Terung Crunchy Mozarella Recipe

11:07:00 PM labollatorium 12 Comments

Terung Crunchy Mozarella Recipe

Siapa tak kenal dengan terung? Mungkin sedikit terdengar agak asing jika saya menyebutkan terung, karena sepertinya kita lebih mengenal terong daripada terung. Tapi mungkin justru lebih asing lagi jika saya menyebutkan eggplant ya? ;)

Terung Crunchy Mozarella Recipe Terung

Terung/te·rung/ n 1 tumbuhan yang buahnya disayur atau dimakan mentah, bentuk buahnya bervariasi antara bulat panjang, bulat telur, atau bulat pendek, warna buah bervariasi antara putih kehijau-hijauan, hijau pucat, atau ungu. Sumber: KBBI.
Terung [1] (Solanum melongena, di Pulau Jawa lebih dikenal sebagai terong) adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Asalnya adalah India dan Sri Lanka [2][3]. Terung berkerabat dekat dengan kentang dan leunca, dan agak jauh dari tomat. Sumber: Wikipedia
Sebagai makhluk Tuhan yang paling seksi dan termasuk ke dalam kelas pemakan segala, saya senang mengkonsumsi terung baik itu mentah ataupun matang. Yeap! Terung mentah yang biasa saya makan adalah terung berbentuk bulat berwarna putih kehijau-hijauan yang lazim kita temukan dalam lalab. Lalab terung ini paling cocok dicocol dengan sambal terasi dan menjadi sayur penyerta ketika menyantap ayam bakar ataupun ikan bakar. Sementara itu terung matang yang biasa nikmati adalah terung ungu yang dimasak dengan bumbu balado seperti yang biasa kita jumpai di rumah makan Padang. Nyam!

Setelah di postingan sebelumnya saya sudah pernah berbagi pop corn nori recipe, biscuity choco truffle recipe, dan mango banana peach smoothie recipe, maka di postingan kali ini saya akan berbagi sebuah resep camilan lezat dengan bahan dasar terung yang disajikan dengan cara berbeda yaitu Terung Crunchy Mozarella recipe. Yeap! Mungkin kalian pernah menyantap camilan terung goreng tepung, namun pada Terung Crunchy Mozarella recipe kali ini, saya akan berbagi resep camilan terung yang dibuat dengan cara dipanggang! Yummm!!

Apa saja bahan-bahan yang diperlukan dan bagaimana cara membuat Terung Crunchy Mozarella?

Terung Crunchy Mozarella Recipe Bahan

Bahan-bahan yang perlu disediakan untuk Terung Crunchy Mozarella recipe kali ini, adalah sebagai berikut:
1. 1 buah terung ungu
2. 1 butir telur ayam negeri
3. tepung roti kasar (breadcrumb)
4. keju mozarella
5. merica (lada)
6. garam
7. margarin

Jika semua bahan-bahan untuk Terung Crunchy Mozarella recipe sudah tersedia, maka kita bisa langsung membuatnya dengan langkah-langkah mudah berikut ini:
1. Cuci terung ungu sampai bersih, tanpa mengupas kulit, potong terung menyerong dengan ketebalan kurang lebih 1 cm. Sisihkan. Untuk jumlah buah terung yang digunakan tentunya sesuai dengan kebutuhan, namun pada resep kali ini saya menggunakan 1 buah terung.
2. Kocok telur ayam, garam, dan merica bubuk sampai tercampur rata. Sisihkan. Takaran garam dan merica bubuk bisa disesuaikan dengan selera dan adonan kocokan telur ini juga boleh ditambahkan dengan kaldu bubuk agar rasanya lebih gurih.
Terung Crunchy Mozarella Recipe Langkah Memasak
3. Siapkan mangkuk dan tuangkan tepung roti kasar (breadcrumb) kedalamnya. Sisihkan.
4. Siapkan loyang dan poles permukaan loyang dengan margarin. Sisihkan.
Terung Crunchy Mozarella Recipe Langkah Memanggang
5. Jika tahap 1 sampai dengan 4 sudah dilakukan, kita bisa mulai memanaskan oven, setelah itu kita bisa kembali melanjutkan proses membuat Terung Crunchy Mozarella. Di tahap ini, yang harus kita lakukan adalah membalut terung dengan adonan kocokan telur yang sudah kita siapkan (lihat tahap nomer 2, red.). Setelah terung dibalut dengan adonan kocokan telur, langsung balut kembali terung dengan tepung roti kasar (breadcrumb) yang sudah kita siapkan seperti di tahap nomer 3. Setelah itu letakkan terung yang sudah dibalut oleh telur dan tepung roti kasar di atas loyang. Ulangi terus tahap ini sampai semua terung mentah terbalut telur dan tepung roti kasar, kemudian tata semua terung di atas loyang. Terung siap dipanggang.
Terung Crunchy Mozarella Recipe Tahap Memanggang Oven
6. Cek keadaan suhu oven. Jika sudah panas artinya kita bisa mulai memanggang terung yang sudah diproses sampai dengan tahap 5 di atas. Panggang terung selama 15 sampai 20 menit.
Terung Crunchy Mozarella Recipe Topping Keju
7. Jika 15 sampai 20 menit sudah berlalu, maka terung akan terlihat setengah matang dan tepung roti kasar yang membalutnya akan terlihat berwarna keemasan. Keluarkan loyang dari dalam oven, balik semua terung, letakkan keju mozarella yang sudah dipotong pada setiap terung, kemudian panggang kembali selama 15 sampai 20 menit.
Terung Crunchy Mozarella Recipe Mozarella Melted
8. Terung akan semakin terlihat matang, tepung roti kasar (breadcrumb) akan terlihat berwarna keemasan atau cokelat yang merata, dan keju mozarella pun meleleh. Dan, selamat! Ini artinya Terung Crunchy Mozarella sudah siap untuk disantap! Nyaaaaammm!!

Terung Crunchy Mozarella Recipe siap disantap

Untuk informasi, 1 buah terung ungu dalam Terung Crunchy Mozarella recipe ini dibuat menjadi 12 potong dan waktu untuk persiapan ditambah dengan waktu untuk membuat Terung Crunchy Mozarella ini kurang lebih sekitar 45 menit. Jika suka, Terung Crunchy Mozarella bisa juga disantap bersama mayonnaise atau saus sambal. Terung Crunchy Mozarella yang sudah matang ini akan terasa crunchy luar dan dalam loh! Crunchy di luar, karena memang terung yang kita masak menggunakan tepung roti kasar sebagai balutan. Sementara crunchy di dalam, karena terung yang dipanggang ini memang akan terasa sedikit crunchy ketika digigit. Sajikan Terung Crunchy Mozarella selagi hangat dan lengkapi sajian camilan lezat ini bersama dengan es teh sereh. Siapa bilang makan camilan lezat harus di cafe mahal? Makan camilan di rumah pun bisa berasa makan camilan di cafe berkelas kok! ;)

Terung Crunchy Mozarella Recipe Plating

Nah! Bagaimana ibu-ibu dan remaja putri sekalian, Terung Crunchy Mozarella recipe ini sangat mudah untuk diikuti bukan? Pastinya dong ya! Yeap! Selain mudah dibuat, Terung Crunchy Mozarella ini adalah camilan sehat dan aman jaminan mutu, karena kita membuatnya sendiri di rumah sehingga lebih higienis dan tentunya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan pilihan terbaik. Perut kenyang, badan sehat, namun tetap ekonomis, semua pasti senang! ;)

Semoga resep ini bermanfaat. Selamat mencoba!

You Might Also Love

12 comments:

  1. Sebagai remaja aku akan melakukannya :)

    ReplyDelete
  2. Omigot! baru liat menu terung diginiin.. suka banget sama mozarela, duh jadi pengen deh cobain ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Omigot jugak! Hahaha.. Yuk dicoba, untuk camilan weekend bareng keluarga atau bareng pasangan. Dijamin semua senang! Selamat mencoba.. :)

      Delete
  3. tdnya udh semangat mau bikin, tapi di panggang ya mba... ga ada oven soalnya... padahal di rumah ada sisa mozarella bingung mau diapain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuuuh.. Tetap semangat Mbak.. Sepertinya masih banyak kok kreasi camilan yang menggunakan mozarella.. Resep dari aku kan bisa disimpen untuk lain kali.. :D

      Delete
  4. lezatt banget kayaknya :DDD mau coba ahh bikin terung seperti diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wohooooo.. Akhirnya ada laki-laki yang komentar.. Yeaaay.. Selamat mencoba membuat Terung Crunchy Mozarella ya.. ;)

      Delete
  5. Huwaaaaa terong >.< Aku sukaaaaaaa mau bikin juga ^^ tapi tapi tapi belum punya oven u.u

    ReplyDelete
  6. Kalau aku bilangnya ini vacon, alias vegan-bacon. Berhubung aku pesco-vegetarian, jadi begini bacon versiku, bumbu dan cara buatnya persis! Hihihi :)

    ReplyDelete
  7. Aih~ kayaknya enak nih... coba ahh...

    http://rifyanisya.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak dan gampang cara membuatnya. Cobain deh! ;)

      Delete