Hobi Belanja? Lakukan 7 Trik Ini Untuk Mengurangi Perilaku Konsumtif

11:40:00 PM labollatorium 8 Comments

Hobi Belanja? Lakukan 7 Trik Ini Untuk Mengurangi Perilaku Konsumtif
Hobi Belanja? Lakukan 7 Trik Ini Untuk Mengurangi Perilaku Konsumtif


Berbelanja itu sebenarnya naluri alamiah bagi tiap manusia, terutama untuk kaum wanita seperti saya. Ada yang bilang, wanita itu yang bahaya telunjuknya. Karena kalau telunjuknya udah nunjuk barang lucu atau barang diskon, susah banget untuk ditahan hasrat belanjanya. Hahaha.. Bener ya? 

Nggak mungkin deh rasanya untuk nggak belanja sama sekali. Cuman jangan sampai kita terjerumus kedalam sikap impulsif dan perilaku konsumtif yang membuat kita menjadi seorang shopaholic. Shopaholic itu adalah seseorang yang kehilangan kendali dalam berbelanja. Pada umumnya seorang shopaholic sangat akrab dengan kartu kredit atau cicilan kredit untuk mendukung hobi belanjanya. Bahkan shopaholic seringkali berperilaku konsumtif, sehingga dia sanggup berbelanja over budget sampai-sampai menumpuk hutang kartu kredit menjadi suatu kebiasaan. Bahaya ya!

Memang derasnya sodoran iklan produk fashion, kecantikan, gadget ditambah dengan penawaran diskon yang meluncur melalui sms ataupun email newsletter, membuat perlawanan bagi dorongan untuk membelanjakan setiap rupiah menjadi semakin tidak mudah. Apalagi jika kita adalah seorang wanita bekerja, yang memang berbelanja dari hasil keringat sendiri. Lelah bekerja selama satu bulan, tidak serta merta membuat gila belanja dan berperilaku konsumtif menjadi sah lho! Untuk itu, agar kita bisa terhindar dari gila belanja dan berperilaku konsumtif, kita harus membiasakan diri untuk menjadi smart shopper yang lebih rasional dalam membuat keputusan sebelum berbelanja.

Nah di postingan kali ini, saya mau share 7 trik yang bisa berguna untuk kamu yang hobi belanja agar bisa mengurangi perilaku konsumtifmu.. Yuk disimak!

1. BATASI JALAN JALAN
Mulai batasi kebiasaan jalan-jalan ke mall, pusat perbelanjaan, ataupun sekedar liat-liat online store. Ummm.. Mungkin trik pertama ini akan sangat sulit untuk dilakukan, karena sekedar jalan-jalan atau window shopping sebetulnya sudah cukup menghibur hati, terutama ketika kita sedang dalam kondisi benar-benar Rp.0 alias tidak bisa berbelanja. Namun dengan mengunjungi tempat belanja, tentu saja godaan untuk berbelanja akan menjadi lebih besar, dan biasanya tiba-tiba akan muncul begitu banyak alasan masuk akal untuk berbelanja saat itu juga yang pada akhirnya akan menjerumuskan kita pada sikap impulsif dan perilaku konsumtif. Ya nggak? Sebaliknya, dengan tidak mengunjungi tempat belanja, otomatis transaksi pembelian pun tidak akan terjadi, dan tentunya trik ini akan meminimalisir perilaku konsumtif bukan? ;)

2. BUATLAH DAFTAR BELANJA
Entah itu untuk belanja kebutuhan sehari-hari maupun untuk belanja bulanan, kita harus mendisiplinkan diri untuk patuh terhadap daftar belanja yang sudah kita susun berdasarkan anggaran yang ada. 

3. BUATLAH WISHLIST LENGKAP
Mengurangi perilaku konsumtif bukan berarti tidak boleh berbelanja kebutuhan tertier atau sedikit mengeluarkan uang untuk keperluan mewah. Bukan. Hanya saja, untuk berbelanja kebutuhan tertier atau kemewahan seperti misalnya belanja barang fashion, gadget, atau mungkin sekedar makan-makan di restoran / café mahal, kamu harus membuat wishlist yang lengkap dengan tanggal saat wishing tersebut muncul. Jadi, saat kamu sedang memiliki banyak keinginan untuk bermewah-mewah, kamu tidak boleh mewujudkan keinginan kamu saat itu juga, namun yang harus kamu lakukan adalah memasukan semua keinginan kamu tersebut kedalam wishlist dan setelah satu bulan, barulah kamu boleh belanja atau membuat transaksi untuk satu wish item. Iya, hanya boleh satu wish item per bulan ya.. Kenapa harus begini? Karena dengan begini, tanpa sadar kita jadi terbiasa untuk hanya belanja satu barang / item yang mewah setiap bulannya. Lho kok ketat banget sih? Kalo nggak ketat gini, masa iya mau konsumtif terus? ;)

4. JANGAN SELALU MEMBAWA 'KARTU PLASTIK'
Kamu termasuk si ratu gesek yang tiap belanja tinggal gesek kartu kredit atau kartu debit segampang ngegaruk udel? Biasanya kartu-kartu plastik ini digunakan karena alasan kepraktisan. Tapi, sebetulnya saking praktisnya justru penggunaan kartu kredit atau kartu debit dalam berbelanja justru akan membuat kita jadi lebih terdorong untuk berperilaku konsumtif lho! Triknya, tinggalkan kartu-kartu plastik kamu di rumah, dan bawalah uang tunai sesuai keperluan yang tertera di daftar belanja. Yok mulai disiplin! ;)

5. MILIKI SHOPPING BUDDY
Kadang kita lebih senang pergi belanja sendirian karena kita merasa lebih leluasa baik itu dalam menentukan tujuan tempat belanja, dan pastinya lebih leluasa dalam mengeluarkan uang. Hey! Yang kaya gini nih yang bikin kita terjerumus untuk berperilaku konsumtif. Saking leluasanya belanja sendirian, tau-tau malah bablas belanja, dan ujung-ujungnya jadi nyesel karena sebenernya nggak semua barang belanjaan tuh beneran dibutuhin. Hayo ngaku? Hihihi. Nah, supaya lebih terkontrol, nggak ada salahnya kalau kita punya shopping buddy atau teman belanja. Ada baiknya, jika shopping buddy yang kita pilih adalah pasangan atau salah satu anggota keluarga kita. Yang terpenting, pilihlah teman belanja yang dapat membantu kita untuk memilah mana barang-barang yang kita inginkan dengan mana barang-barang yang benar-benar kita butuhkan, dan dia juga bisa mengingatkan kita untuk berhenti belanja ketika sudah menjurus kepada perilaku konsumtif dan bisa berakibat belanja over budget. Satu hal lagi, kita juga harus memilih teman belanja yang bisa memberikan saran dengan penuh kejujuran. Misalnya jujur kalau baju yang kita inginkan sebenarnya kurang oke untuk penampilan kita, atau jujur kalau sepatu yang kita coba tuh sebenernya nggak jauh beda dengan koleksi sepatu yang sudah kita miliki. Asik kan? 

6. BUATLAH SHOPPING ACCOUNT
Mau belanja belenji? Boleh kok! Tapi, biasakan untuk menabung terlebih dahulu supaya belanja belenjinya tidak menjadi konsumtif ya! Gimana caranya? Gampang! Buat shopping account alias tabungan / rekening khusus untuk belanja yang terpisah dari account lainnya dan tentukan anggaran saldo minimum yang harus kamu miliki sebelum belanja. Sebut saja, anggaran belanja yang ditentukan adalah Rp.1.000.000,00. Yang harus kamu lakukan adalah menabung sampai Rp.1.000.000,00, dan kamu hanya boleh pergi ke mall jika saldo shopping account kamu sudah mencapai Rp.1.000.000,00! Berat? Nggak lah! Asyiknya, kalau saldo kamu sudah sampai Rp.1.000.000,00, kamu bisa belanja sepuasnya tanpa beban apapun, karena memang uang tersebut adalah uang yang sudah kamu sisihkan dengan cara menabung! Coba deh mulai terapin sejak sekarang.. Seru lho! ;)

7. INGAT KEMBALI TUJUAN HIDUP KITA
Mau konsumtif terus? Nggak pengen kan di masa tua nanti kesusahan? Kita kan nggak hidup di masa sekarang aja lho! Masih ada masa depan.. Well, masa depan itu mungkin memang sulit diprediksi, tapi tidak ada salahnya kita mulai disiplin dalam mengelola keuangan sejak dini dan mempersiapkan masa depan kita. Agar kita terhindar dari perilaku konsumtif, coba kita pikirkan dan kalau perlu catat rencana-rencana hidup kita dalam jangka menengah dan dalam jangka panjang. Selalu biasakan untuk memiliki anggaran untuk tabungan dan nggak ada salahnya juga untuk coba mulai berinvestasi.

Mungkin kalo sekedar dibaca, 7 trik dari saya ini akan terasa berat seberat ngegendong gajah hamil. Hihihi.. Tapi coba mulai jalanin satu-satu yuk! Siapa tau dengan 7 trik yang sudah saya sampaikan di postingan ini, kita bisa menjadi smart shopper dan pengelolaan keuangan kita jadi lebih baik sehingga kita bisa tetap gaya sekaligus tetap kaya sampai tua.. ;)

You Might Also Love

8 comments:

  1. Hampir semua triknya saya terapkan. Tapi tetep, kalo dompet lagi tebel susaaaaah banget buat ngerem. Yang agak mendingan buat saya ngerem itu anak-anak. Mereka yang kadang bikin say malu berlaku konsumtif. Duitnya kan ada bagian mereka juga soalnya.:D

    ReplyDelete
  2. Tulisannya cocok bangeet ini teh pas lagi minggu-minggu pengen belanja belanji manja hehhee

    ReplyDelete
  3. Wahh..nice tips nih..trutama buat emak2 kyk saya yg suka ga bisa nahan pengen belanja..catet ah..thanks for sharing��

    ReplyDelete
  4. Saya bukan tipikal yang sedikit-sedikit belanja. Belanja online itu bisa sebulan mungkin hanya sekali atau ngga sama sekali, eh tapi kalo sekali belanja itu dia malah kalap. Yaaaah tetep aja judulnya konsumtif, yah? Hahaha. Ini tips and triknya oke juga. Makasih udah sharing ya. :*

    ReplyDelete
  5. buahahahaha kebayangnya gendong gajah hamil #gagalfokus kan jadinya? udah serius - serius baca dari atas, dibawah ngakak

    ReplyDelete
  6. Udah bikin list, tapi teteeep aja suka tergoda dengan barang di luar list 😢

    ReplyDelete
  7. Wah ide bagus bikin shopping account :D

    ReplyDelete
  8. Aku pernah sempet ga terkontrol dulu kalo soal belanja.. Beli seenaknya, kartu kredit tinggal gesek, trs baru sadar setelah bbrp thn kerja kok aku ga punya tabungan :D. Padahl temen2 semuanya udh pd punya rumah malah.. Dr situ aku sadar mba.. Lgs deh bonus berikutnya aku pake utk tutup kartu kredit, dan hanya pegang 1 skr. Itupun aku lunasin semua dan hanya dipake utk urgent thing, dengan catatan hrs lgs bayar sebelum jatuh tempo supaya g ada bunga. Alhamdulillah berhasil.. Aku jg jrg ke mall skr.. Malah sebisa munhkin kalo ke mall bawa uang bnr2 ngepas banget biar ga bisa belanja belanja yg g ptg :p.. Yg ptg niat sih sbnrnya..

    ReplyDelete