Kunci Sukses Berbisnis di Era Digital

11:59:00 PM labollatorium 7 Comments

Qwords Kunci Sukses Berbisnis di Era Digital

Dikutip dari majalah Marketeers edisi September 2015: “Indonesia adalah Negara dengan populasi terbesar keempat di dunia yang memiliki sekitar 55,2 juta usaha kecil dan menengah (UKM) dan sekitar 90 juta-an penduduk merupakan pengguna internet.” 


Dengan fakta banyaknya jumlah pengguna internet yang konon di tahun 2016 ini sudah mencapai angka 100 juta-an orang dan seiring dengan penetrasi smartphone di Indonesia yang semakin bertumbuh, itu berarti bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk melakukan bisnis secara online. Namun dengan jumlah UKM yang sudah saya sebutkan, sayangnya tidak seluruhnya memanfaatkan internet untuk bisnisnya bahkan hanya dibawah 1 persen yang melakukan bisnisnya secara online. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa UKM itu adalah tulang punggung perekonomian Indonesia lho!



Dengan perkembangan teknologi informasi yang bisa disebut dengan era digital seperti saat ini, memungkinkan setiap pelaku bisnis lebih dekat dengan konsumen meskipun melalui dunia maya. Hampir sebagian besar bisnis di negara maju, saat ini dilaksanakan di jaringan digital yang menghubungkan orang dengan perusahaan, yang bernama internet. Melalui internet, bisnis yang meliputi promosi dan transaksi, kini bisa dijalankan melalui website, sosial media, bahkan melalui aplikasi chat. Bisnis yang dijalankan melalui internet ini disebut juga dengan e-business.


Qwords Kunci Sukses Berbisnis di Era Digital

Dikutip dari buku Manajemen Pemasaran Jasa oleh Lupiyoadi dan Hamdani (2009:272): "E-business dalam pengertian bisnis internet adalah bagaimana memanfaatkan internet untuk membangun hubungan lebih dekat dengan konsumen dan mitra bisnis."

Kalau kita perhatikan, perkembangan dunia digital yang sudah digunakan oleh pelaku bisnis di Indonesia sendiri sudah memunculkan begitu banyak startup digital dan e-commerce. Untuk bidang ritel, sebut saja ada Elevania, Tokopedia, Lazadda, dan Blanja.com. Untuk bidang fashion, sebut saja Zalora, Berrybenka, Shopee, dan MatahariMall. Untuk bisnis travel, ada Pegipegi dan Traveloka. Untuk urusan transportasi ada Go-jek, Grab, dan Uber. Kurang lebih brand-brand yang saya sebutkan adalah brand-brand yang menjalankan e-business dan sukses melakukan branding di dunia digital dengan baik sehingga berhasil melekat di top of mind saya. Nah persoalannya, jika semakin banyak e-business yang berkembang, tentunya akan semakin tinggi pula persaingan yang ada. Lantas bagaimana dong jika kita ingin memulai bisnis atau bagaimana pula jika bisnis kita baru akan menjalankan e-business? Well, untuk memenangkan persaingan tersebut, tentunya setiap e-business yang ada harus senantiasa berinovasi baik dari segi produk, layanan, maupun dari segi promosi serta branding, dan yang paling penting adalah memahami strategi branding di era digital ini dong? Ya dong?

Beruntungnya saya dan beberapa rekan Blogger Bandung lainnya mendapatkan undangan seminar ‘Strategi Branding untuk Membangun Identitas Brand di Era Digital’ yang diadakan oleh Relawan TIK kota Bandung dan Qwords pada hari Sabtu, 13 Agustus 2016 lalu. Jangan salah, strategi branding bukan hanya untuk merek barang dagangan, tapi strategi branding juga diperlukan oleh blogger yang ingin menjadi seorang writepreneur lho!

Qwords Kunci Sukses Berbisnis di Era Digital

Beneran deh, waktu tau ada undangan seminar yang diadakan oleh Qwords, rasanya langsung seperti orang paling beruntung di dunia! Kenapa? Karena acara ini diselenggarakan oleh Qwords atau dikenal juga dengan sebutan Qwords.com yang merupakan perusahaan penyedia jasa layanan web hosting yang melayani registrasi nama domain & web hosting yang masuk kedalam jajaran 10 besar perusahaan web hosting di Indonesia. Selain itu Qwords ini juga merupakan perusahaan web hosting nomor satu di Jawa Barat lho! Oh iya, konon nih ya, Qwords itu menggunakan hardware kelas terbaik yang biasa dipakai untuk perusahaan kelas atas, yaitu Quad Core Xeon. Karena kualitasnya tersebut, saya pun membeli domain untuk blog ini di Qwords lho! Ihiiiy.. 

Qwords Kunci Sukses Berbisnis di Era Digital
Source: Susanti Hara

Kerennya, Qwords.com yang notabene adalah anggota Asosiasi E-Commerce Indonesia atau dikenal dengan idEA – Indonesian E-Commerce Association ini juga memberikan dukungannya untuk program 1 Juta Domain .ID yang merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk mendorong terbangunnya Ekosistem Ekonomi Digital di Indonesia. FYI, idEA itu adalah sebuah asosiasi E-Commerce yang merupakan wadah komunikasi antar pelaku industri E-Commerce Indonesia. Dengan mendukung program 1 Juta Domain .ID dan dengan aktif mengadakan seminar seputar dunia digital seperti seminar yang saya hadiri ini, Qwords sudah turut andil dalam mendukung pertumbuhan E-Commerce di Indonesia dengan menciptakan iklim industri yang sehat dan sarana komunikasi yang terpadu antara para pelaku dengan mitra industri, termasuk pemerintah. 

Qwords Kunci Sukses Berbisnis di Era Digital
Source: blog.qwords.com

Keren banget yah Qwords yang sudah menginjak usia 11 tahun ini? ;) Makanya saya semangat banget ikut seminar yang diadakan oleh Qwords ini, soalnya penyelenggaranya trusted, so udah pasti materi seminarnya juga bakal mumpuni dong!

Qwords Kunci Sukses Berbisnis di Era Digital
Kang Agit menyampaikan materi tentang SEO

Pada seminar yang bertempat di SMK Bahagia Bandung ini, saya mendapatkan materi-materi bermutu seputar strategi branding yang menjadi kunci sukses berbisnis di era digital dari para pemateri yang ilmunya kece berat! Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 sampai dengan pukul 13.00 ini diisi dengan 4 materi berbobot, yaitu:
1. Pengenalan domain .com,
2. Membangun identitas brand di era digital,
3. Optimasi branding website untuk e-commerce, dan
4. The Magic behind Search Engine yang membahas mengenai SEO.

Qwords Kunci Sukses Berbisnis di Era Digital

Pada seminar yang diikuti pula oleh siswa siswi SMK Bahagia ini juga diselingi dengan pengenalan produk dan pengenalan mobile apps dari IndieHome. Serunya seminar ini bukan cuma bertabur ilmu, tapi juga bertabur hadiah, karena di sela-sela seminar selain ada sesi tanya jawab juga selalu disisipkan mini quiz berhadiah, dan serunya di akhir acara juga ditutup dengan pembagian doorprize. KEWL!

Qwords Kunci Sukses Berbisnis di Era Digital
Source: Abah Oryza

Kalau boleh saya simpulkan, inti dari keempat materi yang diberikan pada seminar yang saya hadiri ini adalah bahwa para pelaku bisnis maupun para calon pelaku bisnis harus bisa mengoptimalkan eksistensinya di ranah digital untuk keperluan bisnisnya, terutama untuk kepentingan promosi dan branding, dimana salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan mesin pencari atau search engine. Untuk memudahkan pengoptimalan search engine, pelaku bisnis bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan YouTube yang dapat membantu produk atau bisnis bisa secara ramah muncul di mesin pecari Google. Sedangkan untuk menumbuhkan trust dari konsumen dan untuk menciptakan eksistensi bisnis dalam jangka panjang, sebaiknya pelaku bisnis juga memiliki website, baik itu website perusahaan maupun website pemasaran yang tentunya memenuhi unsur situs web yang efektif.

Apa saja unsur situs web yang efektif dan apa saja detil materi yang dibahas di seminar ‘Strategi Branding untuk Membangun Identitas Brand di Era Digital’? Temukan jawabannya di postingan saya berikutnya ya! :)

You Might Also Love

7 comments:

  1. memang bener pelaku bisnis saat ini harus dan wajib utk mengoptimalkan bisnis mereka pada media digital khususnya media sosial, supaya bisnis mereka cepat dikenal banyak orang :)

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat banget ini acaranya. Jadi banyak belajar ttg SEO, content, dan branding social media.

    ReplyDelete
  3. Qwords dedikasinya tinggi juga ya Mbak...

    ReplyDelete
  4. Ini komennya soal 'pingin' :

    - pingin punya olshop, tapi belum nemu produk yang pas untuk jadi andalan. :D

    - pingin beli domain sendiri, tapi karena masih belajar nge-blog, jadi ya baru sebatas pingin.

    Hihi, namanya juga baru kepingin. :D

    ReplyDelete
  5. Wah keren ya acaranya. Semoga next bisa dapat undangan acara serupa yang diadain di Surabaya

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat banget mba sharingnya..ilmu baru ni. Kapan yaa QWords ngadain di semarang? kabar2 yaa mba klw ada info

    ReplyDelete
  7. bookmark ah :D
    Search engine dan Sosial media memang perpaduan mematikan. nice blog

    you just got a new fan

    ReplyDelete