Semakin Optimal dan Smart di Era Digital! #GoForIt

10:29:00 PM labollatorium 1 Comments

Semakin Optimal dan Smart di Era Digital! #GoForIt

Di era global yang dinamis ini, teknologi sudah memegang peranan yang semakin signifikan dalam kehidupan manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern ini pastinya akan berdampak pada munculnya berbagai perubahan dalam kinerja manusia. Hampir di berbagai aspek kehidupan, baik itu dalam aspek politik, sosial, budaya, ekonomi, bisnis, bahkan pertahanan dan keamanan juga di berbagai bidang misalnya, perbankan, pemerintahan, pendidikan, kesehatan, pariwisata, transportasi, juga informasi dan telekomunikasi, you name it, sudah bisa dibilang serba tekno dan serba digital. Itu sebabnya era sekarang ini sering juga disebut sebagai era digital.

Salah satu produk inovasi teknologi komunikasi yang dapat mendukung era digital ini adalah internet. E-banking, e-government, e-education/e-learning, e-health, e-tourism, e-transportation, e-news, e-business, multimedia streaming, online games, cloud storage, video conference cukup menunjukkan bahwa sekarang ini rasanya sedikit-sedikit serba online dan sedikit-sedikit serba internet. Betul? Betul! By the way, kalian tau nggak sih kepanjangan dari ‘internet’? Hayooo apa hayooo.. Mungkin kalian udah banyak yang tau, tapi untuk yang mungkin belum tau, ‘internet’ itu adalah singkatan dari ‘interconnection networking’, atau dapat diartikan sebagai suatu koneksi antar jaringan komputer. Masalah internet ini juga dibahas di salah satu buku Manajemen Pemasaran saya semasa kuliah. Kotler dan Armstrong (2008:237) yang dialihbahasakan oleh Bob Sabran, mendefinisikan internet sebagai berikut:
“Internet adalah jaringan publik luas dari jaringan komputer yang menghubungkan segala jenis pengguna di seluruh dunia satu sama lain dan menghubungkan mereka dengan ‘penyimpanan informasi’ yang sangat besar.”
Dahsyat banget ya internet ini! Bahkan sekarang, kecanggihan teknologi internet ini bukan hanya kita gunakan di perangkat komputer namun sudah merambah ke perangkat seluler yang digunakan oleh hampir setiap kepala yang hidup di seluruh penjuru dunia ini dalam kesehariannya. Yeap! Era digital ini juga adalah era dimana nantinya hampir seluruh benda di sekitar kita akan terhubung dengan internet atau kita kenal dengan istilah IoT a.k.a Internet of Things.

Seiring dengan meningkatnya peranan internet dalam berbagai bidang dan aspek kehidupan manusia, akses terhadap sumber dan jaringan informasi pun menjadi semakin penting bagi masyarakat. Jumlah pengguna internet ini sangat besar dan terus-menerus berkembang, bahkan pengguna internet dan jumlah penggunaan layanan internet di Indonesia pun terus mengikuti perkembangan dunia. Boleh dikatakan bahwa hampir semua masyarakat mengenal internet dengan tanpa ada batasan lokasi akses, profesi, usia atau tingkat pendidikan sehingga turut mewujudkan hadirnya budaya internet dalam keseharian masyarakat Indonesia pada khususnya, dan masyarakat dunia pada umumnya. Dapat kita katakan bahwa internet di era digital ini semakin mendorong perkembangan inovasi teknologi yang pada akhirnya memang bertujuan untuk menyokong dan memudahkan kehidupan manusia.

Hidup di era digital seperti ini, akan melahirkan individu-individu yang akrab disebut sebagai ‘digital people’. Mulai dari digital user, digital innovator, juga pekerja kreatif dan para pelaku bisnis yang memang usahanya bergerak di ranah digital. Saya pribadi, adalah salah satu digital people yang termasuk ke dalam kategori digital user dan pekerja kreatif di ranah digital. Sebagai digital user, tentunya saya ingin menjadi yang paling trendi dengan selalu mengetahui dan berbagi update terbaru. Sebagai digital user, saya juga termasuk aktif dalam menggunakan berbagai digital platform lho! Blog, tumblr, twitter, facebook, instagram, flickr, path, flipboard, email, line, whatsapp, dan yeap semua digital platform itu aktif saya gunakan dan hanya bisa saya gunakan tentunya kalau ada jaringan internet. Sementara sebagai pekerja kreatif di ranah digital, saya memiliki tugas untuk membuat digital campaign dan sudah menjadi tugas saya juga untuk membuat digital campaign tersebut dapat menjangkau sebanyak mungkin digital user yang ada di luar sana. Berat ya? Iya. Berangkat dari permasalah tersebut, muncul lah sebuah pertanyaan di benak saya: “Bagaimana kita bisa semakin optimal di era digital?” Dan saya rasa jaringan internet cepat dengan jangkauan luas adalah jawabannya. Yeap! Tanpa jaringan internet cepat yang mumpuni, era digital ini hanya akan seperti mobil ferrari yang mogok tak berdaya.

Dalam keseharian di era digital ini, kita juga pasti semakin sering banget denger kalimat ini: “DUH INTERNET LEMOT BANGET!” atau “DUH SINYAL INTERNET GUE KAYA BANGKE!”. Sering denger atau sering ngalamin, gaes? Nggak apa-apa, jujur aja.. Hahaha.. Kebayang nggak kalo lagi traveling ke tempat yang kece dan kita mau share foto atau share location di social media........tapi failed gara-gara smatphone kita nggak dapet sinyal internet bahkan sinyal seluler biasa pun nihil! Oke sebut saja traveling itu termasuk hura-hura, lalu bagaimana jika kita sedang melakukan misi sosial ke daerah terpencil? Bagaimana kita harus menghubungi rekan kita yang berada di pusat kota sementara jaringan internet kita sinyalnya morat-marit? Masa mau ngontak pake kentongan atau merpati pos? Kan nggak mungkin ya gaes? Eh, mungkin sih.. Tapi pasti lama banget! Oke, contoh lainnya adalah ketika klien mau transfer file dalam ukuran besar dan dalam file tersebut ada hal beberapa bagian yang perlu segera direvisi, sementara kita kesulitan download file tersebut gara-gara internet lemot banget! Tau dong klien kalo minta segera deg-degannya kayak apa? Nggak ngenakin banget deh pokonya! Nah, contoh-contoh dari saya barusan adalah contoh-contoh gagal optimal di era digital, gaes! Nggak asik banget kan ya?

Satu-satunya cara untuk semakin optimal di era digital adalah siap menjadi individu yang serba cepat dan siap juga menjadi individu yang smart! Dalam hal ini, tentu saja smart dalam memilih jaringan internet cepat yang akan mendukung aktivitas sehari-hari kita. Siapapun kalian, ibu rumah tangga, pelajar, pelaku bisnis, karyawan, entertainer, everyone, please being smart dalam memilih jaringan internet yang mendukung kegiatan mobile yang mungkin sampai ke area pelosok, juga pilihlah jaringan internet yang stabil sehingga mampu mendukung aktivitas kita di berbagai waktu baik itu pagi, siang, ataupun malam! Singkat kata, smart-lah dalam memilih jaringan internet cepat yang dapat membuat kita dapat cepat terhubung dan tetap terhubung.

Memangnya ada pilihan jaringan internet cepat yang seperti itu? ADA! Smartfren 4G LTE Advanced lah jawabannya. 4G LTE adalah generasi ke-empat dari teknologi komunikasi mobile-internet dan teknologi 4G LTE Advanced yang dihadirkan oleh Smartfren memungkinkan penggunanya dapat menikmati internet dengan jangkauan luas juga koneksi mobile-internet yang lebih cepat dan lebih stabil di Indonesia.

Semakin Optimal dan Smart di Era Digital! #GoForIt
source: smartfren.com/4g/

Menurut saya Smartfren 4G LTE Advanced udah paling bener deh untuk membuat kita menjadi semakin optimal dan smart di era digital ini! Kenapa? Karena dengan jaringan 4G LTE pada Smartfren 4G LTE Advanced dapat menjangkau cakupan wilayah yang luas (FDD/Frequency Division Duplex) dan kapasitas bandwidth (TDD/Time Division Duplex) yang disediakan jauh lebih besar dibandingkan operator lain, itu sebabnya layanan Smartfren 4G LTE Advanced dapat menghadirkan jaringan internet yang lebih cepat dan lebih stabil. So, keluhan akan jaringan internet akan semakin berkurang, nggak ada lagi deh cerita serunya traveling ke tempat blusukan menghambat kita untuk ngedapetin jaringan internet, dan say bye sama omelan klien gara-gara jaringan internet lemot yang bikin kerjaan terhambat!


Smartfren 4G LTE Advanced ini sendiri sebenarnya sudah diluncurkan sejak tanggal 19 Agustus 2015 yang lalu, bahkan diklaim sebagai operator yang pertama meluncurkan teknologi 4G LTE di Indonesia. Menurut saya Smartfren 4G LTE Advanced ini benar-benar pilihan terbaik untuk membuat kita menjadi semakin optimal dan smart di era digital ini. Terbaik karena selain menawarkan kecanggihan teknologinya, Smartfren juga memudahkan para pelanggannya plus memberikan penawaran menarik. Mudahnya, misalnya saja untuk pelanggan lama yang ingin upgrade untuk bisa menggunakan layanan Smartfren 4G LTE Advanced dapat melakukan migrasi dari perangkat selulernya baik itu melalui https://my.smartfren.com/upgrade4G.php ataupun melalui sms. Mudah banget kan? Bersamaan dengan peluncuran layanan Smartfren 4G LTE Advanced, Smartfren juga meluncurkan paket Smartplan Limitless. Dengan paket Smartplan Limitless ini para pengguna bisa menikmati bonus kuota dua kali lipat untuk semua paket. Ini berlaku untuk pembelian paket diatas Rp 50 ribu. Misalnya, pembelian paket data Rp 60 ribu akan memberikan paket data 4 gigabite (2 x 2 gigabite), 10 menit, 100 sms dan 1000 menit menelpon sesama Smartfren. Menariknya, dengan paket Smartplan Limitless ini walaupun  kuota 4G LTE sudah habis, kamu tetap bisa internetan sampai akhir masa berlaku paket kamu dengan kecepatan yang bisa kamu atur dan sesuaikan sendiri loh gaes! Paket yang tepat dan hemat, it’s not only optimal but also smart at the same time!

So, what are you waiting for gaes? Cuma Smartfren 4G LTE Advanced yang bakal bikin kita semakin optimal dan smart di era digital! GO FOR IT! ;)

You Might Also Love

1 comment:

  1. 4G LTE emang mantep, moga menang ya biar dapat gadget 4g ltenya, jangan lupa kunjungan baliknya

    klik

    http://amir-silangit.blogspot.co.id/2015/09/ku-pilih-smartfren-untuk-internet-cepat.html

    ReplyDelete