Menjadi Blogpreneur dengan Top Level Domain .com

8:11:00 PM labollatorium 27 Comments

Sumber penghasilan bukan hanya dapat diperoleh dari gaji bulanan sebagai karyawan, namun menjalankan hobi dengan serius pun ternyata dapat menjadi salah satu peluang bisnis yang pendapatannya malah bisa jadi melebihi sumber penghasilan utama. Salah satu hobi yang bisa menjadi peluang bisnis bahkan bisa menjelma menjadi sebuah profesi, tak lain dan tak bukan yaitu hobi menulis blog atau lebih dikenal dengan sebutan blogger. 

Menjadi Blogpreneur dengan Memanfaatkan Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .com
Sumber: superadventure

Sebut saja Farchan Noor Rachman. Setiap bepergian traveling, travel blogger yang sehari-harinya berprofesi sebagai seorang pegawai negeri sipil yang membidangi urusan pajak ini tak lupa untuk mengabadikan tempat-tempat yang pernah ia kunjungi dalam bentuk foto dan berbagi mengenai kisah perjalannya melalui tulisan di blog miliknya yang sudah menggunakan top level domain .com, yaitu efenerr.com. Tanpa disangka, foto-foto dan tulisan tentang traveling yang ia publish ke blognya banyak mendapatkan respon positif. Tak hanya ngeblog tentang traveling, pria ini juga cukup aktif di salah satu group traveling di Facebook, dan tulisan-tulisannya juga cukup banyak yang dimuat di berbagai media cetak. Dengan blognya yang tetap terawat dan terjaga dan selalu masuk dalam urutan tertinggi dari daftar travel blog Indonesia dalam Alexa Rank, Farchan pun sering mendapatkan ajakan kerjasama untuk menjadi blog ataupun instagram influencer dari brand ternama dengan bayaran yang nilainya cukup menggiurkan. Asik ya?

Menjadi Blogpreneur dengan Memanfaatkan Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .com #dotcomforblogging
Sumber: anakjajan.com

Lain lagi halnya dengan Julia Veronica & Marius Tjenderasa. Hobi mencicipi makanan di berbagai café dan restoran, mengantar mereka menjadi blogger makanan atau food blogger yang terkenal. Berawal dari rajin mendokumentasikan setiap makanan yang dicobanya, dengan memanfaatkan keunggulan menggunakan top level domain .com , kini blog anakjajan.com yang mereka garap pun telah menjadi salah satu situs rekomendasi kuliner yang memiliki banyak pengunjung. Selain banyak café dan restoran yang mengajak mereka untuk bekerja sama dengan bayaran yang tinggi, mereka pun sudah beberapa kali berkesempatan diajak ke luar negeri gratis untuk menjalani profesinya tersebut. Seru!

Selain Farchan Noor Rachman dan duo Julia Veronica dan Marius Tjenderasa masih banyak contoh blogger lainnya yang memanfaatkan keunggulan menggunakan top level domain .com atau .net dan menjadi terkenal plus mendapatkan sumber penghasilan karena menekuni hobi menulis di blog. Bahkan ada beberapa blogger yang meninggalkan pekerjaan utama dan menjadikan hobi menulis blog sebagai sumber pemasukan utama dengan menjadi seorang blogpreneur. Apa itu blogpreneur?

Menjadi Blogpreneur dengan Memanfaatkan Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .com #dotcomforblogging
Sumber: http://www.wpexplorer.com/successful-blogpreneur-wordpress/

Atau jika diterjemahkan, Blogpreneur adalah sebutan untuk orang yang menggeluti dunia blog sebagai lahan bisnisnya atau bisa juga disebut wirausaha online melalui blog. Menjadi Blogpreneur sama dengan monetisasi blog atau menghasilkan uang melalui blog. Banyak cara untuk menghasilkan uang melalui blog, diantaranya adalah: 
1. Publisher Google AdSense, 
2. Affiliate marketing atau program afiliasi, 
3. Menerima pemasangan iklan, dan 
4. Jasa menulis sponsored articles [job review, reportase, content placement, dan titip link postingan]. 

Mendapatkan penghasilan secara online melalui sebuah blog tentu saja menjadi impian bagi para blogger. Namun untuk menjadi seorang blogpreneur dimana blog menjadi sebuah lahan bisnis, tentu saja kita tidak bisa main-main dalam menekuninya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi seorang blogpreneur profesional adalah:

1. Persiapkan bisnis dengan matang dan buatlah rencana bisnis yang komprehensif.
Membangun bisnis pribadi yang berdasarkan hobi memang memerlukan proses yang cukup panjang, membutuhkan pengetahuan dan persiapan awal yang lebih mendalam, dan sedikit trial-error dalam mengetahui produk/jasa apa yang bisa mendapatkan keuntungan di pasaran. Jika kita memang serius ingin menjadikan hobi menulis di blog sebagai sumber pemasukan, maka kita pun harus membuat rencana bisnis yang komprehensif. Dengan rencana bisnis yang komprehensif kita akan dapat menjawab berbagai pertanyaan penting lainnya, misalnya, "Apa yang akan kita jual?", "Siapa pangsa pasar kita?", "Bagaimana kita berencana membuat keuntungan?", "Siapa tim impian yang dapat bekerjasama untuk membuat rencana bisnis ini berhasil?", dan "Seperti apa proyeksi keuangan bisnis kita?"

2. Membuat blog. 
Untuk menjadi seorang blogpreneur, tentu saja kita harus membuat sebuah blog. Sebelum membuat blog, fikirkan niche blog, nama blog, design blog, konten blog, dan tentunya domain blog. Buatlah blog sebisa mungkin di platform milik Google agar langsung terintegrasi dengan AdSense sebagai target dan sumber penghasilan utama. Kemudian gantilah blog dari subdomain tersebut menjadi top level domain .com (dotcom) atau .net (dotnet). Beberapa keunggulan menggunakan top level domain .com dan .net untuk blog adalah:
- Dengan menggunakan Top Level Domain (TLD) seperti .com dan .net untuk nama domain, itu artinya kita sudah berinvestasi dan menunjukkan bahwa kita adalah blogger yang sungguh-sungguh dan profesional dalam hal blogging.
- Nama domain yang sudah menggunakan Top Level Domain .com atau .net menjadi lebih ringkas dan mudah diingat sehingga menjadi identitas yang unik dan dapat digunakan dalam pengembangan branding dari pemilik blog.
- Blog yang menggunakan Top level domain dapat meningkatkan kepercayaan dari visitor blog terhadap konten yang disajikan. Hal ini tentu saja tergantung pula dengan konten yang ada blog kita.
- Keunggulan Top Level Domain .com atau .net yang sangat menguntungkan bagi blogger adalah bahwa penggunaan TLD dapat meningkatkan peringkat SERP [Search Engine Result Page, yaitu halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari., red.] Penggunaan Top Level Domain yang dibarengi dengan konten yang berkualitas akan meningkatkan domain authority atau otoritas sebuah domain (DA) dan page authority atau otoritas halaman (PA) dari sebuah blog yang tentunya akan membuat konten blog kita semakin menarik dan gampang dibaca oleh alogaritma google.
- Keunggulan menggunakan Top Level Domain .com atau .net pun akan membuat blog atau website memiliki peluang untuk diterima menjadi publisher sehingga memudahkan blog atau website untuk dimonetize. 

Menjadi Blogpreneur dengan Memanfaatkan Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .com
Sumber: unsplash.com

3. Perhatikan konten blog dan SEO.
Jika kita sudah membuat blog yang menggunakan Top Level Domain .com atau .net dan ingin serius menjadi blogpreneur, tentunya kita harus senantiasa mengasah kemampuan menulis dan mempelajari teknik Search Engine Optimization atau SEO. Isilah blog yang sudah kita buat dengan konten yang berkualitas dan variatif. Jika selama ini hanya blogging dengan disertai gambar, cobalah membuat postingan yang disertai konten audio visual, yang bisa membuat blog kita memiliki nilai lebih dibandingkan dengan blog lainnya. Selain itu, perhatikan juga SEO dari template dan postingan agar blog semakin mudah dikenali oleh mesin pencari dan pengunjung blog pun dapat semakin meningkat. Last but not least, jaga dan rawatlah blog yang sudah kita buat dengan melakukan peremajaan template secara berkala dengan memperhatikan user experience, dan konsistenlah dalam mengisi blog dengan menulis postingan yang sesuai dengan tema blog. Jangan lupa juga untuk membagikan konten postingan melalui social media, dan melakukan blog walking. Maksimalkan asset blog dotcom yang sudah kita miliki!

4. Senantiasa berinovasi.
Yang perlu kita sadari jika ingin menjadikan hobi menulis di blog sebagai bisnis adalah bahwa sejatinya setiap bisnis pasti mengandung resiko. Meskipun itu adalah bisnis yang berdasarkan hobi yang sangat kita cintai dan sangat menguntungkan saat ini, bukan tidak mungkin di tahun depan kita bisa mengalami kerugian. Jika kita ingin menjadikan hobi menulis di blog ini sebagai bisnis, maka kita perlu membuat inovasi agar bisnis tetap berjalan. Banyak sekali inovasi yang bisa kita lakukan. Misalnya kita membuat program pemasaran yang menarik untuk jasa menulis yang kita tawarkan. Kita juga bisa berkolaborasi dengan pengusaha lainnya untuk semakin memperbesar lingkup bisnis. Atau mungkin kita juga bisa menambah skill, bisnis yang kita jalankan semakin dilirik oleh banyak orang.

5. Perluas networking.
Untuk memperkenalkan bisnis yang kita jalankan, kita akan sangat membutuhkan networking. Dengan mengikuti komunitas dan mengikuti forum dan grup khusus untuk blogger, memberdayakan sosial media, dan mengikuti berbagai workshop, tentunya bukan hanya dapat meningkatkan pengetahuan kita sebagai blogger, namun juga akan semakin memperluas networking kita sebagai blogpreneur.

6. Be profesional & creative.
Jika kita sudah membuat blog yang menggunakan Top Level Domain .com atau .net dan sudah memutuskan untuk menjadi blogpreneur, maka jadilah blogpreneur yang profesional. Buatlah kartu nama, media kit, rate card, dan social media khusus untuk branding blogmu. Buatlah timeline untuk setiap proses pembuatan tulisan, agar tidak tersiksa dengan himpitan deadline. Jadilah blogger yang kreatif dengan senantiasa mengeksplorasi ide, mengupgrade skill, dan selalu up to date dengan trend yang berlaku.

Sebagai seorang blogger yang sudah menulis di blog semenjak tahun 2013, saya pun memiliki keinginan terpendam untuk menjadi seorang blogpreneur. Meskipun saya masih belum sampai pada tahap itu, setidaknya saya sudah mengubah blog saya ini menggunakan Top Level Domain .com sehingga namanya menjadi www.labollatorium.com semenjak bulan Agustus 2016 lalu. Waktu saya membeli top level domain .com, kebetulan sedang ada promo. Sebagai anak ekonomi, membeli top level domain ketika ada promo itu lumayan bisa menghemat pengeluaran. Kalau kamu mau beli top level domain .com atau .net yang promonya bikin ngiler, saya rekomendasikan untuk cek hot promonya DotComForMe deh. Percayai bahwa dengan membeli top level domain .com atau .net itu sama dengan investasi. Sudah banyak yang membuktikannya lho!

Awalnya, saya sendiri banyak pertimbangan dan kekhawatiran sebelum memutuskan untuk membeli Top Level Domain .com. Namun setelah banyak berdiskusi dan membaca berbagai keunggulan menggunakan top level domain .com ataupun .net, akhirnya saya memutuskan untuk membeli top level domain .com. Semua kekhawatiran saya pun luntur, karena ternyata proses pendaftaran nama domain .com dan perpindahan dari subdomain ke top level domain .com itu sangat mudah dan tidak serumit yang saya kira, dan setelah itu saya pun merasakan banyak hal, mulai dari kepuasan pribadi karena memiliki blog yang lebih prestisius sampai merasakan kecipratan rezeki melalui job-job yang mengalir tanpa dicari. So, membeli top level domain .com itu memang sama dengan investasi, malahan bukan hanya sudah balik modal, tapi sudah balik modal berkali lipat. Alhamdulillah.

Menjadi Blogpreneur dengan Memanfaatkan Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .com
Saking pengen seriusnya mengelola blog ini, saya rela ngulik sendiri layout dan design template baru. PUAS!

Hal-hal yang saya rasakan setelah rajin ngeblog di blog yang sudah menggunakan Top Level Domain .com pun turut menumbuhkan tekad untuk menjadi lebih serius dan profesional dalam menangani blog labollatorium.com ini. Sampai pada titik ini saya pula, saya menarik simpulan bahwa bukan hal yang mustahil untuk menjadi seorang blogpreneur profesional jika kita sungguh-sungguh dalam memberdayakan keunggulan menggunakan top level domain .com. Dengan usaha yang sungguh-sungguh dan keinginan terus belajar, siapa yang tau kalau kita bisa sukses seperti Farchan Noor Rachman dengan blognya efenerr.com atau mungkin seperti Julia Veronica & Marius Tjenderasadengan blog anakjajan.com. Ya kan? ;)

Semoga dengan melakukan tahap-tahap untuk menjadi blogpreneur profesional yang sudah saya sebutkan di postingan ini, dapat membantu para blogger untuk mulai mempertimbangkan hobi ngeblognya sebagai investasi dalam membangun bisnis pribadi yang tentunya akan menjadi sumber penghasilan, baik itu sumber penghasilan tambahan maupun sumber penghasilan utama.

You Might Also Love

27 comments:

  1. Suka ulasanmu mbak...Aku tadinya nggak ada niat ngeblog, buat web hanya untuk urusan bisnis motret..dan aku sisipin blognya..eh jadi keterusan...Baru 3 bulan lah mulai ngeblognya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh Mbaknya punya bisnis motret ya? Kerennnn.. Semoga bisa tetep konsisten ngeblognya ya Mbak.. Kalo jago nulis dan motret sih bisa jadi tiket untuk punya bisnis yang sakseus nih Mba.. Jangan lupa ajak aku yaaa.. ;)

      Delete
  2. TLD memang investasi yang menjanjikan ya mba. Sukses lombanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga nggak nyangka.. Thank you yaa.. :)

      Delete
  3. Sudut pandang tulisannya beda mba dengan teman2 yang lain. Keren :) Iya blogpreneur pun sekarang ini bisa jadi profesi yang menjanjikan ya, selama profesionalnya tetap diperhatikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eheheh.. Makasih Mbak.. Kalo di luar negeri sih udah banyak banget yang jadi Blogpreneur dan rata-rata blogger emang pake top level doman dotcom.. saya sendiri juga pengen one day kalo resign tuh bukan pindah kantor, tapi jalanin bisnis jadi blogpreneur sesuai hobi menulis yang saya suka..

      Delete
  4. Konten Blog dan SEO itu yg kudu banyak dibenahi kalau aku hehe
    TFS :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentang konten dan SEO itu emang harus terus digali.. Karena kan perkembangannya dinamis.. Yuk semangat belajar.. ;)

      Delete
  5. kalau hobi bisa jadi ladang penghasilan memang jadi seru dan menyenangkan yaa. Saya jadi semangat buat jadi blogpreneur jugaa :)). Thank you for sharing mba. Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bermacam-macam hobi kalau ditekuni insyaallah bisa mendatangkan berkah.. semoga bisa jadi blogpreneur sukses ya mbak.. thanks for visit my blog ya.. ;)

      Delete
  6. Sepertinya saya harus belajar banyak lagi untuk mengoptimalkan fungsi blog saya.., terima kasih infonya ya!

    ReplyDelete
  7. Aku juga menggunakan top domain level, terasa lebih kece. Walau aku belum bisa dikatakan blog profesioanal, masih tergolong abal-abal dalam mencari recehan. Artikel juga jauh dari manarik atau sempurna. Networking, aku malu dan belum percaya diri.

    ReplyDelete
  8. Keren nih banyak belajar dari sini.. Yang membuatku salut, nama blog ini "labollatorium".. Meskipun sederhana, tapi bagiku keren terasa elegan, ditambah dengan top leven domain..
    Serasa nama labollatorium itu suatu hal yang keren, unik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahiiiw, makasih lho pujiannya.. Kamu bisa aja deh.. Mau martabak? Hihihi..

      Delete
  9. Saya baru 5 bulan gunakan TLD dot com, dan saya sudah merasakan banyak manfaat dalam penggunaan ya terutama dalam hal mengakses rezeki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaaaay! Alhamdulillah, puji syukur ya TLD dot com nya jadi jalan untuk mengalirnya rezeki.. :)

      Delete
  10. Hai, mba. Banyak keuntungan ya menggunakan TLD dan aku pun merasakan banyak manfaat
    Keren tulisannya mba :)

    ReplyDelete
  11. Seru ya jadi blogpreneur. Semakin ngerasa terpanggil untuk resign hihihi xD

    ReplyDelete
  12. Pake TLD, biar termotivasi jadi blogpreneur.

    ReplyDelete
  13. Wuih tulisannya keren banget mba... setuju mba karena sekarang hobi yang dinikmati bisa menjadi keberkahan tersendiri...

    ReplyDelete
  14. Kata2 blogpreneur dan besok resign beneran bikin g bisa bobo semalam. Huh.... tanggung jawaaab mbaaaaaa primanolaaaaa, huhuhuhu.... T.T

    ReplyDelete
  15. Mba Ola, salam kenal ^^ sebelum dan sesudah resign masih ngeblog nih mba hihii... Siapa yg bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil yaa mba. Jadi tambah semangat, perlu dibaca utk tmn2 seperti aku nih hihiiii nubie

    ReplyDelete
  16. Wah sama ya, Mbak. Saya pun sebelum menjadikan blog TLD penuh pertimbangan dan kekhawatiran. Galaunya ga kira-kira. Maju mundur cantik. Hari ini memutuskan ga jadi beli domain, besok galau lagi. Gitu mulu deh. Hehehe... Tapi setelah setahun menggunakan TLD dan saatnya memperpanjang, ga pakai ragu langsung bayar. :D

    ReplyDelete
  17. saya pernah pakai dot net tapi cuma beberapa postingan dan kurang kegarap. sekarang saya malah nyaman pakai my id. karena dot net saya sudah mati, ga jadi deh ikutan lomba ini. hehe

    ReplyDelete
  18. belum paham SEO hahahha tapi kl mau jadi blogger yg baik emang harus banyak belajar dan pake TLD agar lbh diminati dan "menjual".. Nice review btw :)

    ReplyDelete
  19. Aku masih blom menuju ke sana ni, hiks ketinggalan kereta sendiri ni mb nola, cuma 3mang pengen punya 1 yang khusus buat review2 berbayar, cuma blum ada nyali karena masih bimbang yang akan bayar pas uda expired siapa hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sempet kepikiran untuk punya blog lagi yang isinya khusus review berbayar, tapi nunggu sponsor deh kalo itu.. *uhuk kali aja ada yang baca terus mau sponsorin kita ya* Hahaha..

      Delete