Cara Tingkatkan SEO Blog TLD dengan Mengubah HTTP Menjadi HTTPS

11:15:00 PM labollatorium 4 Comments

Cara Tingkatkan SEO Blog TLD dengan Mengubah HTTP Menjadi HTTPS
Hi Blogger! Cung siapa yang pengen tau cara tingkatkan SEO Blog TLD? But sebelum saya jelasin lebih lanjut, saya mau tanya dulu.. Apakah blog/ website TLD kamu masih menggunakan url yang berawalan HTTP? Kalo blog/ website TLD kamu masih HTTP saya saranin sih mendingan segera ubah HTTP menjadi HTTPS dulu deh! Untuk kamu yang menggunakan blogger/ blogspot sebagai platform untuk blog/ website TLD-mu, ketika kamu membuka dashboard blog/ website kamu pasti mendapatkan notifikasi seperti di gambar ini kan?
Cara Tingkatkan SEO Blog TLD dengan Mengubah HTTP Menjadi HTTPS

Woit, jangan abaikan notifikasi itu ya! Kenapa? Karena Google memiliki misi untuk memberikan keamanan bagi siapa saja yang menggunakan web, bahkan Google sudah mengumumkan bahwa pada versi Chrome 68 nanti semua blog dan juga website yang url-nya masih menggunakan HTTP akan dinyatakan sebagai 'not secure'. Maka dari itu alangkah baiknya jika kita segera mengubah HTTP menjadi HTTPS di blog/ web TLD yang kita kelola. Selain itu, mengubah HTTP menjadi HTTPS ternyata juga merupakan salah satu cara yang bisa kita tempuh untuk meningkatkan SEO blog TLD yang kita kelola loh! Penasaran nggak sih? Baca terus sampai akhir postingan ya..

Dari awal postingan HTTP dan HTTPS udah saya sebut-sebut berulang kali.. Tapi sebenernya apa sih meaning-nya dan apa pulak perbedaannya itu HTTP dan HTTPS? Bingung? Take it easy.. Kalau masih bingung apa perbedaan antara HTTP dengan HTTPS, dikutip dari ahrefs.com berikut penjelasannya:

HTTP
HyperText Transfer Protocol (HTTP) is a system for transmitting and receiving information across the Internet. HTTP is an 'application layer protocol' which ultimately means that its focus is on how information is presented to the user, however, this option doesn’t really care how data gets from Point A to Point B.
HTTPS
HyperText Transfer Protocol Secure (HTTPS) or 'secure http', was developed to allow authorization and secured transactions. https offers an extra layer of security because it uses SSL (Secure Sockets Layer) to move data. data sent using HTTPS is secured via Transport Layer Security (TLS) protocol, which provides three key layers of protection: (1) Encryption. Encrypting the exchanged data to keep it secure; (2) Data Integrity. Data cannot be modified or corrupted during transfer without being detected; and (3) Authentication proves that your users communicate with the intended website.
Singkat kata, dari penjelasan mengenai HTTP dan HTTPS tersebut dapat kita simpulkan bahwa dengan HTTPS informasi yang terdapat di blog/ website akan lebih aman dan terlindungi karena telah dienkripsi pada saat pengiriman informasi dan informasi yang dikirimkan pun hanya dapat diakses oleh client dan server akhir. Meskipun konten yang kita sajikan adalah konten yang secure-secure aja, tapi selama blog/ web masih menggunakan url berawalan HTTP akhirnya akan tetap dianggap ‘not secure’ oleh google.
Cara Tingkatkan SEO Blog TLD dengan Mengubah HTTP Menjadi HTTPS

Blog/ website yang not secure dan yang secure akan terlihat berbeda. Untuk blog/ website yang sudah secure akan terdapat tulisan 'Secure' dan icon gembok berwarna hijau disebelah kiri url-nya, sementara untuk blog/ website yang not secure akan terdapat tulisan 'Not Secure' dan tidak ada icon gembok berwarna hijau yang mengikuti url-nya.

Sayang kan kalo visitor jadi berkurang kepercayaannya terhadap blog/ website yang kita kelola susah payah ini. Apalagi jika kamu memiliki web bisnis yang terdapat aktivitas e-commerce didalamnya, dengan menggunakan url berawalan HTTPS konsumen pun akan merasa lebih aman untuk menginput data dan melakukan transaksi di web bisnismu.

Dikutip dari bluecorona.com saya juga menemukan beberapa fakta yang sangat menarik mengenai HTTPS sebagai berikut:
· 84% of users would abandon a purchase if data was sent over an insecure connection.
· 99% of Google’s page one results have at least one HTTPS result.
· HTTPS websites load much faster than HTTP sites, and sites with faster speeds are more likely to rank better on Google and Bing.
· According to Google, more than 50% of all desktop page loads are HTTPS connections, which is an all-time high.
· Multiple studies have found a correlation between HTTPS and higher search rankings.
· About 40% of Google page one organic rankings are HTTPS.
· HTTPS has been a ranking factor in Google’s ranking algorithm since 2014.

Selain persoalan 'secure', 'not secure', dan dari beberapa fakta mengenai HTTPS yang sudah saya jelaskan pada paragraf sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa jika kita mengubah HTTP menjadi HTTPS di blog/ website TLD yang kita kelola pada akhirnya akan turut berpengaruh juga terhadap peningkatan performa blog/ website TLD atau yang lebih dikenal dengan SEO. Kok bisa? Kurang lebih begini analisanya:
· Blog/ website dengan url HTTPS memiliki waktu loading yang lebih cepat dibandingkan dengan blog/ website dengan url HTTP,
· Search engine ataupun visitor akan memiliki kepercayaan lebih baik terhadap blog/ web HTTPS,
· Visitor tidak akan dialihkan oleh search engine karena blog/ web kita sudah 'secure' menurut Google,
· Dengan kecepatan loading, kredibilitas dari search engine, dan kepercayaan dai visitor, maka blog/ website dengan url HTTPS pun akan memiliki ranking yang lebih baik di search engine
· Rangking blog/ website yang lebih baik tentunya akan berdampak pada peningkatan traffic, dan
· Last but not least buat kamu yang masang adsense di blognya, tentunya akan berdampak pula pada bertambahnya penghasilan kamu.

Kenapa sih saya tumben banget posting bahas HTTP dan HTTPS seperti ini? Ya soalnya saya juga termasuk salah satu blogger yang dapet notifikasi untuk mengubah HTTP menjadi HTTPS dan alhamdulillah sudah berhasil mempraktekkan plus membuktikan keunggulan HTTPS di blog saya ini PLUS saya juga selalu penasaran dan pengen paham banget gitu kalo udah berhubungan dengan ilmu SEO. Dikarenakan saat saya dapat notif di blog untuk merubah HTTP menjadi HTTPS tuh saya sebenarnya belum terlalu paham mengenai HTTP dan HTTPS + dampaknya terhadap peningkatan performa SEO blog, makanya saya cari tau dengan cara ngulik sana sini sampe lumayan agak paham, dan akhirnya saya bagikan disini deh.. Mohon maaf kalau ada kekurangan dalam penjelasannya ya.. Semoga ada master yang mau koreksi atau menambahkan nih.. ;)

Well, gimana menurut kamu mengenai HTTP dan HTTPS ini terutama kaitannya sebagai salah satu cara untuk meningkatkan SEO blog/ website? Kalo menurut saya sih oke banget! Soalnya saya mah kalo google udah nyuruh kita untuk ubah HTTP jadi HTTPS, ya ubah aja. Anaknya teh nurut banget yah sama google? Hahaha.. Well, selain adanya perubahan algoritma, biasanya kalo udah ada instruksi kaya gini tuh akan diikuti dengan perubahan lainnya yang (semoga) perubahan tersebut akan memberikan benefit lebih banyak bagi para blogger. Kita tunggu aja ya, bakal ada perubahan apalagi sih.. Dari hasil baca-baca selama ngulik bahan postingan ini sih katanya bakal ada perubahan kece lagi sih.. ;)

Nah kalau kamu penasaran gimana cara mengubah HTTP menjadi HTTPS seperti yang sudah saya praktekkan di blog saya ini, jangan khawatir! Di postingan berikutnya saya akan share bagaimana cara mengubah HTTP menjadi HTTPS untuk blog TLD dengan platform blogger/ blogspot loh.. Tungguin postingan berikutnya ya..

See you for now!

You Might Also Love

4 comments:

  1. Yg lebih parah (kalo ga https) blog kita bisa dihack orang y mba... Ini aku lagi ngalamin "jingling" 2 bulan ni, visitor dari Azerbeijan kek nyepam pv bisa tiba2 3 4x lipat pv normal harian dan terhitung sama Google Analytics

    ReplyDelete
  2. mksh infonya ya... saya dah lama dpt pesan kayak gitu di blog, tapi masih dicuekin :(

    ReplyDelete
  3. Wah ada tutorial buat wordpress jg ga mba...,slm knl jg ya

    ReplyDelete
  4. Aku baru tau perbedaannya dan btapa pntingnya mngubah ke https. Makasih loh mbk sharingnya. Ditunggu cara mengubah http k https. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete