5 Alasan Kenapa Kita Harus Rutin Memakai Masker Wajah

10:15:00 PM no la 2 Comments

5 Alasan Kenapa Kita Harus Rutin Memakai Masker Wajah

5 Alasan Kenapa Kita Harus Rutin Memakai Masker Wajah - Akhir-akhir ini cuaca nggak menentu banget dan aktivitas saya baik itu aktivitas di luar ruangan ataupun aktivitas di dalam ruangan tuh rasanya padat banget. Efek yang paling kerasa bukan cuma ke badan yang kerasa capek, tapi juga ke kulit yang makin kerasa nggak fresh. Karena hari Senin sampai Jumat saya kerja kantoran dan harus mobile, kemudian di hari Sabtu saya ngambil les Bahasa Inggris, satu-satunya waktu yang paling syahdu untuk me time sambil merawat diri adalah di hari Minggu. Selain beristirahat dengan cukup (baca: bangun siang, red.), biasanya hari Minggu saya juga rajin ngerawat muka dengan cara eksfoliasi menggunakan peeling atau scrub yang kemudian dilanjutkan dengan memakai masker wajah.


Memakai masker wajah a.k.a maskeran seminggu sekali tuh udah cukup kok sebenernya.. Nggak perlu ribet dan nggak butuh waktu lama-lama juga kalo emang ngerasa memakai masker wajah itu membuang waktumu. Dulu sih saya sering banget males untuk maskeran.. Padahal, maskeran seminggu sekali itu bisa membuat wajah kembali fresh dan bisa melengkapi ritual membersihkan wajah yang biasa kita lakukan sehari-hari. 

Nah, buat kamu yang masih sering males maskeran, 5 alasan ini adalah alasan kenapa kita harus memakai masker wajah, minimal seminggu sekali..

1. MEMAKAI MASKER WAJAH DAPAT MELEMBAPKAN KULIT
Kulit wajah harus terhidrasi agar kelembapannya terjaga, terutama untuk kamu yang memiliki tipe kulit wajah kering. Selain dengan menjaga asupan makanan dan minuman yang sehat, menggunakan masker wajah juga bisa membantu untuk menghidrasi wajah kita. Masker-masker yang mengandung komposisi lidah buaya, minyak zaitun, atau pisang bisa menjadi pilihan bahan dasar masker yang dapat membantu melembapkan wajah.

2. MEMAKAI MASKER WAJAH DAPAT MENCERAHKAN KULIT
Kebanyakan orang Indonesia memiliki kulit berwarna sawo matang, begitu pula dengan kulit saya. So, saya menggunakan masker wajah bukan untuk membuat kulit wajah menjadi lebih putih, tapi untuk membuat kulit wajah lebih cerah dan pastinya untuk membuat kulit wajah terlihat lebih bersih. Lagian kalau kulit wajah saya putih, tapi kulit tubuh sawo matang kan aneh. Hihi.. Selain faktor genetik, hiperpigmentasi juga bisa menyebabkan warna kulit wajah lebih gelap. Selain itu, faktor eksternal seperti debu, polusi, dan paparan sinar matahari juga bisa membuat kulit wajah menjadi terlihat lebih gelap. Masker-masker dengan kandungan alami dari buah-buahan bervitamin C tinggi dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah. Masker yang memiliki bahan dasar buah pepaya, lemon, alpukat, dan oat meal bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin mencerahkan wajah. 

3. MEMAKAI MASKER WAJAH DAPAT MEMBUANG RACUN PADA KULIT
Racun yang melekat di kulit wajah bukan hanya racun yang berasal dari dalam tubuh kita, namun juga racun yang melekat di kulit wajah bisa berasal dari debu, polusi asap kendaraan bermotor, asap rokok, juga dari berbagai sumber lainnya. Jika racun-racun yang melekat di kulit wajah kita tersebut tidak kita bersihkan, maka akan mengendap dan akan menimbulkan masalah kulit seperti jerawat dan komedo yang pada akhirnya akan membuat kulit wajah kita menjadi rusak. Selain rutin membersihkan wajah setiap hari, penggunaan masker wajah secara rutin minimal satu minggu sekali, bukan hanya dapat membersihkan wajah kita, namun juga ternyata dapat mendetoksifikasi racun-racun di kulit wajah kita. Masker dengan bahan dasar kulit jeruk, kol, atau tomat bisa kamu gunakan untuk membantu detoksifikasi racun di kulit wajahmu loh!

4. MEMAKAI MASKER WAJAH DAPAT MENCEGAH PENUAAN DINI
Seiring dengan pertambahan usia, produksi kolagen dalam kulit pun akan semakin menurun sehingga lama kelamaan kulitmu akan kehilangan keelastisitasannya. Kulit yang nampak keriput, munculnya garis-garis halus, pori-pori yang membesar, dan munculnya flek hitam adalah beberapa indikasi dari penuaan dini pada kulit wajah. Untuk mencegah dan mengatasinya, rutinlah menggunakan krim anti aging dan sertai pula dengan rutin menggunakan masker wajah. Masker wajah dengan bahan dasar putih telur, teh hijau, kedelai, atau madu dapat menjadi pilihan masker yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan menangkal radikal bebas, sehingga kulitmu akan tetap terjaga kelastisitasannya dan penuaan dini pun bisa dicegah!

5. MEMAKAI MASKER WAJAH DAPAT MENGHALUSKAN KULIT
Kulit wajah yang kasar dan nampak kusam disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati ini akan sangat menggangu penampilan kita, karena dengan penumpukan sel kulit mati, make-up paling mahal sekalipun tidak akan membuat riasan wajah tidak menempel. Bukan hanya itu, penumpukan sel kulit mati di wajah pun akan membuat produk perawatan atau skincare yang kamu aplikasikan menjadi tidak bekerja secara maksimal. Parahnya, penumpukan sel kulit mati akan menganggu pertumbuhan sel kulit baru, sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Nggak mau dong? Makannya rutin-rutin merawat wajah ya? Sebelum menggunakan masker wajah, agar kulit wajah menjadi lebih halus, sebaiknya kamu melakukan eksfoliasi dengan menggunakan peeling atau scrub. Gunakan peeling atau scrub saat mandi atau ketika kulit dalam keadaan lembap, untuk menghindari luka pada kulit wajah. Agar regenerasi sel kulit baru lebih cepat, kamu bisa memilih masker-masker yang mengandung madu, tepung beras, atau kopi. Bye sel kulit mati, halo wajah lembut!

Nah, itu dia 5 alasan kenapa kita harus rutin memakai masker wajah. Cukup meluangkan waktu 15 sampai 30 menit untuk kulit yang lebih sehat dan memancarkan kecantikan alami. Apalagi sekarang kan udah banyak juga masker-masker yang memiliki kandungan bahan-bahan alami. Rajin maskeran dari sekarang untuk manfaat jangka panjang, why not! Yuk ahh maskeran! ;)

You Might Also Love

2 comments:

  1. Dulu aku cuek banget sama night treatment, termasuk maskeran. Tapi pas ngerasain sendiri perbedaan rasanya di kulit wajah,langsung deh pelan2 belajar disiplin. Mau secapek apapun pulang kerja, mesti wajib sempetin bersihin muka.

    Aku lagi suka pake masker kolagen2 gitu kak. Pas bangun pagi kulit kayak lebih kenceng hehehe....

    Nice sharing!
    www.iamandyna.com

    ReplyDelete
  2. This blog is really helpful to deliver updated educational affairs over internet which is really appraisable. I found one successful example of this truth through this blog. I am going to use such information now.
    แอพขายของ

    ReplyDelete