7 Cara Ubah UHU Jadi UWU & Stay Motivated Saat Work From Home

11:07:00 PM labollatorium 1 Comments

7 Tips Cara Ubah UHU Jadi UWU & Stay Motivated Saat Work From Home

Hey Yo, WFH Check - the 2nd week! Gimana kabar kalian? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan senantiasa dalam lindungan Tuhan YME, Aamiin YRA. Jadi gini guys, karena risiko penyebaran virus Corona masih tinggi bahkan semakin banyaknya penemuan kasus Covid-19 di Indonesia umumnya dan di Jawa Barat khususnya, maka kantor tempat saya bekerja sekarang memperpanjang kebijakan Work From Home sampai dengan 3 April 2020. Kadang saya merasa UHU (UHU adalah kependekan dari UHUHU bukan UHU lem loh!, red.) alias sedih selama WFH, namun demi menerapkan social distancing yang tentunya akan sangat membantu memulihkan Indonesia saya harus tetap bisa UWU alias bahagia dan stay motivated supaya tetap bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik walaupun dikerjakan dari rumah. Berangkat dari keresahan hati saya tersebut, saya buatlah tips 7 cara untuk mengubah UHU menjadi UWU saat WFH pada postingan kali ini.

Pandemi Corona ini membuat saya merasa UHU alias sedih, karena dampaknya bukan hanya terhadap kesehatan fisik dan emosional masyarakat, namun juga dampaknya sangat besar terhadap perekonomian di Indonesia nih, guys! Dampak terhadap perekonomian ini pun tentunya membawa imbas terhadap pekerjaan saya, dimana mayoritas strategi pemasaran yang sudah saya dan tim buat pun harus disesuaikan dengan keadaan yang berlaku saat ini. UHU banget kan? UHU~ Tapi sebagai wanita muda belia berprestasi dengan karir gemilang dan pesona tak terbendung, saya pantang menyerah untuk menghadapi keadaan ini dan Alhamdulillah-nya saya dan keluarga tetap berada dalam kondisi sehat dan memiliki kekuatan sehingga tetap dapat bekerja walau di rumah aja.

“Jadi gimana nih Nol caranya supaya bisa mengubah UHU menjadi UWU & stay motivated saat WFH?”

Baik, saya akan share tips-nya satu demi satu ya...

1. PERSIAPAN PAGI HARI ADALAH KUNCI

Selama WFH, jam kerja saya tetap normal yaitu dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Walaupun tidak perlu berada di kantor, saya tetap bangun pagi dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Mandi, sarapan plus ngopi, dan tetap berpakaian rapi juga wangi. Memang sih WFH nggak berhadapan langsung dengan orang, bahkan meeting pun dilakukan secara virtual, tapi dengan mempersiapkan diri selayaknya akan ngantor saya merasa lebih ready to face the duty dan lebih UWU untuk menjalani pekerjaan. Jangan lupa juga untuk menutrisi tubuh dengan mengkonsumsi buah dan sayur atau minum multivitamin saat pagi hari supaya kamu tetap fit walaupun bekerja di rumah ya!

2. STAY COMMUNICATIVE & ORGANIZED TO BE PRODUCTIVE

Seperti yang sudah saya sampaikan pada paragraf awal, bahwa pandemi Corona membuat saya harus membuat banyak penyesuaian strategi-strategi bisnis yang saya kerjakan untuk perusahaan. Hal ini membuat saya cukup kewalahan karena penyesuaian tersebut sangat berkaitan erat dengan banyak orang, mulai dari team dalam departemen, external team dari aneka divisi, sampai ke team external yang merupakan pihak ketiga yang turut mendukung pekerjaan saya.

Dalam berkoordinasi dengan banyak orang, hal yang paling penting adalah komunikasi. So, biasakan untuk rutin berkomunikasi dengan tim baik itu dengan cara chat di whatsapp group, membiasakan untuk membuat laporan pekerjaan dalam bentuk tulisan yang tertata via email, ataupun dengan cara melakukan e-meeting alias meeting secara virtual dengan menggunakan skype, zoom, ataupun google hangouts meet. Pastikan juga koneksi internet kamu stabil supaya nggak miss communication saat meeting dan pastikan juga selalu membuat MOM setelah meeting supaya nggak kelupaan dengan hasil meetingnya. Better sebelum meeting pun kamu sudah prepare apa saja yang akan ditunjukkan saat meeting supaya e-meeting kamu lebih efektif dan efisien.

7 Cara Stay Motivated Saat Work From Home Stay Communicative & Organized To Be Productive

Dengan banyaknya jadwal e-meeting dan deadline pekerjaan yang nggak kalah banyaknya, stay organized pun menjadi hal wajib selama WFH. Biasakan untuk membuat to do list dan membuat report activity supaya kamu bisa menyelesaikan deadline dengan paripurna. Untuk list pekerjaan pribadi saya biasanya menuliskannya di organizer, namun karena saya juga memiliki team maka saya menggunakan trello sebagai task management tools yang dapat membantu produktivitas kerja tim. Selain trello, kamu juga bisa pilih beberapa task management tools free lainnya seperti asana, wunderlist, ataupun google keep.

Meskipun koordinasi antar kota antar provinsi dan banyak deadline membuat saya cukup UHU, namun jika kita stay communicative & organized, semua pekerjaan pasti bisa terselesaikan sesuai deadline sehingga kita tetap menjadi pekerja yang produktif nan UWU. Inget ya WFH bukan liburan loh, jadi kita harus tetap disiplin dalam bekerja. Jangan lupa juga untuk disiplin untuk urusan waktu makan dan istirahat ya... WFH? Siapa takut! ;)

3. WORKING SPACE YANG NYAMAN

Ada baiknya kamu juga memperhatikan area kerja kamu. Kenapa? Karena suasana kerja sangat berpengaruh besar dalam meningkatkan produktivitasmu loh! Apalagi suasana hati. UHU! Kalau kamu tidak punya working space atau area kerja khusus, kamu bisa memilih area di rumahmu yang sekiranya nyaman untuk mendukung konsentrasimu saat bekerja. Usahakan jangan bekerja di kasur supaya nggak tergoda untuk rebahan. Tapi kalau terpaksa harus bekerja di kamar dan kasur adalah satu-satunya spot untuk bekerja, pastikan kasur dalam keadaan rapi dan lebih baik lagi kalau kamu punya meja portable untuk menaruh laptopmu. Jangan lupa juga untuk menginformasikan jam kerja kamu kepada keluarga yang ada di rumah, agar situasi kerja kamu lebih kondusif.

7 Cara Stay Motivated Saat Work From Home Working Space Yang Nyaman

Dengan adanya WFH ini bisa banget loh menjadi ajang buat kamu untuk self improvement dengan cara baca buku yang udah kamu beli tapi nggak sempet mulu buat dibaca ATAU kamu juga bisa self improvement dengan cara mengikuti workshop secara online! Yuk semangat WFH-nya yuk!

4. SEMPATKAN UNTUK MINI BREAK

Saat ngantor, biasanya saya ada mini break berupa stretching. Walaupun kerja di rumah, saya juga tetap melakukan stretching loh! Selain supaya badan tidak kaku, melakukan stretching juga bisa menghilangkan jenuh.

7 Cara Ubah UHU Jadi UWU & Stay Motivated Saat Work From Home Mini Tea Break

Semenjak WFH pun saya punya tambahan aktivitas mini break berupa ngeteh + ngemil makaroni panggang alfamart nih guys! Efek calming dari secangkir teh + asupan micin dari makaroni panggan alfamart tuh beneran boost semangat kerja saya. Mini break sih mini break, tapi jangan jadi lupa daratan ya! :p

5. BERIKAN REWARD UNTUK DIRIMU

Pada hari kerja normal, saya menghabiskan waktu selama 3 jam untuk perjalanan - 1,5 jam untuk perjalanan berangkat ke kantor dan 1,5 jam untuk perjalanan pulang ke rumah. UHU! Karena Work From Home membuat saya tidak perlu hadir di kantor, otomatis saya memiliki waktu extra nih, UWU!

7 Tips Stay Motivated Saat Work From Home Berikan Reward Untuk Diri Sendiri

Saat pagi hari, saya menggunakan waktu extra tersebut untuk membuat hati riang dengan mendengarkan musik sambil menyempatkan diri berjemur di depan teras rumah. Sementara di sore hari, saya menggunakan waktu extra untuk mandi lebih dini, makan malam sambil quality time bersama keluarga dan menghadiahi diri dengan menonton drama seri sebagai hiburan sambil rebahan. Asyiknya WFH, saat jam istirahat saya bisa power nap di kasur guys, kalo pas ngantor seperti biasa saya suka power nap di meja soalnya. Asyiknya lagi sekarang mah power nap-nya bisa plus plus, soalnya bisa power nap sambil pake masker sheet gitu deh biar tetap memesona. UWU! Well, dengan memberikan reward kecil untuk diri sendiri, niscaya akan membuat kamu stay motivated walupun WFH loh! ;)

6. SOCIAL DISTANCING  DISCONNECTING

Saya belum tau apakah Indonesia akan lockdown atau tidak. Yang saya tau beberapa area di Indonesia akan memberlakukan pembatasan keluar masuk orang ke wilayahnya, begitu juga dengan mall dan pusat perbelanjaan beberapa akan tutup untuk sementara dan beberapa tempat hangout juga gerai retail dan F&B dilansir sudah memutuskan untuk tidak beroperasi sampai kondisi menjadi lebih baik. Selain berdampak bagi bisnis, hal ini tentu akan berdampak bagi kawula muda yang senang berkumpul alias hangout.

Yang perlu diingat adalah bahwa Social Distancing tidak sama dengan Disconnecting ya! Social Distancing itu artinya pembatasan interaksi sosial misalnya berjabat tangan dan pembatasan tatap muka atau pertemuan langsung di tempat umum untuk mencegah penularan antar individu. Lebih tepatnya Physical Distancing sih ya... Jangan sampai selama WFH yang sekaligus juga merupakan masa karantina ini, membuat emosional kita menjadi terganggu. Karena berdasarkan penelitian, karantina atau isolasi fisik ternyata sangat berdampak pada emosional sehingga bisa membuat seseorang menjadi lebih cepat cemas, curiga, dan marah. Kerasa sih sama saya, agak-agak lebih sensi gitu deh semenjak WFH ini diberlakukan... UHU!

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menyeimbangkan emosional kita pada saat seperti ini adalah dengan melakukan interaksi tatap muka virtual alias video call loh! Beneran! Dikutip dari pikiran-rakyat.com, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Neurology pada tahun 2019 menemukan bahwa ada bagian-bagian tertentu dari korteks visual yang ditujukan untuk memindai dan menafsirkan wajah orang lain, termasuk emosi mereka. Melihat orang yang dikenal seperti rekan kerja, teman, atau keluarga, melalui video call akan mengaktifkan otak dan membantu menjaga kesehatan emosional. Penelitian lainnya menemukan bahwa menggunakan video call untuk tetap terhubung dapat mengurangi gejala depresi hampir 50 persen dibandingkan dengan audio. WOW!

7 Tips Stay Motivated Saat Work From Home Social Distancing Doesn't Mean Disconnecting

Jadi kesimpulannya, selama WFH atau selama stay at home kita tetap bisa berinteraksi sambil menjalin silaturahmi dengan teman-teman melalui video call kok! Asal video call-nya setelah selesai jam kerja ya! UWU~ Seperti yang saya lakukan juga dengan teman-teman saya. Yeah mayan lah ya e-hangout sambil becanda-becanda dan melepas rindu karena belum bisa bertemu biar nggak terlalu UHU!

7. BE GRATEFUL

Mari lebih bersyukur dan janganlah merasa terbebani dengan adanya WFH ini. Bersyukurlah terutama jika bidang pekerjaan kita memang bisa diselesaikan dari rumah, karena masih banyak rekan-rekan kita yang pekerjaannya tidak bisa dikerjakan di rumah, misalnya mereka yang bekerja di rumah sakit, mereka yang menjadi driver ojol, dan masih banyak pekerjaan lainnya yang membuat pekerjanya tidak bisa Work From Home. Bersyukur juga karena kita sebagai pekerja yang menjalankan WFH ini masih mendapatkan gaji dari perusahaan. Dari beberapa sumber yang saya baca, tidak sedikit para pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja akibat pandemi Corona ini. Hal ini membuat saya sedih sesedih-sedihnya UHU, namun hal ini pula yang membuat saya tetap termotivasi untuk tetap bekerja sebaik-baiknya.

Keadaan yang kita alami sekarang ini adalah musibah yang sekaligus merupakan ujian bagi kita semua. Sekarang tinggal bagaimana kita menyikapinya. Apakah kita yang masih sehat dan masih mampu WFH akan jadi nggak semangat? Atau kita jadikan momen WFH ini sebagai pembuktian bahwa kita adalah pekerja yang punya dedikasi tinggi, integrity, dan empati untuk membantu memulihkan Indonesia?

Dengan momen WFH ini pula marilah kita lebih khusyuk dalam beribadah sembari mendoakan semoga rekan-rekan yang terkena virus Covid-19 bisa mendapatkan penanganan kesehatan yang baik sehingga bisa kembali sehat. Sekaligus tetap berdoa semoga semua yang sehat selalu tetap dalam keadaan sehat dan senantiasa dalam lindungan Tuhan YME. Jangan lupa juga untuk doakan semoga pemerintah bisa berkoordinasi untuk menyehatkan masyarakat dengan lebih gercep dan para petugas kesehatan pun dapat melayani masyarakat dengan baik tanpa kekurangan APD. Selain itu ingat juga untuk mendoakan mereka yang mengalami kesulitan ekonomi akibat dari pandemi corona ini agar tetap dapat mendapatkan penghidupan yang layak. Last but not least, mari sama-sama berdoa agar vaksin dan obat untuk Covid-19 ini segera ditemukan. AAMIIN YAA RABBAL ALAMIIN!


Video klip dari RAMENGVRL tersebut, adalah penanda dari akhir postingan ini. Yuk bersama-sama membantu pulihkan keadaan dengan aksi #dirumahaja + jaga kesehatan dan tentunya diiringi dengan doa. Sebisa mungkin please just stay at home, kalo kata lagunya RAMENGVRL sih Qarantine and Chill aja lah untuk sekarang mah! Kalau memang harus pergi ke luar rumah please bener-bener untuk keperluan urgent aja dan sebisa mungkin jaga diri sebaik-baiknya. Tetap semangat karena bersama kesulitan pasti ada kemudahan, namanya juga hidup. Dimana ada UHUHU pasti ada UWUWU, mereka memang sepaket dan ditakdirkan bersama. Bismillah, kita pasti bisa melalui ini semua! :*

Love,
Nola.

You Might Also Love

1 comment:

  1. Semangaaatt yang lagi WFH yaa mbak ^^. Saya di Taiwan walau ngga diberlakukan WFH, tapi pekerjaan saya yg selalu di rumah, bikin UWU jadi UHU kadang. Tapi yaa itu tadi, kudu di trigger dengan kasih reward diri sendiri ya ^^.
    Thanks for sharing mbak..

    ReplyDelete