3 Hal Ini Wajib Diperhatikan Dalam Perawatan Rambut

2:07:00 PM labollatorium 8 Comments


Pengen punya rambut indah? Perhatikan 3 hal penting sebelum melakukan perawatan rambut!

Hai all! Apa kabar? Puasa lancar? Hihi.. Di postingan kali ini saya pengen bahas mengenai perawatan rambut nih! Coba cung mana yang pake hijab tapi perawatan rambutnya diabaikan?! Actually saya tuh termasuk salah satu pemakai hijab dan cenderung mengabaikan perawatan rambut nih soalnya, ada yang satu team sama saya? Hihi, cari massa.. Well, rambut yang tertutup hijab meskipun nggak keliatan tapi jangan diabaikan perawatannya ya.. Sesimple milih produk perawatan rambut basic yaitu shampoo misalnya, sebaiknya dalam pemilihannya nggak ngasal dan bener-bener sesuai dengan jenis rambutmu.

Sebagai pemakai hijab dengan jenis rambut kombinasi, beberapa problem rambut dan kulit kepala juga saya alami, sebut saja rambut rontok, kulit kapala gatal, dan rambut lepek.. Aslik lumayan bikin batin bergejolak juga sih nih problem rambut and kulit kepala.. Itu sebabnya saya juga harus milih produk perawatan rambut yang tepat sesuai dengan jenis rambut saya..

Balik lagi ke topik perawatan rambut, berdasarkan pengalaman saya sendiri saya mau share nih 3 hal yang wajib kamu perhatikan dalam perawatan rambut. Cekidot!

1. KENALI JENIS RAMBUT DAN KULIT KEPALAMU 
Hal pertama yang wajib banget diperhatikan dalam perawatan rambut adalah mengenali jenis rambut dan kulit kepalamu. Well seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Gimana mau nyayangin rambut, kalo kamu nggak kenal dengan jenis rambutmu. Bener nggak? Bener dong.. Karena tanpa mengenali jenis rambutmu sendiri, kamu nggak akan pernah tau gimana cara menangani permasalahan yang dihadapinya. Nah, umumnya jenis rambut itu ada 3 macam nih..

RAMBUT KERING
Rambut kering tuh sebenernya bisa dibilang udah merupakan masalah rambut sih, soalnya rambut kering itu adalah awal dari masalah rambut lainnya seperti rambut bercabang dan rambut yang mudah patah. Kalau rambut kamu gampang kusut, warna rambut kamu kusam, dan rapuh (mudah rontok dan patah), brace yourself gals, berarti rambut kalian adalah rambut kering! 

RAMBUT BERMINYAK
Kalau rambut kering salah satu penyebabnya adalah karena kelenjar minyak yang tidak aktif, rambut berminyak justru disebabkan oleh kulit kepala yang memproduksi terlalu banyak sebum. Rambut yang berminyak akan lebih mudah lepek, sulit ditata, dan rambut terlihat lusuh. Pada beberapa kasus, rambut berminyak juga menjadi lebih mudah berketombe loh! Perawatannya harus bener nih..

RAMBUT KOMBINASI
Pemilik tipe rambut ini akan merasakan rasa lengket karena minyak di daerah dekat kulit kepala, namun terasa kering di area tengah rambut sampai ke ujung rambut. Nah tipe tambut ini tipe rambut saya, perawatanya agak pelik gaes~

Hayo coba, rambut kamu termasuk jenis yang mana nih?

2. LAKUKAN PERAWATAN RAMBUT DENGAN TEPAT
Nah! Setelah mengetahui jenis rambutmu, maka kamu juga harus melakukan perawatan rambut itu sendiri dengan tepat sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepalamu ya..

Untuk rambut kering, sebaiknya jangan keramas terlalu sering, lakukanlah keramas 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Pilihlah shampoo yang ringan untuk perawatan rambutmu dan gunakanlah conditioner. Agar rambut tidak semakin kering dan menjadi rusak, hindari penggunaan hairdryer, hindari proses kimia yang berkaitan dengan rambut seperti pengeritingan atau pengecetan rambut, last but not least sebisa mungkin hindari terpaan sinar matahari secara langsung ke rambutmu.

Untuk rambut berminyak sebaiknya lebih rajin keramas dengan air dingin, karena air hangat/ panas justru malah akan menstimulasi munculnya minyak di rambut. Tetap gunakan conditioner namun hindari pengaplikasikan conditioner dari dasar rambut, aplikasikan conditioner hanya dari tengah hingga ke ujung rambut. Penggunaan toner atau penyegar rambut juga sangat disarankan untuk perawatan bagi pemilik rambut ini.

Sedangkan untuk pemilik rambut kombinasi, sebaiknya kamu sering keramas layaknya rambut berminyak agar area dasar rambut tetap terjaga kebersihannya, namun kamu juga harus mengiringinya dengan perawatan di area ujung rambut agar keringnya ujung rambut tidak membuatnya menjadi rusak. Pemilik rambut jenis ini dapat memilih shampoo untuk rambut normal dan cara merawat rambut yang dianjurkan untuk pemilik rambut ini adalah dengan rutin memotong ujung rambut setiap 1 sampai 2 bulan sekali agar ujung rambut yang kering tidak bercabang dan tetap sehat.

3. PILIH PRODUK PERAWATAN RAMBUT YANG TEPAT
Setelah kamu mengenali jenis rambut dan mengetahui cara merawat rambut yang tepat sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepalamu, maka kamu juga harus memilih produk perawatan rambut yang tepat, gals! Dari sekian banyak produk perawatan rambut yang beredar di pasaran, jangan sampe kamu salah milih produk yang ujungnya malah bikin rambutmu jadi rusak..

Untuk jenis rambut berminyak, untuk perawatan basic-nya kamu bisa memilih purifying shampoo yang diformulasikan untuk mengangkat sisa kotoran yang mengendap di rambut. Untuk rambut kering, sebaiknya memilih shampoo yang ringan dengan kandungan bahan alami yang memberikan nutrisi untuk rambut. Sementara untuk pemilik rambut kombinasi, kamu bisa memilih shampoo khusus untuk rambut normal yang disesuaikan dengan kecenderungan jenis rambutmu. Jika rambutmu cenderung berminyak, maka shampoo untuk rambut normal to oily bisa jadi pilihan dan sebaliknya jika rambutmu cenderung kering, maka shampoo normal to dry bisa jadi pilihan.

Singkatnya, lakukanlah perawatan rambut dengan benar dan rutin sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepalamu dan pilihlah produk perawatan rambut yang tepat dan sebisa mungkin pilihlah produk perawatan rambut yang memiliki kandungan bahan alami. Jangan lupa juga untuk menggunakan rangkaian produk perawatan rambut seperti conditioner, tonic, hair scrub, dan vitamin rambut agar hair goals kamu bisa tercapai. Yeay! Welcome healthy hair!

Semoga tulisan ini bermanfaat ya.. Sampai ketemu lagi di postingan lainnya..

See you~

You Might Also Love

8 comments:

  1. Waahhhh makasih sharenya mbk. Aku jd tau nih rambutku tipe yg mana.

    ReplyDelete
  2. rambutku tipe berminyak dan kulitku tipe sensitif, sepaket menyebabkan ketombe lebih mudah timbul, hiks sedih mau dirawat seperti apa lagi karena berbagai shampoo sudah di coba

    ReplyDelete
  3. Rambutku kayaknya tergolong kering kayaknya ya hahhaha, aku keramas 2 hari sekali hehehe

    ReplyDelete
  4. Kapster salon pernah bilang, salah satu pemicu ketombe/kulit kepala kering adalah keramas yang ngga bersih bilasnya. Sisa shampoo bakal numpuk di kulit kepala. Sejak itu aku bener-bener bilas sampai bersih dan berkali-kali. Eh beneran berkurang kulit kepala keringnya.

    ReplyDelete
  5. wah, artikelnya jadi nyadarin aku gimana cara merawat rambut nih mbak.
    soalnya aku biasanya pake shampo ya ngikut orang rumah aja tanpa bener2 tau sebenrnya yg cocok sama jenis rmabutku tuh apa.

    terima kasih buat pencerahannya :)

    ReplyDelete
  6. bener mbak, pertama-tama mesti tau dulu ya rambut kita tipe yang mana, jadi kita tau produk apa yang cocok sama tipe rambut kita.

    ReplyDelete
  7. Aku kering sih. Dulu sempet ketemu ama shampoo dan conditioner yg cocok. Tp setelah lbh dr 3 thn, apa rambut jd kebal ya mba. Soalnya akhir2 ini malah rontok trus :(

    ReplyDelete