HINDARI 5 KETAKUTAN PENGHAMBAT KEMAJUAN KARIER

9:58:00 PM labollatorium 7 Comments

HINDARI 5 KETAKUTAN PENGHAMBAT KEMAJUAN KARIER wanita
Pernah mengalami ketakutan dalam menjalani karier? Jangan biarkan ketakutan tersebut tumbuh berlebihan!

Apakah Anda seorang wanita karier? Jika Anda adalah seorang wanita yang ingin memiliki karier gemilang di bidang yang Anda geluti ataupun menjadi seorang karyawan yang bisa diandalkan di perusahaan tempat Anda bekerja, tentunya Anda harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk memasuki dunia kerja tempat Anda berkarier. Persiapan memasuki dunia kerja bukan hanya sebatas persiapan basic pendidikan, pengalaman, dan skill yang menunjang karier Anda, tapi juga persiapan mental dari pribadi si pekerja dalam menghadapi dunia kerja yang penuh dengan berbagai tantangan dan tekanan.


Di masa sekarang ini, bukanlah hal yang aneh jika kita melihat wanita karier yang sukses mencapai posisi puncak dalam suatu perusahaan. Nah, salah satu tips untuk mencapai kesuksesan tersebut adalah dengan menjadi wanita yang berani dalam menghadapi rasa takut. Ya, rasa takut memang wajar dan acap kali dialami oleh tiap pekerja yang berada dilingkungan kerja dengan tantangan dan tekanan yang cukup tinggi, namun jika rasa takut tersebut berkembang dan menjadi berlebihan, salah-salah rasa takut malah akan jadi penghambat kemajuan karier Anda. Apa saja ketakutan yang sering terasa dan bagaimana mengatasinya, dapat Anda simak sebagai berikut:


1. Takut mengambil risiko
Seringkali seorang pekerja tidak berani bertindak karena takut mengambil risiko, dan hal ini seringkali dialami oleh seorang karyawati di sebuah perusahaan. Padahal, kesuksesan hanya akan datang pada orang-orang yang berani mengambil risiko. Agar risiko dapat diminimalisir, sebaiknya Anda melakukan riset dan pikirkan detil-detil rencana secara matang sebelum akhirnya mengambil keputusan yang nantinya akan berpengaruh pada karier Anda.

HINDARI 5 KETAKUTAN PENGHAMBAT KEMAJUAN KARIER takut risiko
Ketika menghadapi tantangan baru, rasanya ingin mengakhiri karier. Waspadai gejala ini!

2. Takut tantangan
Anda jangan pernah merasa minder atau berkecil hati jika orang-orang di lingkungan kerja Anda jauh lebih hebat atau lebih pintar dari Anda. Belajarlah dari mereka dan anggaplah tantangan tersebut sebagai motivasi untuk Anda bisa mendapatkan ide-ide baru. Percayalah, pada akhirnya tantangan ini dapat membantu Anda menjadi pekerja yang lebih kuat dalam menghadapi berbagai masalah yang mungkin akan timbul dalam pekerjaan yang Anda geluti.

3. Takut salah
Jika setiap ada tugas dari atasan dan Anda seringkali merasa takut salah, itu artinya Anda sudah menghambat karier yang sedang digeluti. Dengan merasa takut salah, Anda akan merasa stuck dan stress, karena tugas Anda malah akan semakin bertumpuk. Jernihkan fikiran Anda, hadapi perasaan takut Anda, dan mulai kerjakan tugas yang Anda terima. Seandainya terjadi kesalahan, jangan terlalu keras pada diri sendiri atas kesalahan yang sudah Anda perbuat, toh tak ada satupun orang yang tidak luput dari kesalahan. Perbaiki kesalahan tersebut dengan menunjukkan bahwa Anda bisa mengambil pelajaran dan menjadi lebih baik lagi dalam mengerjakan tugas-tugas berikutnya. Dengan demikian, kesalahan yang pernah terjadi justru akan mengantarkan Anda pada kesuksesan.

HINDARI 5 KETAKUTAN PENGHAMBAT KEMAJUAN KARIER takut bertanya
Hanya terdiam meskipun sudah diberi kesempatan untuk bertanya. Budayakan berdiskusi!

4. Takut bertanya 
Takut bertanya adalah hal yang paling sering dialami oleh para pekerja baru. Dengan alasan gengsi dan tidak ingin dianggap lemah, seorang pekerja terutama pekerja baru, sering takut bertanya karena malu dan tidak ingin dicemooh oleh rekan kerja dan atasan. Sebaliknya, seperti kata pepatah yang mengatakan : “malu bertanya, sesat di jalan”, justru bertanya dan meminta pertolongan pada orang lain akan lebih memudahkan Anda dalam menjalankan tugas dan akan menghindarkan Anda dari kesalahan fatal yang mungkin terjadi. Jadi jangan takut untuk bertanya, karena setiap orang pada satu waktu tertentu, pasti membutuhkan bantuan orang lain. Bukan tidak mungkin Anda malah bisa meraih kesuksesan jika tidak malu untuk bertanya.

HINDARI 5 KETAKUTAN PENGHAMBAT KEMAJUAN KARIER takut ikuti passion
Cintai apa yang Anda kerjakan. Sumber

5. Takut untuk mengikuti passion
Jika sekarang ini Anda sudah memasuki dunia kerja, namun Anda masih mempertanyakan karier apa yang sebenarnya Anda inginkan, kemungkinan terbesarnya adalah Anda tidak bekerja sesuai dengan passion. Satu hal yang perlu Anda ketahui, bahwa passion merupakan hal yang paling penting dalam berkarier. Buat apa bekerja susah payah, tapi tidak bahagia karena pekerjaan tersebut bukan passion Anda? Dengan bekerja di bidang yang sesuai dengan passion, maka energi positif dan rasa semangat akan terpancar di setiap pekerjaan yang dijalankan. Tidak pernah ada kata terlambat untuk menggali lagi apa passion alias hasrat Anda dalam karier. Temukan passion Anda dengan melihat diri Anda sendiri atas dasar aktivitas favorit, cita-cita, tujuan jangka panjang, dan hal-hal yang Anda kuasai. So, jangan pernah takut untuk mengejar passion Anda.

Bagaimana? Masihkah Anda merasakan berbagai ketakutan yang menghinggapi perasaan Anda? Tepislah semua rasa takut itu perlahan-lahan mulai dari sekarang. Jangan biarkan ketakutan membatasi diri dan menghambat karier Anda. Mintalah dukungan dari keluarga dan orang terdekat Anda, dan percayalah bahwa setiap masalah pasti ada solusinya jika Anda berani menghadapinya. Kalau terus-terusan takut, bagaimana mungkin Anda bisa maju, setuju?

Sumber: berbagai sumber.
Catatan: tulisan ini adalah tulisan saya yang sudah pernah dimuat di Majalah Orenz, Edisi bulan April 2014.


You Might Also Love

7 comments:

  1. haduh saya udah tamat kuliah
    namun status masih pengangguran
    thx..., nice artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehsiapa tau nggak pengangguran lagi dan malah jadi pengusaha kalo terus ngegali passion.. Semangat terus ya.. :)

      Delete
  2. Kalo saya kena sindrom no 4 Mak, takut berbuat salah karena taruhannya rasanya seluruh hidup aja. Yah, bukan perfectionis tapi selalu takut jadi merepotkan orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak.. Kadang kita takut salah karena takut merepotkan orang lain.. Saya juga masih sering ngalamin kalo takut yang begini.. >,<

      Delete
  3. Keren, Teh, menulis di majalah juga ya...

    Kalau aku, pengennya sih kerja sesuai passion :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihihi, dulu pernah nulis buat majalah.. Gali terus passsionnya Teh, Insyaallah ada jalan.. :D

      Delete
  4. Malu bertanya emang bikin susah di kantor, tapi masalahnya kadang orang baru diharapkan memecahkan masalah sendiri tanpa tanya2 ke senior dulu... hiks..

    ReplyDelete