Saat Yang Tepat Untuk Mempersiapkan Tabungan Pensiun

9:32:00 PM labollatorium 1 Comments

uang-money-rupiah-banknotes-saat-tepat-mempersiapkan-tabungan-pensiun-asuransi-labollatorium

Masa pensiun itu identik dengan berakhirnya masa produktivitas dalam bekerja. Pensiun juga diikuti dengan menurunnya jumlah pendapatan, atau bahkan berhenti sama sekali. Nah loh, ketika nanti kita sudah memasuki masa pensiun, apa yang akan kita lakukan? Well, bagi orang-orang yang masih muda, pensiun sepertinya menjadi hal yang masih jauh dari jangkauan. Jadi biasanya masih santai dalam mengelola keuangan bahkan nggak sedikit juga yang berfoya-foya. Padahal tabungan pensiun harus dipersiapkan sejak muda loh! Kenapa? Karena dengan memilih tabungan pensiun yang paling menguntungkan, keuangan kita di masa pensiun nanti akan tetap baik-baik saja.

Ada baiknya sih buang jauh pikiran bahwa masa pensiun itu masih lama dan masih jauh ya?! Karena waktu tuh nggak kerasa loh! FYI, standar umur pensiun rata-rata di Indonesia adalah usia 55 tahun. Maka dari itu untuk mempersiapkan dana yang akan digunakan pada masa pensiun artinya kita harus memiliki cadangan ekstra yang dapat digunakan selama sekitar 20 tahun ke depan, tentu saja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa depan. Nah dalam waktu yang lama tersebut, tentunya kita akan memerlukan biaya yang sangat besar untuk bertahan hidup, bukan hanya biaya untuk kebutuhan sehari-hari saja tapi biaya untuk kesehatan bahkan untuk biaya tak terduga pun perlu kita persiapkan.

Waktu Yang Tepat Untuk Menyiapkan Tabungan Pensiun
Mungkin banyak dari anda yang bertanya: “Jadi sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk mempersiapkan tabungan pensiun untuk masa depan?” Jawabannya tentu saja: “Sekarang juga!” Bahkan saat kita sudah mulai mendapatkan penghasilan, baik itu dari pekerjaan ataupun bisnis yang kita miliki saat ini. Kenapa musti dari sekarang mempersiapkan dana untuk pensiun? Ya tentu saja karena persiapan dana pensiun ini membutuhkan waktu yang tidak singkat loh teman-teman!

Menyiapkan dana pensiun sejak dini tentu akan sangat berguna di masa pensiun nanti. Bukan hanya agar di masa tua nanti kita bisa menjalani hidup dengan lebih santai, akan tetapi kita juga bisa menjalani agenda khusus yang ingin dilakukan di masa tua nanti. Misalnya travelling, umroh, dan lain sebagainya. Apalagi bila kita memiliki laju inflasi yang cukup pesat, maka saat itulah merupakan saat yang tepat untuk menyiapkan tabungan. Pengen dong punya masa tua yang indah? Uhuy!

Eh apa sih hubungannya sama laju inflasi? Jadi dengan laju inflasi yang begitu tinggi ini, jumlah tabungan kita malah akan lebih sedikit. Itulah sebabnya kita harus mempersiapkan tabungan pensiun sejak sekarang dengan jumlah yang lebih besar, agar kondisi keuangan kita bisa tetap stabil. Gitu…

Mengaktifkan Tabungan Pensiun Melalui Asuransi
Tau nggak sih… Bukan hanya dalam bentuk tabungan, tetapi ternyata persiapan dana pensiun bisa juga berbentuk asuransi jiwa loh! Misalnya dengan membeli sebuah polis dari asuransi terbaik di Indonesia, maka kita sudah bisa memiliki tabungan pensiun yang berupa asuransi. Asyik kan? Asyik dong!

Agar asuransi tersebut dapat digunakan untuk masa pensiun kita nanti, maka sebaiknya kita memilih produk asuransi jiwa seumur hidup sehingga asuransi tersebut tetap aman sampai masa pensiun kita tiba. Siapa sih yang nggak pengen masa pensiunnya bisa ngejalanin ‘santuy living’? Yuk ahh persiapkan tabungan pensiun sejak dini, sebelum terlambat! ;)

You Might Also Love

1 comment: