Kenali dan Antisipasi Alergi Pada Anak Sejak Dini

11:19:00 AM labollatorium 9 Comments

Anak-anak biasanya masih sangat rentan terhadap segala macam alergi sebab sistem imun tubuhnya masih sangat rendah, sehingga segala macam penyebab ketidakcocokan terhadap suatu makanan atau minuman menjadi hal yang sering ditemui. Salah satu contoh alergi yang ditemui dan sering dialami oleh anak-anak adalah alergi susu. Untuk itu, Anda sebagai orang tua setidaknya harus mengenal alergi guna menghadapi segala macam situasi yang ada pada anak Anda terutama alergi terhadap susu. Sebab susu menjadi salah satu kebutuhan untuk anak Anda.

Kenali dan Antisipasi Alergi Pada Anak Sejak Dini
Sumber gambar: https://goo.gl/P8NBUP

Tanda-tanda seorang anak mengalami alergi memang berbeda-beda, namun secara garis besar dapat dilihat dengan berbagai ciri yang dapat Anda ketahui. Berikut ciri jika anak Anda mengalami alergi terhadap susu:

1. Bintik merah disertai rasa gatal,
Ciri yang satu ini mungkin tidak terlihat secara langsung, namun efeknya dapat berpengaruh setelah beberapa jam kemudian. Tidak jarang juga orang tua yang sering terkecoh jika anaknya mengalami bintik merah yang disertai rasa gatal, padahal penyebab utamanya adalah dari susu. Terkadang orang tua mengira itu hanyalah efek awal karena anak baru mengkonsumsi susu, padahal itu perlu diwaspadai dengan sangat hati-hati.

2. Sesak nafas,
Jika anak Anda tidur dengan tidak nyaman disertai dengan sesak nafas, Anda harus mewaspadainya sebab dikhawatirkan hal tersebut adalah akibat dari alergi terhadap susu. Anda dapat memperhatikan anak Anda apakah ia tidur dengan nyaman dan tidak ada gangguan seperti anak cenderung tidur ingin menghadap ke salah satu sisi saja, itu bisa jadi karena ia mengalami sulit bernafas. Hal itu perlu Anda kaji penyebab anak Anda merasa sesak nafas diakibatkan hal apa.



3. Muntah,
Dalam mengenal alergi, inilah gangguan alergi yang sangat mudah dikenali karena anak biasanya akan merasa mual dan muntah apabila ia merasa tidak nyaman setelah meminum susu, dengan demikian Anda juga dapat memastikan bahwasanya anak Anda mengalami alergi terhadap susu. Untuk menghindari hal tersebut salah satu produk susu yang tepat bisa Anda coba susu SGM PHPro Soya yang memang diperuntukkan bagi anak yang mengalami alergi.

Dengan mengenali tanda-tanda alergi pada anak, Anda sebagai orang tua akan terhindar dari rasa panik dan tentunya si buah hati pun akan terhindar dari gangguan kesehatan akibat alergi. :)

You Might Also Love

9 comments:

  1. saya juga alergian huhuhu dulu orangtua nggampangi banget bintil-bintil merah yang timbul tiap habis makan telur (terutama telur puyuh) begitu udah gede.... bubar deh, dalam 10 menit bisa keluar bintik sebadan.

    ReplyDelete
  2. Kalo anak saya dulu sempat muncul bendolan di mata mbak. Kata dokternya karena alergi susu atau telor

    ReplyDelete
  3. anakku kalo alergi biasanya flu gitu..... telor dadar..aku curigain sih.., tapi klo telur puyuh aman aja..

    ReplyDelete
  4. Yang paling susah diantisipasi adalah alergi yang disebabkan cuaca/suhu

    ReplyDelete
  5. anakku 2-2 nya alergi susu dulu mba.. tiap minum susu sapi pasti merah kulitnya.. makanya dulu si kaka sempet minum susu pregestimil dari 0 bulan - 1 thn... adeknya ga terlalu parah alerginya, jd cukup susu alergi NAN PHP..lbh murah dr pregestimil yg cuma dijual terbatas.. untungnya 2-2 nya sembuh skr.. si kaka umur setahun udh bisa ganti susu, si adeknya malah umur 6 bulan udh bisa ganti susu biasa.. krn jujur aja susu2 alergi itu muahaal.. -__- .

    ReplyDelete
  6. Marwah alergi, kena debu langsung bersin, kena dingin juga begitu, kena gigitan nyamuk pun langsung bentol dan susah hilang huhuhu.

    ReplyDelete
  7. Kayak anak tetangga, gak cocok sufor udah nyoba beralih kemana pun gak mempan. Pas nyoba susu kedelai, alerginya berhenti.

    ReplyDelete
  8. Iyah mba, anak2 masih blm kuat ya imunnya, batuk pilek silih berganti. Maunya lari2 dan main terus :D anakku gatal2 di tangan, klo kata dokter jenis kulitnya sensitif juga karena faktor genetik..

    ReplyDelete
  9. memang dalam proses tumbuh kembang immunitas anak2 juga sedang berproses yaa

    ReplyDelete