Tips Belajar Mengelola Keuangan Secara Menyenangkan dan Bikin Kaya!

10:05:00 PM labollatorium 4 Comments

Tips Belajar Mengelola Keuangan Secara Menyenangkan dan Bikin Kaya!

Sebelum saya mulai postingan ini, saya punya tebak-tebakan nih..

“Siapa orang yang paling kaya di dunia?!”

Hayooo coba jawaaaab.. Hihi.. Siapa? Bill Gates? Warren Buffett? Mark Zuckerberg? Nggak salah sih jawabannya.. Cuma, kalo menurut saya jawaban yang paling bener, orang yang paling kaya di dunia itu adalah orang yang pintar mengelola keuangannya. Siapapun itu. Bahkan orang itu bisa jadi adalah dirimu sendiri, kalau kamu sudah mengelola keuangan kamu dengan benar loh ya.. Hehe..

OK! Orang yang pintar mengelola keuangan itu memangnya orang yang seperti apa Nol? 
Well, berdasarkan hasil baca-baca berbagai sumber, intinya orang yang pintar mengelola keuangan itu adalah orang yang tahu persis dan bisa mengendalikan angka-angka yang ada di arus kasnya kemudian bisa membuat perencanaan keuangan masa kini dan masa yang akan datang dengan baik. Sehingga berapapun penghasilanmu, kamu bisa jadi orang kaya bahkan kamu bisa jadi orang yang paling kaya di dunia!

Waduh susah banget atuh kalo mau jadi orang kaya tapi harus pinter dulu ngelola keuangan mah! 
Memang mengelola keuangan itu nggak segampang yang kita bayangkan. Coba deh deh analogikan belajar mengelola keuangan dengan gebetan. Misalkan si gebetan yang ganteng maut itu cuma kita bayangiiiiin terus siang malem, tapi kita nggak pernah punya keberanian untuk nyatain isi hati kita? Beuhhh, sampe gigi rontok dan rambut ubanan juga kalo cuma ngebayangin gebetan mah mana bisa jadian dan menuju pelaminan coba? Ya nggak? Yang ada si gebetan keburu digaet sama saingan.. Terus kita sedih deh.. Hihi.. 

Begitu pula dengan belajar mengelola keuangan, ya kalo belajar mengelola keuangan cuma dibayangkan dan nggak dipraktikkan sih gimana kita bisa mengelola keuangan dan jadi orang kaya? Ya nggak.. Lagian, memangnya Bill Gates bisa jadi kaya seperti sekarang karena apa coba kalau bukan karena dia pintar mengelola keuangan? Masa Bill Gates bisa jadi orang kaya karena pesugihan? Hahaha.. Nah.. Balik lagi ke perkara mengelola keuangan, tanpa membekali diri dengan pengetahuan pengelolaan keuangan dan tanpa belajar sambil praktik mengelola keuangan secara langsung, tentunya keahlian dalam mengelola keuangan pun hanya akan menjadi angan-angan.. Padahal mengelola keuangan itu adalah satu-satunya cara untuk mencapai kesejahteraan finansial loh!

Kalau pengen belajar mengelola keuangan yang nggak bikin mumet bisa nggak Nol? Pengen jadi orang kaya nih!
BISA pake BANGET alias BISA BANGET! Kalo masih bingung ngelola keuangan sendiri, kita bisa coba praktik mengelola keuangan melalui sebuah game alias permainan yang bernama Cashflow. Permainan yang dibuat dan dijual oleh RichDad company (perusahaan penasihat keuangan di Amerika, red.) ini sangat disarankan oleh Finansialku sebagai salah satu cara belajar mengelola keuangan terutama keuangan keluarga.

Tips Belajar Mengelola Keuangan Secara Menyenangkan dan Bikin Kaya!

Duh kebelet jadi orang kaya euy! Sok atuh cara main game Cashflow teh gimana?
Udah siap jadi orang kaya? Pertama-tama kamu akan diminta untuk menentukan tujuan keuanganmu. Kamu juga akan diberi sebuah profesi yang lengkap dengan penghasilan, pengeluaran, dan cicilan utang. Pada papan permainan Cashflow terdapat dua jalur, pertama adalah jalur lambat yang berbentuk lingkaran di tengah dan yang kedua adalah jalur cepat yang terletak di sekeliling papan dan mengitari jalur lambat.

Tips Belajar Mengelola Keuangan Secara Menyenangkan dan Bikin Kaya!

Setelah kamu menentukan tujuan keuangan, maka kamu akan memulai permainan dari jalur lambat. Tujuan pertama yang harus kamu capai adalah untuk mendapatkan pendapatan pasif sebesar pengeluaran tahunan bahkan kalau bisa pendapatan pasifmu harus lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran tahunanmu. Nah, kalau kamu berhasil keluar dari jalur lambat, selanjutnya kamu akan masuk ke jalur cepat sehingga kamu bisa memenuhi tujuan keuanganmu.

Tips Belajar Mengelola Keuangan Secara Menyenangkan dan Bikin Kaya!

Permainan ini hampir seperti kehidupan nyata dimana kamu akan dihadapkan dengan utang, pengeluaran tak terduga, bahkan kamu juga akan dihadapkan dengan berbagai tawaran investasi. Pada game yang hampir mirip dengan monopoli ini, kamu juga bisa mengalami kebangkrutan loh!

Ummmm.. Masih belum ngerti deh apa korelasi antara game cashflow dengan mengelola keuangan di kehidupan nyata?!
Intinya, untuk membuat perencanaan keuangan kita harus menentukan tujuan keuangan kita. Sebelum menentukan tujuan keuangan, kita harus mengetahui berapa kekayaan bersih yang kita miliki yang apabila dirumuskan:

Kekayaan = Harta – Utang

Dengan melakukan simulasi pengelolaan keuangan pada game Cashflow, sedikitnya kita bisa belajar 5 hal ini:
1. Kita akan belajar untuk mencatat daftar harta dan utang yang kita miliki, sehingga kita bisa mengetahui arus kas dan kita juga bisa mengetahui berapa sebenarnya kekayaan bersih yang kita miliki. 
2. Dengan mengetahui jalannya arus kas berikut angka pasti dari kekayaan bersih yang kita miliki, tentunya kita akan memiliki gambaran untuk mengambil langkah apa saja yang harus ditempuh dalam mengelola dan membuat perencanaan keuangan kita. 
3. Dengan mengetahui angka pasti dari kekayaan bersih yang kita miliki, dapat mempermudah kita dalam mengetahui kemampuan finansial kita sebelum membuat keputusan untuk mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan keuangan, seperti keputusan untuk berinvestasi, keputusan untuk menabung, keputusan untuk melakukan penghematan, bahkan keputusan untuk mengajukan aplikasi kredit!
4. Dengan melakukan simulasi pengelolaan keuangan pada game Cashflow membuat kita menyadari untuk selalu berjaga-jaga secara finasial untuk menghadapi kejadian tak terduga. Misalnya jika pasangan tiada lebih dahulu, jika uang pensiun ternyata habis untuk biaya pengobatan, jika bisnis mengalami kebangkrutan, bahkan jika terjadi perpisahan dalam pernikahan.
5. Mencatat arus kas itu ibarat medical check up dalam dunia kesehatan. dengan rajin mencatat arus kas secara berkala seperti pada game Cashflow, akan membuat arus kas kita menjadi lebih sehat dan dapat mengarahkan kita untuk memiliki good money habit untuk mencapai tujuan keuangan demi kesejahteraan finansial yang kita inginkan.

Tips Belajar Mengelola Keuangan Secara Menyenangkan dan Bikin Kaya!

Seru euy! Tapi kalo masih nggak paham cara mainnya gimana? Ntar gagal atuh jadi orang kaya nya euy!
Memang seru kok! Nah, saya mah beruntung euy udah nyobain game Cashflow bareng komunitas Finasialku plus didampingi oleh ahlinya perencanaan keuangan dari Finansialku beberapa waktu yang lalu! Memang serunya belajar mengelola keuangan dengan game Cashflow itu rame-rame bareng temen-temen dan supaya ngerti cara ngelola keuangan melalui game cashflow ini sebaiknya bermain game sambil didampingi oleh orang yang paham mengenai perencanaan keuangan. Katanya sih gimana cara kita mainin game Cashflow ini juga menggambarkan bagaimana cara kita mengelola keuangan di kehidupan nyata loh! Makannya kalau mau main game-nya, udah paling bener sambil nanya solusi keuangannya sama perencana keuangan yang juga terpercaya seperti akang teteh tim Finansialku! Kalo bisa, sebelum main game Cashflow ini kamu juga baca-baca dulu tentang ilmu perencanaan keuangan di finansialku.com ya.. ;)


Pengen atuh nyoba game Cashflow supaya bisa jadi orang kaya!
Kebetulan! Kalo kamu pengen cepet jadi orang kaya dengan pintar mengelola keuangan, kamu gabung aja sama komunitas Finansialku, seperti aku. Kenapa? Soalnya komunitas Finansialku itu sering banget ngadain gathering yang bertujuan untuk bikin kita lebih kaya dengan cara melatih kemampuan pengelolaan keuangan yang baik dan benar melalui game cashflow yang bikin belajar mengelola keuangan jadi lebih menyenangkan! 

Tips Belajar Mengelola Keuangan Secara Menyenangkan dan Bikin Kaya!

Kalo kamu nggak bisa ikutan event gathering bareng komunitas Finansialku, jangan sedih ya! Kamu bisa tetap melatih kemampuan pengelolaan keuangan melalui game yang berkaitan dengan cara mempelajari Cashflow yang bisa kamu unduh di smartphone kamu loh! Asyik kan? 

Kalau kamu menemukan kebingungan dalam bermain game Cashflow ataupun kamu memiliki kebingungan dalam menerapkan ilmu pengelolaan keuangan dalam kehidupan nyata, kamu juga bisa langsung berinteraksi dengan tim perencanaan keuangan profesional dari Finansialku melalui social media mereka di facebook, twitter, atau instagram loh! Atau kalau mau langsung menerapkan perencanaan keuangan dengan aplikasi Finansialku juga bisa banget dan caranya gampang! Daftarkan diri kamu di aplikasi Finansialku di web kemudian supaya kamu bisa dengan mudah melakukan perencanaan keuangan dalam genggaman tanganmu, kamu bisa unduh aplikasi Finasialku di smartphone mu!

Tips Belajar Mengelola Keuangan Secara Menyenangkan dan Bikin Kaya!

Gimana? Sekarang kamu udah tau kan tips mengelola keuangan dengan cara menyenangkan dan bikin kaya? Dengan menerapkan tips untuk pengelolaan keuangan dengan baik dan benar maka kamu bisa bikin uang yang bekerja keras untuk kamu sehingga kamu tidak perlu lagi bekerja terlalu keras untuk mencari uang, dan itu artinya kamu udah satu langkah lebih maju untuk menjadi orang kaya loh! Asik banget dong?! Yuk ahh kita perdalam ilmu perencanaan keuangan supaya bisa mengelola keuangan lebih baik lagi dan tentunya supaya bisa jadi orang paling kaya di dunia! ;)

You Might Also Love

4 comments:

  1. aku jarang mencatat arus kas. btw makasih mbak share tipsnya. akan coba di praktekin :)

    ReplyDelete
  2. Asyik nih, bljr ngatur keuangan melalui permainan, kreatif dan inovatif bgd euy,

    ReplyDelete
  3. Wah asik ya permainannya. Bisa sekalian belajar mengatur keuangan

    ReplyDelete
  4. Seru juga gamenya ya mbak, kalau menurutku sih yang paling kaya ialah mereka yang suka bersedekah, karena pasti akan dilipatgandakan rezekinya sama tuhan.

    ReplyDelete