Saat Yang Tepat Untuk Mempersiapkan Tabungan Pensiun

9:32:00 PM labollatorium 1 Comments

uang-money-rupiah-banknotes-saat-tepat-mempersiapkan-tabungan-pensiun-asuransi-labollatorium

Masa pensiun itu identik dengan berakhirnya masa produktivitas dalam bekerja. Pensiun juga diikuti dengan menurunnya jumlah pendapatan, atau bahkan berhenti sama sekali. Nah loh, ketika nanti kita sudah memasuki masa pensiun, apa yang akan kita lakukan? Well, bagi orang-orang yang masih muda, pensiun sepertinya menjadi hal yang masih jauh dari jangkauan. Jadi biasanya masih santai dalam mengelola keuangan bahkan nggak sedikit juga yang berfoya-foya. Padahal tabungan pensiun harus dipersiapkan sejak muda loh! Kenapa? Karena dengan memilih tabungan pensiun yang paling menguntungkan, keuangan kita di masa pensiun nanti akan tetap baik-baik saja.

Ada baiknya sih buang jauh pikiran bahwa masa pensiun itu masih lama dan masih jauh ya?! Karena waktu tuh nggak kerasa loh! FYI, standar umur pensiun rata-rata di Indonesia adalah usia 55 tahun. Maka dari itu untuk mempersiapkan dana yang akan digunakan pada masa pensiun artinya kita harus memiliki cadangan ekstra yang dapat digunakan selama sekitar 20 tahun ke depan, tentu saja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa depan. Nah dalam waktu yang lama tersebut, tentunya kita akan memerlukan biaya yang sangat besar untuk bertahan hidup, bukan hanya biaya untuk kebutuhan sehari-hari saja tapi biaya untuk kesehatan bahkan untuk biaya tak terduga pun perlu kita persiapkan.

Waktu Yang Tepat Untuk Menyiapkan Tabungan Pensiun
Mungkin banyak dari anda yang bertanya: “Jadi sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk mempersiapkan tabungan pensiun untuk masa depan?” Jawabannya tentu saja: “Sekarang juga!” Bahkan saat kita sudah mulai mendapatkan penghasilan, baik itu dari pekerjaan ataupun bisnis yang kita miliki saat ini. Kenapa musti dari sekarang mempersiapkan dana untuk pensiun? Ya tentu saja karena persiapan dana pensiun ini membutuhkan waktu yang tidak singkat loh teman-teman!

Menyiapkan dana pensiun sejak dini tentu akan sangat berguna di masa pensiun nanti. Bukan hanya agar di masa tua nanti kita bisa menjalani hidup dengan lebih santai, akan tetapi kita juga bisa menjalani agenda khusus yang ingin dilakukan di masa tua nanti. Misalnya travelling, umroh, dan lain sebagainya. Apalagi bila kita memiliki laju inflasi yang cukup pesat, maka saat itulah merupakan saat yang tepat untuk menyiapkan tabungan. Pengen dong punya masa tua yang indah? Uhuy!

Eh apa sih hubungannya sama laju inflasi? Jadi dengan laju inflasi yang begitu tinggi ini, jumlah tabungan kita malah akan lebih sedikit. Itulah sebabnya kita harus mempersiapkan tabungan pensiun sejak sekarang dengan jumlah yang lebih besar, agar kondisi keuangan kita bisa tetap stabil. Gitu…

Mengaktifkan Tabungan Pensiun Melalui Asuransi
Tau nggak sih… Bukan hanya dalam bentuk tabungan, tetapi ternyata persiapan dana pensiun bisa juga berbentuk asuransi jiwa loh! Misalnya dengan membeli sebuah polis dari asuransi terbaik di Indonesia, maka kita sudah bisa memiliki tabungan pensiun yang berupa asuransi. Asyik kan? Asyik dong!

Agar asuransi tersebut dapat digunakan untuk masa pensiun kita nanti, maka sebaiknya kita memilih produk asuransi jiwa seumur hidup sehingga asuransi tersebut tetap aman sampai masa pensiun kita tiba. Siapa sih yang nggak pengen masa pensiunnya bisa ngejalanin ‘santuy living’? Yuk ahh persiapkan tabungan pensiun sejak dini, sebelum terlambat! ;)

1 comments:

Manfaat Broker Asuransi dalam Menangani Risiko Bisnis

9:08:00 AM labollatorium 1 Comments

Manfaat-Broker-Asuransi-dalam-Menangani-Risiko-Bisnis-Marsh-Indonesia

Agen asuransi dan broker asuransi adalah dua nama dan merupakan istilah yang akan serta sering didengar dalam dunia asuransi. 

Sebelum mengenal dan memahami lebih jauh tentang perbedaan dari segi peran dan fungsi, serta manfaat keduanya, alangkah baiknya jika terlebih dahulu mengetahui pengertian agen asuransi dan broker asuransi secara umum. 

Agen asuransi adalah orang yang bekerja sendiri atau bekerja pada badan usaha, yang bertindak untuk dan atas nama Perusahaan Asuransi dan memenuhi persyaratan untuk mewakili Perusahaan Asuransi memasarkan produk asuransi. 

Broker (pialang) Asuransi adalah sebuah profesi yang sering disalahartikan peran dan tugasnya. Broker asuransi berbeda dengan broker dalam terminologi Forex atau Perdagangan Efek. Ada anggapan bahwa broker asuransi adalah seperti calo yang hanya menjadi penghubung untuk membeli asuransi.

Broker asuransi, dalam kapasitasnya sebagai badan yang melindungi kepentingan masyarakat luas, diawasi secara ketat oleh pemerintah secara langsung dalam memberikan jaminan serta perlindungan terhadap para pengguna asuransi di Indonesia. 

Menurut POJK Nomor 70/POJK.05/2016, Pialang Asuransi adalah usaha jasa konsultasi dan/atau keperantaraan dalam penutupan asuransi atau asuransi syariah serta penanganan penyelesaian klaimnya dengan bertindak untuk dan atas nama pemegang polis, tertanggung, atau peserta sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian.

Setelah mengetahui definisi agen asuransi dan broker asuransi, berikut ini adalah perbedaan antara agen asuransi dan broker asuransi dari segi peran, fungsi dan manfaat.

Peran, Fungsi dan Manfaat Agen Asuransi
Peran, fungsi dan manfaat agen asuransi adalah untuk menjalin komunikasi dengan calon tertanggung. Komunikasi ini meliputi penjelasan produk, pengenalan kebutuhan klien dan pendekatan kepada nasabah. Seorang agen asuransi harus siap melayani dan membantu nasabah atau pemegang polis dalam hal berkaitan dengan asuransi hingga klaim.

Peran, Fungsi dan Manfaat Broker Asuransi
Mengacu pada POJK Nomor 70/POJK.05/2016 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pialang Asuransi, Perusahaan Pialang Reasuransi, dan Perusahaan Penilai Kerugian Asuransi, peran, fungsi dan manfaat broker asuransi kepada nasabah atau pihak tertanggung adalah sebagai berikut.

1. Broker asuransi wajib memiliki Tenaga Ahli yang sesuai dengan bidang usaha dan kompetensinya dalam hal: 
a. melakukan identifikasi terhadap segala bentuk usaha-usaha penghilangan, pengurangan serta menghindarkan kemungkinan terjadinya risiko tersebut; 
b. memastikan kebenaran dan kecukupan data untuk menyusun profil risiko tertanggung;
menjaga kerahasiaan data calon pemegang polis, tertanggung, atau peserta sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;
c. memberikan arahan, masukan atau nasihat mengenai kebutuhan asuransi untuk calon pemegang polis, atau tertanggung;
d. memperhatikan dan memberikan arahan dalam bernegosiasi atau menyusun program asuransi untuk calon pemegang polis, atau tertanggung;
e. memberikan arahan dalam hal negosiasi proses klaim atas nama tertanggung.

2. Sesuai dengan kebutuhan tertanggung, broker asuransi harus membantu memilihkan penanggung (perusahaan asuransi) yang aman bagi klien, mempersiapkan dan membuat desain kontrak asuransi yang paling cocok dan kompetitif mulai dari
quotation/proposal lip hingga placing/closing slip.

3. Broker asuransi wajib memiliki afiliasi dengan beberapa perusahaan asuransi (penanggung) dan membantu memilihkan yang aman bagi klien.

4. Menjembatani pemilihan dan negosiasi tingkat premi antara perusahaan asuransi (penanggung) dengan klien asuransi (penanggung).

5. Selama polis berjalan, broker asuransi wajib membantu pemegang polis atau tertanggung dalam rangka memenuhi persyaratan pengajuan klaim kepada Perusahaan Asuransi, serta menginformasikan perkembangan status klaim atau manfaat, dan besarnya nilai klaim atau manfaat yang disetujui.

6. Broker asuransi bertanggung jawab untuk menjalankan risk inspection serta administrasi program selama polis masih berjalan.

7. Wajib melakukan peninjauan atas kredibilitas Perusahaan Asuransi dari berbagai aspek termasuk aspek finansial dan kemampuan/kapasitas dalam menerima risiko tertentu.

Dari penjelasan umum diatas, sangat jelas perbedaan antara agen asuransi dengan broker asuransi dari segi peran dan fungsinya. Umumnya, broker asuransi digunakan oleh para pengusaha karena beberapa ekstra manfaat dan layanan yang didapat. Mulai dari penerapan identifikasi risiko hingga solusi asuransi bisnis yang tepat untuk meminimalisir risiko kerugian secara finansial.

Gunakan broker asuransi terkemuka dan sudah berpengalaman dalam menangani risiko, misalnya Marsh Indonesia, yang sudah berpengalaman dalam menangani manajemen risiko dan memberikan solusi bagi ribuan perusahaan di Indonesia hingga biaya risiko dapat dikurangi dan perusahaan dapat fokus dalam mengembangkan bisnis.

1 comments:

Film Mahasiswi Baru Tawarkan Kisah Komedi Unik, Wajib Tonton!

10:34:00 PM labollatorium 0 Comments

Film Mahasiswi Baru Tawarkan Kisah Komedi Unik Wajib Tonton Widyawati Poster Film

Kyaaaaa.. Udah lama banget nih nggak nonton ke bioskop! Jadi ya, kemaren tuh saya dapet kesempatan untuk nonton Gala Premiere sebuah film Indonesia berjudul Mahasiswi Baru. Pas liat trailernya di youtube, wahhhh saya ngerasa makin nggak sabar untuk nonton film Mahasiswi Baru.

Film Mahasiswi Baru Tawarkan Kisah Komedi Unik Wajib Tonton Widyawati Gala Premiere

Kenapa coba saya nggak sabar nonton film Mahasiswi Baru? Ada yang tau? YUP! Soalnya film Mahasiswi Baru tuh bergenre drama komedi which is saya tuh paling seneng dengan film-film bergenre komedi. Mau drama komedi, horor komedi, pokonya filmnya harus ada unsur komedi-komedinya baru saya suka!

Jadi film Mahasiswi Baru karya Monty Tiwa ini intinya bercerita tentang Tante Widyawati yang kuliah lagi. Kebayang ga sih Oma Widyawati yang umurnya hampir 70 tahun kembali berakting di layar lebar dengan sangat enerjik sebagai Mahasiswi Baru? Tau sendiri kan keseharian mahasiswi tuh serunya kaya apa? Ngerjain tugas, UAS, nongkrong bareng genk.. Dan di film ini Tante Widyawati kasih unjuk aktingnya yang mumpuni ngelakuin apa yang layaknya mahasiswi lakukan tanpa keliatan kaku. Sumpah saya takjub! Serunya lagi di film Mahasiswi Baru ini adalah karena Tante Widyawati beradu akting dengan Slamet Rahardjo dan aktor plus aktris lintas generasi mulai dari Morgan Oey, Mikha Tambayong, Sonia Alyssa, dan Umay Shahab. Bukan cuma aktor dan aktris muda aja, di film Mahasiswi Baru ini juga kita bisa menyaksikan akting Om Iszur Muchtar, Mba Karina Soewandi, dan Mas Ence Bagus. Wagelaseh rasanya udah nggak perlu dipertanyakan lagi kelucuan adu peran mereka di film ini. Saya dan seisi ruangan studio 5 - XXI Plaza Senayan yang menyaksikan screening film pun bisa dibilang terbahak-bahak sejak awal film ditayangkan sampai akhir film. Puas banget nonton film ini! Karena saya bisa ngakak secara konstan mulai dari awal sampai akhir film. SUMPAH NGGAK BOONG!

Film Mahasiswi Baru Tawarkan Kisah Komedi Unik Wajib Tonton Widyawati Umay Mikha Tambayong Alyssa

Yang saya suka juga, di film Mahasiswi Baru ini kita bukan cuma bisa menyaksikan berbagai adegan lucu yang membuat kita terpingkal-pingkal dan terhanyut dengan serunya kisah yang dialami oleh Lastri yang diperankan oleh Oma Widyawati sebagai center cerita di film ini, tapi film Mahasiswi Baru ini juga dibumbui dengan kisah drama seputar problematika keluarga dan persahabatan yang sarat makna. Bahkan tak sedikit pesan moral yang bisa kita petik dari film ini. Salah satu quotes yang teringat oleh saya adalah: "Kehilangan bukan alasan buat berhenti, tapi alasan untuk terus bergerak".

Well, nonton film Mahasiswi Baru ini juga lumayan membangkitkan kenangan saya ketika jadi Mahasiswi Baru pada tahun 2011 lalu. Waktu itu saya kerja sambil kuliah ekstensi S1 kelas malam. Kurang lebih dinamika seorang mahasiswi yang punya temen-temen dengan gap umur yang jauh sehingga harus banyak adaptasi mulai dari adaptasi urusan materi perkuliahan sampai dengan adaptasi untuk urusan pertemanan seperti yang juga dirasakan oleh Lastri di film Mahasiswi Baru, saya pun juga merasakannya. Yeah, nonton film Mahasiswi Baru tuh jadi semacam throw back gitu deh.. Hihihi..

Film Mahasiswi Baru Tawarkan Kisah Komedi Unik Wajib Tonton Morgan Oey

Setelah selesai nonton gala premiere film Mahasiswi Baru, saya juga mengikuti press conference-nya dan bertemu secara langsung dengan cast-cast di film ini. Nah pada saat press conference, Tante Widyawati mengutarakan bahwa melalui film ini beliau juga ingin menyuarakan bahwa perjuangan dan semangat seseorang untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi memang sudah seharusnya nggak dibatasi oleh apapun apalagi umur. JUARA!

Film Mahasiswi Baru Tawarkan Genre Komedi Persabatan Keluarga Wajib Tonton

Penasaran nggak sih dengan keseluruhan cerita dari Film Mahasiswi Baru ini? Kalo menurut saya sih ya film Mahasiswi Baru ini bukan cuman cocok untuk ditonton bareng temen satu genk sih, tapi nonton bareng keluarga pun cocok banget! Udah nggak sabar dong pengen nonton film ini? Tenang aja karena kamu juga bisa menyaksikan film ini mulai 8 Agustus 2019 nanti di bioskop kesayangan kamu loh! Buruan pesen tiketnya sekarang juga, jangan sampe nyesel karena kehabisan! ;)

Film Mahasiswi Baru Tawarkan Genre Komedi Bioskop CGV XXI Premiere Indonesia

Spoiler: nggak akan nyesel nonton film ini, bahkan kamu akan bosen meski nonton berkali-kali!

0 comments: