Jangan Pernah Beli Mobil Bekas Pernah Kebanjiran, Ini Daftar Kerugiannya

Tuesday, February 28, 2023

MOBIL BEKAS ONLINE
Sumber Gambar: Unsplash 

Ada rencana beli mobil bekas alias mobil second secara online? Bisa! Baca dulu tulisan ini yuk~ 


Di beberapa daerah tentu ada beberapa titik jalan yang berpotensi mengalami banjir jika curah hujan sangat tinggi. Hal ini tentu bisa menjadi perhatian bagi para pemilik kendaraan untuk tidak memasakan lewat jalan tersebut ketika musim hujan atau saat curah hujan sedang tinggi. Alasannya karena setiap kendaraan roda empat tidak boleh kebanjiran apalagi tinggi banjir lebih dari 1 meter akan membuat air masuk ke dalam mobil dan juga area mesin. Tentunya kejadian ini akan membuat banyak komponen yang rusak dan harus diganti, lebih parahnya lagi mobil mengalami masalah serius seperti turun mesin sehingga dana yang harus dibayar ke bengkel cukup besar. Selain itu, masih ada beberapa kerugian yang harus ditanggung oleh pemilik kendaraan dan berikut daftarnya.

TERGANGGUNYA SISTEM ELEKTRONIK

Air yang masuk ke dalam mobil dengan jumlah yang banyak tentunya akan mengganggu sistem elektronik atau kelistrikan. Dengan adanya gangguan atau kerusakan, maka sistem kelistrikan seperti aki dan yang lainnya tidak akan bisa bekerja dengan baik sampai semuanya diperbaiki. Bahkan di beberapa komponen lainnya, jika ada air yang masuk maka bisa menyebabkan arus pendek atau konslet.

KARATAN DAN BANYAK NODA

Kerugian selanjutnya yang harus ditanggung pemilik yaitu menimbulkan karat pada beberapa sisi mobil sekaligus banyak noda yang menempel. Jika dilihat secara seklias, memang tidak terlalu terlihat tetapi jika dilihat secara dekat dan teliti maka akan jelas sekali karat dan noda. Semakin sering mobil kebanjiran, maka akan semakin banyak karat dan noda yang menempel sehingga membuat penampilan mobil jadi tidak menarik.

SENSOR DAN SOKET BERMASALAH

Kendaraan roda empat terbaru biasanya menggunakan komponen soket di area mesin sehingga setelah kebanjiran tentuya harus segera diperiksa di bengkel. Belum lagi beberapa sensor yang terpasang di beberapa area juga akan terganggu fungsinya jadi harus segera dicek juga. Tanda-tanda dari kerusakan sensor dan juga soket biasanya akan ditampilkan pada dashboard yang ditandai dengan lampu indikator yang menyala.

FUNGSI REM JADI BERKURANG

Rem menjadi komponen yang sangat penting untuk mengurangi kecepatan ketika mobil melaju dengan kecepatan cukup tinggi. Setelah kebanjiran, komponen rem akan berkurang fungsinya karena akan menimbulkan karat sehingga kinerja rem akan terganggu jika ada komponen yang berkarat.

Makanya penting sekali untuk mengecek mobil secara keseluruhan ketika mobil terkena banjir. Ada juga orang yang memutuskan untuk menjual mobil yang pernah kebanjiran, makanya bagi calon pembeli harus lebih hati-hati. Sebaiknya beli mobil bekas online di mobbi saja yang sudah dijamin anti banjir bahkan anti tabrakan juga jadi tidak perlu lagi keluar biaya yang besar dan bisa langsung dipakai bersama keluarga. Bagi yang belum tahu, awalnya terkenal dengan mo88i tetapi dengan berjalannya waktu maka sekarang bernama mobbi yang sudah tersedia aplikasinya, install aplikasi mobbi di ponsel sekarang yuk!

No comments

Post a Comment