oleh Menteri Riset Teknologi Indonesia

Apple Developer Academy merupakan wadah pengembangan talenta digital yang dibangun oleh Apple Inc. dan didukung oleh Sinar Mas Land. Sekolah coding ini membekali para siswanya dengan tiga kemampuan utama yakni teknikal, bisnis dan desain. Apple Developer Academy memiliki visi untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang mampu mengembangkan aplikasi dan teknologi dalam memecahkan permasalahan sosial dengan basis operating system dari Apple. Program beasiswa penuh dari Apple Developer Academy diterima setiap tahun oleh ratusan siswa terpilih.

Ratusan Talenta Muda Digital Lulus dari Apple Developer Academy di BSD City

Kiri-Kanan: Andrew Shaw (Economic Counselor – US Embassy Jakarta) bersama dengan Carmelus Susilo (CSO Bina Nusantara), Ahmed Zaki Iskandar (Bupati Tangerang), Stephen Wahyu Santoso (Managing Director Binus University), Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D. (Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi RI), Gordon Shukwit (Apple Academy Worldwide Developer) dan Mirza Natadisastra (Manager Government Affair South-East Asia Apple) dalam acara peresmian Apple Graduation 2020 yang diselenggarakan oleh Apple Developer Academy.


Irawan Harahap – Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land mengatakan, “Lulusan Apple Academy batch kedua ini diharapkan akan memperkaya Digital Hub yang sedang membangun ekosistem tech and digital. Talenta-talenta berkelas dunia inilah yang akan menjawab kebutuhan para pelaku industri digital ke depannya.”

Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia yang kompeten di bidang digital dan teknologi. Pertumbuhan industri ini didominasi oleh para anak muda, salah satunya melalui sekolah informal Apple Developer Academy BSD City. Mereka menghadirkan beragam inovasi yang sangat kreatif sejalan dengan tuntutan perkembangan zaman. Para wisudawan Apple Developer Academy angkatan kedua ini diharapkan dapat menjadi pengembang aplikasi asal Indonesia yang memiliki standard global.

Ratusan Talenta Muda Digital Lulus dari Apple Developer Academy di BSD City

Kiri-Kanan: Dhony Rahajoe (Managing Director President Office Sinar Mas Land) bersama Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D. (Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi RI) sedang meninjau Apple Developer Academy di BSD City.


Selama 10 bulan, Apple Developer Academy telah melakukan inkubasi atau pendalaman teknologi di BSD City. Tahap inkubasi ini diharapkan dapat memberi dampak positif bagi para wisudawan sehingga ilmunya bisa diaplikasikan langsung di masyarakat luas melalui teknologi.

Dalam Apple Graduation batch kedua ini, para perwakilan peserta menampilkan sejumlah aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyakat Indonesia. Aplikasi-aplikasi yang dipresentasikan di acara kelulusan Apple Developer Academy di batch kedua ini di antaranya adalah Qiroah, Teman Netra, Leastric, Hearo dan Canting.

Qiroah yang dipresentasikan oleh Khoirunnisa’ Rizki Noor Fatimah dan Ramadhani Dian Pratwi diciptakan untuk mendukung metode belajar membaca Al-Quran secara tatap muka (talaqqi), mendengarkan frasa dan melatih pengucapan ayat-ayat Al-Quran. Aplikasi ini akan memberi tanggapan dengan menggunakan teknologi Machine Learning. Aplikasi kedua adalah Teman Netra yang dipresentasikan oleh Savitri Nurhayati dan P. J. Bumi Gilang Sinawang. Aplikasi ini diciptakan untuk membantu warga Indonesia yang memiliki kesulitan penglihatan dengan memberikan bantuan untuk membaca teks pada surat, buku, brosur, label makanan, menu restoran hingga pembacaan nominal uang. Leastric dipresentasikan oleh Marilyn M. Y. D. Parhusip dan diciptakan untuk mengawasi penggunaan listrik yang kita pakai kapan saja dan di mana saja. Alat yang tersambung dengan aplikasi ini akan membantu kita dalam menghemat dan membantu lingkungan.

Ratusan Talenta Muda Digital Lulus dari Apple Developer Academy di BSD City Salah satu Lulusannya Membuat Aplikasi Qiroah

Aplikasi yang tidak kalah menarik adalah Hearo, yang dipresentasikan oleh Kamilia Latifah dan Aisyah Nur Shadrina dan diciptakan untuk membantu komunitas yang memiliki kesulitan pendengaran agar dapat berkomunikasi dengan bahasa isyarat dan mengubahnya menjadi sebuah teks. Aplikasi ini juga dapat menerjemahkan tawa dan juga tepuk tangan. Dimitrij Tijawi dan Indra Sumakarya mempresentasikan aplikasi bernama Canting yang diciptakan untuk memberikan pengalaman imersif dan nyata untuk menciptakan karya seni Batik. Pembuatan karya seni batik ini dilakukan dengan aplikasi Cantingmenggunakan Apple Pencil sebagai alatnya. Kemudahan yang dihadirkan aplikasi Canting sendiri membuatnya dapat digunakan oleh komunitas batik.

Ratusan Talenta Muda Digital Lulus dari Apple Developer Academy di BSD City Salah satu Lulusannya Membuat Aplikasi Canting

Melanjutkan kesuksesan Angkatan sebelumnya, Apple Developer Academy juga telah membuka pendaftaran dan melakukan seleksi (recruitment) terhadap lebih dari 2,000 pelamar dari berbagai provinsi di Indonesia. Seleksi ini berhasil menyaring 200 calon mahasiswa yang akan menerima beasiswa di batch ketiga yang akan dimulai pada Februari hingga Desember 2020.

Apple Developer Academy memperkaya ekosistem digital di BSD City. Apple Developer Academy di BSD City merupakan hasil dari kolaborasi lintas sektor antara Apple Inc. dengan Sinar Mas Land, dari sektor pengembang dan Binus University, dari sektor akademis. Akademi Apple ini merupakan yang ketiga di seluruh dunia, setelah Brazil dan Italia. Akademi ini bertujuan untuk menghasilkan world-class developers dari Indonesia yang mampu mengembangkan aplikasi berskala internasional serta berkontribusi terhadap nilai ekspor Indonesia. Akademi milik Apple pertama di benua Asia ini akan menampung ratusan pengembang aplikasi setiap tahunnya. Apple memilih Indonesia sebagai lokasi ketiga di dunia karena melihat potensi sumber daya manusia Indonesia yang sangat menjanjikan sebagai tech-entrepreneur, software engineer dan inovator digital.

Kehadiran Apple Developer Academy memperkaya ekosistem digital yang tengah dibangun oleh Sinar Mas Land di BSD City. Akademi ini berperan sebagai talent development untuk mencetak pengembang-pengembang aplikasi kelas dunia yang mengerti model bisnis digital serta memiliki jiwa entrepreneurship. Pesatnya pergerakan perusahaan IT dan Teknologi yang berpindah kantor ke BSD City, memunculkan kebutuhan akan talenta digital yang semakin tinggi. Oleh karena itu, keberadaan sarana edukasi digital seperti Apple Developer Academy akan menyokong kebutuhan talenta digital perusahaan-perusahaan teknologi dan IT yang berkantor di BSD City. Akademi ini menempati area seluas 1,562 meter persegi di kawasan BSD Green Office Park, tepatnya di gedung Green Office Park 9.

Sinar Mas Land saat ini tengah menggarap “Digital Hub” sebuah area yang ditujukan untuk Komunitas Digital mulai dari startup company, institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT hingga perusahaan multinasional berbasis teknologi. Digital Hub memiliki area seluas 25,86 Ha dan terletak di bagian selatan Green Office Park, BSD City. Saat ini sejumlah perusaahan yang bergerak di bidang IT telah berkantor di kawasan Green Office Park seperti Grab Indonesia, BSD Innovation Lab, Huawei, Sales Stok, Ev Hive, Orami dan akan direlokasi ke kawasan Digital Hub ketika proyek tersebut telah selesai pembangunan. Sejumlah institusi pendidikan di bidang coding juga telah hadir di BSD City seperti Apple Developer Academy, Binar Academy, Techpolitan, dan Purwadhika. Keberadaan institusi tersebut berguna untuk men-supply para tenaga developers ke sejumlah perusahaan mulai dari skala multinational seperti Unilever hingga ke skala startup dan beragam tech company di kawasan ini. (*)

11 Cara Ini Bisa Ciptakan Kebahagiaan, Berhentilah Mengejarnya!

11 Cara Ini Bisa Ciptakan Kebahagiaan, Berhentilah Mengejarnya!

HAPPY 2020!
Semoga tahun 2020 ini kita semua bisa lebih bahagia ya... AMIIN...

YES! Postingan pertama di 2020 kali ini, saya pengen banget membahas tentang K-E-B-A-H-A-G-I-A-A-N. Kenapa? Karena semua orang pasti ingin menjalani hidup yang penuh dengan kebahagiaan dong... BETUL AJA atau BETUL BANGET? Bahkan nih ya, terkadang orang rela melakukan apa saja demi menjalani hidup bahagia dengan mengejar-ngejar kebahagiaan. Nggak cape gitu ngejar-ngejar melulu? Mihihi... Padahal mah ya, kebahagiaan itu bukan untuk dikejar melainkan untuk diciptakan loh!

Sebelum lebih jauh melangkah, coba deh kamu renungkan apa sebenarnya definisi kebahagiaan? Jangan kelamaan merenungnya ah... Hahaha...

Sejatinya, definisi kebahagiaan itu relatif dan akan berbeda-beda bagi setiap individu. Dikutip dari hasil riset para ilmuwan yang diungkapkan di Happify.com, konsep ‘bahagia’ merupakan kombinasi antara ‘kepuasan menjalani hidup’ dengan ‘perasaan tenang sehari-hari’. Berdasarkan hasil riset lainnya mengungkapkan bahwa meskipun definisi kebahagiaan itu berbeda-beda, sebenarnya sebagian besar yang menjadi faktor kebahagiaan itu berasal dari pikiran dan perilaku kita sendiri sedangkan sisanya adalah peranan dari faktor situasi dan kondisi yang berlaku.

So, kalo boleh ditarik kesimpulan dari penjelasan singkat diatas maka bahagia itu sebenarnya adalah perkara pikiran dan cara pandang terhadap hidup itu sendiri. Jadi rasanya kurang tepat deh ya jika selama ini kita menganggap bahwa kebahagiaan hanya dipengaruhi oleh faktor eksternal dan membuat kita mati-matian demi mengejar kebahagiaan itu sehingga kita tidak menyadari bahwa kebahagiaan itu sebenarnya tidak datang dari mana-mana dan bukan dari apa-apa, tapi justru kebahagiaan itu datang dari dalam diri kita sendiri. Coba deh renungkan lagi...

"kebahagiaan itu sebenarnya tidak datang dari mana-mana dan bukan dari apa-apa, tapi justru kebahagiaan itu datang dari dalam diri kita sendiri"

Well, dalam hidup ini tidak bisa dipungkiri bahwa akan ada saat dimana kita harus rela merasakan sedih dan kecewa. This is real life, bro! Meskipun demikian, kita bisa tetap merasakan bahagia kok! Saya juga pengen liat kalian bahagia... Maka dari itu berdasarkan berbagai sumber yang saya baca dan dari bertahun-tahun saya mencoba menerapkan berbagai cara untuk menumbuhkan kebahagiaan dari dalam diri, pada postingan kali ini saya mau share 11 cara untuk menumbuhkan kebahagiaan agar hari-hari kita selalu dipenuhi kebahagiaan...

1. Masukkan kata ‘bahagia’ dalam kamus sehari-hari
Jika dalam hati mulai terbersit sebuah tanya “Apakah saya bahagia?” maka gantilah pertanyaan tersebut dengan hal-hal baik yang sudah kita dapatkan selama ini. Coba gunakan kalimat ini “Apakah saya sudah [masukkan hal-hal baik yang sudah kita dapatkan] selama hidup saya?”
- diberkati
- sehat
- sejahtera
- berkecukupan
- ceria
Dan jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan mengingat-ingat semua anugerah yang sudah kita rasakan sampai dengan hari ini. Inti dari poin pertama ini sih sebenernya ya banyak-banyak bersyukur aja dengan apa yang sudah kita dapatkan. Semakin kita bersyukur dengan keadaan kita saat ini, kita pun bisa menjadi lebih bahagia. Ubah insecure jadi bersyukur!

2. Berlatihlah untuk hidup di momen saat ini
Ciptakanlah kebahagiaan dengan hidup dan menjalani momen saat ini saja tanpa perlu memusingkan masa lalu, ataupun tegang menghadapi masa depan. Meskipun nggak sedikit orang-orang di sekitar kita memengaruhi diri kita dengan mengungkit masa lalu atau mungkin memengaruhi kita dengan berbagai kengerian masa depan. Ketika pengaruh dari orang lain malah membuat diri kita menjadi gusar, kita harus eling dengan mengingat bahwa diri kita sangat perlu untuk bahagia dengan apa yang kita alami saat ini. Focus on present!

3. Jujurlah terhadap diri sendiri
Orang yang bahagia akan selalu jujur pada dirinya sendiri dan pastinya akan selalu jujur pada orang lain juga. Jangan mengikuti standar kebahagiaan orang lain dan jangan pula berpura-pura bahagia hanya demi dipandang sama dengan orang lain.

Berhentilah membandingkan kehidupanmu dengan kehidupan orang lain. Meskipun mereka nampak lebih bahagia, kamu tidak pernah tahu jalan seperti apa yang telah mereka lalui. Tips dari saya sih, ya kurang-kurangin lah scroll ig (atau medsos apapun) terus kepoin kehidupan orang, apalagi kehidupan orang yang terlihatnya selalu bahagia di medsosnya. Udahlah kita mah jadi diri sendiri dan jujur aja sama diri sendiri dengan lebih menerima, mengakui, dan menjalani apa adanya. Syukuri keadaan kita dan ciptakanlah kebahagiaan diri kita sendiri melalui rasa syukur itu. Niscaya kita akan jauh lebih bahagia dari siapapun!

4. Ambil langkah kecil setiap hari
Ada ungkapan yang mengatakan bahwa diam di tempat tidak akan pernah membawa kita kemana-mana. Ungkapan itu pun berlaku untuk menciptakan kebahagiaan. Jika kita ingin menciptakan kebahagiaan berdasarkan apa yang kita inginkan, maka kita harus memikirkan pula bagaimana caranya untuk menciptakan kebahagiaan tersebut.

"Great things are done by a series of small things brought together."
- Vincent van Gogh.

Mulailah dengan mengambil langkah kecil setiap hari. Misalnya, kebahagiaan kita adalah jika kita bisa liburan ke luar negeri (seperti orang-orang ceunah...). Untuk mencapainya, maka kita harus mempersiapkan biaya yang cukup. Namun dengan rutin menabung setiap bulan, maka kita sudah mulai melangkah menuju terciptanya kebahagiaan yang kita yakini. Tapi jangan lupa juga untuk nabung untuk hidup setelah pulang dari luar negeri ya... Jangan sampe pulang dari luar negeri, terus pulang ke Indonesia malah terancam bangkrut... Hahaha...

Ingat ini: menetapkan tujuan tidak realistis yang tidak pernah bisa diselesaikan jauh lebih mengecewakan jika dibandingkan dengan menetapkan tujuan kecil namun bisa kita selesaikan dan menjadikannya lebih berharga. Jadi ya kalau kata saya mah tidak usah terlalu muluk-muluk dan tidak usah terlalu keukeuh lah jadi orang mah...

5. Membantu orang lain
Cara termudah untuk menciptakan kebahagiaan adalah dengan cara membantu orang lain. Baik itu membantu orang dengan cara memberikan apa yang mereka butuhkan ataupun dengan tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat mereka merasa tidak senang. YA! Membantu orang lain (dengan cara baik apapun), itu artinya kita sudah membahagiakan mereka dengan cara meringankan bebannya. Coba deh kamu posisikan dirimu sebagai orang yang sedang membutuhkan bantuan, tentu kamu juga akan sangat senang jika bebanmu ada yang membantu meringankannya kan?

6. Pisahkan antara kebahagiaan dengan prestasi/ pencapaian
Teman-teman seumuran sudah menikah.
Teman-teman banyak yang liburan ke luar negeri.
Sementara kita? Kita masih belum bisa mengalami pencapaian tersebut.
Lantas apakah kita tidak bisa bahagia?

“Never sacrifice happiness for the sake of achievement. The real key to life is happily achieve.”
- Robin Sharma.

Kita semua perlu belajar untuk memisahkan kebahagiaan kita dengan prestasi atau pencapaian kita dan baca kembali juga poin nomor 3 yaitu: ‘Berhentilah membandingkan kehidupanmu dengan kehidupan orang lain.’. Mencapai sebuah tujuan memanglah dapat memperkuat perasaan percaya diri dan memberi kita rasa pencapaian yang dalam, namun ketiadaan prestasi ataupun pencapaian seharusnya tidak berarti tidak adanya kebahagiaan. Betul tidak?

7. Jangan memaksakan diri untuk selalu bersikap positif sepanjang waktu
Kebahagiaan kita tergantung dari bagaimana sikap kita terhadap suatu hal. Namun, sikap marah, cemas, dan kecewa adalah manusiawi dan kerap kali kita alami. Meskipun kita disarankan untuk selalu bersikap positif, namun alangkah lebih baik jika kita bersikap positif saat benar-benar merasa positif saja, daripada memaksakan untuk bersikap positif saat merasa negatif! Kenapa? Karena tercapai atau tidaknya kebahagiaan kita nantinya pun bukan hanya ditentukan oleh sikap positif, namun juga ditentukan oleh perubahan positif apa yang kita lakukan di sepanjang jalan menuju terciptanya kebahagiaan yang kita harapkan.

Kurang afdol rasanya jika kita memaksakan diri untuk bersikap tidak marah, namun didalam hati kita menyimpan emosi yang berlarut-larut. Itulah sebabnya bersikap positif saat benar-benar merasa positif akan jauh lebih maksimal dalam menciptakan kebahagiaan.

8. Enyahkan hal-hal yang mencegah terciptanya kebahagiaan
Mengenyahkan hal-hal yang mencegah terciptanya kebahagiaan sebenarnya jauh lebih penting sebelum menciptakan kebahagiaan itu sendiri. Misalnya jika kita berada dalam situasi yang kurang nyaman, tidak ada salahnya untuk menghindari atau bahkan meninggalkan situasi tersebut.

Contoh lainnya, jika kita sedang dalam keadaan marah, tenangkanlah diri agar emosi tidak merembet dan malah menghapuskan kebahagiaan kita bahkan lebih buruknya adalah kemarahan kita malah akan merusak kebahagiaan orang lain di sekitar kita. Hilangkan juga pikiran-pikiran negatif dan perbanyak juga senyum agar hari-hari kita menjadi lebih bahagia.

9. ‘Be okay with okay’
Kebanyakan dari kita seringnya merasa bahwa kita harus memiliki segala sesuatu yang terbaik, sehingga timbul kecemasan dalam diri kita yang menyebabkan sesuatu yang sebenarnya ‘baik saja’ menjadi tidak cukup baik di mata kita. Jika kita ingin menciptakan kebahagiaan, nggak ada salahnya mencoba untuk terapkan strategi ‘Be okay with okay’ lho! Artinya kita harus mulai mencoba belajar baik-baik saja dengan yang ‘baik saja’. Bingung nggak? Hahaha... Well, dengan sikap terbuka seperti ini akan memberikan kesempatan kepada sesuatu untuk menjadi yang terbaik dan mengurangi kecemasan kita untuk berharap bahwa yang terbaik harus menjadi milik kita.

Kalau saya pribadi, saya menerapkan ‘Be okay with okay’ ini bukan hanya kepada diri sendiri, tapi juga kepada orang lain. Singkat kata, saya tidak ingin terlalu menekankan kepada orang untuk menjadi yang terbaik. Karena, orang bisa menjadi cemas dengan tekanan seperti ini yang pada akhirnya kita lah yang membuat hidup orang lain menjadi tidak bahagia. Mungkin kamu juga bisa malakukan hal yang sama :)

10. Keluarlah dari zona nyaman
Keluar dari zona nyaman itu artinya kita akan melakukan hal yang diluar kebiasaan. Awalnya mungkin kita akan merasa cemas dan takut. Namun kita akan tetap melakukannya karena kita tahu ini bermanfaat dan setelahnya kita akan merasakan kelegaan dan rasa harga diri yang besar karena telah keluar dari zona nyaman yang sebelumnya merupakan hal yang sangat kita takutkan. Setelah kita melakukan hal-hal baru dan setelah kita sadar sudah berhasil menaklukkan rasa takut, maka kita bukan hanya akan merasa lebih bahagia, namun kita akan merasa menjadi manusia yang lebih kuat.

Jika selama ini kamu lebih fokus untuk mengejar kebahagiaan, maka kamu akan melakukan hal-hal yang mungkin sebenarnya tidak ingin kamu lakukan. Coba deh keluar dari zona nyaman dengan melakukan hal yang benar-benar ingin kamu lakukan agar hidupmu lebih berbahagia dan bersemangat!

11. Boleh berharap tapi jangan terlalu tinggi berekspektasi
Dalam hidup ini, kita pasti tidak bisa melepaskan diri dari keinginan dan harapan untuk merasakan kebahagiaan. Namun jangan biarkan keinginan dan harapan tersebut menjelma menjadi gambaran-gambaran yang tidak realistis dan membuat kita jadi ‘halu’ yang pada akhirnya justru malah akan menjerumuskan kita pada ketidakbahagiaan ya...

Bukan berarti kita tidak boleh berharap dan menghapuskan ekspektasi, namun sebaiknya kita belajar untuk bisa mengatur dan menyeimbangkan antara ekspektasi dengan harapan dan pemikiran logis agar kita tidak menjadi terpuruk dan berujung dengan sirnanya rasa bahagia. Gantungkan harapanmu hanya kepada Tuhan YME, karena hanya DIA-lah YANG MAHA segala-galanya dan percayalah bahwa Tuhan takkan pernah membuat umat-NYA kecewa. Gitu.

So, setelah baca postingan ini apakah kamu masih lebih memilih untuk mengejar kebahagiaan atau lebih memilih untuk menumbuhkan kebahagiaan itu dari dalam dirimu? Kamu pasti bisa asal kamu mau mencoba, mungkin dengan cara versimu sendiri! Karena selain 11 cara pada postingan ini, masih banyak cara lainnya untuk menciptakan kebahagiaan. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa kepada Tuhan YME, karena hanya dengan ridha dan izin-NYA pula lah kebahagiaan itu bisa kamu rasakan.

Semoga postingan ini bermanfaat :)

-

Tulisan ini didukung berbagai sumber:
http://thehowofhappiness.com/
https://projecthappiness.com/science-of-happiness/
http://www.happify.com/hd/what-is-happiness-anyway/

https://tinybuddha.com/blog

Traveloka Xperience Seru Untuk Bebaskan Penat Sesuai Minat

Traveloka Xperience Seru Untuk Bebaskan Penat Sesuai Minat Pengalaman di Bersih Sehat #XperienceSeru

"Pikiran penat itu berat, kamu nggak akan kuat!"

Bagi para pekerja seperti saya, akhir pekan adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu. Kenapa? Karena saat akhir pekan tiba berarti waktunya untuk melepas penat telah datang. Nah, salah satu kegiatan yang paling saya suka untuk melepas penat adalah memanjakan diri dan melemaskan otot dengan pijat badan. Yes! Saat sedang capek-capeknya, pijat badan adalah hal yang paling saya minati. Dengan pijat badan, bukan hanya bisa meningkatkan sirkulasi darah, tapi juga bisa mengurangi kecemasan dan stres. Akutu anaknya mudah stres akutuuu~

Dulu sih sebelum melakukan kunjungan ke tempat pijat biasanya saya menelepon tempat pijat untuk memesan slot waktu untuk jenis perawatan tertentu. Sekarang, saya sudah bisa memesan slot waktu di tempat pijat favorit saya melalui aplikasi Traveloka loh!

"Kok bisa? Bukanya Traveloka tuh aplikasi untuk pesan tiket atau hotel aja ya?"

Buat yang belum tau, sekarang ini Traveloka sudah berinovasi dengan memadukan layanan untuk kegiatan traveling dengan gaya hidup dengan meluncurkan fitur baru di aplikasinya yang bernama Xperience! Penasaran nggak? Kalo penasaran, baca sampai selesai ya! ;)

Jadi pas saya sedang penat-penatnya karena kepadatan pekerjaan di awal bulan, saya fikir ini sudah waktunya untuk pijat badan ke tempat langganan. Sambil rebahan, saya langsung membuka aplikasi Traveloka kemudian saya langsung klik tombol Xperince untuk melakukan pemesanan. Asli gampang banget cara pakainya! Tinggal pilih kategori Spa & Kecantikan, kemudian saya pilih sub kategori Pijat & Spa, saya pilih tempat pijat favorit langganan saya yaitu Bersih Sehat, kemudan saya cari jenis layanan yang saya inginkan dengan klik tombol Cari Perawatan. Pilih perawatan yang diinginkan, pilih waktu kedatangan, isi data, pilih metode pembayaran, bayar, selesai! Praktis sekali pemirsa! Semua tahapan bisa saya selesaikan dalam genggaman - sambil rebahan.. Kurang lebih seperti gambar di bawah ini alur cara pemesanan di Traveloka Xperience untuk kategori Spa & Kecantikan..

Mudahnya Pakai Aplikasi Traveloka Xperience Untuk Bebaskan Penat Sesuai Minat Pengalaman #XperienceSeru

Nah, setelah melakukan pembayaran, kita akan menerima surat elektronik atau e-mail sebagai bukti bahwa pembayaran telah sukses dan di aplikasi Traveloka akan muncul voucher yang dapat kita tukar di tempat yang sudah dipilih. Untuk memastikan bahwa pesanan kita sudah diterima oleh penyedia layanan, saya sih biasanya konfirmasi ulang ke tempat yang akan didatangi. Setelah memastikan bahwa jadwal terekam di tempat tujuan, saya baru deh bangkit dari rebahan dan siap-siap untuk berangkat.

Traveloka Xperience Banyak Deals Seru Untuk Bebaskan Penat Sesuai Minat #XperienceSeru

Waktu saya pesan perawatan di Bersih Sehat, saya beruntung banget karena masih kebagian diskon 50%. Harusnya pijat 60 menit itu seharga Rp 150.000, tapi karena sedang ada promo khusus pemesanan perawatan Bersih Sehat di Traveloka Xperience walhasil saya hanya bayar setengah harga alias Rp 75.000 saja pemirsa! WOW LUAR BIASA HEMAT!

Kalau kamu pengguna setia Traveloka, kamu mungkin sudah tau kalau dulu ada fitur ‘Attractions’? Nah Traveloka Xperience ini adalah rebranding dari fitur tersebut sehingga memiliki nama baru dan punya kategori yang lebih banyak dengan berbagai penawaran & promo yang menarik tentunya!

“Duh aku nggak terlalu minat kalau pijat nih Nol, kalau penat aku minatnya nonton bioskop. Ada nggak di fitur Traveloka Xperience?”

ADA BANGET! Jangan sedih! Fitur Traveloka Xperience punya 12 kategori yang bisa kamu pilih untuk bebaskan penat sesuai dengan minatmu:

Traveloka Xperience Banyak Kategori Seru Untuk Bebaskan Penat Sesuai Minat #XperienceSeru

1. Atraksi
Liburan atau mengunjungi atraksi bisa jadi salah satu cara untuk hilangkan penat. Untuk kamu yang memiliki rencana berlibur dan ada beberapa atraksi yang masuk kedalam itinerary, maka di kategori atraksi ini kamu sudah bisa melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari. Rencana liburan dijamin nggak akan gagal! Belum ada waktu berlibur? Temukan juga berbagai atraksi di dalam kota yang dijamin bakal bikin bahagia! ;)

2. Bioskop
Nonton film bisa jadi salah satu rekreasi untuk menghilangkan kepenatan yang paling mudah. Tapi kalau pas mau nonton harus antre panjang beli tiket sih enggak banget! Buat yang nggak suka antre lama beli tiket dan buat yang ingin selalu jadi yang pertama menonton film terbaru, kamu bisa pilih kategori Bioskop di Traveloka Xperience. Kamu bisa pilih film yang sedang tayang, pilih bioskop favorit di kotamu, pilih tempat duduk dengan best view, bahkan kamu juga bisa beli tiket nonton presale! Asyik kan!

3. Event
Kalau nonton konser, menikmati pertunjukan teater, atau menghadiri acara festival adalah caramu untuk menghilangkan penat, kategori Event di Traveloka Xperience adalah pilihan yang tepat.

4. Hiburan
Ingin hilangkan penat bersama sahabat? Pilih kategori Hiburan untuk temukan tempat! Karaoke, Escape Room, Permainan, atau Ice Skating bisa jadi pilihan dan temukan juga penawaran dengan harga terhemat!

5. Olahraga
Melakukan olahraga secara rutin sama dengan melatih tubuh untuk merespon stress penyebab penat dengan lebih baik sehingga tubuh menjadi lebih bugar. Ingin mencoba olahraga yang berbeda atau ingin mencari olahraga di dalam ruangan karena sebentar lagi musim hujan? Semua ada di kategori Olahraga - Traveloka Xperience!

6. Spa & Kecantikan
Karena perawatan dan memanjakan diri adalah hak setiap umat manusia, kategori Spa & Kecantikan pun hadir di Traveloka Xperience. Untuk sub kategorinya pun banyak! Ada perawatan kulit dan wajah, perawatan kecantikan, barbershop, penghilangan bulu , bahkan ada sub kategori khusus alis dan bulu mata loh! Pengen tampil stunning tanpa pusing, kategori ini pilihannya!

7. Taman Bermain
Hilangkan kepenatan dengan mencoba tempat baru untuk bermain dan belajar bersama si kecil. Temukan rekomendasi tempat baru di kategori Taman Bermain dan habiskan waktu berkualitas bersama keluarga!

8. Transportasi
Cukup perjalanan cinta saja yang terhambat, Marimar! Hambatan dalam hal mencari transportasi selama mengunjungi destinasi wisata mah jangan! Bebaskan hambatan tersebut dengan mempersiapkan tiket dan kebutuhan transportasi dari jauh-jauh hari. Di kategori Transportasi kamu bisa mendapatkan layanan yang kamu perlukan. Mulai dari rental kendaraan, layanan antar jemput, tiket terusan, dan kartu akses wisata bisa kamu temukan dengan mudah, bebas repot!

9. Tur
Pengen liburan ke suatu tempat, tapi nggak tau mau kemana aja di tempat tujuan? Jangan sampai kebingunganmu membuat jadwal liburan untuk melepas penat jadi terhambat. Mau liburan di dalam negeri atau ke luar negeri? Pilih kategori Tur di Traveloka Xperience aja!

10. Pelengkap Perjalanan
Kesulitan menghubungi keluarga dan kesulitan menggunakan internet sesampainya di tempat tujuan wisata malah bikin waktu liburan makin bete dan penat? Jangan khawatir! Temukan kebutuhan pelengkap travel seperti sewa wifi dan pembelian kartu sim di Traveloka Xperience. Temukan pula layanan fotografi di kategori ini untuk melengkapi kegiatan travelingmu!

11. Makanan & Minuman
Kepenatan membuat energi mudah terkuras, itu sebabnya kita butuh kulineran! Siapa sih yang nggak suka dengan kulineran? Cari kuliner yang sedang populer? Cari oleh-oleh? Cari tempat kuliner yang unik saat liburan? Temukan rekomendasinya di kategori ini dan langsung pesan yang kamu inginkan!

12. Kursus & Workshop
Penat dengan rutinitas? Berminat ingin mencoba sesuatu yang baru? Atau ingin meningkatkan keahlian tertentu? Coba ikutan kursus atau workshop deh! Sekarang nggak perlu bimbang lagi untuk cari kursus & workshop, karena di Traveloka Xperience banyak pilihan mulai dari pilihan jenis sampai pilihan harganya!

Mantap banget kan kategori-kategori di fitur Traveloka Xperience?! Bikin kita punya banyak pilihan untuk menikmati pengalaman seru sesuai dengan minat.

Traveloka Xperience Seru Untuk Bebaskan Penat Sesuai Minat #XperienceSeru

Asyiknya lagi Traveloka Xperience memiliki berbagai kemudahan. Mulai dari kemudahan pembayaran yang pilihannya banyak banget, mulai dari pembayaran via ATM atau bisa juga via travelokaPay. Serunya dengan Traveloka Easy Access kita bisa mendapatkan kemudahan dengan terbebas dari antre untuk atraksi pilihan. Untuk kemudahan menelusuri setiap pesanan pun sangat mudah, karena pesanan kita terkonfirmasi baik itu di aplikasi, di email, dan sms. Komplit! Yang paling penting, kalau sampai ada pertanyaan ataupun keluhan, customer service Traveloka siap melayani 24 jam! Kamu bisa menyampaikan keluhan melalui pusat bantuan yang ada di aplikasi atau kamu bisa menghubungi via telepon di nomer 0804-1500-308. Mau ubah tanggal pesanan alias reschedule? Bisa juga! Asalkan perubahan tanggal pesanan masih dalam masa berlaku voucher ya!

Traveloka Xperience Seru Untuk Bebaskan Penat Sesuai Minat Plus Dapat Point Reward #XperienceSeru

Asyiknya, di Traveloka Xperience juga banyak deals yang menarik! Selama bulan Oktober 2019 ini saja misalnya, ada penawaran diskon Xperience HARBELNAS alias Hari Belanja Pengalaman Nasional dengan diskon hingga 60% loh! Apa, nggak kebagian promonya? Tenang! Walau nggak kebagian diskon dan promo, kita juga bisa dapat Traveloka Poin ketika melakukan transaksi di Traveloka Xperience yang nantinya bisa kita kumpulkan dan kita tukarkan loh! Jangan khawatir, banyak cara untuk menuju bebaskan penat bersama Traveloka Xperience.

Seru banget ya Traveloka Xperience ini! Buruan cek fitur Traveloka Xperience di aplikasi Traveloka kamu sekarang atau kalau belum pakai aplikasinya langsung unduh saja dari Play Store atau App Store. Pikiran penat bikin nggak kuat? Kan ada Traveloka Xperience yang bisa bebaskan penat sesuai minat! Traveloka dulu, banyak pengalaman apa aja untuk bebaskan penat kemudian~ ;)

Apa pengalaman #XperienceSeru kamu?

Watsons One Pass Bikin Trip Impian ke Hongkong Pasti Untung

watsons one pass bikin trip impian ke hongkong pasti untung jadi member pasti untung

Pengen traveling keliling Asia, tapiiii.....trip atau perjalanan ke luar negeri yang saya lakukan aja masih dalam hitungan jari. Mimpi sih tinggi, minimal satu tahun sekali saya bisa trip mengunjungi satu per satu negara-negara di Asia. Namun apa daya, waktu dan budget juga lah yang akhirnya menentukan - alias cita-cita trip keliling Asia tuh masih belum kesampean sampai sekarang. Walhasil paspor saya belum ada tambahan cap imigrasi lagi nih 2 tahun belakangan ini... Hahaha...

Iya... Ngomong-ngomong soal impian trip keliling Asia, sebenarnya masih banyak negara yang ingin saya kunjungi seperti Thailand, Filipina, dan Vietnam. Tapi di postingan kali ini saya akan bahas 1 negara di Asia yang juga pengen banget saya kunjungi yaitu Hongkong. Kenapa Hongkong? Karena Hongkong tuh memiliki aneka destinasi wisata yang bisa dibilang lengkap, bahkan bisa dibilang ketika traveling ke Hongkong kita bisa menjelajahi wisata modern dan wisata historical plus wisata alam sekaligus. What a complete trip! Buat saya sih ini menjadi poin yang sangat menarik! Secara ya saya tuh anaknya jarang liburan ke luar negeri dan kalo sekalinya liburan ke luar negeri tapi bisa ke segala tempat dengan mengunjungi satu negara tujuan aja, udah pasti bakal asyik banget tuh tripnya! Hihihi...

5 hal ayng harus dipersiapkan sebelum liburan ke Hongkong bersama watsons one pass

Kurang lebih gambar di atas menggambarkan beberapa tempat wisata yang akan menjadi tujuan dalam itinerary trip impian ke Hongkong ala saya. Mulai dari wisata kuliner sampai ke wisata belanja wajib banget dijalanin kalau ke Hongkong. Untuk wisata kuliner yang wajib dicoba adalah Hongkong Street Food, selain harganya yang terjangkau variasinya pun banyak. Namun bagi muslim seperti saya, menjadi sebuah catatan untuk memperhatikan apakah makanan/ minuman yang dijual halal atau tidak. Asyiknya untuk menjelajahi berbagai tempat wisata di Hongkong mulai dari Victoria Peak, pulau Lantau dengan Ngong Ping village-nya yang menawan, pantai Repulse Bay yang indah, Tsim Sha Sui yang mengagumkan, aneka tempat belanja, theme park dengan attraction-nya yang seru dapat dengan mudah dicapai dengan kereta dan bus. Jadi saya juga nggak lupa siapkan data alat transportasi apa saja yang bisa saya gunakan plus anggaran dana untuk ongkosnya. Yah bisa dibilang kemudahan transportasi di Hongkong juga menjadi daya Tarik buat saya yang senang solo traveling, biar ndak nyasar gitu. Hihihi.. Well, mungkin karena saya sudah terpapar terlalu banyak oleh cerita perjalanan ke Hongkong, maka dari itu saya pun berfikiran untuk jangan nanggung lah kalau mau trip ke Hongkong. Yeah, minimal 4 hari 5 malam lah di Hongkong dan wajib banget ke Disneyland Hongkong deh! Itu pula sebabnya sampai sekarang trip ke Hongkong masih sebatas impian, karena mentok di persiapan waktu dan budget. Hahaha...


Selain masalah timing dan budget dan beberapa hal yang sudah saya sebutkan pada gambar di atas, masalah kesehatan dan kecantikan terutama ketika melakukan perjalanan ke luar negeri tuh merupakan hal yang menjadi perhatian saya. Untuk masalah kesehatan nih ya, namanya juga kita pergi ke negara yang pastinya memiliki perbedaan cuaca dan lingkungan, so bukan hal yang mustahil kalau kondisi kesehatan kita tiba-tiba jadi ngedrop saat traveling. Untuk masalah kecantikan sendiri, kadang saya tuh orangnya suka lupa bawa 1 atau 2 item skincare dan make up ketika bepergian jauh. Malah biasanya untuk skincare atau make up saya suka beli yang kemasan sekali pakai sesampainya di negara tujuan, supaya bawaaan lebih ringkas dan nggak perlu khawatir perkakas kecantikan yang kita bawa disita di bandara. Abis gimana ya, ntar kalo nggak pake skincare atau make up, foto kenang-kenangan liburannya kan jadi kurang mantap aja gitu karena kitanya keliatan ndak terawat... ;p

Untungnya masalah kesehatan dan kecantikan mah udah nggak perlu saya pusingkan deh kalau mau traveling ke luar negeri... Kenapa? Karena Watsons - drug store tempat saya belanja skin care dan make up andalan saya tuh kan punya store juga di beberapa negara Asia seperti Macau, Mainland China, Taiwan, Singapore, Malaysia, Thailand termasuk di Hongkong negara destinasi wisata impian saya.

Eumm, kalo saya impian saya untuk bisa trip ke Hongkong terwujud kayanya Watsons Hongkong juga wajib masuk itinerary deh.. Soalnya pengen juga dong ngerasain pengalaman belanja di Watsons luar negeri. Abis gimana ya, pengalaman berbelanja di Watsons Indonesia aja udah bikin saya seneng sih! Nih saya ada video waktu saya lagi belanja di Watsons Indonesia, tepatnya Watsons Trans Studio Mall Bandung...
Kalo kamu udah nonton video pengalaman saya ketika berbelanja di Watsons Indonesia di atas, ada part di video tersebut dimana crew Watsons menginformasikan program terbaru khusus untuk member yaitu Watsons One Pass. Nah loh, program apaan lagi ya itu?

Jadi Watsons One Pass itu adalah program bagi member Watsons yang senang traveling, dimana membership Watsons mereka juga berlaku di luar negeri - yaitu di negara-negara yang berpartisipasi dalam program ini! Usut punya usut, keuntungan program member #WatsonsOnePass tuh oke loh!

Watsons One Pass bikin trip impian ke Hongkong Thailand Macau Singapore Malaysia Taiwan Mainland China Indonesia pasti untung

· Untuk mengikuti program Watsons One Pass, member Watsons tidak perlu melakukan registrasi ulang sebagai member di negara tujuan yang berpartisipasi dalam program ini. Cukup pakai member yang sudah kita miliki saja, praktis!
· Program Watsons One Pass berlaku untuk kamu yang memiliki kartu member fisik ataupun yang memiliki e-card/ kartu member virtual. Cukup tunjukkan member ke kasir aja loh!
· Program Watsons One Pass dapat digunakan di 8 negara yang berpartsipasi dalam program ini: Indonesia, Hong Kong, Macau, Mainland China, Taiwan, Singapore, Malaysia, Thailand. Kemanapun kamu pergi jadi member pasti untung!
· Member tetap akan mendapatkan point saat berbelanja di toko Watsons offline store di negara tujuan. Nggak perlu khawatir point Watsons kamu nggak nambah!
· Member juga dapat menikmati promosi yang berlaku di Watsons offline stores di negara tujuan (contoh: pembelian beli 2 gratis 1 khusus untuk member). Shopping experience di Watsons negara lain makin seru nih!


Gimana, asyik dan nggak ribet kan program Watsons One Pass ini?! Oiya, jangan lupa juga perhatikan syarat dan ketentuan program Watsons One Pass sebagai berikut:
· Program ini berlaku untuk semua member Watsons.
· Member wajib menunjukan Watsons Member Card baik itu dalam bentuk kartu member fisik maupun kartu member visual di kasir pada saat pembayaran untuk mendapatkan point dari pembelian yang dilakukan.
· Point yang akan didapatkan akan dimasukan oleh negara asal dan poin akan masuk ke dalam akun member dalam waktu kurang lebih 3 hari kerja.
· Mekanisme pendapatan pengkalian poin atau extra poin lainnya yang berlaku dinegara asal (contoh: 2x point untuk pembelian barang Watsons) tidak berlaku ketika dilakukan di negara tujuan.
· Harap untuk memperhatikan perhitungan/ konversi dalam mendapatkan poin di negara tujuan. Berikut ini adalah table konversi yang saya dapat dari web Watsons SG karena sayangnya di web Watsons Indonesia saya ndak nemu tabel konversinya.
Konversi Penukaran Poin Member Watsons One Pass di Luar Negeri #JadiMemberPastiUntung
· Redeem poin di negara tujuan tidak dapat dilakukan.
· Pembelian yang dilakukan di toko Watsons negara tujuan tidak terhitung sebagai pembelian tahunan yang dapat menjadikan perhitungan untuk upgrade menjadi ELITE.
· Pembelian di Watsons Online di negara tujuan tidak berlaku dalam program ini.
· Keputusan ini bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat sesuai dengan kebijakan yang sudah ditetapkan oleh Watsons.

Mantul banget emang nih Watsons! Nggak ada ruginya jadi member Watsons, karena #JadiMemberPastiUntung loh! Eh gimana, masih belom jadi member Watsons? Bikin aja sekarang! Keuntungannya banyak banget loh...
· Ketika pertama bergabung menjadi member Watsons, kita akan mendapatkan ‘Welcome Voucher’. Watsons Regular Member Card akan mendapatkan welcome voucher senilai Rp 250.000 sementara Watsons Flazz Member Card akan mendapatkan welcome voucher senilai Rp 500.000. Nggak usah bingung ngabisin vouchernya ya? Hahaha..
· Setiap berbelanja Rp 20.000 di Watsons, member akan mendapatkan 1 Basic Point dimana 1 poin yang didapat setara dengan Rp 100.
· Untuk item-item tertentu, member Watsons bisa mendapatkan special price a.k.a harga khusus.
· Poin-poin yang sudah dikumpulkan oleh member bisa digunakan kembali untuk transaksi.
· Setiap pembelian produk brand Watsons, member akan mendapatkan 2X poin.
· Untuk pembelian produk baru, member Watsons bisa mendapatkan diskon 10%.
· Member berkesempatan mendapatkan special point a.k.a poin khusus untuk item-item tertentu.
· Member yang berulang tahun juga berkesempatan mendapatkan voucher khusus.

Berlimpah poin dan keuntungan dengan menjadi member Watsons! Cusss langsung bikin member, cara daftar untuk menjadi member Watsons mudah bin gampang loh! Kamu hanya perlu datang ke Watsons offline store dan mengisi data sesuai kartu identitas yang masih berlaku, juga menginformasikan email aktif dan nomer telepon yang mudah dihubungi ya! Setelah daftar jadi member, langsung aktivasikan kartu membermu di web Watsons deh! Selengkapnya tentang member Watsons bisa kamu cek juga di https://www.watsons.co.id/member-faq ya!

#JadiMemberPastiUntung karena #WatsonsOnePass bikin belanja skin care di luar negeri tetap untung

Seneeeeng banget belanja skincare di Watsons! Yesss! Pengalaman berbelanja di Watsons Indonesia tuh memang sangat menyenangkan! Selain poin dan keuntungan lainnya yang berlimpah karena saya adalah member Watsons, Watsons juga banyak banget program yang memanjakan pelanggannya. Mulai dari program lucky dip, program undian, program PWP, sampai ke program diskon WES di akhir pekan! Serunya, di Watsons juga menerima metode pembayaran dengan OVO dan GOPAY yang bisa bikin kita dapet cashback loh! Bukan maen emang Watsons! Mana produk-produk yang disediakan di Watsons juga bisa dibilang lengkap! Bukan cuma skincare, tapi healthcare, make up, bahkan confectionery juga ada! BTW, kalau lagi liat-liat program Watsons di negara lain via sosmed sih promonya nggak kalah menarik dengan Watsons Indonesia! Beneran deh jadi makin pengen ngerasain pengalaman berbelanja di Watsons luar negeri, pasti seru abis! Semoga dengan mengikutkan tulisan ini ke Blog Competition Trip Impian Bersama Watsons, saya bisa berkesempatan memenangkan hadiah utamanyanya atuhlah... Amiin... Ehe!

Well, rasanya udah jelas bahwa dimanapun kita berada dan kemanapun pergi kita akan selalu siap untuk Look Good & Feel Great dan pasti untung bersama Watsons! Saya sudah jadi member Watsons dan membuktikan bahwa #JadiMemberPastiUntung, bagaimana dengan kamu? ;)