Me X Golda VS The World - Tips Menghilangkan Ngantuk

4:43:00 PM labollatorium 2 Comments

Cara Menghilangkan Ngantuk ala Labollatorium.com!

AGUSTUSAN - aduh gusti tunduh pisan!


Kurang lebih seperti itulah QOTD saya setiap hari. Sampe kantor ngerasa ngantuk, jam istirahat sehabis makan siang mata kreyep-kreyep ngantuk, tiap ada meeting pun bawaannya pengen nguap melulu (etapi kayanya kalo pas meeting ngantuk mah dialami banyak orang ya?). Nah pas jam 5 sore saatnya pulang kantor, baru deh cenghar segar bugar! Hahaha... Well, dengan latar belakang kengantukan itu pun saya membuat postingan Me X Golda VS The World - Tips Menghilangkan Ngantuk kali ini.

Eh tapi buat kamu yang udah baca postingan saya sebelum ini, seharusnya sih kamu nggak ngejudge kalau saya ini pamalesan. Karena sebenarnya rasa ngantuk yang saya rasakan ini memang wajar adanya. Gini saya ceritain yah... Setiap hari saya bangun jam 4.30 pagi, kemudian berangkat ke kantor sekitar jam 6.15 pagi, dan mulai ngantor jam 8 pagi setelah melalui perjalanan Gedebage - Katapang yang biasanya saya tempuh sekitar 90 menit. Dari yang saya baca di alodokter.com katanya dalam satu hari tuh memang ada dua periode ketika tubuh akan merasa mengantuk secara alami, yaitu pada saat larut malam (umumnya antara tengah malam hingga jam 7 pagi) dan tengah hari (sekitar pukul 13.00-16.00).

Setelah sampai kantor, selama jam kerja hari-hari saya tuh diisi dengan berbagai kegiatan yang menguras fikiran featuring deadline yang nempel kaya perangko ketika deadline satu kelar ada aja deadline lain yang datang. Pulang kantor Katapang - Gedebage juga 90 menit. Kadang saya suka ngerasa ngantuk juga kalo di lampu merah dan suka merem sebentar. Hahaha... Well, kalo hari kerja mah ya gini deh aktivitas saya. Gimana nggak gempor coba Neneng! Hahaha... See, wajar kan kalo saya sering ngerasa ngantuk?

Pas baca artikel di alodokter.com saya sempet ngeri juga sih, jangan-jangan saya menderita salah satu penyakit yang menyebabkan saya sering ngantuk. Tapi kayanya enggak sih. Mengalami gangguan tidur juga enggak. Cuman di alodokter.com juga disebutkan bahwa masalah psikologis seperti stress dan gangguan cemas ternyata dapat memicu rasa kantuk karena masalah-masalah tersebut menguras energi kita. Kayanya ini sih masalahnya. Hahaha... Terima kasih alodokter.com!

TAPI walaupun saya sering merasa ngantuk, saya tidak pernah menyerah untuk menjalani hari demi hari (ku jelang tanpamu) loh! Beberapa hal ini biasanya saya lakukan untuk mengusir ngantuk:

1. MINUM KOPI

YES! Saya selalu minum kopi setiap pagi hari - setiap hari. Tapi jenis kopinya adalah kopi pake susu, sama pake gula juga, kadang ditambah sama cemilan juga. Hahaha... Selama ini kopi berhasil membantu untuk boost energi saya sih. Karena konon katanya kandungan kafein dalam kopi memang dapat membantu meningkatkan kewaspadaan kurang lebih selama 6 jam. Nggak tau sugesti atau gimana, tapi kalau sehari belom ngopi badan tuh kerasa lemes kek habis disedot dementor gitu loh... Yang paling parah sih kalo udah bikin kopi tapi masih ngantuk, seperti meme yang dibuat sama Wikikocak ini... Hahaha...

Kopi dapat menghilangkan ngantuk, kalo diminum!

Kalo lagi males bikin kopi tapi sedang pengen ngopi, saya biasanya minum kopi RTD alias Ready To Drink. Nah sekarang ini saya sedang jadi pelanggan tetap Golda Dolce Latte bahkan saya sampe disebut 'barudak Golda' saking ampir tiap hari selalu sedia Golda di meja kerja. Hahaha... HEY! Ini bukan paid promote loh ya, BUKAN! Saya memang suka dengan rasa Golda Dolce Latte & saya juga suka dengan harganya yang hanya 3000 perak! HAHAHA... Golda Dolce Latte dingin tuh bener-bener boost energi lah... I LOVE YOU GOLDA!

2. MELAKUKAN GERAKAN STRETCHING

Untungnya di kantor saya yang sekarang tuh selalu ada stretching bersama 2 kali sehari, setiap jam 10 pagi dan jam 14.30 siang. Jadi saya nggak perlu repot-repot mikirin gerakan stretching sendiri, karena stretching di kantor tuh udah ada guide untuk gerakan-gerakannya. Selain ngilangin ngantuk, stretching tuh bisa membantu menguatkan otot dan menambah asupan oksigen ke otak dan saya pun sudah merasakan manfaatnya kok! Stretchingnya ya biasa aja kaya gerakan stretching SKJ, bukan stretching gerakan zumba ala Liza Natalia ya... Hahaha... Buat kalian yang di kantornya nggak ada stretching time seperti saya, cobain deh. Trust me, it works untuk ngilangin ngantuk!

3. NGEMIL-NGEMIL LUCU

YES! Ngemil is my middle name. Mau di rumah, mau di kantor, saya selalu memastikan bahwa ada sesuatu yang bisa saya camil. Camilan yang bisa ngilangin ngantuk tuh salah satunya cokelat loh! Sejujurnya - seperti yang kalian tau kalau saya ini orangnya jujur - saya baru tau tentang hal ini. Tapi tanpa saya sadari, saya memang selalu nyetok coklat, dan ketika saya ngerasa ngantuk saya otomatis ngemil coklat Silverqueen Fruit & Nut kesukaan saya. Terus kalo saya masih ngerasa ngantuk, saya boost lagi pake makaroni alfamart. SUMPAH MAKARONI ALFAMART TUH NIKMAT MICIN YANG HAKIKI!

4. BERCANDA DIKIT LAH!

Thanks God, kantor saya sekarang tuh bentukannya open space. Jadi bisa leluasa bercanda dan tertawa bersama dengan rekan-rekan kerja (bahkan sama si bos), terutama disaat-saat ngantuk dan kepenatan mendera. Yeah namanya juga wanita karir masa gini yang menghabiskan waktu terlama di kantor, kalo terlalu serius mah bosen! Apalagi saya emang anaknya seneng jokes, jokes vespa! Hahaha... Selain itu bercanda dan tertawa sesekali tuh bagus tauk! Dari beberapa sumber menyatakan bahwa ketika kita bercanda (walaupun kadang garing) dan tertawa, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat membuat kita merasa lebih bugar sehingga hari-hari kita akan terasa lebih baik dan lebih berenergi. Canda dikit, JOSS!

5. DENGERIN MUSIK UPBEAT SUPAYA ALLRIGHT

Dengerin musik upbeat boleh, tapi ya jangan dengerin pake earphone dengan volume yang kenceng ya! Pertama, hal itu bisa merusak pendengaranmu sendiri. Kedua, kalau kamu adalah pekerja dan earphone dengan musik upbeat bervolume tinggi menempel di kupingmu sepanjang hari, hal itu bisa menyebalkan bagi sesama rekan kerja yang sering berinteraksi dengan kamu. Sesekali boleh lah... Tapi kalau sepanjang hari kamu pakai earphone, kamu jadi susah ditanya oleh rekan kerja lainnya karena kamu tenggelam dengan musik di earphone kamu!

Well, segini dulu deh postingan kali ini. Siapa tau tips cara menghilangkan ngantuk dari saya bermanfaat buat kalian ya... Etapi bentar! Karena hari ini hari Minggu, saya mau selipin 1 lagu ahh di postingan ini. Karena postingan ini ngebahas tentang ngantuk dan salah satu cara ngilangin ngantuk adalah dengan minum kopi, maka saya mau share 1 lagu Korea dari Park Han Byul yang ada hubungannya dengan kopi ahhh... Boleh yaaa? Boleh dong! Kan kalau hari Minggu, seharusnya saya posting rubrik Album Minggu. Hehehe... Sabi lah postingan kali ini disebut Me X Golda VS The World - Tips Menghilangkan Ngantuk Feat. Album Minggu. Hahaha... Enjoy the song!


Selamat hari Minggu, besok Senin loh! Hahaha...

Love,
Nola.

You Might Also Love

2 comments:

  1. wah kalau nagntuknya gak bisa ditahan memang enaknya tidur barang 15 menitan katanya lebih segar daripada tidur lama di siang hari

    ReplyDelete
  2. Ngemil micin sama stretching yang sering aku lakuin kak. Sok2an strtchingnya ala yoga gitu. Abis itu baru ngemil micin. Syukur2 bisa sambil nonton Kdrama. Sepertinya mata bakal makin seger lihat oppa2 ganteng. Hehehe

    ReplyDelete