5 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit, Nomor 4 Jangan Dibaperin

8:14:00 AM labollatorium 2 Comments

5 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit, Nomor 4 Jangan Dibaperin

Siapa yang di rumahnya menanam tumbuhan Lidah Buaya? Kalo nggak punya, saya sangat menyarankan untuk menanamnya dari sekarang. Kenapa? Dikutip dari Wikipedia, ternyata tanaman Lidah Buaya atau yang dikenal juga dengan nama Aloe Vera ini, memiliki banyak manfaat mulai dari penyubur rambut, penyembuh luka, perawatan kulit, dan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat dari tumbuhan Lidah Buaya ini bukan hanya menjadikannya sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, namun juga menjadikan Lidah Buaya sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan. WOW!

Wikipedia juga menjelaskan bahwa Lidah Buaya / Aloe Vera mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, juga mengandung mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim,  mengandung saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba, dan mengandung 20 dari 22 jenis asam amino. Meskipun sangat terkenal sebagai penyubur rambut, namun ternyata Lidah Buaya juga memiliki berbagai manfaat yang sangat berguna bagi kulit. Dalam postingan kali ini, saya merangkum 5 manfaat tumbuhan Lidah Buaya untuk kulit yang saya dapatkan dari berbagai sumber. Udah pengen tau banget apa aja manfaat Lidah Buaya untuk kulit? Yuk kita simak~

1. MELEMBAPKAN KULIT
Dikutip dari Manfaat.co.id, disebutkan bahwa gel Lidah Buaya mudah diserap oleh tubuh bahkan sampai pada lapisan epitel kulit, yang membuatnya dapat dengan mudah melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan juga memberi kelembaban pada kulit. Manfaat Lidah Buaya yang satu ini pasti akan sangat membantu untuk kamu yang sering ber-make-up. So, mulai sekarang kalau nemu produk skincare yang memiliki bahan dasar Lidah Buaya atau Aloe Vera nggak ada salahnya dicobain! ;)

2. MENCERAHKAN KULIT
Warna kulit yang lebih cerah, tentu akan menonjolkan pesona kecantikan kita. Dilansir dari Brilio.net, rutin melakukan perawatan 2 minggu sekali dengan memanfaatkan Lidah Buaya, dapat membantu exfoliation (pengikisan sel kulit mati, red.) yang dapat membuat kulit nampak lebih cerah. Nah, kalau kita menanam Lidah Buaya di pekarangan rumah, tentunya kita juga bisa menghemat biaya perawatan ke salon loh!

3. MENGHILANGKAN JERAWAT
Jerawat yang sering menjadi masalah untuk semua orang, ternyata juga bisa dihilangkan dengan Lidah Buaya. Dilansir dari Hipwee.com, Lidah Buaya memiliki kandungan senyawa aktif yang disebut polifenol. Senyawa tersebut berguna sebagai anti bakteri, sehingga dapat membantu menghilangkan jerawat pada wajah dengan mencegah pertumbuhan bakteri yang memicu terbentuknya jerawat. Manfaat Lidah Buaya yang satu ini pasti bakal diminati oleh pria ataupun wanita yang punya masalah jerawat nih! ;)

4. MENYEMBUHKAN LUKA
Eits, jangan baper. Manfaat Lidah Buaya ini bukan untuk menyembuhkan luka hati akibat ditinggal kekasih loh yaaa.. BUKAN! Hihi.. Dilansir dari Go-dok.com, berdasarkan hasil penelitian ternyata Lidah Buaya memiliki senyawa yang dapat mempercepat penyembuhan luka di kulit yang disebut dengan glukomanan dan gliberelin. Kandungan senyawa yang terdapat pada Lidah Buaya ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan pembentukan kolagen di area sekitar luka sehingga dapat merangsang pembentukan jaringan kulit baru lebih cepat. Selain itu, senyawa aktif ini juga dapat mencegah kematian sel di daerah sekitar luka sehingga mengurangi munculnya bekas luka. Bekas luka di kulit loh yaaa, bukan luka perasaan.. Duuuuh, kalo Lidah Buaya bisa ngilangin bekas luka perasaan mah saya resign aja dari kantor dan milih untuk budi daya Lidah Buaya aja deh! Hihihi..

5. MENYAMARKAN STRETCH MARK
Dikutip dari pernyataan seorang dermatologist & venerologist yaitu dr. Amaranila Lalita, Sp. KK yang dimuat di Wolipop.detik.com, beberapa penyebab timbulnya stretch mark antara lain adalah perubahan berat badan yang fluktuatif, perubahan hormon pada masa kehamilan, terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori, kurang berolahraga, merokok, meminum minuman beralkohol, dan memakai pakaian yang terlalu ketat. Biasanya, stretch mark akan terasa gatal dan jika digaruk akan menimbulkan bekas kemerahan dan atau akan menimbulkan guratan-guratan berwarna putih pada kulit. 

Untuk mengatasi stretch mark, dilansir oleh Vemale.com berdasarkan Stylecraze.com, Lidah Buaya memiliki banyak nutrisi yang bisa membantu memperbaiki jaringan kulit dan mengembalikan kulit ke bentuk semula. Kemampuan kandungan Lidah Buaya yang memiliki sifat mendinginkan kulit dan melembapkan kulit sudah terbukti dapat membantu kulit mengembalikan tekanan normal sehingga dapat membantu menyamarkan stretch mark bahkan dengan pemakaian rutin dan disertai perawatan kulit secara teratur, Lidah Buaya dapat menghilangkan balur-balur merah dan atau guratan-guratan putih tanda stretch mark di kulit. 

Well, selain bermanfaat untuk penyubur rambut, ternyata banyak juga manfaat Lidah Buaya untuk kulit wajah dan tubuh kita ya! Apakah kamu sudah memanfaatkan Lidah Buaya untuk kulit wajah dan tubuhmu? Ataukah kamu menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan Lidah Buaya / Aloe Vera? Apapun itu, semoga berbagai kandungan alami Lidah Buaya dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi kesehatan kulit wajah dan tubuh kita ya! ;)

You Might Also Love

2 comments:

  1. Dulu saya rutin pakai lidah buaya untuk rambut :)

    ReplyDelete
  2. mau tak coba makan lidah buayanya.. biar hatikyu tak lagi terluka.. aakkkhh.. kenapa kenangan ini terasa menyakitkan ^o^

    ReplyDelete