9 Tanda Kamu Bakal Disakitin

3:37:00 PM no la 77 Comments

9 Tanda Kamu Bakal Disakitin

Paling nggak enak rasanya kalau disakitin.. Bawaannya jadi lemah, lesu tak bergairah, lemes bagaikan abis disedot dementor, dan bagian nyembuhin rasa sakitnya itu lho.. Hadududu.. Eeeiiits baper? Jangan baper dulu ahh! Hihi.. Postingan kali ini, saya bukan mau ngebahas masalah perasaan yang disakitin lho ya.. Postingan kali ini juga sama sekali nggak ada kaitan dengan kandasnya (lagi) hubungan Raisa dan Keenan Pearce lho ya.. Well, meskipun ketika perasaan kita disakitin juga kerasanya nggak jauh beda dengan yang saya sebutkan, tapi kali ini saya mau ngomongin masalah tanda-tanda 'disakitin' yang berkaitan dengan kesehatan tubuh kita nih.. Hehehe..

Serius nih.. Satu nikmat yang sering tidak kita sadari adalah nikmat sehat. Ya nggak sih? Kita baru sadar betapa nikmat, berharga, dan patut disyukurinya kesehatan tuh justru ketika kita sakit. Sadar nggak? Waktu kita sakit, kita bakal kehilangan banyak momen berharga a.k.a precious moment karena kondisi tubuh kita yang lemah dan membuat kita tidak memungkinkan untuk menikmatinya. Sadar nggak sih? Waktu kita sakit, tiba-tiba semua kebiasaan nggak sehat terlintas di benak kita dan dalam waktu yang bersamaan kita menyesal seraya berjanji sehidup semati untuk nggak ngulangin kebiasaan-kebiasaan yang bisa bikin kita 'disakitin' sama si virus-virus nakal dan jahat. Sadar juga nggak sih? Seringnya kita tuh 'disakitin' sebenernya karena kita nggak peka dengan tanda-tanda sebelum akhirnya 'disakitin'.. Perih ya.. Yeah, begitulah adanya.. :')

Banyak hal yang dapat menyebabkan kita 'disakitin' a.k.a terjangkit penyakit. Selain faktor internal yang berkaitan dengan sistem biologis tubuh atau penuaan fisiologis yang menyebabkan menghilangnya beberapa fungsi organ tubuh, faktor eksternal seperti virus dan perubahan iklim juga dapat memengaruhi kesehatan tubuh kita. Tapi, kadang meskipun kita sudah menghindari hal-hal yang bikin kita ‘disakitin’, tetep aja yang namanya penyakit itu tidak bisa kita hindari. Salah satu sebabnya adalah karena kita kurang peka. Iya, kurang peka dalam mengenali tanda-tanda yang diberikan tubuh menjelang sakit dong.. Duh, maaf ya kalo tulisan saya kali ini agak baper.. :”) Setelah hidup sekian lama di dunia ini dan bukan cuma satu - dua - tiga - kali ngalamin ‘disakitin’ - UHUK!!! - ternyata membuat saya cukup paham dengan beberapa tanda sebelum 'disakitin'. Apa saja sih 9 tanda tubuh kita bakal ‘disakitin’ a.k.a terjangkit penyakit?

77 comments:

HINDARI 5 KETAKUTAN PENGHAMBAT KEMAJUAN KARIER

9:58:00 PM no la 7 Comments

HINDARI 5 KETAKUTAN PENGHAMBAT KEMAJUAN KARIER wanita
Pernah mengalami ketakutan dalam menjalani karier? Jangan biarkan ketakutan tersebut tumbuh berlebihan!

Apakah Anda seorang wanita karier? Jika Anda adalah seorang wanita yang ingin memiliki karier gemilang di bidang yang Anda geluti ataupun menjadi seorang karyawan yang bisa diandalkan di perusahaan tempat Anda bekerja, tentunya Anda harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk memasuki dunia kerja tempat Anda berkarier. Persiapan memasuki dunia kerja bukan hanya sebatas persiapan basic pendidikan, pengalaman, dan skill yang menunjang karier Anda, tapi juga persiapan mental dari pribadi si pekerja dalam menghadapi dunia kerja yang penuh dengan berbagai tantangan dan tekanan.


Di masa sekarang ini, bukanlah hal yang aneh jika kita melihat wanita karier yang sukses mencapai posisi puncak dalam suatu perusahaan. Nah, salah satu tips untuk mencapai kesuksesan tersebut adalah dengan menjadi wanita yang berani dalam menghadapi rasa takut. Ya, rasa takut memang wajar dan acap kali dialami oleh tiap pekerja yang berada dilingkungan kerja dengan tantangan dan tekanan yang cukup tinggi, namun jika rasa takut tersebut berkembang dan menjadi berlebihan, salah-salah rasa takut malah akan jadi penghambat kemajuan karier Anda. Apa saja ketakutan yang sering terasa dan bagaimana mengatasinya, dapat Anda simak sebagai berikut:


1. Takut mengambil risiko
Seringkali seorang pekerja tidak berani bertindak karena takut mengambil risiko, dan hal ini seringkali dialami oleh seorang karyawati di sebuah perusahaan. Padahal, kesuksesan hanya akan datang pada orang-orang yang berani mengambil risiko. Agar risiko dapat diminimalisir, sebaiknya Anda melakukan riset dan pikirkan detil-detil rencana secara matang sebelum akhirnya mengambil keputusan yang nantinya akan berpengaruh pada karier Anda.

HINDARI 5 KETAKUTAN PENGHAMBAT KEMAJUAN KARIER takut risiko
Ketika menghadapi tantangan baru, rasanya ingin mengakhiri karier. Waspadai gejala ini!

2. Takut tantangan
Anda jangan pernah merasa minder atau berkecil hati jika orang-orang di lingkungan kerja Anda jauh lebih hebat atau lebih pintar dari Anda. Belajarlah dari mereka dan anggaplah tantangan tersebut sebagai motivasi untuk Anda bisa mendapatkan ide-ide baru. Percayalah, pada akhirnya tantangan ini dapat membantu Anda menjadi pekerja yang lebih kuat dalam menghadapi berbagai masalah yang mungkin akan timbul dalam pekerjaan yang Anda geluti.

3. Takut salah
Jika setiap ada tugas dari atasan dan Anda seringkali merasa takut salah, itu artinya Anda sudah menghambat karier yang sedang digeluti. Dengan merasa takut salah, Anda akan merasa stuck dan stress, karena tugas Anda malah akan semakin bertumpuk. Jernihkan fikiran Anda, hadapi perasaan takut Anda, dan mulai kerjakan tugas yang Anda terima. Seandainya terjadi kesalahan, jangan terlalu keras pada diri sendiri atas kesalahan yang sudah Anda perbuat, toh tak ada satupun orang yang tidak luput dari kesalahan. Perbaiki kesalahan tersebut dengan menunjukkan bahwa Anda bisa mengambil pelajaran dan menjadi lebih baik lagi dalam mengerjakan tugas-tugas berikutnya. Dengan demikian, kesalahan yang pernah terjadi justru akan mengantarkan Anda pada kesuksesan.

HINDARI 5 KETAKUTAN PENGHAMBAT KEMAJUAN KARIER takut bertanya
Hanya terdiam meskipun sudah diberi kesempatan untuk bertanya. Budayakan berdiskusi!

4. Takut bertanya 
Takut bertanya adalah hal yang paling sering dialami oleh para pekerja baru. Dengan alasan gengsi dan tidak ingin dianggap lemah, seorang pekerja terutama pekerja baru, sering takut bertanya karena malu dan tidak ingin dicemooh oleh rekan kerja dan atasan. Sebaliknya, seperti kata pepatah yang mengatakan : “malu bertanya, sesat di jalan”, justru bertanya dan meminta pertolongan pada orang lain akan lebih memudahkan Anda dalam menjalankan tugas dan akan menghindarkan Anda dari kesalahan fatal yang mungkin terjadi. Jadi jangan takut untuk bertanya, karena setiap orang pada satu waktu tertentu, pasti membutuhkan bantuan orang lain. Bukan tidak mungkin Anda malah bisa meraih kesuksesan jika tidak malu untuk bertanya.

HINDARI 5 KETAKUTAN PENGHAMBAT KEMAJUAN KARIER takut ikuti passion
Cintai apa yang Anda kerjakan. Sumber

5. Takut untuk mengikuti passion
Jika sekarang ini Anda sudah memasuki dunia kerja, namun Anda masih mempertanyakan karier apa yang sebenarnya Anda inginkan, kemungkinan terbesarnya adalah Anda tidak bekerja sesuai dengan passion. Satu hal yang perlu Anda ketahui, bahwa passion merupakan hal yang paling penting dalam berkarier. Buat apa bekerja susah payah, tapi tidak bahagia karena pekerjaan tersebut bukan passion Anda? Dengan bekerja di bidang yang sesuai dengan passion, maka energi positif dan rasa semangat akan terpancar di setiap pekerjaan yang dijalankan. Tidak pernah ada kata terlambat untuk menggali lagi apa passion alias hasrat Anda dalam karier. Temukan passion Anda dengan melihat diri Anda sendiri atas dasar aktivitas favorit, cita-cita, tujuan jangka panjang, dan hal-hal yang Anda kuasai. So, jangan pernah takut untuk mengejar passion Anda.

Bagaimana? Masihkah Anda merasakan berbagai ketakutan yang menghinggapi perasaan Anda? Tepislah semua rasa takut itu perlahan-lahan mulai dari sekarang. Jangan biarkan ketakutan membatasi diri dan menghambat karier Anda. Mintalah dukungan dari keluarga dan orang terdekat Anda, dan percayalah bahwa setiap masalah pasti ada solusinya jika Anda berani menghadapinya. Kalau terus-terusan takut, bagaimana mungkin Anda bisa maju, setuju?

Sumber: berbagai sumber.
Catatan: tulisan ini adalah tulisan saya yang sudah pernah dimuat di Majalah Orenz, Edisi bulan April 2014.


7 comments:

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian

11:45:00 PM no la 12 Comments

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Culinary Review

Mau makan nasi gudeg Yogya.. Bukan berarti harus ke Yogya.. Cukup ada di sini.. Dekat kita sendiri.. Kita tinggal menikmati..

Ingatkah kamu dengan lagu Semua Ada di Sini yang dinyanyikan oleh Enno Lerian? Engggg.. Keliatan banget angkatannya ya? Hahaha.. Jangan bahas angkatan dong, lagu Enno Lerian yang saya sebutkan tuh berkaitan erat dengan postingan saya kali ini lho!

"Kalau lapar tuh makan, jangan curhat! Kerena sejatinya satu-satunya penangkal lapar yang paling mujarab, adalah makan."

Kira-kira begitulah kata pujangga. Tapi nggak semua apa yang pujangga katakan itu mudah untuk kita laksanakan. Terbukti dalam hal penting yang berkaitan erat dengan rasa lapar, yaitu pemilihan tempat makan, seringnya justru membuat kita mengalami kebingungan dan berujung dengan curhat. Bener nggak? Hahaha.. Kalau para pujangga itu masih hidup, mungkin saya udah dikutuk jadi magic jar gegara kebanyakan curhat setiap kali sedang kelaparan dan kebingungan dalam menentukan tempat makan. Hihi.. Yaabis gimana atuh, seperti yang kita tau di Bandung teh bukan cuma satu atau dua tempat makan enak, tapi bwuanyak bwuanget tempat makan enak, dan seringnya mah bikin bingung orang-orang yang sedang lapar.

Di benak orang yang sedang lapar dan mau makan di luar rumah kurang lebih akan terbersit pikiran seperti ini: “Hmmm.. Laper nihhh.. Mau ke tempat makan baru, takut makanannya nggak enak. Tapi kalo mau ke tempat makan yang biasa didatengin, ntar kesannya nggak kekinian dan kayanya bosen soalnya menunya paling itu-itu lagi. Duhhh.. Maaaah, curhat dooong..” Tuh kan, ujungnya curhat.. Saking sering bingung milih tempat makan, pada akhirnya saya punya kriteria untuk milih tempat makan: 
1. menunya variatif dan halal, 
2. rasa makanannya enak,
3. tempatnya kekinian tapi juga nggak kejauhan dari rumah,
4. tempatnya nyaman, bersih, dan enak untuk hangout lama-lama bareng temen-temen,
5. harga makanannya nggak terlalu mahal, dan
6. kalo bisa mah ada wifi dan colokan listrik.

Demi memenuhi hexa kriteria saya tersebut, biasanya ujung-ujungnya saya malah dateng lagi dan lagi dan lagi ke tempat makan yang sama dan bisa dibilang langganan. Tapi beberapa tempat makan baru juga saya nggak nolak sih, kan biar culinary adventurous gitu.. Hahaha.. Ngomong-ngomong soal tempat makan langganan, RM Legoh tuh adalah salah satu tempat makan yang biasa saya dan temen-temen saya datengin. Kenapa? Tentu saja karena RM Legoh tuh obat anti lapar kekinian yang memenuhi hexa kriteria yang udah saya sebutkan dong ahh.. Hihihi..

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Sultan Agung

♪♪Mau makanan Manado, ayam rica.. Bukan berarti harus ke Sulawesi Utara.. Cukup ada di sini.. Dekat kita sendiri.. Kita tinggal menikmati..♪♪


Iyaaaaa.. Kalau mau makan makanan khas Manado di Bandung mah nggak usah ke Manado! Cukup datang ke RM Legoh aja! Sepanjang pengetahuan saya, RM Legoh tuh identik banget dengan makanan Indonesia dengan spesialisi makanan khas Manado – Sulawesi Utara. Sebut saja Ayam Rica, Cakalang Cabe Ijo, Sambal Roa, dan Sambal Dabu sebagai makanan yang udah jelas ‘Manado Banget’ ini bisa kamu nikmati di RM Legoh. See? Nggak perlu jauh-jauh ke Manado kan untuk menikmati Sambal Roa? *elap iler*

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Mie Yamin
Calling all Mie Yamin lover!

Selain menu makanan khas Manado seperti yang udah saya bilang sebelumnya, di RM Legoh juga tersedia kreasi menu-menu makanan khas Indonesia lainnya. Buat kamu yang lapar berat, kamu bisa coba nasi goreng hitam, ayam rawit, kwetiau hitam, aneka sop buntut mulai dari sop buntut biasa sampai sop buntut goreng, bebek bakar madu, tahu kemangi, mie yamin manis baso pangsit, atau cumi sambel terasi.

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Ayam Rawit
Ayam Rawit. Pedesnya nggak nyakitin kayak ditikung ditengah pdkt!

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Nasi Goreng Hitam
Nasi Goreng Item, diolah dengan tinta cumi segar. Mak nyus!

Buat kamu yang pengen ngemil lucu di RM Legoh, kamu wajib cobain tahu lada garam, tahu pletok, atau keju aroma susu.

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Tahu Pletok
Tahu Pletok ini menggairahkan banget, gaes! Must try!

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Keju Aroma Susu
Keju Aroma Susu, anyone?!

Sementara untuk kamu yang kehausan, kamu wajib pesen es teh manis jumbo, es gunung cokelat, kopi tubruk pitu tilu, green thai tea float, atau alpuket kerok khas RM Legoh. Alamaaaak sedapnyeeee!

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Es Alpuket Kerok
Alpuket Kerok nan termasyur!

Nah… Minggu kemaren, saya dateng lagi nih ke RM Legoh. Untuk apa? Untuk makan dan nyobain menu baru di RM Legoh bareng temen-temen blogger dong.. Yap! RM Legoh yang digawangi oleh chef Leon yang juga merupakan drummer Koil Band ini juga memahami banget keinginan dan gejolak rasa lapar yang ada di perut masyarakat Bandung dan sekitarnya, dengan senantiasa berinovasi menghadirkan menu-menu baru nih! 

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Menu Baru

Ada menu baru apa aja nih di RM Legoh? Berdasarkan bait-bait aksara yang termaktub di deretan menu, ada berbagai variasi menu Sapi Cuka yang jadi menu baru di RM Legoh. Ada Sapi Cuka (aja), Sapi Cuka Rica, Sapi Cuka Cabe Ijo, dan Nasi Goreng Sapi Cuka. 

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Nasi Goreng Sapi Cuka
Nasi Goreng Sapi Cuka, sebuah mahakarya dari Chef Leon!

Jadi menurut om Leon yang udah susah payah bikin kreasi menu Sapi Cuka, Sapi Cuka itu adalah daging sapi yang dimasak setelah melalui proses marinate dengan menggunakan cuka selama semalaman. Rasanya? Beuhhhh.. Kalo boleh minjem istilah Bondan Winarno mah, variasi menu sapi cuka di RM Legoh itu rasanya Mak nyus! Sementara kalo saya deskripsikan sih Sapi Cuka di RM Legoh itu rasanya seger, garing dari luar, tapi lembut dari dalam. Oh iya, kalau mau makan Sapi Cuka di RM Legoh, saya saranin pesen juga menu nasi terbaru dari RM Legoh yaitu Nasi Daun Jeruk. Udah pasangan sakinah banget deh itu Sapi Cuka sama Nasi Daun Jeruk. Hihihi..

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Sapi Cuka
Sapi Cuka, served with engkol goreng, special sambal, and acar serut! NOM!

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Nasi Daun jeruk
Nasi Daun Jeruk yang cocok jadi temen makan lauk apa aja di RM Legoh!

Untuk kamu penyuka makanan pedes, kamu bisa pesen Sapi Cuka Rica atau Sapi Cuka Cabe Ijo. Kabar gembira untuk kamu-kamu yang suka dengan rasa makanan yang pedes banget, di RM Legoh kamu bisa pilih sendiri level pedes yang kamu mau. Ada level pedes santai, pedes mampus, dan pedes super mampus. Dare to be seuhah, gaes?

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Sapi Cuka Cabe Ijo
Sapi Cuka Cabe Ijo. Mana tahaaaaan~

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Sapi Cuka Rica
Sapi Cuka Rica. Pedes, seger, gurih, dan sanggup bikin mata berbinar-binar pada suapan pertama!

Nah kalau sekiranya kamu nggak lapar-lapar amat dan pengen hangout aja di RM Legoh sambil nyemil dan minum yang seger-seger manis manja, kamu juga bisa cobain menu dessert terbaru dari RM Legoh, yaitu Es Goyobod. Weitsss, jangan salah! Es Goyobod di RM Legoh mah kekinian atuh euy.. Tampilannya yang cantik sebanding dengan rasanya yang sanggup menghapus dahaga. Suwer takewer-kewer! Berani cantik lahir batin kayak Katy Perry deh kalo saya boong!

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Es Goyobod
Es Goyobod kekinian, undeniable!

Makin asik makan dan nongkrong di RM Legoh itu salah satu faktornya adalah karena di RM Legoh ada free wifi-nya.. Kurang kekinian apa lagi sih RM Legoh? 

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Free Wifi

Oh iya, RM Legoh yang sudah berdiri semenjak tahun 2004 ini, bisa menampung sampai 150 orang pengunjung dan bisa juga dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara. Menyediakan hampir 100 an menu makanan dan minuman yang halal -I-REPEAT-HALAL!!!- dengan range harga makanan dan minuman mulai dari 3Ribu sampai 49Ribu Rupiah, makanan dari RM Legoh juga bisa dipesan untuk catering dan bisa dipesan untuk diantarkan ke rumah (delivery) untuk area tertentu dengan ketentuan yang berlaku. Tinggal kontak aja via telpon di nomer 022-4268108, via whatsapp di nomer 0882-1220-5733, atau via BBM dengan pin 55d6fa2a, maka makanan RM Legoh pesananmu pun akan bisa kamu nikmati dengan penuh sukacita tanpa perlu macet-macetan di jalanan. Yeah!

RM Legoh Bandung, Penangkal Lapar Kekinian Place Ambience

Gimana? Jadi laper? Ileran? Pandangan nanar? Mendadak diserang rasa ingin ke RM Legoh detik ini juga? Woits! Harap bersabar Bapak Ibu sekalian. RM Legoh buka dari jam 11 pagi sampai jam 9 malam. Jadi kalau mau ke RM Legoh, jangan kepagian atau kemalaman ya.. Dan jangan cari plang bertuliskan ‘RM Legoh’, karena mau nyari muterin Bandung via Namibia bolak balik sambil terbang jongkok juga kamu nggak akan nemuin plang tersebut. Hahaha.. Sebelum datang ke RM Legoh, kalau bisa kamu sedang dalam kondisi lapar. Kenapa? Soalnya porsi makanan di RM Legoh tuh bisa dibilang banyak. Namun, satu tips dari saya, supaya nggak murka karena kelaparan, usahain dateng ke RM Legoh jangan dalam keadaan lapar bagaikan belum makan dari SD, soalnya saking ngehypenya, di RM Legoh ini sering terjadi yang namanya waiting list. Nah kalo ternyata kamu udah terjerumus kedalam waiting list, kamu bisa coba ngetweet aja sambil mention ke @rmlegoh. Konon sih katanya kalau kamu pelanggan setia, tweet kamu itu bakal jadi tiket untuk dapet kursi di RM Legoh. Jangan lupa juga banyak berdoa supaya tweet kamu dibaca sama Om Leon ya.. Hihihi.. Last but not least, kalau mau irit tapi tetep kenyang, mengingat porsi makanan di RM Legoh yang cukup jumbo, kamu bisa dateng bareng temen dan share makanan. Asik kan?

Segini aja dulu postingan kali ini. ;)

-----

RM LEGOH
Alamat: Sultan Agung 9, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
Lokasi: di seberang SMA Aloysius Dago
Waktu buka: 11 AM – 9 PM (last order 9 PM)
Range harga: 3Ribu sampai 49Ribu Rupiah
Website: www.rmlegoh.com
Twitter: @rmlegoh
Instagram: rmlegoh
Facebook: RM Legoh

12 comments: