Roadshow Woman Talk: Poligami, KDRT, & Perselingkuhan

11:45:00 PM labollatorium 1 Comments

Roadshow Woman Talk tentang Poligami, KDRT, dan Perselingkuhan
Assalamualaikum Wr. Wb., temans!

Apa kabar nih? Sehat? Semoga selalu sehat ya.. Amiin.. Btw, gimana weekend kalian, ngapain aja? Kalau saya sih weekend kemaren (tepatnya di hari Sabtu, red.) ngobrol-ngobrol mengenai masalah Poligami, KDRT, dan Perselingkuhan lho!

Yeap, Poligami, KDRT, dan Perselingkuhan. Berat ya? Tapi kalian nggak salah lihat kok.. Poligami, KDRT, dan Perselingkuhan. Jika saya ucapkan 3 kata ini, mungkin kalian (terutama para wanita) akan buru-buru menutup telinga karena merasa ngeri dan tidak ingin sedikitpun mendengar, membayangkan, apalagi mengalaminya dalam hidup kalian. Eits, tapi sebaiknya kalian nggak menutup telinga, bahkan nggak menutup mata untuk terus membaca postingan saya kali ini. 
Roadshow Woman Talk tentang Poligami, KDRT, dan Perselingkuhan
Saya mau tanya nih.. Pernahkah terlintas di benak kalian, bagaimana jika seandainya Allah menghendaki salah satu, salah dua, atau mungkin salah tiga alias ketiga masalah tersebut (Na'udzubillahiminzalik..) secara bersamaan menimpa hidup kita? Kemudian jika hal-hal tersebut menimpa diri kita, sebagai wanita, apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi ujian ini? Bagaimana kita harus tetap tegar berdiri dan kemudian bangkit untuk memenangkan pertarungan antara emosi dan beban batin? Lantas bagaimana pula jika wanita di sekitar kita ada yang mengalaminya? Bagaimana kita harus menyikapinya? Bagaimana pula kita sedapat mungkin membantu mereka untuk menghadapi masalah Poligami, KDRT, ataupun Perselingkuhan yang mereka alami? 

Kalau boleh saya jawab semua pertanyaan tersebut, saya akan memberikan 3 (tiga) jawaban, sebagai berikut:
Pertama, perbanyak mendekatkan diri kepada Allah Swt.. Mendekatkan diri kepada Allah Swt. adalah kewajiban setiap umat muslim. Jika kita mengalami masalah tentu saja kita hanya bisa mengharapkan pertolongan-Nya. Sementara jika kita tidak mengalami masalah, tentu saja kita memohon pada Nya supaya kita dilindungi agar jangan sampai mengalami masalah, terutama masalah Poligami, KDRT, dan Perselingkuhan. Dan yang pasti mah jangan mendekatkan diri sama Allah Swt. kalau sedang ada masalah aja ya.. Hehehe..
Kedua, ketahui dasar ilmu untuk setiap permasalahan yang kita hadapi. Dalam postingan ini tentunya yang saya maksud adalah ilmu yang berkaitan dengan masalah poligami, KDRT, dan perselingkuhan. Kenapa kita harus mengetahui dasar ilmunya? Ya tentunya agar ketika kita menghadapi masalah tuh nggak ngasal dan nggak merasa paling bener dong.. Ya nggak?
Ketiga, bicarakan masalah tersebut (poligami, KDRT, dan perselingkuhan, red.) dengan orang-orang yang tepat. Misalnya, keluarga, konsultan (hukum/agama), atau mungkin kepada sesama rekan wanita yang pernah mengalami masalah tersebut dan berhasil menghadapinya dengan jalan yang benar baik menurut agama maupun menurut hukum.

Sebetulnya masalah Poligami, KDRT, dan Perselingkuhan adalah masalah yang cukup banyak dialami dan cukup sering kita dengar bahkan mungkin kita lihat dengan mata kepala sendiri. Setuju dong? Maka dari itu, sebagai seorang wanita yang juga merasa lumayan ngeri mendengar 3 (tiga) masalah tersebut, saya pun tergerak untuk mengetahui lebih jauh, mulai dari dasar ilmu agama dan dasar ilmu hukumnya (hukum yang berlaku di negara kita ini, red.), cara menghadapinya, dan kalau memungkinkan sih bisa tau juga bagaimana cara menghindari masalah-masalah tersebut. Berangkat dari rasa ingin tahu saya yang mendalam itu lah saya datang ke Roadshow Woman Talk. 
Roadshow Woman Talk tentang Poligami, KDRT, dan Perselingkuhan

Acara Roadshow Woman Talk memang memiliki misi untuk berbagi ilmu dan berbagi pengalaman bahkan tanya jawab secara interaktif terutama mengenai masalah Poligami, KDRT, dan Perselingkuhan. Teh Irma Rahayu yang kita kenal sebagai soul healer, life coach, juga founder Emotional Healing Indonesia dan Teh Aisha Maharani yang merupakan founder Halal Corner pun datang sebagai pembicara pada acara yang digelar pada hari Sabtu tanggal 19 September 2015 di Hotel Narapati Bandung tersebut.
Roadshow Woman Talk tentang Poligami, KDRT, dan Perselingkuhan
Mungkin kalian akan berfikiran seperti ini: “Hari Sabtu pagi obrolannya berat banget Nol..”. Maaf banget ini mah ya, saya mau bilang kalau pendapat kalian salah. Salah besar malah! Hehehe.. Kenapa salah besar? Karena menurut saya Teh Irma Rahayu dan Teh Aisha Maharani berhasil banget bikin topik Poligami, KDRT, dan Perselingkuhan (yang memang berat) di acara Roadshow Woman Talk ini jadi ‘easy digest’. Study case untuk setiap masalah sesuai topik, sesi tanya jawab dengan para peserta talk show, praktek healing, games interaktif, dan selingan bumbu-bumbu humor dari Teh Irma Rahayu dan Teh Aisha Maharani sepanjang acara ini sanggup membuat waktu seolah tak terasa dan mereka berdua sanggup mengangkat materi yang dibawakan pada hari itu terasa ringan! Malah setelah acara selesai juga masih ada lho peserta yang tanya-tanya mengenai masalahnya secara personal kepada Teh Irma dan Teh Aisha.


Created with flickr slideshow.


Banyak banget ya ilmu tentang Poligami, KDRT, dan Perselingkuhan yang dishare oleh Teh Irma Rahayu dan Teh Aisha Maharani di acara Roadshow Woman Talk? Topik pembicaraan pun dibahas dari berbagai sudut pandang. Alhamdulillah banget dapet ilmu segambreng dari dua teteh cantik dan pintar ini.. Hehehe.. Sepanjang acara, Teh Irma dan Teh Aisha pun berkali-kali menekankan bahwa wanita itu adalah makhluk Allah Swt. yang dimuliakan.. Berkali-kali juga keduanya mengingatkan pentingnya sabar dan ikhlas.. Dan berkali-kali pula, keduanya mengingatkan pentingnya mendalami ilmu agama.. Subhanallah, saya merasa sangat beruntung bisa datang ke acara tersebut.. Sungguh! 

Waktu terus berjalan dan sampailah pada penghunjung acara. Menutup Roadshow Woman Talk pada hari itu, Teh Irma Rahayu dan Teh Aisha Maharani menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh peserta. Jadi, pada dasarnya Teh Irma dan Teh Aisha mah tidak menentang poligami. Hanya saja ketika poligami akan dilakukan, kita para wanita juga para pria di luar sana harus mengetahui ilmunya, terutama ilmu secara agama Islam yang kita anut dan pastinya ilmu secara hukum di negara tempat kita tinggal, Indonesia. “Segala sesuatu itu harus ada ilmunya. Dalam Islam segala amalan yang baik itu karena memang ada ilmunya. Ilmu tanpa agama itu buta, sementara agama tanpa ilmu itu pincang. Jadi kita harus combine dua-duanya, ya ilmu, ya agama. Mau poligami? Boleh-boleh saja, asal sesuai dengan aturan!”, tutur teh Aisha. Pada Roadshow Woman Talk Sabtu kemarin, Teh Aisha juga sangat menekankan betapa pentingnya seorang muslimah untuk lebih giat mempelajari berbagai ilmu, terutama mempelajari tentang ilmu agama Islam. Kenapa? Karena seorang muslimah itu nantinya akan menjadi seorang Ibu. Adalah tanggung jawab seorang Ibu untuk mendidik dan membawa anak-anaknya agar diridhoi oleh Allah SWT. Selalu ingat ini: ‘Al ummu madrasatul uula’ yang artinya ‘Ibu adalah Madrasah pertama bagi anak’. So, kalau kita ingin anak kita pintar, ya sebagai ibu juga kita harus pintar dong!

Roadshow Woman Talk tentang Poligami, KDRT, dan Perselingkuhan

Menikah adalah salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah saw., dan dengan menikah akan menggenapkan agama kita dengan baik. Namun jika sampai harus terjadi perceraian, Teh Aisha berpesan bahwa perceraian itu bukan perpisahan yang sesungguhnya, bahkan kematian pun bukan. Akan tetapi perpisahan itu sejatinya adalah ketika salah satunya ditempatkan di neraka atau di surga. Sementara jika sampai detik ini masih belum menikah alias masih sendiri alias (maaf) jomblo (ini sih minta maaf sama diri sendiri.. hahaha..), Teh Irma berpesan bahwa menikah itu bukan karena kita udah kelamaan jomblo! Bukan karena kesepian! Bukan karena mau numpang hidup sama laki-laki! Bukan juga karena teman-teman yang lain udah pada nikah, udah pada punya anak, dan anaknya tiap tahun nambah melulu! Bukan! Teh Irma bilang : “Kejar!”. Bukan maksudnya cewek yang ngejar-ngejar cowok loh ya! Bukan.. Tapi kalau memang belum ada jodohnya, seperti yang udah saya bilang juga di awal postingan ini, kejarlah Allah Yang Maha Pengabul, perbanyaklah mendekatkan diri kepada Allah Swt. dan memohonlah kepada-Nya sambil kita terus berusaha memantaskan diri. Kalo masih belom ketemu jodoh juga? Teh Irma bilang : “Kejar!”. Kejar apalagi? Ya kejarlah karir, kejarlah passion, bahkan kalau bisa mah jadi nomer satu di tempatnya! Intinya, fokuskan pikiran kita dengan hal-hal yang diridhoi Allah Swt., supaya kita nggak hanya mikirin jodoh melulu.. Sekolah lagi atau berbisnis misalnya, banyak banget kok hal yang bisa kita lakukan! Seperti yang juga pernah saya tuliskan di salah satu postingan saya, masalah jodoh itu bukan tentang secepatnya, tapi setepatnya! Kalau belum bertemu dengan yang tepat, ya udah sih jangan bikin hidup semakin ribet. Tugas kita di dunia ini kan udah jelas, berdoa dan berusaha di jalan yang sesuai dengan ridho Allah Swt.. Kalau masih belum ada hasilnya, berdoa dan terus berdoa, berusaha dan terus berusaha.. Biarkan saja penilaian manusia lain, karena itu hak mereka masing-masing.. Nggak usah diambil pusing.. Hihi.. Kalau kata Teh Aisha mah “Jadilah wanita hebat dan jadilah wanita yang bermanfaat dengan cara mengambil jalan yang halal dan diridhoi oleh Allah Swt.. Cinta kita jangan karena makhluk, tapi cinta lah karena Allah Swt., tutur Teh Aisha sekaligus menutup perbincangan kita pada Roadshow Woman Talk di hari itu.

Roadshow Woman Talk tentang Poligami, KDRT, dan Perselingkuhan blogger
Di akhir acara juga nggak ketinggalan dong foto bersama bareng Teh Irma Rahayu dan Teh Aisha Maharani.

Gimana? Seru banget kan acaranya? Kalau kalian pengen tau lebih banyak mengenai apa yang Teh Irma Rahayu dan Teh Aisha Maharani bagikan mengenai Poligami, KDRT, dan Perselingkuhan, kalian juga bisa bahkan kalau memang ada waktu sih rasanya kalian harus banget deh mengikuti Roadshow Woman Talk ini! Nah kalo pengen banget datang dan tau jadwal Roadshow Woman Talk kamu bisa langsung colek aja dua pembicara kerennya Teh Irma Rahayu dan Teh Aisha Maharani via akun twitter mereka @irmasoulhealer dan @aishamaharanie.

Akhir kata, saya ingin mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya untuk group BloggerBdg yang sudah menyampaikan informasi mengenai acara ini, terima kasih tak terhingga juga tentunya kepada Teh Irma Rahayu dan Teh Aisha Maharani yang sudah berbagi ilmu dan pengalamannya kepada kami, dan tak lupa juga terima kasih saya untuk pihak penyelenggara yang udah bikin acara Roadshow Woman Talk di Hotel Narapati Bandung kemarin berjalan dengan awesome, fun, dan entertaining! Semoga ilmu dan pengalaman yang dibagikan oleh Teh Irma Rahayu dan Teh Aisha Maharani menjadi motivasi bagi kami para peserta untuk terus mendalami ilmu agama Islam sehingga nantinya dapat kami amalkan dan juga bagikan kepada orang lain.

Baiklah, sampai disini dulu postingan saya kali ini. Semoga bermanfaat!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

You Might Also Love

1 comment:

  1. Mereka itu, emang wanita juara. Wonder woman lah.
    Nggak nyesel hadir di acara ituh.

    ReplyDelete