5 Keuntungan Mempromosikan Produk dan Jasa Secara Online

1:53:00 PM labollatorium 7 Comments

Menurut survei yang dilakukan sepanjang tahun 2016 oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII), menemukan bahwa dari total penduduk Indonesia yaitu sebanyak 256,2 juta orang, hampir setengahnya atau sebanyak 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet. Pertumbuhan akses internet di Indonesia ini tentunya dipicu oleh pesatnya perkembangan infrastruktur, mudahnya mendapatkan smartphone, dan terjangkaunya paket koneksi broadband mobile.

5 Keuntungan Mempromosikan Produk dan Jasa dengan Influencer Marketing bagi Bisnis Online

Dengan adanya kemudahan akses internet di masa sekarang ini, para pengguna internet di Indonesia pun semakin senang untuk ‘online’. Mulai dari sekedar bermain online games, chatting, sampai dengan aktif di forum online dan social media seperti facebook, twitter, path, blog, instagram, snapchat, pinterest, juga youtube. Bahkan mendengarkan musik, menonton film, dan berbelanja secara online pun kini lebih digemari oleh para pengguna internet. Hayo siapa yang seneng belanja online dan nge-wishlist-in barang-barang lucu?! ;p

Bagi para pemilik bisnis, keadaan ini tentunya menjadi peluang emas untuk melebarkan pemasaran bisnisnya ke ranah online sekaligus menggencarkan aktivitas promosi dalam pemasaran produk / jasa mereka secara online. Namun sebaiknya para pemilik bisnis juga harus mulai jeli dengan keadaan, dimana para pengguna internet saat ini sudah mulai bosan bahkan cenderung mengabaikan iklan-iklan yang bertebaran di dunia maya.

Pernah kaya gini? Ketika kita sedang membaca artikel di sebuah portal berita online, tiba-tiba muncul pop up iklan atau ada iklan yang blinking-blingking ganggu di side bar? Atau pernah nggak ketika sedang ingin menonton video klip penyanyi idola di youtube, kemudian ada sisipan iklan sebelum video dimulai dan iklannya nggak bisa di-skip? Pernah ngalamin? BT nggak? Nah! Saya sih sering banget nemu iklan ketika sedang berinternet ria, dan honestly saya sendiri BT banget dengan berbagai iklan online yang bertebaran dimana-mana. Saking keselnya sama iklan online, saya sampai pasang ad-blocker demi kenyamanan berseluncur di dunia maya. Apakah saya jahat? Tentu tidak! Bukan hanya saya yang memasang ad-blocker kok! Faktanya, dari seluruh pengguna internet di Indonesia, tercatat ada sekitar 38 juta orang yang juga menggunakan ad block. Fakta ini saya ketahui berdasarkan sebuah laporan yang dirilis oleh PageFair -sebuah startup asal Irlandia- pada tanggal 30 Mei 2016 yang lalu yang menyatakan bahwa saat ini telah terdapat 419 juta pengguna smartphone di seluruh dunia yang memblokir iklan online pada perangkat mereka, dimana angka tersebut merupakan 22 persen dari jumlah pengguna smartphone di seluruh dunia. Untuk saya pribadi, penggunaan ad-blocker itu bisa menghemat data internet dan mempercepat koneksi. Sementara mungkin untuk para pengguna internet lainnya, penggunaan ad-blocker disebabkan karena berkurangnya kepercayaannya mereka terhadap iklan online yang mungkin saja melebih-lebihkan keunggulan dari produk atau jasa yang ditawarkannya.

Kalau begini, lantas bagaimana cara yang harus ditempuh oleh para pemilik bisnis untuk memasarkan bisnisnya dan mempromosikan produk/jasanya secara online? Salah satu alternatif metode pemasaran dan promosi online yang lebih ‘mengena’ bukan justru mengganggu a.k.a efektif dan efisien, yaitu influencer marketing atau lebih beken dengan sebutan social media endorsement.

"Influencer Marketing adalah metode pemasaran dengan memanfaatkan social media influencer (selebgram, blogger, youtuber) yang memiliki followers banyak dan pengaruh besar sebagai kunci dalam mempengaruhi keputusan masyarakat untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa tertentu, sehingga dapat meningkatkan brand awareness, loyalitas konsumen, product awareness, serta meningkatkan penjualan."

Apa saja keuntungan menggunakan metode influencer marketing bagi pemilik bisnis yang ingin mempromosikan produk / jasanya secara online?

1. Lebih Powerful
Dengan memanfaatkan metode influencer marketing, maka program promosi dalam pemasaran produk / jasa yang dilakukan oleh pemilik bisnis akan lebih powerful karena itu artinya program promosi dalam pemasaran produk / jasa akan lintas batas, lintas waktu, bahkan lintas ruang. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa hampir setengah penduduk Indonesia sudah terhubung dengan internet, belum lagi ditambah dengan pengguna internet di seluruh dunia, maka akan semakin mudah bagi brand untuk dapat diakses informasinya melalui internet sehingga dapat semakin meningkatkan awareness dari konsumen terhadap produk / jasa yang dipasarkan oleh pemilik bisnis.

2. Lebih Sosial
Kini promosi/periklanan semakin berbasis percakapan, yakni berupa people-to-people story. Bukan lagi didominasi wacana brand story ataupun story behind the brand
“People influence people. Nothing influences people more than a recommendation from a trusted friend. A trusted referral influences people more than the best broadcast message. A trusted referreal is the Holy Grail of advertising,” – Mark Zuckerberg, Founder, CEO Facebook.
5 Keuntungan Mempromosikan Produk dan Jasa dengan Influencer Marketing bagi Bisnis Online
Ibnu Jamil sebagai selebriti yang menjadi influencer akan memberikan penguatan terhadap produk yang diendorse bagi pengikutnya di social media. 
Dalam keputusan pembelian -seperti yang kita ketahui dan kita rasakan sendiri- kita sebagai konsumen akan lebih mudah untuk memutuskan produk / jasa mana yang akan kita konsumsi jika berdasarkan referensi dari orang yang kita percayai. Sementara itu, di era digital dan serba online seperti sekarang ini, konsumen lebih mudah untuk mencari referensi melalui social media. Maka dari itu, dengan menggunakan social media influencer yang tepat, akan memberikan kekuatan lebih bagi pemilik bisnis untuk mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih produk / jasa yang dipasarkannya.

3. Lebih Organik
Berdasarkan laporan dari sebuah full service advertising agency bernama MDG Advertising, 70 persen pengguna internet justru lebih tertarik untuk mempelajari dan mencari tau mengenai produk melalui konten dibandingkan melalui iklan tradisional.
5 Keuntungan Mempromosikan Produk dan Jasa dengan Influencer Marketing bagi Bisnis Online
Penempatan promosi jasa melalui media foto tampak lebih natural jika dibandingkan promosi secara tradisional.
Untuk itu, dengan menggunakan konten yang menempatkan produk secara natural ataupun konten dalam bentuk testimoni dari influencer yang tepat dan berkualitas seperti yang dilakukan pada metode influencer marketing, akan menimbulkan persepsi positif dan akan meningkatkan ketertarikan dari konsumen terhadap brand dan produk / jasa yang dipromosikan secara organik. 

4. Membantu SEO
Selain meningkatkan angka penjualan, metode influencer marketing juga akan membantu brand dalam menempati rangking teratas di mesin pencarian. Dengan menggunakan konten yang dibantu disebarkan dan di-viral-kan oleh influencer yang berkualitas dan memiliki pengaruh bagi pengikutnya, maka akan meningkatkan jumlah penyebutan nama brand dari produk / jasa yang dipasarkan. Semakin tinggi jumlah penyebutan nama brand, maka akan semakin tinggi SEO nya juga akan semakin populer dan semakin relevan lah nama brand terkait dengan produk / jasa yang dibutuhkan oleh konsumen ketika dicari melalui mesin pencarian.

5. Tercatat dan Terukur
Dengan menggunakan metode influencer marketing, setiap jumlah pengunjung di website, jumlah like, share, dan comment, juga setiap status, foto, dan video, bahkan reach dan exposure dari campaign yang dilaksanakan, tercatat dan dapat diukur untuk kemudian dianalisa menjadi insight yang dapat digunakan untuk pembelajaran dan review terhadap efektivitas dan efisiensi dari program promosi dalam pemasaran produk / jasa yang telah dilakukan. Hal ini tentunya akan memudahkan pemilik bisnis untuk mengukur angka penjualan dan tentunya untuk merencanakan dana iklan di masa yang akan datang.

Dengan berbagai manfaat penggunaan metode influencer marketing, tentunya pemilik bisnis harus memikirkan pula langkah pelaksanaannya. Untuk mendukung metode pemasaran ini, tentunya pelaku bisnis membutuhkan influencer yang tepat agar pesan yang ingin disampaikan dapat menjangkau target market dan target audience yang dituju secara efektif dan efisien. Untuk menemukan influencer yang tepat pemilik bisnis membutuhkan riset yang mendalam mengenai si influencer tersebut, dan tentunya riset ini akan memakan waktu yang tidak sebentar. Bahkan setelah menemukan influencer yang tepat dan sesuai dengan budget advertising pun pemilik bisnis masih harus memantau bagaimana efektivitas dari kinerja sang influencer melalui report statistik dari program promosi atau campaign yang dilakukan untuk kemudian melakukan pembayaran kepada influencer setelah perjanjian kerjasama antara pemilik bisnis dengan si influencer selesai. Serangkaian proses ini akan memakan waktu dan tenaga yang cukup banyak, sementara sebagai pemilik bisnis -terlebih pemilik bisnis kelas menengah dan kecil- tentunya banyak sekali hal yang harus ditangani sehingga sebisa mungkin workflow harus sesingkat mungkin, namun tetap mendatangkan keuntungan semaksimal mungkin. 

Lain bulu lain belalang, lain dulu lain sekarang. Kini dengan platform SociaBuzz, pencarian influencer untuk mendukung metode influencer marketing pun kini menjadi lebih praktis dengan proses yang mudah, cepat, aman, nyaman, dan tepat sasaran. 

SociaBuzz Membantu Mempromosikan Produk dan Jasa dengan Influencer Marketing bagi Bisnis Online

Dengan menggunakan platform SociaBuzz kegiatan promosi dalam pemasaran produk / jasa secara online untuk bisnis yang kamu jalankan akan jauh lebih efektif dan efisien, karena:
1. Pemilik bisnis hanya perlu menulis dan meng-upload kebutuhan promosi mereka ke SociaBuzz, setelah itu jika ada influencer yang tertarik, maka dari +10.000 influencer yang sudah tergabung di platform SociaBuzz, mereka akan mengajukan proposal ke pihak bisnis, dan pemilik bisnis bisa memilih yang paling tepat dengan kebutuhan dan budget mereka.
2. Pemilik bisnis pun bisa langsung berkoordinasi dengan pihak influencer melalui fitur chat di SociaBuzz untuk mempersiapkan dan menjalankan promosinya. 
3. Dengan menggunakan platform SociaBuzz, urusan pembayaran influencer pun menjadi lebih aman dan nyaman karena menggunakan escrow SociaBuzz sehingga pemilik bisnis tidak perlu repot lagi membayar semua influencers satu per satu, karena SociaBuzz yang akan melakukannya. Dan jika kerjasama dengan influencer batal, maka uang pun akan di-refund 100% ke pihak bisnis. Gampang kan!

Apapun bisnis yang kamu jalankan, pelaksanaan influencer marketing bersama SociaBuzz udah cara paling efektif dan efisien deh untuk mendukung kegiatan promosi dalam pemasaran produk / jasa kamu secara online

You Might Also Love

7 comments:

  1. Oh baru tau ada adblocker...iya mbak aku sendiri kurang seberapa suka pas buka web gitu ada iklannya, apalagi kalo iklannya melayang2 jadi bete banget...alasannya kuatir ke klik trus malah jadi spam (sms berbayar itu lo mbak)

    soalnya pernah beberapa kali tiba2 hape kepotong pulsa tanpa ada aba2, ngadu ke cs katanya kemungkinan tanpa sengaja nge klik iklan buat sms berbayar gitu. Ga tau deh bener apa nggak...

    ReplyDelete
  2. Wuaa... Jadi pengen nambah follower di instagram supaya bisa daftar di sociabuzz. Eh :D

    ReplyDelete
  3. Sekarang sosmed bukan sekedar ajang besosial biasa ya. justru bisa sebagai media promosi yg lebih jitu.

    ReplyDelete
  4. Wah saya jg influencer di sociabuzz :-) salam kenal.

    ReplyDelete
  5. saya pernah banget kayak gitu itu. lagi asyik2 liat youtube, ada iklan dan gak bisa di skip. Tapi terkadang ada iklan yg memang baguuus banget, pesan moralnya dapet. Apalagi ketika Hari Ibu kemaren itu, iklannya bagus2 menyentuh :)

    ReplyDelete
  6. Mau join juga di sociobuzz, siapa tau bisa diterima :)

    ReplyDelete
  7. Saya sudah daftar di soziabuzz, sayang belum berjodoh dan belum pernah dapat job dari sana

    ReplyDelete