Do's & Don'ts UAS

6:01:00 PM labollatorium 6 Comments

Semangat Ujian Akhir Semester
Ya.. ya.. ya.. Minggu ini lagi hapenning banget Ujian Akhir Semester atau UAS di kampus saya. Dibilang nggak setress, ya setress juga sih. Well, berhubung UAS itu tingkat kesetressannya hampir setara dengan kesetressan jadi presiden -meskipun-saya-belom-pernah-jadi-presiden-dan-kalo-ditawarin-jadi-presiden-pun-saya-nggak-minat-, yang akan saya bahas di postingan kali ini adalah tentang Do's & Don'ts dalam menghadapi dan menjalani UAS. Yess!! Sebagai remaja kampus masa kini dan sebagai kakak senior yang lucu dan menggemaskan bagai kumis ikan lele, saya merasa bertanggung jawab akan kemajuan kampus dan kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Untuk itu saya buatlah postingan ini. Hahaha.. Oke, langsung aja yah kita bahas satu per satu apa aja Do's & Don'ts UAS dari saya.. Here we go...
Titip Absen Ujian Akhir Semester UAS
PERTAMA
DO : Beresin semua urusan pembayaran kuliah biar nama kamu ada di daftar nama peserta ujian. Inget-inget juga berapa kali kamu bolos dan berapa kali kamu titip absen. Kalo sampe nama kamu nggak ada di daftar peserta ujian gara-gara kamu pernah titip absen, berarti orang yang kamu titipin waktu itu nggak ngabsenin kamu! Kurang ajar emang tuh anak! Ooops!! Hahaha.. Makannya jangan titip absen terus kalo nggak pengen jadi Sarjana Alam Ghaib!
DON'T : Ketika UAS, jangan pernah usaha untuk nitip absen atau ngarep dosen nggak ada! PERCUMA! Jangan becanda yang nggak lucu ahh, ini ujian bro bukan kuliah biasa! 


Datang Tepat Waktu Tips Ujian Akhir Semester UAS
KEDUA
DO : Jangan datang terlambat, usahakan datang 1 jam lebih awal dari jadwal UAS! Kalo perlu kamu nginep di kampus. Mau tidur di pos satpam nyelip di ketek security kek, atau mau tidur di perpustakaan nyempil di rak buku kek, bebas. Asal kamu kuat malu aja demi nggak telat masuk kelas buat ujian! Masih banyak alasan lainnya kenapa kamu harus datang 1 jam lebih awal kalau kamu terusin baca postingan ini sampai khatam! ;)
DON'T : Ketika waktu ujian tiba, jangan sampe datang telat + belom belajar + belom mandi + pulpen ketinggalan + nggak tau hari itu mau ujian apa. Satu kata buat orang kaya gini : “MATI SAJALAH!!”. Dengan keadaan kaya gini ketika mau UAS, keluar gerbang kampus kamu akan disambut baliho romantis segede Pretty Asmara bertuliskan “Kembalilah padaku untuk mengulang mata kuliah ini, SAYANG!”. Ihh, amit-amit deh!! *knock on wood three times*

Alat Tulis Tips Ujian Akhir Semester UAS
KETIGA
DO : Ketika hari ujian tiba, kamu harus bawa alat tulis yang lengkap, bawa tempat pensil, kalkulator dan berbagai peralatan yang kamu butuhkan untuk mata kuliah yang diujikan di hari tersebut.
DON'T : Lengkap sih lengkap, tapi jangan masukin kertas minyak, bedak, sama lipstick di tempat pensil! Ini mau UAS woiy, bukan mau ngeceng di mall!! Sekalian aja masukkin parfum, rak sepatu, sama lapangan golf! UAS aja ribet! HIH!!

Sarapan Tips Ujian Akhir Semester UAS
KEEMPAT
DO : Sebelum berangkat ke kampus untuk ngejalanin UAS, usahain udah makan dulu di rumah, eh di piring. Iya, maksudnya makannya di piring, piringnya piring yang ada di rumah kamu, gitu. Kalo nggak sempet makan dulu, mampirlah ke toko kelontong yang serba berakhiran ‘-mart’ yang ampir tiap 38 langkah+14 jengkal sekali tokonya bisa kita temuin di pinggir jalan. Belilah cemilan dan minuman yang bisa nambah energi. Konon uas itu ngabisin 572,69 kkal dan bakal bikin kamu kehilangan cairan tubuh sebanyak 6,028 liter. Asli! ASLI GUE NGARANG! Pokonya siapin perut sama tenggorokan sebelum UAS ya!
DON'T : Makan boleh, tapi jangan berlebihan. Makan berlebihan itu kaya gimana sih? Misalnya, makan tumpeng diabisin sendirian, atau makan sate mentah 200 tusuk, atau ngunyah kembang melati berikut kebonnya! JANGAN!! Inget kamu bukan sundel bolong dan camkan juga bahwa kamu itu bukan Suzanna!!

Pilih Tempat Duduk Tips Ujian Akhir Semester UAS
KELIMA
DO : Ketika udah sampe di kampus, nggak usah ada acara ke kantin dulu. Langsung ke kelas. Ingat pepatah “Posisi menentukan prestasi!”. Masalah posisi duduk ini adalah salah satu alasan kenapa kamu harus datang 1 jam lebih awal sebelum waktu ujian, gaes! Dengan datang ke kampus lebih awal, maka kamu bisa memilih posisi tempat duduk yang strategis. Misalnya di barisan tengah atau di dekat tembok.
Kenapa pilih di barisan tengah? Selain gerak-gerik kamu bisa terlindungi oleh badan teman yang duduk di barisan depan, kamu juga merasa dikelilingi oleh dewa karena kamu bisa leluasa nanya ke seluruh penjuru mata angin ketika kamu kepepet butuh contekan. Selain itu ada di barisan tengah lebih memudahkan kamu untuk mengontrol gerak-gerik pengawas dan semua teman-teman kamu yang doyannya bisik-bisik tetangga ketika lagi ujian.
Kenapa di deket tembok? Karena ujian itu sungguh sangat meletihkan jiwa dan pikiran yang secara otomatis akan membuat kamu merasa kamu membutuhkan sandaran hidup, apalagi kalo kamu jomblo ya, aduh.. Keuntungan duduk di deket tembok selain buat senderan, dinginnya tembok bisa kamu manfaatkan untuk ngademin otak beberapa detik selama ujian sedang berlangsung. Selain itu, kerasnya tembok bisa kamu manfaatkan untuk sarana jedukin kepala kamu ketika rasanya otak kamu mulai beku. Gitu.
DON'T : Jangan pernah : 
1. Duduk di kursi dosen pengawas. Apalagi sambil sok manja pengen dipangku pengawas. Jangan deh, bahaya!
2. Duduk di barisan paling depan. Kamu bukan laskar jihad yang mau perang ngelawan penjajah! Ini ujian men! Kalo duduk di depan banget, kan nggak enak kalo di tengah ujian pantat kamu gatel, kamu jadi bingung sendiri pas mau garuk-garuk. Ntar disangkanya kamu nyembunyiin contekan di pantat lagi. Bahaya deh!
3. Duduk di paling belakang juga bahaya. Meskipun kamu akan jauh dari jangkauan pandangan pengawas, tapi pengawas sekarang lebih aktif untuk keliaran di barisan belakang lho! Hati-hati dalam memilih tempat duduk ya.

Ke Toilet Tips Ujian Akhir Semester UAS
KEENAM
DO : Ketika kamu udah sampai di kampus dan urusan nempatin posisi strategis udah beres, sebelum UAS dimulai sebaiknya kamu ke toilet dulu. Buang air kecil, buang air besar, kalo perlu buang sial sama buang kenangan pahit di masa lalu deh sekalian. Hahaha.. Oh iya, jangan lupa juga rapihin baju yang kamu pake waktu UAS ya..
DON'T : Ketika kamu ke toilet, nggak usah pake acara selfie-selfie-an dulu. Apalagi selfie nya bergaya ekstrim sambil gelantungan di pintu. Meeeen~

Teliti Ujian Tips Ujian Akhir Semester UAS
KETUJUH
DO :  Ketika lembar soal ujian udah dibagiin, kamu perhatikan sifat ujian yang ditulis di lembar soal. Kalo ada tulisan 'CLOSE BOOK', jangan panik! Ingatlah pelajaran Bahasa Inggris. 'CLOSE' artinya 'DEKAT'. 'BOOK' artinya 'BUKU'. Artinya bro, kamu harus dekat dengan buku! Maka, jangan ragu dan jangan sungkan untuk mendekatkan diri dengan semua buku materi kuliah yang kamu bawa. Hal ini adalah keuntungan buat kamu yang meskipun sering titip absen, tapi rajin fotokopi materi dan rajin beli buku. HAHA..
DON'T : Cukup pikirin sifat ujian, nggak usah dulu ada acara pikirin sifat gebetan yang sok cool dengan dada bidang dan perut kotak-kotaknya yang sanggup bikin kamu ileran tiap 15 menit sekali itu! PERCUMA! Kalo dia sok cool, bisa jadi dia emang pemalu dan emang mikirin kamu, tapi di saat ujian kaya gini mendingan negatif thingking aja deh! Belom tentu dia mikirin kamu atau emang dia bener-bener males aja merhatiin kamu! Pokonya sekarang waktunya serius belajar dan pikirin masa depan! Titik!

Jangan NYontek Tips Ujian Akhir Semester UAS
KEDELAPAN
DO : Kerjakan UAS dengan penuh percaya diri. Kalo perlu, kamu kerjain soal-soal ujiannya pake bahasa Rusia kombinasi pake bahasa Arab plus pake bahasa China yang ditulis pake huruf kanji. Kenapa harus gini? Ya biar keliatan banget kalo kamu tuh remaja yang aware banget sama tantangan di era globalisasi yang menuntut penguasaan berbagai bahasa dunia. Gitu.
DON'T : Kalo nggak tau jawaban soal ujian jangan nanya sama temen, temen itu kadang menyesatkan. Jangan nanya sama Tuhan juga, yang ada kamu malah dikutuk jadi busur derajat, udah tau mau UAS, bukannya belajar! Kalo mau nanya sih sama google aja, atau kalo mau nanya mah sama dosen aja sekalian biar kamu dapet kesempatan ngulang taun depan! HAHA!! Udah, UAS mah jangan pernah takut salah, kalo kamu salah ingatlah bahwa Tuhan itu Maha Pemaaf bagi hambanya yang mau bertobat! Tapi kalo kamu desperate jawab soal ujian, jangan pake acara nambahin footer dengan tulisan ‘Sejatinya kebenaran itu HANYA milik ALLAH’ di lembar jawaban ujian kamu ya! Apalagi footernya pake gambar bunga! JANGAN! Bisa-bisa kamu disangka antek-antek teroris atau malah disangka maho! Udah kalo nggak bisa ujian mah ikutan Semester Pendek aja!

Ahh, segini aja deh dulu postingan dari saya. Ngeblog terus entar lupa belajar deh. Semoga postingan dari saya ini bermanfaat ya? Hahaha.. Buat yang mau UAS, lancar ya UAS nya.. Do the best lah! Pesen dari saya sih cuma satu :

"PENGEN PINTAR?? MAKANNYA BELAJAR!!"

Udah dulu ya..

Daaaaah~

You Might Also Love

6 comments:

  1. UTS ujian tidak serius, UAS ujian agak serius :D

    eh aku pernah pas ujian wajib bawa kalkulator, ternyata sampe kelas kalkulatorku matot. pernah juga awalnya dosen menyuruh close book ternyata lima menit kemudian dia bilang open book. padahal sengaja ga bawa buku. rasanya pengen ngobrak-abrik kelas. :(

    ReplyDelete
  2. Nolaaaa.... hahahaah...lucu bangeeeet. Aku share ya biar dedek-dedek unyu yang mau UAS jadi keram perut #ehhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Retnooooo.. Hihihi.. Boleh Mba, mangga kalau mau dishare mah.. Semoga bisa bermanfaat untuk dedek-dedek unyu yang mau UAS.. :'))

      Delete
  3. aku suka dengan gambar pendukung. kreatif banget hehehe. keren ih!

    ReplyDelete
  4. Duuuh jadi inger jamam kuliah pertamakalinya nyoba minum kopi biar semangat belajar

    ReplyDelete
  5. yang alat tukis itu..

    inget masa-masa kuliah, padahal temenku sering jalan tapi tip-x minjem==;

    suika-lovers.blogspot.co.id

    ReplyDelete