Talk Show & Workshop Menulis Fiksi Bersama Penulis ‘Little Stories’ di kantor Yahoo Indonesia

2:46:00 PM labollatorium 1 Comments


Pada suatu hari ditengah pengembaraan di dunia maya, saya membaca postingan dari akun twitter @Yahoo_ID yang cukup banyak mendapatkan respon dalam bentuk retweet. Postingan apakah gerangan? Yeap, seperti gambar yang kamu lihat di bawah ini, postingan tersebut adalah tentang workshop menulis fiksi bersama lima penulis buku Little Stories.

Talk Show & Workshop Menulis Fiksi Bersama Penulis ‘Little Stories’ di kantor Yahoo Indonesia

Apa sih buku Little Stories itu? Little Stories adalah sebuah buku kumpulan cerpen terbitan Gramedia Pustaka Utama yang ditulis oleh 5 orang penulis muda berbakat yaitu Adeste Adipriyanti, Rinrin Indrianie, Vera Mensana, Faye Yolody, dan Rieke Saraswati. Konon buku ini merupakan hasil latihan kelima penulis Little Stories yang sudah mengikuti kelas penulisan kreatif yang diadakan oleh penulis Maggie Tiojakin. Baca cerita dibalik terbitnya buku ini bikin saya sadar bahwa selama kita punya cita-cita dan keinginan untuk belajar, maka akan selalu ada jalan untuk mewujudkannya. Nah, untuk memotivasi para penulis muda, Yahoo Indonesia bersama lima penulis Little Stories mengadakan talk show plus workshop menulis fiksi.

Ketika saya membaca informasi mengenai workshop tersebut, saya sebenarnya bingung. Saya ini sebenarnya suka menulis terutama menulis diary dan menulis di blog (oke ini nggak termasuk dalam kategori menulis yang penting! hahaha..), beberapa pekerjaan kantor yang mengharuskan saya untuk membuat tulisan pun pernah saya lakoni, namun tidak pernah terlintas sedikitpun di benak saya untuk menulis fiksi. Kenapa ya? Mungkin karena saya jarang berkesempatan punya waktu yang cukup untuk membaca cerita fiksi, atau mungkin imajinasi saya memang terlalu sering mengarah pada hal yang berbau bisnis, atau mungkin juga memang saya tidak tahan berlama-lama duduk sambil menuliskan imajinasi secara panjang dan mendetil, yang pasti sih saya benar-benar tidak pernah mengetahui kaidah-kaidah dalam membuat tulisan fiksi. Well, berangkat dari pokok permasalahan tersebutlah akhirnya saya mengirimkan data diri saya ke Yahoo Indonesia. Ya sebenernya sih iseng aja, coba-coba, toh belum tentu kepilih juga, karena saya yakin banget banyak penulis muda yang jauh lebih serius daripada saya dan mendaftarkan dirinya untuk mengikuti talk show dan workshop ini.

Talk Show & Workshop Menulis Fiksi Bersama Penulis ‘Little Stories’ di kantor Yahoo Indonesia
berasa keselek laptop, yang daftar sampe 130 orang men!

Beberapa hari kemudian, saya terkejut bukan kepalang membaca email dengan subject 'Workshop menulis fiksi – Selamat, kamu terpilih :)'. TERNYATA, email dengan subject yang manis itu berasal dari Yahoo Indonesia, yang menyatakan saya terpilih menjadi salah satu peserta talk show dan workshop bersama penulis Little Stories. YEAAAAAAY!! Senang sekaliiiiiih sodaraaaa sooodaaaraaaa.. Tapi kemudian bingung, kenapa saya bisa kepilih. Tapi masa bodo deh, yang penting kepilih! Hahaha.. Berhubung dapet emailnya mepet, sehabis konfirmasi ke pihak Yahoo bahwa saya akan datang ke acara, di hari yang sama saya langsung pesen travel Bandung – Jakarta. Yahoooo, I’m comiiiiiiing!!

Talk Show & Workshop Menulis Fiksi Bersama Penulis ‘Little Stories’ di kantor Yahoo Indonesia
email termanis sepanjang bulan Maret, I LOVE YOU SO MARCH!!

Akhirnyaaaaa.. Berbekal buku Little Stories di tangan, dan berbekal rasa bahagia yang tiada tara, hari Sabtu, 8 Maret 2014 saya berangkat menuju Jakarta. Mungkin kalian ada yang berfikiran : “Halah! Talk show & workshop gratisan  aja bahagia bener lu Nooool!”. Hahahahaaamasaaabodooohahahahaaaa.. Semoga sih nggak ada yang berfikiran seperti itu ya, tapi kalaupun ada maaf euy, ini mah gratis bukan sembarang gratis! Ini mah gratis terbatas.. Hellllaaaaaauuuuuwwww.. Lanjut lagi ahh ceritanya.. Jadi sampe mana tadi? Oh iya, saya berangkat dari Bandung jam 6 pagi dengan menggunakan mini bus sebuah jasa travel di daerah Dipati Ukur, dan alhamdulillah perjalanan lancar. Sebenernya sih nggak terlalu merhatiin lancar atau enggaknya, wong selama perjalanan saya tidur pules banget kok. Hahaha.. Pokonya sebelum jam 10 saya sudah rapih, cantik, dan siap lahir batin untuk menjadi peserta talkshow dan workshop bersama para penulis buku Little Stories.

Talk Show & Workshop Menulis Fiksi Bersama Penulis ‘Little Stories’ di kantor Yahoo Indonesia
penampakan buku Little Stories yang dari awal postingan udah disebut-sebut

Sesampainya di kantor Yahoo Indonesia, sambil nunggu temen-temen peserta workshop yang lainnya, saya foto-foto dulu dong.. Hehe.. Nggak nyangka gitu pagi-pagi udah ada di kantor Yahoo Indonesia.. Berasa jadi pegawai Yahoo aja deh.. Hahahangarephahahaaaa.. Yayaya, ini memang acara gratisan kok.. Tapi nggak semua orang bisa ikut loh, cuma orang yang niat dan terpilih aja yang bisa ikut.. Sini aku peluk kamu, biar kamu nggak sirik deh ya.. Hehehehehehe.. *dikeplak*

Talk Show & Workshop Menulis Fiksi Bersama Penulis ‘Little Stories’ di kantor Yahoo Indonesia
mumpung acara belom mulai, narsis dulu bisa kali! hihihi..

Sambil ngisi absen, kita dibagiin copy-an penggalan dari cerpen Anton Chekov yang berjudul 'Gegap Gempita'. Sambil nunggu semua peserta hadir, kita disibukkan dengan membaca. Setelah semua penulis duduk di depan forum, semua peserta hadir, dan dari pihak Yahoo Indonesia yaitu Mas Ikram dan Mbak Isyana siap, sesi talk show pun dimulai.

Talk Show & Workshop Menulis Fiksi Bersama Penulis ‘Little Stories’ di kantor Yahoo Indonesia
acara talk show berjalan seru, para peserta nggak berenti-berenti melontarkan pertanyaan kepada 4 penulis Little Stories

Acara hari itu dibuka oleh Mas Ikram, sementara sepanjang acara talk show Mbak Isyana bertindak sebagai moderator. Para peserta sempet bingung, karena di depan forum hanya ada 4 orang, ternyata 1 orang penulis Little Stories yaitu Mbak Vera Mensana berhalangan hadir karena ada urusan keluarga. Kecewa dikit sih, tapi nggak apa-apa deh, yang penting dienjoyin aja.. Yoi nggak? Hehe.. Nahhh, selama sesi talk show berlangsung para penulis buku Little Stories menyebutkan banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menulis fiksi nih, diantaranya :


Nah setelah talk show, semua yang hadir di kantor Yahoo Indonesia dapet break makan siang dan sholat. Setelah itu baru deh disambung lagi dengan acara workshop.  Oh iya, di sela-sela break ini juga jadi ajang para peserta untuk minta tanda tangan para penulis Little Stories di buku masing-masing. Riuh seru asyik masyuk banget deh pokonya!

Talk Show & Workshop Menulis Fiksi Bersama Penulis ‘Little Stories’ di kantor Yahoo Indonesia
mau buang air kecil atau mau wudhu, harus bawa-bawa kartu untuk buka pintu.. semua ruangan bernuansa ungu, bikin mupeng jadi karyawan Yahoo.. #rhyme ;))

Sedikit cerita tentang kantor Yahoo Indonesia aja nih.. Kantornya nyaman banget.. Hawanya beneran bikin betah di kantor deh.. Interiornya yang bernuansa ungu dan putih plus kemanan tingkat tinggi yang menyertainya, bikin saya ngerasa sebagai anak digital sejati meskipun ada di sana sekedar jadi peserta talk show dan workshop. Yang lucu sih cerita tentang jam dinding di kantor Yahoo Indonesia. Jadi di tengah-tengah acara talk show, tepat jam 10 pagi ada suara “YAHOOOOOO..UUUU..UUUUUUU..!!” menggema di ruangan. Semua pun kaget, malahan sempet kepikiran apa iya Mas Ikram teriak “YAHOOOOOO..UUUU..UUUUUUU..!!” biar diperhatiin.. Hahaha.. Mas Ikram yang kayanya ngerasa dituding begitu pun buka suara dan menjelaskan bahwa yang bunyi itu jam dindingnya kantor. Dia menjelaskan sambil menunjuk sebuah jam dinding berwarna ungu yang letaknya tepat berada di atas tv flat yang menggantung di sisi kanan dinding ruangan. Semua pun mengangguk sambil heran. Saya yakin, semua penasaran dengan kejutan lucu apa lagi sih yang ada di kantor Yahoo Indonesia ini. Ya jujur aja sih, kalo saya mah penasaran banget, bahkan mendadak rasa penasaran akan kantor Yahoo Indonesia ini jauh lebih besar dari tujuan semula yaitu mempelajari penulisan fiksi. Hahaha.. Mulai lost fokus!

Oke, lanjut cerita workshop ya.. Jadi, sebelum workshop dimulai semua peserta undangan dibagi kedalam 4 grup, dan tiap penulis bertugas menjadi mentor untuk 4 grup yang sudah terbentuk. Saya termasuk ke dalam grup 1, dan yang menjadi mentornya adalah Mbak Rieke Saraswati. Seluruh anggota grup 1 dan Mbak Rieke pun masuk ke ruangan yang sudah dipersiapkan oleh pihak Yahoo Indonesia. Setelah semua duduk rapi, hal pertama adalah perkenalan. Di dalam grup saya ada 9 orang peserta, terdiri dari 2 orang pria dan 7 orang peserta wanita. Ada yang pekerjaannya content writer, ada fashion journalist, ada trainer, ada pegawai swasta, bahkan pegawai BUMN juga ada. Gila! Bener-bener nambah kenalan baru ini mah!

Talk Show & Workshop Menulis Fiksi Bersama Penulis ‘Little Stories’ di kantor Yahoo Indonesia
suasana dan beberapa catatan saya di sesi workshop

Ok, setelah sesi perkenalan, Mbak Rieke memberikan penjelasan mengenai beberapa prinsip dasar menulis Fiksi. Dan yang namanya workshop, udah jelas kalau kita juga bakal latihan dong.. Ada 2 latihan nih, yang pertama latihan bikin flash fiction dan latihan deskripsi.

Latihan Pertama
Di latihan flash fiction, semua anggota grup dibagikan 3 carik kertas. Pada tiap kertas tertera sebuah kata yang berkaitan dengan profesi, lokasi, dan situasi. Tugas peserta workshop adalah membuat flash fiction dengan tema bebas asalkan menggabungkan ketiga kata kunci yang didapatkannya masing-masing, dan dalam waktu yang sudah ditetapkan yaitu 10 menit. 'Haduh' banget nih buat saya yang cupu ini. Mana saya kebagian kata 'Dosen', 'Pegadaian', dan 'Macet' lagi.. Hahahahamampushahahaaa.. Tanpa terasa 10 menit pun berlalu, seperti peserta ujian yang pasrah dengan takdirnya, semua anggota grup pun menghentikan kegiatan menulis. Setelah itu, kita semua membacakan hasil karya kita masing-masing, dan setiap anggota grup pun bebas memberikan kritik dan saran atas tulisan yang sudah dibuat. Sumpah ini seru! Kita jadi tau kekurangan-kekurangan tulisan kita dan karena dimentorin kita jadi tau bagaimana seharusnya menyampaikan cerita fiksi dengan baik dan benar.

Latihan Kedua
Untuk latihan kedua adalah latihan deskripsi. Mbak Rieke selaku mentor memberikan sebuah kata dan setiap peserta grup 1 wajib menuliskan sebanyak-banyaknya kata lain yang menggambarkan kata yang diberikan. Sepintas sih kayak yang gampang, tapi ternyata agak puyeng juga ya.. Hahahaha.. Sama seperti latihan pertama, setiap peserta membacakan hasil pekerjaannya sambil diselingi tanya jawab dan senda gurau.. Ditengah serunya diskusi, masuklah Mas Ikram ke ruangan kami dan menyatakan bahwa waktu workshop sudah habis.. Sontak seisi ruangan pun berkata “Yaaaaaahhhh lagi seruuuuu..” Hihihi.. Meskipun begitu, kita tetep nurut sama Mas Ikram, soalnya kalo nggak nurut takut digebukin security gedung sih.. Hihihi..

Yess, dengan demikian berakhirlah sesi talkshow dan workshop bersama para penulis buku Little Stories di hari tersebut. Mbak Isyana dan Mas Ikram dari Yahoo Indonesia yang di awal sudah membuka acara ini pun menutupnya dengan sepatah dua patah kata, kemudian mereka membagikan goddie bag kepada seluruh peserta.

Talk Show & Workshop Menulis Fiksi Bersama Penulis ‘Little Stories’ di kantor Yahoo Indonesia
Talk Show & Workshop Menulis Fiksi Bersama Penulis ‘Little Stories’ di kantor Yahoo Indonesia

Oh iya, paling terakhir banget dari serangkaian acara hari ini adalah, FOTO-FOTO!! Semua pengen kefoto, sampe sesek dempet-dempetan gitu.. Tapi seruuuuu!! Yeaaaay..

Talk Show & Workshop Menulis Fiksi Bersama Penulis ‘Little Stories’ di kantor Yahoo Indonesia
Talk Show & Workshop Menulis Fiksi Bersama Penulis ‘Little Stories’ di kantor Yahoo Indonesia
Talk Show & Workshop Menulis Fiksi Bersama Penulis ‘Little Stories’ di kantor Yahoo Indonesia

Daaaaaan, sekitar jam 5 sore acara pun selesai.. Saya pun menuju pool travel untuk kembali ke Bandung dengan membawa keriaan, ilmu, juga buku Little Stories yang sudah ditandatangani oleh para penulisnya.. Uwuwuwu..

Talk Show & Workshop Menulis Fiksi Bersama Penulis ‘Little Stories’ di kantor Yahoo Indonesia
thank you Little Stories -Mbak Rieke-Mbak Adeste-Mbak Faye-Mbak Rinrin-.. thank you Mas Ikram & Mbak Isyana dari Yahoo Indonesia!!

Segitu aja ceritanya ya.. Eummm, setelah baca postingan ini, pengen jadi penulis fiksi atau pengen kerja di Yahoo Indonesia nih? Hihihihi.. Apapun itu, jangan pernah berenti belajar dan berkarya lah ya..

Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on.
– Louis L’Amour -

See ya!


catatan : foto-foto dokumen pribadi, Yahoo Indonesia, Mas Ikram, dan Mbak Adeste

You Might Also Love

1 comment: