Hadapi Corona Sinar Mas Land Beri Bantuan Bahan Pangan & Alat Medis

7:41:00 PM labollatorium 0 Comments

Hadapi Corona Sinar Mas Land Beri Bantuan Bahan Pangan & Alat Medis

Apa kabar teman-teman? Semoga dalam keadaan sehat dan puasa Ramadhan-nya lancar ya! Aamiin. Btw, baru-baru ini sudah mulai berlaku lockdown parsial yang disebut PSBB alias Pembatasan Sosial Bersakala Besar di beberapa daerah. Di daerah kalian berlaku PSBB juga nggak?

Bukan hanya ada himbauan tentang PSBB, bahkan menjelang Hari Raya Idul Fitri pun juga pemerintah sudah memberikan himbauannya kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik. Untungnya saya tidak perlu mudik, tapi saya pernah ada pada situasi yang jauh dari kampung halaman sehingga yang namanya rasa rindu untuk pulang kampung alias mudik tuh bener-bener nggak bisa dihindari. Huhuuu~

Dari berita-berita yang saya amati, pandemi Corona ini semakin meluas. Namun upaya pemerintah, public figure, sampai instansi-instansi swasta dalam menghadapi musibah ini pun sudah sangat banyak dilakukan. Salah satu instansi swasta yang gencar turut serta berkontribusi untuk memerangi virus Covid-19 adalah Sinar Mas Land group. Beberapa aksi peduli yang mereka lakukan adalah:

MENYUMBANGKAN MASKER KAIN & HAND SANITIZER

Himbauan untuk mengenakan masker dan menggunakan hand sanitizer selama pandemi ini berbanding terbalik dengan ketersediaan masker dan hand sanitizer yang bisa dibilang cukup langka dipasaran. Sinar Mas Land pun cepat tanggap dengan memberikan bantuan berupa masker dan hand sanitizer.

Hadapi Corona Sinar Mas Land Beri Bantuan Masker Kepada Polisi dan TNI

Pada tanggal 20 April lalu Sinar Mas Land telah menyerahkan bantuan berupa 2.949 masker kain kepada Aparat POLRI-TNI untuk kemudian didistribusikan ke Personel POLRI dan TNI yang bertugas di lingkungan Kodim Tigaraksa, Kodim Tangerang, Koramil Serpong, Koramil Legok, Koramil Tangerang, Polres Tangerang Selatan, Polsek Cisauk, Polsek Pagedangan, Polsek Serpong dan Polres Tangerang. Bantuan ini diberikan selain sebagai apresiasi terhadap aparat Polisi dan TNI yang menjadi garda terdepan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dan tentunya agar para polisi dan tentara dapat terhindar dari wabah Covid-19 selama menjalankan tugas khususnya saat menjaga ketertiban pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Di Batam pun Sinar Mas Land bekerja sama dengan Pemerintah Kota Batam serta TNI-Polri untuk membentuk relawan pelatihan cara cuci tangan yang baik serta telah mendistribusikan 210.000 liter hand sanitizer yang disiapkan dan didatangkan oleh Yayasan Temasek, Tuan Sing Holding Limited dan Sinar Mas dari Singapura.

MENYUMBANGKAN APD

Seiring dengan bertambahnya jumlah pasien yang terdeteksi positif Covid-19, maka tenaga medis pun kian dikerahkan untuk menanganinya sehingga kebutuhan akan Alat Pelindung Diri (APD) pun semakin meningkat. Namun dari berita yang saya dengar bahwa masih banyak tenaga medis yang mengalami kekurangan APD, padahal mereka adalah garda terdepan dalam menangani pandemi ini.

Hadapi Corona Sinar Mas Land Beri Bantuan Paket Alat Pelindung Diri Untuk Tenaga Medis

Maka dari itu, dalam rangka membantu pemerintah untuk memenuhi kebutuhan APD bagi tenaga medis di rumah sakit yang menangani pasien Corona, Sinar Mas Land pun memberikan bantuan berupa 100 Alat Perlindungan Diri (APD) ke Pemkab Tangerang pada 31 Maret lalu. Bantuan tersebut kemudian akan disalurkan oleh Pemerintah Daerah ke sejumlah rumah sakit rujukan yang menangani pasien Korona di wilayah Kabupaten Tangerang.

Adapun setiap paket APD berisi baju hazard, masker N95, sepatu bot, kacamata goggle mask, dan gloves rubber. Secara keseluruhan (termasuk bantuan APD ke Pemkab Tangerang), Sinar Mas Land sampai saat ini sudah memberikan bantuan sejumlah 750 Alat Perlindungan Diri (APD) yang disumbangkan juga kepada Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kota Tangerang Selatan, serta beberapa instansi lainnya.

MENYUMBANGKAN RAPID TEST KIT

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa salah satu upaya pemerintah untuk mengetahui berapa banyak masyarakat yang memiliki kemungkinan terpapar virus Covid-19 adalah dengan melakukan Rapid Test.

Hadapi Corona Sinar Mas Land Beri Bantuan Rapid Test Kit Kepada Kemenkes RI

Untuk membantu upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, Sinar Mas Land pun turut memberikan bantuan berupa 25,000 alat Rapid Test Kit (RTK) untuk disumbangkan kepada beberapa Pemerintah Daerah serta berbagai instansi terkait lainnya. Adapun dari 12.500 RTK dari total 25.000 RTK tersebut, telah disumbangkan kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 13 April 2020 lalu.

MENYALURKAN BANTUAN BAHAN PANGAN

Keadaan saat pandemi Corona sempat menyebabkan panic buying yang menyebabkan terjadinya kelangkaan bahan pangan alias sembako sehingga harganya pun menjadi mahal. Padahal tak sedikit masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi, akibat pandemi Corona yang sudah berlangsung sekitar 2 bulanan ini.

Melalui kegiatan “Bakti Sosial Peduli Kemanusiaan” pada 11 April lalu, Sinar Mas Land melalui PT.BSD menggandeng personel TNI-POLRI untuk melakukan distribusi 1.000 paket bahan pangan kepada warga di sekitar Kecamatan Cisauk yang berada di wilayah hukum Polsek Cisauk. Bantuan tersebut akan diberikan langsung oleh aparat ke rumah warga yang membutuhkan. Adapun setiap paket bantuan dari Sinar Mas Land tersebut berisikan beras kemasan sebanyak 2 liter, 1 kaleng Sarden ukuran besar, minyak goreng kemasan 2 liter serta 5 buah Indomie. Bantuan 1.000 paket bahan pangan ini, merupakan bagian dari 5.000 paket bahan pangan yang akan disalurkan secara bertahap oleh Sinar Mas Land kepada warga yang membutuhkan di sekitar BSD City.

Hadapi Corona Sinar Mas Land Beri Bantuan Sembako Beras Mie Instan

Bukan hanya itu, Sinar Mas Land melalui salah satu perusahaan patungannya (JV), yaitu Karawang International Industrial City (KIIC), pada 20 April lalu kembali memberikan bantuan bahan pangan berupa 500 kg beras dan 50 dus mie instan untuk warga di Desa Sukaluyu dan Desa Puseurjaya di Kabupaten Karawang. Adapun masing-masing desa mendapatkan 250 kg beras dan 25 dus mie instan.

MEMBAGIKAN 1000 NASI KOTAK

Pandemi Covid-19 ini turut berdampak pada perekonomian Indonesia yang tentunya memberikan dampak yang sangat terasa bagi para pekerja harian. Bahkan tak sedikit masyarakat yang menderita kelaparan karena penghasilan yang mereka dapatkan sangatlah menurun bahkan ada pula yang mengalami PHK.

Hadapi Corona Sinar Mas Land Beri Bantuan 1000 Nasi Kotak

Menindak lanjuti hal ini, Sinar Mas Land melalui Rumah Pintar BSD City dan turut bekerja sama dengan personil kepolisian dari Polres Tangerang Selatan memberikan bantuan sosial berupa pendistribusian sekitar 150 hingga 200 nasi kotak kepada warga yang membutuhkan, dengan total bantuan yang dialokasikan adalah sebanyak 1.000 nasi kotak setiap minggunya. Bantuan ini dikhususkan bagi para pekerja harian, seperti para pengemudi ojek online (ojol), tukang parkir, pedagang asongan dan masyarakat tidak mampu lainnya di sekitar BSD City.

Melalui program ini Rumah Pintar BSD City menggerakkan para ibu rumah tangga anggota Sentra Kriya untuk memasak makanan yang akan dibagikan dalam bentuk nasi kotak. Selain untuk membantu masyarakat yang membutuhkan akibat dampak pandemi Covid-19 dalam memperoleh makanan siap santap, kegiatan ini juga turut membantu para ibu rumah tangga anggota ‘’Rumah Pintar BSD City’’ untuk memperoleh penghasilan.

Bantuan sosial yang sudah dilakukan oleh Sinar Mas Land ini patut ditiru oleh instansi-instansi swasta lainnya nih! Semoga dengan semakin banyaknya bantuan sosial seperti ini dapat membantu meringankan mereka yang membutuhkannya dalam melalui pandemi Corona ini. Nggak bosen-bosen juga saya ingatkan kembali untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan diri juga lingkungan sebaik-baiknya ya... Yuk kita jalankan himbauan pemerintah dengan sebaik-baiknya, yang bisa berdonasi silakan, dan yang belum bisa berdonasi cukup bantu pulihkan Indonesia dengan menuruti himbauan stay at home & physical distancing ya... Percayalah sekecil apapun aksi kita memiliki arti yang besar untuk membantu memulihkan Indonesia. Segini dulu postingan kali ini, stay safe, stay healthy, and stay at home ya!

Love,
Nola.

You Might Also Love

0 comments: