Secercah Ompol Perawan - Twitter Client

1:25:00 PM labollatorium 6 Comments

Halooo..

Apa kabaaaaaaar? Udah cukup lama nih saya nggak berbagi secercah ilmu.. Syaelaaaah macam betul aja si Nola pengen berbagi secercah ilmu!! Hihihi.. Mmmh, saya lagi ngerasa agak bosen nih, seharian kemaren saya cuma baca-baca, ngeberesin tugas mata kuliah akuntansi manajemen buat dikumpulin waktu uas nanti dan maen game sampe mata dan tangan serempak pegelnya.. Di tengah kebosanan sehabis melakukan semua aktivitas tersebut, nggak tau kenapa tiba-tiba kepikiran untuk ngebahas masalah twitter client di blog ini..
Secercah Ompol Perawan - Twitter Client
Macem-macem twitter client yang cukup sering dipakai

Woooots! Jangan kaget dulu tiba-tiba saya pengen ngebahas tentang twitter client, tenang dunia belom kiamat kok!! Haha.. Jangan kaget juga dengan judul postingan blog ini, saya jamin bahwa isi postingan kali ini 1.000.000% bebas dari unsur mesum dan pornografi!! Yang pastinya lagi, postingan kali ini nggak ada hubungannya dengan sebuah topik hangat yang sempat beredar beberapa waktu lalu, yaitu tentang adanya tes keperawanan sebelum siswi diterima masuk di suatu sekolah.. Hmmmm, nggak mau nanggepin itu aaahhhhhh.. Hehe..

So, pada kesempatan yang -nggak-terlalu-bahagia-tapi-ya-kita-bahagia-bahagiaain-aja-deh-ya- ini, saya mau bahas mengenai cara bikin twitter client yang anti mainstream dengan twitter client yang kebanyakan orang pake..

Terhitung semenjak 2 tahun kebelakang, saya sudah mulai boring dengan facebook.. Akhirnya saya hampir tidak pernah update status di facebook, dan selain lebih sering update cerita sama mamah dan sama Allah S.W.T, saya juga lebih sering update-update di twitter, well selain banyak teman-teman baru di twitter, informasi di twitter lebih cepat dan jauh lebih variatif, juga lebih mudah dipantau, dan tentunya terbebas dari alay-alay nggak jelas yang semakin merajalela di ranah facebook..

Biasanya saya twitteran pakai smartphone, tapi ketika sedang buka laptop, ya saya lebih suka buka twitter via twitter client andalan saya dari laptop aja.. Wowowowo.. Apa itu twitter client? Twitter client itu adalah sebuah aplikasi tambahan, sehingga ketika kita lagi ngerasa bosen atau mungkin ngerasa udah nggak tahan lagi mau update status di twitter, kita nggak perlu lagi login via website resmi www.twitter.com. Selain memudahkan twitter user, keberadaan twitter client tentunya juga merupakan pengembangan lebih lanjut dari aplikasi resminya. Twitter client nggak hanya dikembangkan untuk penggunaan di laptop atau di PC tapi juga dikembangkan untuk penggunaan secara mobile. CMIIW!!

Nah, ngomong-ngomong masalah twitter client, biasanya kamu twitteran pake apa? TweetDeck? HootSuite? YoruFukurou? Ubersocial? TweetCaster? Atau Echofon? Ada yang suka twitteran pake Hotot seperti saya?

Hotot? Apaan tuh Hotot? Sejenis ubi beracun? Nama merek margarine dapur? Atau nama lain Ariel setelah keluar lembaga pemasyarakatan? Hmmm.. Mungkin kalian akan bertanya seperti itu, tapi mungkin juga tidak, imajinasi saya aja yang terlalu jauh.. Hihihi.. Mari kita lanjutkan pembahasan kita.. Hotot itu salah satu twitter client juga dong ahh.. Hotot ini free software dan crossplatform yang bisa digunakan di Microsoft Windows, Linux, Chrome dan Mac OS.. Yayaya.. Meskipun Hotot nggak se-booming beberapa twitter client yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Hotot ini punya banyak fitur yang cukup menarik, dan lumayan mumpuni dibandingkan dengan twitter client lainnya lho, salah satunya dari Hotot ini kita bisa liat statistik untuk akun twitter kita. Masih banyak lagi beberapa kelebihan Hotot dibandingkan dengan twitter client lainnya, tapi hari ini saya nggak akan ngebahas itu sih. Ya twitter client juga kan cocok-cocokan, kalo pengen tau, ya coba aja sendiri, kalo kata orang bijak mah 'experience is the best teacher'.. hehehe.. 

Salah satu kesukaan saya terhadap Hotot, karena dengan Hotot kita bisa bikin label twitter client sendiri.. Well, actually nggak bener-bener bikin baru sih.. Hanya saja dengan menggunakan Hotot dan AppMask kita bisa bikin twitter client dengan custom label sendiri, misalnya seperti yang saya lakukan pada akun pribadi saya :

Secercah Ompol Perawan - Twitter Client
Saya me-retweet menggunakan twitter client bernama 'Secercah Ompol Perawan 3.0"

Nah, liat kan tulisan 'via : Secercah Ompol Perawan 3.0'? Pada awalnya saya pikir orang nggak akan terlalu memperhatikan mengenai nama twitter client yang saya gunakan. Akan tetapi.. tetapi akan.. ternyata beberapa teman agak geli-geli heboh gara-gara nama twitter client yang saya pilih sekitar 11 bulan yang lalu itu! Duhh.. Hahaha..

Secercah Ompol Perawan - Twitter Client
Terharu deh sampe twitter client aja diperhatiin.. :") *digetok massa*

Kenapa harus bernama 'Secercah Ompol Perawan 3.0'?? Ya pengen aja, tiba-tiba kepikiran nama itu.. Salah satunya dengan harapan bisa menemukan secercah ompol perjaka lah.. Hahaha.. Becanda ihh!! Jangan terlalu serius..

Jadi, pada kesempatan kali ini saya akan kasih semacam tutorial yang akan membahas bagaimana caranya supaya kamu bisa bikin twitter client sendiri. Mau tau? Mau tau aja apa mau tau banget? Kalo mau tau banget teriak dulu doooong.. Hahahaha.. Oke, sebelum tahun 2013 berakhir, kalian udah harus bisa kece dong, langsung aja saya jelasin cara bikinnya ya.. Siap? Here we go....

1. Pertama-tama kamu harus lagi buka komputer. Entah itu laptop atau PC. Kenapa? Karena meskipun kamu punya 15 laptop dan masih ada hubungan sodara sama MacGyver, selama itu komputer nggak kamu buka dan kamu nyalain, dan kamu malahan buka celana atau  malahan buka bra, saya jamin sampai kapanpun kamu nggak akan twitteran dengan twitter client yang kece dan mumpuni! Hih! Pasang lagi celananya! Pliss deh!!

2. Pastikan juga listrik lagi nyala, dan pastikan nggak akan ngajepret. Tanya dulu sama mamah kamu, mamah lagi nyalain microwave nggak, terus pulsa token listrik cukup nggak buat nyalain komputer, jadilah anak yang berbakti pada ibumu ya! Kalo perlu kamu telpon PLN, supaya misi kamu menuju kekecean yang hakiki ini bisa berjalan mulus tanpa gangguan pemadaman listrik bergilir. Next!

3. Pastikan kamu sedang terhubung dengan internet. JANGAN TERHUBUNG DENGAN MASA LALU!! INGET YA!! Kenapa? Karena kalo terus-terusan terhubung dengan masa lalu, gimana kamu bisa menatap masa depan dengan kece? Move on dong! *ini apa sih? kenapa jadi ngomongin masa lalu? hahaha* Oke, kita kembali ke jalan yang lurus, koneksi internet yang kamu pakai, terserah deh, mau wifi gratisan, mau pake pulsa internet quota 5juta giga, terserah! Satu lagi, dalam mengawali pembuatan twitter client ini, kamu nggak perlu terhubung dengan antena, kita bukan mau request lagu ke radio lho.. Intinya komputer kamu harus terhubung dengan i-n-t-e-r-n-e-t! Sepakat?? Oke!! Lanjut ya..

4. Kali ini saya menggunakan Hotot for Chrome. Jangan bilang nggak ngerti Chrome itu apa. Kalo dulu waktu SMP kamu selalu rajin memperhatikan guru pada saat mata pelajaran Penjaskes, kamu pasti tau Chrome itu apa. Jangan bikin malu saya atuh ihh! Buka Chrome, lalu masuk ke Chrome Web Store, di kolom search (pojok kanan atas, red.) ketik 'Hotot' (tanpa tanda petik, red.).
Secercah Ompol Perawan - Twitter Client
Masuk ke Chrome Web Store - Search 'Hotot'
Kalau sudah ketemu si Hotot, install Hotot di Chrome, lalu launch app.
Twitter Client
 Install 'Hotot' - Launch App

5. Kalau kamu sudah melakukan step 1 sampai 4 dengan baik dan benar, maka si step ke-5 ini kamu boleh santai dulu sambil minum kopi. Tapi kalau kamu bener-bener terdesak untuk tampil kece di dunia maya dengan twitter client yang anti mainstream, kamu bisa langsung masuk ke https://dev.twitter.com/apps dan sign in seperti kamu sign in ke akun twitter kamu.
Twitter Client
Isi pake username akun twitter kamu, jangan pake username tetangga!!
Kalau sudah, langsung klik Create An Application.
Twitter Client
Sebelum mulai, baca doa sesuai agama dan kepercayaan ya, biar sukses!

6. Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mengisi Aplication Details. Utamakan isi kolom yang ada tanda bintang merahnya. Kolom Name, nanti diisi dengan calon nama twitter client yang kamu inginkan.. Jangan diisi dengan calon nama anak kamu nanti loh ya.. Pada kesempatan kali ini, saya pakai nama 'Secercah Ompol Perawan' untuk nama twitter client saya, dan nama itu pula yang saya jadikan judul postingan blog kali ini.. Hehe..

Pro tips #1 : kalo mau pake nama twitter client pake calon nama anak, ketemu sama jodoh dan nikah aja dulu, jangan sampe sakit hati gara-gara twitter client buatan sendiri.
Pro tips #2 : kamu boleh isi dengan nama apa saja, selain kata 'twitter', inget ya!
Pro tips #3 : kalo di step ini kamu malah mentok gara-gara nama, sebaiknya ketika kamu sedang menjalankan step nomer 5, sambil ngopi kamu mikirin nama untuk twitter client kamu. Got it? 

Pada bagian Description, ya kamu isi dengan deskripsi suka-suka kamu deh, tapi jangan kurang dari 10 karakter. Nah untuk website, kamu boleh masukkin link twitter kamu, atau kalau kamu mau promosi, kamu bisa masukkin link website pribadi, atau link lain yang kamu kehendaki. Keren dan cuco' buat kamu yang mau ngetwitt sekalian promosi!!

Jangan lupa centang kotak kecil sebagai pertanda kamu menyetujui persyaratan yang diberlakukan oleh twitter, isi captcha, dan proses! Kalau kolom diisi dengan benar, maka kamu akan masuk ke Details Application page. Selain kamu harus memperhatkan Consumer Key dan Consumer Secret, perhatikan juga bagian Access Level! Jika masih tertulis 'Read Only', maka kamu harus merubahnya menjadi 'Read, Write, and Access direct messages'.
Twitter Client
Isi kolom-kolom penting yang sesuai dengan kaidah mengisi kolom yang baik dan benar, dan perhatian deti-detilnya!

7. Untuk pengaturan aplikasi yang sudah kamu buat, kamu bisa meluncur ke tab Settings. Di tab ini, kamu bisa menambahkan icon untuk aplikasi kamu, dan kamu juga bisa merubah Access Level aplikasi kamu menjadi 'Read, Write, and Access direct messages' agar aplikasi dapat berjalan. Jika kamu melakukan perubahan di tab settings, jangan lupa klik button update nya ya! 
Twitter Client Twitter Client
Kamu bisa menambahkan icon dan menambahkan URL untuk twitter client mu!

8. Kalau sudah, sekarang kamu pindah ke tab Hotot. Masukkan username twitter kamu dan klik icon twitter, kemudian enter.
Twitter Client
Jika muncul pop-up yang meminta authentication, pilih cancel saja dulu ya!
Twitter Client
Selanjutnya pilih Preference, dan masih di Preference, pilih menu Extensions. Setelah itu klik icon gear di sebelah App Mask, copy Consumer Key dan Consumer Secret di twitter application tadi (di step ke-7, red.), dan paste ke kolom Consumer Key dan Consumer Secret di Hotot, dan Save.
Twitter Client
Buat App Mask menjadi enable, dan close.
Twitter Client
Klik pada bagian off, agar berubah menjadi on. Tanda App Mask sudah on, warna akan berubah dari abu-abu menjadi hijau.

9. Lanjutkan login di Hotot dengan username dan password kamu, dan perhatikan nama twitter client di sebelah kanan pada page authorization ini. Jika nama yang tertera sudah sesuai dengan nama twitter client yang sudah kamu buat sebelumnya, berarti kamu sudah mencapai 99% menuju kekecean yang hakiki! Tapi jika masih bernama Hotot, close Hotot, baca doa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, kemudian ulangi langkah copy Consumer Key dan Secret Key. Jika sudah sukses sampai disitu, masukkan username & password twitter kamu, kemudian klik button Authorize App, kemudian copy PIN yang muncul dan paste PIN di Hotot. Klik OK!
Twitter Client
Kalau yang saya tandai itu masih ada tulisan 'Hotot', kamu harus sabar dan jangan nyerah ya? Ulangi lagi sampai berhasil!

10. Sekarang coba kamu update status twitter dari Hotot. Gimana? Sudah via nama twitter client yang kamu buat tadi kan? Kalo iya, dengan ini saya ucapkan SELAMAT!! Kamu sudah mencapai tingkat kekecean 100%, at least nama twitter client kamu beda sama orang lain pada umumnya. Ya mudah-mudahan isi twitt kamu nggak alay dan nyinyir apalagi no mention.. Hehe.. Sekali lagi selamaaat!!
Twitter Client
Sukses itu buah dari ketekunan dan selalu ingin belajar dan mau mencoba.. Hehehe..

Oh iya, ketika saya bikin twitter client pada eksperimen ini, di kolom website saya isi dengan alamat blog ini (www.labollatorium.blogspot.com, red.), jadi ketika kamu klik 'Secercah Ompol Perawan' di status twitter saya, kamu akan digiring ke blog ini.. Kece kaaan? Ihhiiiyyy.. Selamat mencoba ya!

Okeeee.. Segini dulu sesi secercah ilmu -yang-bisa-disebut-semacam-tutorial-meskipun-agak-ribet-dikit- dari saya.. Semoga ada faedah yang bisa diambil dari tiap penjelasan yang saya paparkan.. Akhir kata.. Begadang jangan begadang, kalau tak ada perlunya.. Begadang boleh saja, kalau ada manfaatnya.. 

Salam tehnolohi!!

Mwahhhh~

You Might Also Love

6 comments:

  1. maksudnya seperti berbagi melalui FansPage di FB kali yah ?
    jadi setiap berbagi dari FansPage tersebut tertera via FP kita di FB yah ?

    di follow ea kaka @AlfanRenata

    ReplyDelete
  2. Okeh makasih tutorialnya ye kk... ;)

    ReplyDelete
  3. Sepertinya aku ga boleh ngetweets "Dari Hati Yang Hampa"

    ReplyDelete
  4. haha, makasih ya sharing ngelmunya!

    ReplyDelete