Mengapa Makanan Kalori Tinggi Harus Dihindari Saat Program Diet?

10:04:00 PM no la 1 Comments

timbang badan diet

Kalori merupakan suatu zat yang sangatlah dibutuhkan oleh tubuh kita, dalam melakukan aktivitas sehari-hari tentunya tubuh membutuhkan kalori agar dapat melakukan berbagai macam kegiatan secara aktif. Jika tubuh kita diibaratkan sebuah kendaraan, maka kalori merupakan bahan bakar yang akan membuat mobil tersebut bisa jalan, begitu pula dengan tubuh kita. Lalu mengapa jika kita sedang diet kita disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan berkalori tinggi?

Well, perlu kalian semua ketahui bahwasannya selain sebagai tenaga untuk menggerakkan tubuh, ternyata kalori juga dapat menambah berat badan tubuh. Nah salah satu langkah diet yang sehat yaitu bukanlah diet yang seharian tidak makan sama sekali berturut-turut selama satu minggu. Melainkan kita juga harus tetap makan namun yang kita makan haruslah memiliki kandungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan minimal kalori yang ada pada tubuh kita.

Setelah membaca dua paragraf di atas, mungkin kalian akan bertanya-tanya seperti ini:
"Memang berapa sih sebenarnya jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kita?"
"Bagaimana agar program diet sukses?"
"Makanan kalori tinggi apa yang harus dihindari agar diet sukses?"
Tenang! Semua pertanyaan tersebut akan saya jelaskan di paragraf berikutnya ya.. ;)

Berapa sih sebenarnya asupan kalori yang diperlukan oleh tubuh manusia? Menurut Michelle Davenport, Ph.D sebenarnya kebutuhan kalori minimal daripada seorang wanita yaitu sebesar 1200 sampai 1400 kalori perharinya. Namun hal itu masih batas minimal saja, untuk kalian yang aktif berolah raga tentu harus menambah jumlah asupan kalori dalam tubuh dong.. Memang sih pada idealnya jumlah kalori yang di butuhkan oleh tubuh manusia yaitu 2000 kalori perhari untuk wanita, dan 2500 kalori per hari untuk pria. Hayooo selama ini sudah terpenuhi belum jumlah kalorinya? Atau jangan-jangan malah kelebihan nih?

Nah kalau diantara teman-teman ada yang sedang memiliki cita-cita untuk memiliki tubuh yang langsing, maka salah satu cara yang bisa kalian tempuh adalah dengan menurunkan jumlah kalori dalam tubuh kalian. Kalian bisa menurunkannya pada jumlah kalori makanan untuk diet yaitu 1500 kalori perhari untuk wanita dan 2000 kalori perhari untuk pria. Nah dengan turunnya 500 kalori perhari, maka dimungkinkan kalian bisa menghilangkan 0,5 sampai dengan 1 kg berat badan kalian dalam sehari. Tinggal tentukan berapa kg target penurunan badan yang kalian inginkan dan lakukan diet dengan teratur dan barengi dengan gaya hidup sehat ya!

Satu hal yang perlu kalian perhatikan dan fikirkan kembali terutama jika kalian mau menurunkan jumlah kalori lagi, sebab ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti kesehatan tubuh, kekuatan untuk beraktivitas dan beberapa hal lainnya yang mungkin akan memberikan dampak bagi aktivitas atau kesehatan kalian selama program diet. Misalnya, jika kalian tau aktivitas kalian akan banyak namun tetap ingin menjalankan diet, maka sebaiknya jumlah kalorinya jangan diturunkan lagi dari batas penurunan besaran kalori yang disarankan. Kenapa? Tentu saja agar kalian tidak merasa lemas yang salah-salah bisa berujung pada tubuh yang jadi kurang fit. Untuk kalian yang sedang diet, sebaiknya kalian menghindari beberapa jenis makanan yang berkalori tinggi seperti kelapa, kurma, mangga, alpukat, dan lainnya ya.. Jenis makanan berkalori tinggi tersebut bisa disubstitusi dengan makanan lain yang besaran kalorinya lebih ramah namun juga tetap lezat kok! ;)

So, sudah terjawab kan alasan dari menghindari makanan kalori tinggi terutama jika sedang menjalankan program diet?! Kalo udah diet dengan benar plus ditambah dengan olahraga teratur dan menerapkan pola hidup sehat kayanya sih dietnya bakal sukses dan jadi makin semangat untuk nimbang badan deh, ya nggak? ;)

1 comments: