9 Tanda Kamu Bakal Disakitin

3:37:00 PM labollatorium 47 Comments

9 Tanda Kamu Bakal Disakitin

Paling nggak enak rasanya kalau disakitin.. Bawaannya jadi lemah, lesu tak bergairah, lemes bagaikan abis disedot dementor, dan bagian nyembuhin rasa sakitnya itu lho.. Hadududu.. Eeeiiits baper? Jangan baper dulu ahh! Hihi.. Postingan kali ini, saya bukan mau ngebahas masalah perasaan yang disakitin lho ya.. Postingan kali ini juga sama sekali nggak ada kaitan dengan kandasnya (lagi) hubungan Raisa dan Keenan Pearce lho ya.. Well, meskipun ketika perasaan kita disakitin juga kerasanya nggak jauh beda dengan yang saya sebutkan, tapi kali ini saya mau ngomongin masalah tanda-tanda 'disakitin' yang berkaitan dengan kesehatan tubuh kita nih.. Hehehe..

Serius nih.. Satu nikmat yang sering tidak kita sadari adalah nikmat sehat. Ya nggak sih? Kita baru sadar betapa nikmat, berharga, dan patut disyukurinya kesehatan tuh justru ketika kita sakit. Sadar nggak? Waktu kita sakit, kita bakal kehilangan banyak momen berharga a.k.a precious moment karena kondisi tubuh kita yang lemah dan membuat kita tidak memungkinkan untuk menikmatinya. Sadar nggak sih? Waktu kita sakit, tiba-tiba semua kebiasaan nggak sehat terlintas di benak kita dan dalam waktu yang bersamaan kita menyesal seraya berjanji sehidup semati untuk nggak ngulangin kebiasaan-kebiasaan yang bisa bikin kita 'disakitin' sama si virus-virus nakal dan jahat. Sadar juga nggak sih? Seringnya kita tuh 'disakitin' sebenernya karena kita nggak peka dengan tanda-tanda sebelum akhirnya 'disakitin'.. Perih ya.. Yeah, begitulah adanya.. :')

Banyak hal yang dapat menyebabkan kita 'disakitin' a.k.a terjangkit penyakit. Selain faktor internal yang berkaitan dengan sistem biologis tubuh atau penuaan fisiologis yang menyebabkan menghilangnya beberapa fungsi organ tubuh, faktor eksternal seperti virus dan perubahan iklim juga dapat memengaruhi kesehatan tubuh kita. Tapi, kadang meskipun kita sudah menghindari hal-hal yang bikin kita ‘disakitin’, tetep aja yang namanya penyakit itu tidak bisa kita hindari. Salah satu sebabnya adalah karena kita kurang peka. Iya, kurang peka dalam mengenali tanda-tanda yang diberikan tubuh menjelang sakit dong.. Duh, maaf ya kalo tulisan saya kali ini agak baper.. :”) Setelah hidup sekian lama di dunia ini dan bukan cuma satu - dua - tiga - kali ngalamin ‘disakitin’ - UHUK!!! - ternyata membuat saya cukup paham dengan beberapa tanda sebelum 'disakitin'. Apa saja sih 9 tanda tubuh kita bakal ‘disakitin’ a.k.a terjangkit penyakit?

1. Perubahan nafsu makan
Nafsu makan yang tiba-tiba meningkat atau menurun adalah indikator yang berkaitan dengan kesehatan yang paling mudah kita kenali. Misalnya saat seorang wanita sedang menstruasi, maka nafsu makan akan meningkat, hal ini merupakan gejala yang mengindikasikan tubuh kekurangan asupan makanan. Sebaliknya bila kita mengalami penurunan nafsu makan, biasanya karena ada masalah pencernaan atau menjelang flu. 

2. Kleyengan (pusing ringan) saat tiba-tiba berdiri setelah duduk
Jangan anggap enteng kleyengan! Kondisi ini bisa terjadi pada orang yang memiliki tekanan darah rendah atau kondisi ini juga kerap terjadi karena kita mengalami dehidrasi atau mungkin hipotensi ortostatik yang terjadi ketika darah bergegas ke kaki dan jauh dari kepala saat tiba-tiba berdiri. Kalau gejala ini sering terjadi, dan sampai ingin pingsan kamu harus waspada nih! Jangan lupa selalu menyempatkan sarapan sebelum beraktivitas, dan konsumsi juga multivitamin mineral dengan kandungan lengkap seperti Theragran-M, agar kamu tetap dapat produktif sepanjang hari.

#TheragranM 9 Tanda Kamu Bakal Disakitin Sarapan Sehat
Jangan lupa sarapan, minum air putih, dan Theragran-M supaya kuat kalo disakitin! :')

3. Nafas dari mulut terasa panas
Jangan abaikan nafas dari mulut yang terasa lebih panas dari biasanya. Hal ini bisa jadi merupakan salah satu indikasi dari gejala panas dalam. Agar panas dalam tidak menjelma semakin parah menjadi demam, segera redakan dengan minum larutan penyegar atau air madu.

4. Tenggorokan kurang nyaman
Tenggorokan yang kurang nyaman, serasa tercekat, seperti gatel, kayak ada yang nyangkut, bagaikan mau ngomong I Miss You tapi susahnya ampun-ampunan, bisa jadi merupakan tanda bahwa kita akan terserang flu atau radang tenggorokan. Paling nggak enak deh pas dapet ajakan traktiran ketika tenggorokan kita sedang kurang nyaman. Lewat deh satu momen seru nan precious gara-gara kesehatan kita sedang nggak oke!

5. Urine berbau dan berwarna aneh
Yakin kamu orang yang memerhatikan kesehatan? Suka ngecek air seni atau urine? Nggak? Hmmm.. Perubahan warna urine itu indikator kesehatan tubuh & pengenalan gejala penyakit yang paling mudah dilihat lho! FYI, urine yang sehat umumnya berwarna kuning pucat atau seperti warna madu. Perubahan pada warna atau bau urine bisa terjadi karena sesuatu yang kita konsumsi atau bisa juga terjadi karena adanya infeksi saluran kencing. Jika waktu buang air kecil mengalami sakit, atau jika urine berwarna aneh dan beraroma kurang sedap, kita perlu waspada lho! Yuk rajin ngecek urine.. 

6. Tulang ngilu dan badan terasa capek
Tulang yang terasa sakit-sakit dan ngilu yang disertai tubuh yang terasa capek, adalah gejala yang seringkali luput dari perhatian. Jangan remehkan jika gejala ini datang tiba-tiba. Selain dapat mengganggu produktivitas, hal ini bisa jadi merupakan gejala flu atau sakit pencernaan. Kalau sampai kamu terserang flu, pada masa penyembuhan sangat disarankan agar kamu memperbanyak mengonsumsi vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit seperti Theragran-M.

7. Bengkak nyeri di bawah lengan atau ketiak
Jika kamu suka mencabut atau mencukur bulu ketiak, kondisi ini bisa disebabkan oleh folikel rambut di ketiak dicabut/dicukur atau kondisi ini juga mungkin sebagai tanda adanya pembengkakan kelenjar getah bening bengkak akibat infeksi. Jika kondisi ini berlangsung lebih lama atau jika memburuk (merah atau iritasi, red.) mungkin saja merupakan tanda infeksi payudara, kista, atau tumor.

8. Telapak tangan berkeringat pada situasi tertentu
Telapak tangan yang berkeringat sebenarnya wajar, bisa jadi juga merupakan respon normal terhadap stres atau kegelisahan. Namun jika telapak tangan terus-menerus berkeringat, kita perlu waspada karena bisa jadi ini merupakan gejala hiperhidrosis, yaitu gangguan yang melibatkan berkeringat berlebihan pada tangan, kaki atau ketiak.

9. Kaki kram atau mati rasa
Kaki kram atau mati rasa bisa terjadi karena ketidakseimbangan elektrolit halus (seperti kalium, magnesium, atau kalsium, red.) atau dehidrasi ringan. Bangun dan berjalan-jalan, lalu pijat otot untuk membantu rileks. Rajin berolahraga juga bisa membantu melancarkan peredaran darah lho! Namun jika kondisi seperti ini terus berlangsung, bisa jadi adanya gangguan pembekuan darah atau kerusakan saraf. Jangan sampai kaki kram atau mati rasa malah bikin aktivitas kita terganggu. Kaki krang atau mati rasa ini cukup sering saya alami di malam hari. Kadang ketika sedang nyenyak tidur dan ketika sedang merubah posisi tidur, kaki kadang-kadang kram secara mendadak. Otomatis saya terbangun dan meringis kesakitan cukup lama. Setelah kram ini biasanya saya jadi sukar untuk tidur kembali, walhasil keesokan harinya saya menjadi serba lunglai. Setelah konsultasi ke dokter, saya disarankan lebih rutin berolahraga dan lebih rutin pula mengonsumsi Theragran-M - vitamin untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah sakit. Dan Alhamdulillah setelah saya mengikuti nasehat dokter, kram di malam hari pun berangsur hilang, dan setiap bangun tidur saya merasa segar dan siap untuk menjalankan berbagai aktivitas! ;)

Adakah salah satu atau justru salah dua gejala yang sudah saya sebutkan di atas kamu alami? Kalau ada, kamu bener-bener harus waspada lho! Untuk pencegahan supaya nggak mengalami tanda-tanda yang sudah saya sebutkan sehingga berujung dengan ‘disakitin’ a.k.a terjangkit penyakit yang lebih parah, dan supaya kembali bisa segera pulih setelah beraktivitas, kamu juga harus rutin mengonsumsi vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhanKalau saya pribadi, demi my healthiness and my precious moment, saya biasa mengonsumsi Theragran-M. Kandungannya multivitamin dan mineralnya yang lengkap dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral terutama pada masa penyembuhan setelah sakit.

#TheragranM 9 Tanda Kamu Bakal Disakitin Kandungan
Jika perlu, konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi Theragran-M ya! :)

Kenapa sih saya pilih Theragran-M? Saya pilih Theragran-M selain karena kandungan multivitamin dan mineralnya yang lengkap, tentunya karena Theragran-M tuh aman dan nyaman buat saya. Amannya, karena Theragran-M sudah terdaftar di BPOM. Nyamannya, Theragran-M merupakan multivitamin mineral yang sudah memiliki label halal dari MUI. Eh ini penting lho, kita harus bener-bener teliti terhadap apa yang kita konsumsi. Jangan asal pilih multivitamin mineral, soalnya salah-salah tadinya pengen sehat malah bisa jadi sebaliknya. Ya seperti yang kita tau, jaman sekarang ini kan banyak banget produk kesehatan dan kecantikan abal-abal. Kalau saya pribadi sih selalu cek ulang sertifikasi LPPOM MUI dan keaslian nomer BPOM dari suatu produk makanan atau kosmetik. 

9 Tanda Kamu Bakal Disakitin BPOM
Hasil cek Theragran-M di web BPOM

Caranya gampang banget karena bisa dilakukan secara online! Kita tinggal masuk ke situs www.halalmui.org untuk cek sertifikasi LPPOM MUI dan masuk ke cekbpom.pom.go.id untuk cek sertifikasi BPOM, cari berdasarkan nomer registrasi, dan hasilnya ketika saya cek multivitamin mineral Theragran-M ternyata multivitamin mineral andalan saya ini no abal-abal. Aman dan nyaman dong untuk dikonsumsi?

9 Tanda Kamu Bakal Disakitin LPPOM MUI
Hasil cek Theragran-M di web LPPOM MUI

So, ini artinya aman nih untuk mengonsumsi Theragran-M! Bahkan informasi mengenai produk dan konsultasi dengan dokter juga bisa kamu lakukan langsung di web Theragran-M lho! Trusted banget kan?!

#TheragranM 9 Tanda Kamu Bakal Disakitin
Say big NO to 'disakitin'! ;)

Pokoknya jangan mau ‘disakitin’! Banyak upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah, menunda, atau menemukan, dan mengenali secara dini tanda-tanda dari berbagai penyakit atau gangguan kesehatan, serta mengatasi penyakit-penyakit yang muncul untuk mencegah komplikasi agar kita tetap dapat sehat, produktif, dan tidak kehilangan momen-momen berharga sepanjang hidup kita. Mulailah menerapkan pola hidup sehat dan seimbang untuk jiwa dan raga kita, terapkan dulu pada diri sendiri, lalu sebarkan ke keluarga, sahabat, dan orang-orang-orang terdekat, agar pola hidup sehat menjadi sebuah budaya yang dapat membuat setiap orang dapat merasakan my healthiness my precious moment-nya masing-masing. Last but not least, pastinya jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi multivitamin mineral Theragran-M dong! ;)

Disclaimer:Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho.
Sumber: berbagai sumber.

You Might Also Love

47 comments:

  1. 9 tanda bakal disakitin, hmmm supaya nggak disakitin multivitamin kek gini emang perlu ya.
    Trus, trus...itu Keenan sama Raisa beneran kandas? *eh

    ReplyDelete
  2. Wah aku lagi gejala yang no.6 nih gara-gara sering begadang :(
    yang sakit-sakit emang nggak enak ya mbak. mau badan maupun hati. Aku sih lebih baik nggak dua-duanya #yaiyalah :))

    ReplyDelete
  3. Kirain disakitin kaya ayu ting ting hihihi .. ternyata banyak info sehat di artikel ini :) terima kasih yaa ..

    ReplyDelete
  4. Duh sakitnya kalau disakiti ya mba. Hikss. Entah disakiti penyakit atau disakiti pasangan tetap aja sakit. hihiii

    ReplyDelete
  5. Kalau disakiti cukup didoakan aja hahahahha. Siapa tahu abis didoakan dapat yang menyennagkan hati kakaakkkkakak

    ReplyDelete
  6. setuju mbak, selain jaga asupan makan..multivitamin juga perlu, karena di sakitin banyak ngambil tenaga :p

    ReplyDelete
  7. Kenapa itu dementor dibawa-bawa? Kan aku jadi kangen Akang Harry Potter :v
    Btw bener banget itu tanda-tanda mau disakitin (sama penyakit). Asal jangan disakitin sama kamu ajasih :p

    ReplyDelete
  8. Apa iya mba urine nya berbau aneh...hehe mungkin karena stress ya..

    ReplyDelete
  9. saya klo tulang udah ngilu2, lgsg waspada deh...

    ReplyDelete
  10. Enak banget kalau sakit hati bisa diobati dengan vitamin :))

    ReplyDelete
  11. pernah baca sih tapi lupa di mana, katanya kalo ngecek kesehatan itu paling gampang dari air seninya. Kalo bau atau warnanya aneh, berarti ada yang salah. Soalnya kan langsung dari ginjal :))

    ReplyDelete
  12. Disakitin rasanya emang nyebelin, nafsu makan jadi ilang... Karena semuanya bersumber dari hati... E.. Tqpi kalau sakitnya bukan dari hati trus gimana dong ngobatinya hehehe.... Kayaknya kita memang butuh multivitamin yang pas ya mbak, tidak mengganggu metabolisme tubuh, agar tubuh kita tidak tersakiti.... TFS ya mbak...

    ReplyDelete
  13. Kirain disakitin karena apa, ternyata.... sukses lombanya ya mba....

    ReplyDelete
  14. Setujuuuu. Sakit tuh apa apa ngga enak. Harusnya bisa main tp jadi ngga bisa. Banyak yg jadi korban.
    Waaaahh. Boleh nih dicoba produknyaaa

    ReplyDelete
  15. Judulnya bikin baper deeeh..
    nice post!

    ReplyDelete
  16. judulnya serem mbak. hihihi...

    artikelnya asyik banget. good luck ya mbak.

    ReplyDelete
  17. Meski awalnya baper sama judulnya, tapi saua setuju :D

    ReplyDelete
  18. judulnya lucu, ha ha ha... wah baru tau aku gimana cara ngecek sertifikasi halal produk di webnya LP-POM MUI... makasih ya, Mbak, infonya! :)

    ReplyDelete
  19. Wah, bagus euy tulisannya. Thanks for sharing, Mba.
    Iya, suamiku telapak tangan n kakinya gampang basah. Mudah2an bukan kenapa2 ya, Mba.

    ReplyDelete
  20. Judulnya menarik banget, sukak saya . Good Luck ya

    ReplyDelete
  21. judulnya menggairahkan, setelah baca artikelnya, sama menggairahkan hehe

    ReplyDelete
  22. AIh keren. TUlisannya meyakinkan sekali, Mbak. Moga menang :)

    ReplyDelete
  23. gudluck y mba :) semoga kita ga membiarkan tubuh ini disakitin :p

    ReplyDelete
  24. good luck ya mba buat lombanya reviewnya bagus,

    dan jangan sampai kita disakiti ya hehhee

    ReplyDelete
  25. saya pernah ngalamin kleyengan, yang akhirnya saya sakit selama 2 minggu :( dan gak mau lagi ngalamin

    ReplyDelete
  26. tubuh yang tersakiti oleh kamu eh penyakit memang gak enak banget yah Mba :)

    semoga kita selalu dijauhkan dari hal-hal yang nyakitin, amin..

    ReplyDelete
  27. Bagus mba infonya. Sampe bawa2 dementor :D

    ReplyDelete
  28. good luck.. aku juga minum multivitamin theragran..

    aduh..judulnya berasa putus cinta..he2

    ReplyDelete
  29. Aaahhh sering tuh aku ngalamin tetiba pusing pas bangun dari duduk. Butuh banyak istirahat (liburan) kayanya. Hehehe

    ReplyDelete
  30. Aha, ngecek ke BPOM, perlu banget itu ^^

    ReplyDelete
  31. Naga-naganya ciri-ciri mau disakitin lagi ada nih di tubuhku. Mesti siap Theragran-M ya, Mak :)

    ReplyDelete
  32. oh God! aku kadang keliyengan. biasanya urine dan lidah bisa jadi petunjuk sakit.

    minum vitamin emang penting, apalagi musim tak menentu gini. banyak yang mendadak sakit :(

    ReplyDelete
  33. saya pernah merasakan beberapa gejala dr yang mba sebutin mba,saat spt ini memang perlu Multivitamin dan mineral yaa mb

    ReplyDelete
  34. duhh jangan sampai disakitin nih kitaaaa :P

    ReplyDelete
  35. aku banget tuh... kecuali no 7 dan 9 ndak pernah

    ReplyDelete
  36. emang baru insap tuh pas udah 'disakitin' deh bener! ntar lagi mah kalo abis 'disakitin' udah tau lah biar cepet sembuh harus siap sedia theragran-m.

    ReplyDelete
  37. judulnya gak nahaaaaan.... tapi memang bener, kl lagi sakit itu jadi serba salah... mau ngapa2in jd gak konsen. harta plg berharga yg kesehatan yg kdg lupa dijaga...trus akhirnya disakitin.... :)

    ReplyDelete
  38. bener banget point pertama, saya biasanya enggak nafsu makan menjelang sakit yang agak berat

    ReplyDelete
  39. Kalau mau kena flu biasanya tenggorokan kering dulu, habis itu flu berhari-hari. Mana cari obat buat ibu menyusui agak susah di apotek huhu

    ReplyDelete
  40. Aku suka mengalami semua hal diatas, apalagi kalau tanggung bulan liat dompet kosong, atm menipis.. Rasanya mending disedot dementor aja biar ngga usah ngeluarin duit hahahahah.. XD

    ReplyDelete
  41. Keceh juga yah :) satu tablet udah mengandung 10 multivitamin plus mineral juga :D
    bolehlah buat antisipasi kalo ada yang mau "nyakitin"

    ReplyDelete
  42. Nikmat sehati itu mamang tidak terkira. Dan ketika sakit ,memang kita membuat sumpah janji akan menjaga kesehatan semisal, menjaga pola makan, olah raga, tidak akan mikirin sang mantan yang telah membuat sakitnya tu disini.
    Multivitamin itu penting.

    ReplyDelete
  43. ouch, memang disakitin tuh perih ya.
    untung ada tipsnya.
    salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
  44. biar ga disakitin emang kudu sehat \m/

    ReplyDelete
  45. tak kirain sakitnya tuh Cita Citata , ternyata sakitnya tuh yg lain ....:)

    ReplyDelete