Gaya Hidup Sehat dengan Aerial Yoga

11:26:00 PM labollatorium 3 Comments

Gaya Hidup Sehat dengan Aerial Yoga

Gaya hidup sehat bukan cuma sekedar trend di kalangan kaum urban. Tapi gaya hidup sehat udah jadi keharusan kalau kita pengen panjang umur dan sehat sentosa seperti ucapan yang selalu kita denger di lagu 'selamat ulang tahun' yang selalu berkumandang di hari ulang tahun kita.

Gaya Hidup Sehat dengan Aerial Yoga

Dengan pola hidup yang kurang teratur, misalnya kurang menjaga asupan gizi, ditambah dengan kesibukan yang cukup padat, kurang teraturnya pola tidur, dan ditambah juga dengan polusi lingkungan yang semakin meningkat, bakal kerasa banget kalo badan tuh semakin rentan terkena penyakit dan lebih gampang ngerasa nggak fit alias body not delicious.. Apalagi jika gaya hidup sehat memang nggak biasa kita terapkan dalam keseharian, seiring dengan bertambahnya usia, akan bertambah terasa pula dampaknya pada kesehatan jiwa, raga, dan produktivitas kita..

Gaya Hidup Sehat dengan Aerial Yoga
source: dinkesprov.com

Well, kalo ngomongin gaya hidup sehat, selain ngomongin tentang mengatur asupan gizi dan menjaga pola hidup (misalnya pola tidur, pola kerja, dan pola-pola lainnya, red.), udah pasti kita akan ngomongin olahraga sebagai salah satu aspeknya. Tapi yagitudeh.. Karena kesibukan yang terlalu padat, kadang yang namanya olahraga tuh sering terabaikan.. Padahal sebenernya pagi buta sebelum berangkat ngantor atau pas weekend juga sempet banget untuk ngejalanin olahraga.. Tapi kok ya rasanya badan tuh diposesifin kasur gitu lho.. Hihihi.. Biasanya baru nyesel nggak rajin olahraga tuh datang ketika kita udah sakit. Padahal dengan rutin berolahraga, racun-racun di dalam tubuh akan terbuang, antibody akan semakin meningkat, dan udah pasti segala jenis penyakit nggak akan dengan mudah menyerang tubuh kita.. Seperti yang kita tau mencegah penyakit tuh sebenernya jauh lebih gampang dan lebih murah dibandingkan mengobatinya. Tapi balik lagi, kita sering telat menyadari hal ini.. *toyor-toyor kepala sendiri*

Nah, berangkat dari permasalahan tersebut di suatu hari Minggu, tepatnya tanggal 17 Juli 2016 yang lalu, saya nyempetin untuk olahraga dengan memenuhi undangan dari Sitara Studio. Sempet terfikir di benak saya, mungkin males olahraga itu disebabkan karena jenis olahraga yang biasa kita lakukan bikin bosen. Atau mungkin aktivitas olahraga kurang fun karena olahraga-nya cuma sendirian. Bisa juga kan ya? 

Nah olahraga di hari Minggu 17 Juli kemaren itu bikin saya semangat olahraga banget karena menjawab dua asumsi saya mengenai alasan malas berolahraga. Pertama, olahraga di hari Minggu 17 Juli itu adalah Aerial Yoga di Sitara Studio, Bandung. Kedua, olahraga yang saya lakukan di hari dan tempat tersebut nggak saya jabanin sendiri, karena saya akan melakukan Aerial Yoga bersama teman-teman dari Blogger Bandung. Yeay! Nggak ada lagi alesan untuk males olahraga dong?

Gaya Hidup Sehat dengan Aerial Yoga

Nah, apa sih Aerial Yoga? Aerial yoga adalah cabang yoga modern yang menggunakan bantuan alat berupa selendang khusus dan menggabungkan gerakan-gerakan tradisional yoga (hatha yoga), pilates, gerakan-gerakan akrobatik, serta ada nuansa dance-nya juga.

Gaya Hidup Sehat dengan Aerial Yoga

Aerial Yoga ini mulai berkembang sejak tahun 2005 dan banyak praktisi yoga tradisional menyukai cabang ini karena selain memberikan tantangan baru, Aerial Yoga ini juga banyak menciptakan asanas (gerakan yoga, red.) baru. Mungkin ada yang menyebut Aerial Yoga dengan Yoga Swing atau Antigravity Yoga, namun umbrella term/istilah umum untuk jenis olahraga ini adalah sama, yaitu Aerial Yoga.

Gaya Hidup Sehat dengan Aerial Yoga

Aerial Yoga memang sejatinya bukan olahraga yang murah. Kenapa? Karena kain swing-nya aja terbuat dari bahan selendang khusus (selendang khusus ini ada yang menyebutnya swing, ada juga yang menyebutnya hammocks, red.), sementara tali swing-nya adalah tali panjat gunung yang sangat kuat dan bisa menahan beban hingga 200 kg. Selain itu palang untuk menaruh swing-swing tersebut juga harus terbuat dari baja supaya mampu menahan beban orang yang sedang melakukan Aerial Yoga. Jadi kalo masih ragu dengan keamanan melakukan Aerial Yoga, asal dilakukan di tempat latihan yang qualified dan didampingi oleh instruktur yang terpercaya, insyaallah aman..

Gaya Hidup Sehat dengan Aerial Yoga

Kelebihan Aerial Yoga daripada yoga biasa atau pilates adalah karena Aerial Yoga tuh merupakan latihan olahraga dengan konsep zero gravity. Maksudnya adalah dengan bergelantungan pada alat swing membuat gerakan yoga jadi lebih mudah dilakukan sehingga tidak menimbulkan terlalu banyak tekanan pada tulang belakang atau sendi. Gitu. 

Gaya Hidup Sehat dengan Aerial Yoga

Gimana pengalaman saya melakukan Aerial Yoga di Sitara Studio? Pertama-tama saya mau bahas masalah harga kelas Aerial Yoga di Sitara Studio. Maklum yah sebagai anak ekonomi masalah harga mah wajib jadi pertimbangan utama. Jadi sebelumnya saya sudah pernah mencoba Aerial Yoga di salah satu studio yoga di Bandung, namun Aerial Yoga yang saya ikuti sebelumnya memiliki sebutan Yoga Swing. Nah kalau membandingkan harga kelas Yoga Swing dengan dengan harga kelas Aerial Yoga di Sitara Studio, harga kelas di Sitara Studio jauh lebih affordable. No offense!

Gaya Hidup Sehat dengan Aerial Yoga

Di Sitara Studio, kita bisa mengikuti kelas Aerial Yoga sesuai dengan jadwal yang tersedia. Biaya kelas Aerial Yoga per-kunjungan adalah seharga Rp. 70.000,-. Sementara biaya paketan kelas Aerial Yoga untuk 5 kali kunjungan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp.300.000,- dan kelas Aerial Yoga untuk 8 kali kunjungan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp.800.000,- PLUS 2 kali kunjungan untuk mengikuti kelas Arial Yoga secara FREE alis GRATIS! W.A.W! Dalam satu kali latihan Aerial Yoga berdurasi sekitar 60 menit, kita akan dibimbing oleh instruktur di sebuah kelas dengan kapasitas sekitar 10 sampai 15 orang.

Gaya Hidup Sehat dengan Aerial Yoga

Nggak nyesel jauh-jauh dari Gedebage dateng ke Sitara Studio yang berlokasi di Holis Regency Blok C-51 Bandung ini! Kenapa? Karena saya bukan cuma dapet sehat, tapi juga dapetin pengalaman olahraga yoga yang menyenangkan! 

Gaya Hidup Sehat dengan Aerial Yoga

Sitara Studio tuh tempatnya bersih, tersedia loker untuk nyimpen barang, ada toilet juga untuk bebersih seberesnya olahraga, dan yang paling penting instrukturnya asik banget. Sambil yoga bisa sambil konsultasi dengan instruktur. Ya seperti yang kita ketahui, yoga sendiri sebenarnya sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat sebagai metode alternatif penyembuhan dan penyeimbangan. Jadi kalo instrukturnya asik dan ngerti masalah kita (terutama masalah di dalem tubuh lho ya bukan masalah di dalem hati, misalnya ingin mengencangkan otot perut, ingin menghilangkan vertigo, red.), otomatis latihan Aerial Yoga kita juga bisa lebih efektif kan?

Gaya Hidup Sehat dengan Aerial Yoga

Di Sitara Studio, kamu bukan cuma bisa mengikuti kelas Aerial Yoga, tapi kamu juga bisa mengikuti kelas TRX, Aerial Fit, Acro Yoga, Zumba, Belly Dance, Muaythai, dan masih banyak lagi kelas olahraga lainnya yang bisa kamu ikuti. Asik banget deh pokonya! Penasaran nggak sih kaya gimana kelas Aerial Yoga yang saya ikutin kemaren? Kalo penasaran, boleh atuh diintip dulu secuil video sesi pemanasan ketika saya mengikuti kelas Aerial Yoga di Sitara Studio minggu lalu di bawah ini..

Gaya Hidup Sehat dengan Aerial Yoga

Nah gimana? Seru banget kan? Nggak ada lagi deh alesan untuk males olahraga! Ihhhiiiyyy.. 

Gaya Hidup Sehat dengan Aerial Yoga

Semoga postingan ini bermanfaat ya.. 

Sampai jumpa lagi di postingan lainnya..

SALAM OLAHRAGA!!!!!

***

AERIAL YOGA DI SITARA STUDIO BANDUNG IN SUMMARY:
Alamat: Holis Regency Blok C-51 Bandung. Peta cek di https://goo.gl/maps/EBdLeXLAZ652
Aftertaste: sehat lahir batin dan dunia akhirat.. insyaallah..
Alasan kenapa harus Aerial Yoga di Sitara Studio: 
1. Sitara Studio adalah salah satu studio yoga di Bandung yang lokasinya mudah dicapai dengan peralatan olahraga yang lengkap dan instruktur yang oke punya! Beruntunglah buat kamu-kamu yang tinggal di Bandung dan bertempat tinggal di area yang nggak terlalu jauh dengan lokasi Sitara Studio. 
2. selain masalah lokasi, kalau kamu nyari olahraga yang cukup menantang sekaligus ampuh untuk membakar lemak di tubuh, maka Aerial Yoga adalah pilihan olahraga yang tepat banget buat kamu! Kenapa? Selain berguna untuk membuang lemak di tubuh, Aerial Yoga juga cukup dapat diandalkan untuk membuat perut plus bokong kamu menjadi lebih kencang, dan bisa juga untuk membantu postur punggung supaya lebih tegak. Cuss ahh Aerial Yoga biar makin bohay!
3. Aerial Yoga bukan cuma buat cewek! Cowok bisa ikutan, bahkan anak-anak pun bisa ikutan kelas Aerial Yoga lho! Cocok banget buat ngisi liburan akhir pekan dengan cara yang sehat dan udah pasti bermanfaat!
Tips untuk menjalani gaya hidup sehat dengan Aerial Yoga: 
1. sebelum melakukan Aerial Yoga, makan lah 1,5 jam sebelum kelas dimulai. ini penting karena banyak gerakan-gerakan terbolak-balik di udara, takutnya nanti mual dan muntah.
2. pakai pakaian yang agak longgar/kostum olahraga untuk memudahkan tubuh dalam melakukan gerakan Aerial Yoga.
3. sebaiknya tidak melakukan Aerial Yoga dengan gerakan kepala berada di bawah jika kamu sedang haid.
4. jika merasa pusing ketika melakukan Aerial Yoga, sebaiknya berhenti dulu sejenak. Jangan memaksakan diri untuk melanjutkan Aerial Yoga ya! Itu pentingnya untuk nyobain dulu datang 1 kali kunjungan sebelum mengikuti kelas reguler.
5. supaya maksimal, kamu bisa melakukan Aerial Yoga 3 kali seminggu secara rutin ya!
Social media: bisa cek instagramnya @sitara_studio kalo penasaran banget sama seluk beluk mengenai Sitara Studio!

You Might Also Love

3 comments:

  1. Saya termasuk awam sama olahraga yoga ini
    tapi tips hidup sehatnya setuju banget ;) makan segala itu saya banget, hahaha...

    ReplyDelete
  2. Yoga... olahraga yg keren
    ..😊

    ReplyDelete
  3. Dari dulu kepengen nyobain Yoga tapi belum keturutan. Seru ya mbak mpe jungkir balik gtu. Denger2 yoga gak cuma bikin badan segeran tapi jg buat mental dan pikiran jd lbh baik. Moga2 klo dah loong bisa nyobain yoga TFS :D

    ReplyDelete