Resep Rainbow Pizza

4:37:00 PM labollatorium 7 Comments

Resep Rainbow Pizza dengan Topping Sayur & Keju Mozzarella

Hai! 

Akhir-akhir ini curah hujan mulai tinggi lagi ya? Kalo udah musim hujan kaya gini tuh paling males kemana-mana dan rasanya jadi baper melulu.. Iya baper alias bawaannya laper.. Hahaha.. 

Kalo udah laper pas lagi hujan sih sebenernya paling praktis tinggal delivery order aja makanan favorit kita.. Tapi kalo dipikir-pikir, delivery order melulu mah boros.. Lagian lokasi rumah saya yang berada di daerah Gedebage, seringkali nggak masuk area delivery order untuk makanan favorit saya.. Sedih deh.. Walau sedih, tapi justru di saat-saat kaya gini nih otak kreatif saya langsung berfikir keras, gimana caranya supaya saya tetep bisa makan enak ala cafe tapi tanpa perlu keluar rumah dan tanpa perlu bermuram durja karena lokasi rumah nggak masuk area delivery order dari resto favorit..

Resep Rainbow Pizza dengan Topping Sayur & Keju Mozzarella
Ini nih inspirasi resep Rainbow Pizza di postingan kali ini.. Mirip nggak? XD

Berangkat dari berbagai polemik yang saya hadapi di atas, dan terinspirasi dari pelangi yang biasanya muncul setelah hujan, di postingan kali ini saya ingin berbagai kreasi resep saya yaitu Rainbow Pizza. Rainbow Pizza ini sangat praktis cara membuatnya dan kaya akan serat karena selain menggunakan keju mozzarella, Rainbow Pizza ini juga menggunakan beragam jenis sayuran untuk toppingnya.

Rahasia enaknya pizza itu ada di pizza basenya, saus tomatnya, dan juga toppingnya.. Sebenernya bikin pizza tanpa saus tomat juga sah-sah aja.. Tapi buat saya, justru di saus tomat itu lah kunci yang akan bikin topping pizza dan pizza base semakin nge-blend dan manjadi penentu enak dan lezatnya pizza. Nah, di resep Rainbow Pizza ini, saya bikin saus tomat alias pasta tomat sendiri, supaya rasa pizza nya semakin gereget sampe ke hati.. #eaa

Jadi gimana cara bikin Rainbow Pizza teh atuh? Yuk disimak..

CARA MEMBUAT SAUS / PASTA TOMAT
Resep Rainbow Pizza dengan Topping Sayur & Keju Mozzarella
BAHAN - BAHAN SAUS / PASTA TOMAT:
∙ 3 buah tomat (pada resep ini saya menggunakan tomat ukuran sedang, dan ternyata saus / pasta tomat dari 3 buah tomat hanya cukup untuk 1 loyang pizza dengan ukuran diameter 15 cm)
∙ 1/4 butir bawang bombay ukuran sedang
∙ 1 siung bawang putih
∙ gula pasir secukupnya
∙ garam secukupnya
∙ merica secukupnya
∙ royco rasa ayam secukupnya
∙ oregano secukupnya
∙ margarine dapur untuk menumis

CARA MEMBUAT SAUS / PASTA TOMAT:
1. Cuci bersih tomat. Kemudian panaskan air pada panci, dan rebus tomat dalam keadaan utuh sampai kulit tomat terlihat retak dan sedikit mengelupas.
Resep Rainbow Pizza dengan Topping Sayur & Keju Mozzarella
2. Kelupas kulit tomat, kemudian buang biji tomat. Setelah itu haluskan tomat. Sisihkan.
3. Cincang bawang bombay. Sisihkan. Kemudian cincang bawang putih. Sisihkan.
4. Panaskan 2 sendok makan margarine di atas teflon, kemudian tumis bawang bombay sampai layu. Setelah itu, tumis juga bawang putih, kemudian masukkan tomat yang sudah dihaluskan. Tambahkan juga oregano, gula, garam, bubuk merica, dan tentunya jangan sampai ketinggalan untuk menambahkan royco rasa ayam.
Resep Rainbow Pizza dengan Topping Sayur & Keju Mozzarella
5. Aduk rata kemudian kecilkan api dan aduk sesekali sampai kandungan air dari tomat menguap. Setelah tomat menjadi pasta, matikan api, kemudian sisihkan saus / pasta tomat.

CARA MEMBUAT RAINBOW PIZZA
Resep Rainbow Pizza dengan Topping Sayur & Keju Mozzarella
BAHAN - BAHAN RAINBOW PIZZA:
∙ 1 lembar pizza base siap pakai diameter kurang lebih 15 cm
∙ 3 - 5 sdm saus / pasta tomat
∙ 1 buah tomat
∙ 1 buah paprika kuning
∙ 1 ikat bayam
∙ 1 buah terong ungu
∙ 250 gr keju mozzarella (gunakan secukupnya untuk topping)
∙ margarine secukupnya untuk mengoles loyang
∙ tepung terigu secukupnya

CARA MEMBUAT RAINBOW PIZZA:
1. Cuci bersih sayuran (tomat, paprika kuning, bayam, juga terong ungu) dan potong dadu atau potong memanjang sesuai selera. Siapkan loyang. Olesi loyang dengan margarine, kemudian bubuhi dengan tepung terigu. Ratakan tepung terigu dengan cara menepuk-nepuk bagian luar loyang.
Resep Rainbow Pizza dengan Topping Sayur & Keju Mozzarella
2. Letakkan pizza base siap pakai di atas loyang. Kemudian bubuhi pizza base dengan saus / pasta tomat.
3. Bubuhi kembali pizza base dengan keju mozzarella yang sudah dicincang. 
4. Kemudian lapisan terakhir adalah susunan tomat, paprika kuning, bayam, dan terong ungu. Susun sayuran tersebut secara melingkar, sehingga jika pizza dipotong 1/2 bagian akan terlihat seperti rainbow. 
5. Panggang pizza base yang sudah tertutup dengan topping selama 10 - 15 menit atau hingga pizza tampak mulai kecoklatan dan keju mozzarella sudah meleleh.
Resep Rainbow Pizza dengan Topping Sayur & Keju Mozzarella
6. Angkat pizza dari oven, sajikan, dan nikmati selagi hangat. Sebelum menyajikan pizza, jangan lupa untuk memastikan topping dan adonan pizza telah matang dengan memperhatikan warna dari adonan pizza base dan warna topping. 

Resep Rainbow Pizza dengan Topping Sayur & Keju Mozzarella
Kalo susah makan sayur, sayurnya dijadiin topping pizza aja. Dijamin lezat! :9

TIPS SUKSES MEMANGGANG PIZZA:
✓ Jangan terlalu lama memanggang pizza karena akan membuat pizza menjadi keras.
✓ Agar memanggang pizza sukses, panaskan oven terlebih dahulu ketika kita sedang mempersiapkan saus tomat atau ketika sedang menata topping sebelum memanggang.
✓ Jika saat memanggang permukaan pizza sudah tampak kecoklatan, tapi saat dicoba masih terasa kurang matang, tutup permukaan pizza dengan alumunium foil dan panggang kembali hingga pizza benar-benar matang.
✓ Untuk memastikan pizza sudah matang juga bisa dilakukan dengan menusuk adonan pizza base menggunakan tusuk gigi. Jika masih ada adonan yang menempel di tusuk gigi, berarti adonan pizza base masih mentah.
✓ Gunakan loyang bulat agar topping tidak berantakan ke samping.

Resep Rainbow Pizza dengan Topping Sayur & Keju Mozzarella
Ini nih penampakan Rainbow Pizza. Kembang kol nya ceritanya awan.. ;p

SARAN PENYAJIAN RAINBOW PIZZA:
1. Potong pizza yang sudah matang manjadi 2 bagian, agar tampilannya menyerupai rainbow.
2. Sajikan dengan kembang kol rebus di kedua ujung Rainbow Pizza, agar menyerupai awan.
3. Voila, Rainbow Pizza siap dinikmati! Jika senang pedas, boleh tambahkan saus sambal atau tabasco.

Resep Rainbow Pizza dengan Topping Sayur & Keju Mozzarella

Resep ini bisa kamu coba sendiri di dapur kamu, karena sudah lolos dapur uji labollatorium. Hihihi.. Bener deh, keharuman Rainbow Pizza ketika diangkat dari oven berikut rasanya yang gurih, bikin seisi rumah nggak sabar nyicipin kreasi resep saya yang satu ini. Bikin bahagianya, seisi rumah suka sama rasa Rainbow Pizza buatan saya ini. Ahh, akhirnya bisa bikin sendiri dan menikmati pizza dengan keju mozzarella yang melimpah dengan topping dan penyajian sesuka hati sesuai imajinasi. Ihiiy! Alhamdulillah sukses euy masak Rainbow Pizza nya! Pizza base mateng, topping dan cara penyajiannya bisa jadi penyelamat karena males makan sayur, dan overall Rainbow Pizza ini bikin perut kenyang dan hati senang! Mau coba bikin Rainbow Pizza juga? Tag saya ya kalo kamu cobain bikin resep ini juga! ;)

Udah dulu ya postingannya, mau makan Rainbow Pizza dulu nih.. Sampai jumpa lagi di kreasi menu dan resep gampang tapi yummy lainnya dari saya ya..

See you! ;)

You Might Also Love

7 comments:

  1. Kelihatannya enak ya mba :) dan aku suka banget photo2 pizzanya mba :)

    ReplyDelete
  2. wow enak sekali, fotinya bikin bagsu dan enak dipandang dan bikin ngiler

    ReplyDelete
  3. wuahhh mudah dibuat di rumah ya, makasih mbak atas resepnya, anak ku suka nih

    ReplyDelete
  4. daaan akupun lapar~~ masih subuh begini ><

    semoga pas berkeluarga aku bisa buatin pizza homemade :9

    Suika-lovers.com

    ReplyDelete
  5. Wow, kayaknya enak tuh mbak. Aduh jadi ngiler. Saya jadi ada ide buat nambah sayurannya di toping hehehe. nyam nyam nyam....:-)

    ReplyDelete
  6. Pizza adalah salah satu makanan favorit keluarga kami. Apalagi anakku. Doyaaaan banget. Thanks for sharing Mba :)

    ReplyDelete