Kesejukan Alami di Tengah Jantung Kota Jakarta

5:01:00 PM labollatorium 3 Comments

Diantara himpitan gedung pencakar langit, Anda bisa menemukan sebuah kesejukan yang terbilang langka jika berada di kota besar dengan segudang kesibukannya. Dalam sebuah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang sedang marak digalakkan oleh Pemerintah Kota setempat, kini kondisi taman kota sudah tidak memprihatinkan seperti dahulu kala. 

Tak mau kalah dari Bandung, Jakarta juga turut merevitalisasi taman yang berada di jantung kota dengan tujuan agar suplai oksigen bisa meningkat. Karena, tak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar oksigen yang ada kini sudah dirampas oleh polusi udara yang semakin menyesakkan Ibukota. Berikut ini ada kesejukan dari 5 taman kota yang bisa Anda nikmati di Jakarta karena lokasinya juga cukup terjangkau. Apa saja? Cekidot!

Taman Menteng
Taman Menteng Kesejukan Alami di Tengah Jantung Kota Jakarta
Sumber: mardianiani.wordpress.com

Sesuai dengan namanya, taman ini terletak di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Diketahui ada 30 jenis spesies tanaman yang terdapat di taman dengan luas lahan sekitar 2 hektare ini. Pepohonan rindang juga menambah kesan sejuk dan asri di Taman Menteng. Fasilitas yang tersedia di taman ini cukup beragam, mulai dari sarana olahraga seperti trek untuk jogging, arena bermain anak, serta gemericik air mancur yang menenangkan. 

Taman Menteng terbilang cukup unik karena memiliki bentuk hampir kubus ditambah dengan megahnya rumah kaca yang terdapat di tengah taman. Taman ini sering dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda untuk sekedar bersantai, mengobrol, maupun berolahraga. Bagi Anda yang berkunjung ke taman ini, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan taman ya. Agar keindahan taman tetap terjaga.

Taman Suropati
Taman Suropati Kesejukan Alami di Tengah Jantung Kota Jakarta
Sumber: 987genfm.com

Letaknya tak jauh dari Taman Menteng, Taman Suropati yang berada di Jalan Suropati, Menteng ini menjadi tempat berkumpulnya sebuah komunitas pecinta musik, yaitu biola. Pada setiap hari Minggu, Anda bisa menikmati alunan merdu suara gesekan biola yang dimainkan oleh Komunitas TSC (Taman Suropati Chamber) sambil melakukan aktivitas fisik seperti jogging atau hanya sekadar bersantai menikmati suasana taman. 

Selain hari libur, suasana taman juga tetap ramai, apalagi saat senja menjelang. Berbagai jenis vegetasi pepohonan rindang turut melengkapi keasrian taman dan menambah kesejukan udara yang memenuhi rongga pernapasan. Setidaknya, ada kurang lebih 93 jenis vegetasi mulai dari pohon mahoni, tanjung, ketapang, sawo kecik, dan masih banyak lagi. Taman Suropati yang cukup terkenal dengan kerindangannya ini juga disebut-sebut sebagai titik nol Republik Indonesia loh.

Taman Ayodya
Taman Ayodya Kesejukan Alami di Tengah Jantung Kota Jakarta
Sumber: waspada.co.id

Taman Ayodya terletak di Jalan Lamandau III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Keunikan taman ini cukup terkenal di kalangan masyarakat. Mengapa tidak, taman yang di desain menyerupai sebuah teater outdoor yang ditengahnya terdapat danau buatan ini tentu memiliki daya tarik sendiri bagi masyarakat. Apalagi di tambah cantiknya bunga teratai di tengah danau, sudah pasti taman ini terlihat semakin eksotis.

Fasilitas di taman ini memang tak jauh berbeda dengan taman kota lainnya, seperti adanya trek untuk jogging. Keunikannya hanya berada pada gazebo, bangku taman di pinggir danau, serta mini amphiteather. Maka dari itu, tak heran jika banyak pengunjung yang sering mengabadikan foto di taman dengan spot yang cukup menarik ini. Lumayan kan bisa nambah stock foto instagram! ;)

Taman Langsat
Taman Langsat Kesejukan Alami di Tengah Jantung Kota Jakarta
Sumber: bersapedahan.wordpress.com

Taman Langsat berada di Jalan Langsat, tepatnya daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Lokasinya yang cukup tersembunyi karena tidak berada di pinggir jalan seperti taman kota lainnya, menjadikan taman ini cukup menarik pengunjung untuk yang ingin menghindari keramaian kota. Fasilitas yang tersedia di taman ini diantaranya jogging treck, kolam teratai, lapangan tenis, saran yang dikhususkan untuk manula, arena bermain anak, hingga lokasi pameran flora dan fauna.

Selain kebersihan taman yang terjaga, sejuknya udara di taman ini juga menambah suasana asri dari pepohonan rindang yang tumbuh di sekitarnya. Tak jarang orang-orang rela menghabiskan waktu berjam-jam bersama keluarganya di taman ini. Lokasi taman yang berada tepat di belakang Pasar Barito ini melengkapi kesan indah di tengah kota. Karena setelah puas bersantai di taman, Anda bisa melihat-lihat berbagai macam hewan peliharaan yang dijual di Pasar Barito. Menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga di taman ini oke juga kok!

Taman Situ Lembang
Taman Situ Lembang Kesejukan Alami di Tengah Jantung Kota Jakarta
Sumber: indraprawiranegara.com

Lokasi Taman Situ Lembang berada tak jauh dari Taman Menteng dan Taman Suropati. Namun taman ini juga memiliki keunikan dan pesonanya tersendiri loh. Taman Situ Lembang berbentuk oval dengan danau buatannya yang dipenuhi bunga teratai nan cantik. Selain itu, taman ini juga sering dijadikan lokasi syuting film karena kebersihan dan keindahannya. Hayo ada yang tau nggak film apa saja yang pernah syuting di taman ini? ;) Tak jarang lokasi pinggir danau menjadi spot menarik bagi pengunjung.

Bagi Anda yang datang ke taman ini, di pinggir danau Anda bisa untuk sekadar duduk menikmati kesejukan taman maupun memancing. Tak hanya keindahan dan kebersihannya saja, taman ini juga mempunyai fasilitas seperti arena bermain anak, toilet, serta bangku taman yang kondisinya masih cukup baik.

Gimana? Asik-asik kan 5 taman kota yang saya sampaikan di postingan ini? Nggak nyangka ya, ternyata di tengah jantung kota Jakarta pun terdapat Ruang Terbuka Hijau yang sanggup memberikan kesejukan. Bagaimana dengan kota mu? Apakah terdapat banyak taman kota yang menyejukkan seperti ini juga? 

You Might Also Love

3 comments:

  1. Taman2 itu akusering leat tapi belum pernah benar2 ke sana. Moga ada kesempatan ke sana hehe TFS

    ReplyDelete
  2. pengen juga sekali kali jalan jalan kesana , tapi rumahku jauh mau kesana

    ReplyDelete
  3. Bagus nih Taman Suropati sekarang. Bisa dijadikan pelampiasan di kala suntuk dan butuh yang segar-segar. Hehe. Btw, kalau malam minggu ada komunitas pecinta musik juga nggak ya di Taman Suropati?

    ReplyDelete