5 Tips Mengatasi Nyeri Haid

5:48:00 PM labollatorium 2 Comments

5 Tips Mengatasi Nyeri Haid Stay Fresh and Healthy with Kiranti

Ada masanya selama kurang lebih 7 dari 30 hari dalam sebulan, seorang perempuan yang berada dalam masa subur mengalami menstruasi alias datang bulan alias haid. Saat haid datang, tidak sedikit perempuan yang merasakan ketidaknyamanan, bahkan juga merasakan gejala-gejala seperti mual-mual, sakit perut, pegal-pegal, pusing, atau ada juga yang sampai jatuh pingsan. Berbagai kondisi menjelang dan selama haid tersebut tentunya membuat saya dan para perempuan lainnya jadi malas bergerak dan beraktivitas.

Di masa-masa menjelang haid, bukan hanya badan yang terasa ‘tidak enak’ namun mood juga cenderung menjadi agak kacau, rasanya semua mendadak menjadi serba salah aja gitu. Pake baju kok serasa nggak pantes. Bawaannya pengen marah-marah. Lidah pengen makan es krim Cornetto, tapi pas udah mau sampe mini market untuk beli es krim malah puter arah ke Sari Bundo. Hahahaha.. Ya gitu deh.. Serba salah bawaannya..



5 Tips Mengatasi Nyeri Haid Stay Fresh and Healthy with Kiranti

Nah, ternyata menurut survei yang dilakukan oleh Frontier menyatakan bahwa 62,7% dari perempuan Indonesia itu memang mengalami nyeri yang mengganggu pada saat haid, sehingga menjadi kendala bagi wanita dalam beraktivitas. Hal ini pula yang berdampak pada mood perempuan menjelang haid menjadi berubah-ubah.

So, kondisi-kondisi yang sudah saya sebutkan di atas, sebenarnya memang dialami oleh hampir sebagian besar perempuan kok!
 
Jadi sebenarnya haid yang terasa nyeri itu disebabkan oleh pelepasan hormon prostaglandin oleh tubuh yang merangsang kontraksi otot rahim, yang kemudian menyebabkan terjadinya peluruhan lapisan dinding rahim. Nyeri haid seperti ini masih tergolong normal, timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu, tepatnya setelah stabilnya hormon tubuh atau perubahan posisi rahim setelah menikah dan melahirkan. Namun nyeri haid juga dapat menjadi berlebihan jika dipengaruhi oleh faktor psikis dan fisik, dan seperti stres, penyempitan pembuluh darah, penyakit yang menahun, kurang darah, atau kondisi tubuh yang menurun. Nah kalau nyeri haid sudah berlebihan, sebaiknya coba berkonsultasi dengan dokter atau ahli kandungan ya!

Meskipun nyeri haid itu normal, namun nyeri haid bisa diminimalisir kok! Bagaimana caranya? Berikut ini ada 5 tips dari saya untuk mengatasi nyeri haid:

1. Lakukan aktivitas seperti biasa dan jangan lupa bahagia!
5 Tips Mengatasi Nyeri Haid Stay Fresh and Healthy with Kiranti
Yeap! Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, menjelang dan selama haid mood dan perasaan perempuan sering tak menentu. Jangan mengurung diri di rumah dan jangan bermuram durja sambil nangis termehek-mehek gara-gara nonton drama Korea ya! Beraktivitas lah seperti biasa, kalau perlu cari aktivitas luar biasa yang bisa bikin hati bahagia. Coba deh rajin-rajin cek FB, Twitter, atau Instagram dan cari informasi event seru di kotamu. Salah satu event keren yang harus kamu datangi adalah event ‘Stay Fresh and Healthy with Kiranti’.

5 Tips Mengatasi Nyeri Haid Stay Fresh and Healthy with Kiranti

Kebetulan saya datang di event yang diselenggarakan di rooftop PVJ Mall Bandung, 4 Juni 2016 beberapa waktu yang lalu. Datang ke event ini, bukan hanya membuat saya bisa bertemu dengan teman-teman baru, namun juga membuat saya merasakan pengalaman baru yaitu melakukan olahraga Yoga di udara terbuka alias Yoga In The Air bersama instruktur yang keren, yaitu Yenni Christine.

5 Tips Mengatasi Nyeri Haid Stay Fresh and Healthy with Kiranti

Di event ini juga diselingi dengan hiburan berupa dance, talk show, dan tentunya ada kuis bertabur hadiah yang bikin hati makin happy.


Gimana, seru banget dan bikin happy kan event ‘Stay Fresh and Healthy with Kiranti’ ini?! Ya bener lah, seperti kata penelitian:
Hanging out with upbeat people increases yout happiness by approximately 15%. Dr. Nicholas Christakis of Harvard Medical School and Dr. James Fowler of the University of California in San Diego conducted a study on how an individual’s social network affects their happiness levels. They found that individuals who associate themselves with cheerful people have a happier demeanor and consequently a better sense of well-being. The effects of one person’s happiness influences another person’s mood which boosts another person’s mood. Source: https://www.unh.edu/healthyunh/blog/2012/10/surround-yourself-happy-people-be-happy 
Kalau ternyata kamu nggak bisa datang ke event seru, hangout bersama teman atau pasangan sambil melakukan kegiatan yang menyenangkan juga bisa membantu mengurangi nyeri haid. Nah, disini pasangan harus berperan aktif membahagiakan perempuan. Perempuan yang uring-uringan ketika PMS tuh bukannya dicuekin atau dimarahin, tapi harus disayang-sayang dan diperhatiin. Gitu ya mas-mas dan bapak-bapak sekalian. Hehehe..

So, ketika haid melanda, jangan ragu untuk beraktivitas seperti biasa, melakukan hal simple seperti menghadiri event-event keren terbukti bisa membuat kondisi jiwa kita menjadi lebih baik dan lebih bahagia lho!

2. Lawan ‘mager’ dengan melakukan olahraga Yoga
5 Tips Mengatasi Nyeri Haid Stay Fresh and Healthy with Kiranti
Meskipun terasa nyeri, namun jangan manjakan rasa nyeri kamu ketika datang bulan dengan mager a.k.a malas bergerak ya! Bergeraklah dengan melakukan gerakan yoga seperti Janu Sirsasana (head to knee pose). Gerakan yoga yang saya ketahui dari event ‘Stay Fresh and Healthy with Kiranti’ ini dimulai dengan posisi awal duduk dengan satu kaki lurus ke depan dan kaki yang satunya dilipat menyentuh paha kaki sebelahnya. Kemudian, sentuh bagian kaki yang diluruskan ke depan dengan menggunakan tangan dan kepala hingga menyentuh lutut.

5 Tips Mengatasi Nyeri Haid Stay Fresh and Healthy with Kiranti

Yeap! Yoga sudah cukup lama dikenal di masyarakat sebagai metode alternatif penyembuhan dan penyeimbangan. Pada dasarnya, setiap gerakan yoga memiliki efek terapis yang berfungsi untuk memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh. Selain fokus pada postur tubuh, yoga juga mampu menenangkan pikiran dan membuat kita masuk kepada fresh moment, dimana emosi kembali dapat teratur. Maka dari itu yoga sangat disarankan untuk dilakukan wanita saat periode haidnya. Jadi kalau sedang haid, jangan mager yah! ;)

3. Perhatikan asupan gizi
Alangkah baiknya jika kita senantiasa memperhatikan asupan gizi, meskipun tidak sedang haid. Seperti yang kita ketahui, kesehatan itu kan mahal. So, lebih baik mencegah daripada mengobati. Setuju? Nah, menjelang atau selama haid sebaiknya kita semakin memperhatikan asupan gizi, sebagai berikut: 
- Konsumsi makanan atau suplemen yang kaya akan zat besi, agar terhindar dari anemia atau kekurangan sel darah merah. Contoh makanan yang mengandung tinggi zat besi adalah bayam, daun singkong, kacang-kacangan, ubi merah, hati ayam, dan lain-lain. 
- Perbanyak konsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, agar tubuh terasa segar. 
- Perbanyak minum air putih untuk membantu tubuh lebih segar dan terhindar dari dehidrasi. Hindari minuman bersoda, es, dan kopi, sebab hanya akan memperparah keluhan nyeri haid.
- Kurangi makanan yang bergaram, seperti kentang goreng, kacang-kacangan dan makanan berbumbu, untuk mengurangi penahanan air berlebih. 
- Tambahkan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C dosis tinggi, seminggu sebelum haid agar tubuh tetap fit dan mengurangi rasa pegal-pegal.

4. Cukup istirahat
Sesuai dengan peraturan pemerintah, perempuan yang bekerja mendapatkan hak berupa cuti haid.
Pasal 81 ayat (1) UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (“UU Ketenagakerjaan”) menyebutkan bahwa pekerja/buruh perempuan yang dalam masa haid merasakan sakit tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua pada waktu haid.
Pasal 81 ayat (2) UU Ketenagakerjaan selanjutnya menyebutkan bahwa pelaksanaan cuti haid tersebut diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama.
Manfaatkan cuti haid ini untuk beristirahat yang cukup. Dengan beristirahat cukup, setidaknya tidur selama 8 jam di malam hari dan meluangkan waktu untuk tidur siang alias power nap selama 30 menit sampai 1 jam, bisa membantu tubuh lebih rileks dan bugar, sehingga bisa mengurangi nyeri haid.

Sambil beristirahat, untuk mengatasi nyeri haid kamu juga bisa mengompres hangat di bagian perut bawah. Kompres bisa dilakukan dengan cara menempelkan botol atau kantong karet yang berisi air hangat di dalamnya. Bisa juga menggunakan handuk yang direndam dalam air hangat, disertai dengan pijatan lembut pada daerah yang terasa nyeri. Kompres ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan membuat otot-otot di sekitar perut lebih rileks sehingga rasa nyeri haid bisa berkurang.

5. Atasi nyeri haid dengan minuman kesehatan Kiranti
5 Tips Mengatasi Nyeri Haid Stay Fresh and Healthy with Kiranti
Kalo kata Ibu saya, minum jamu kunyit asam bisa membantu mengurangi nyeri haid. Tapi di jaman modern dan dinamis seperti ini, nyeri haid bisa datang kapan saja dan dimana saja. Untuk wanita bekerja yang mobilitasnya cukup tinggi seperti saya, selalu sedia Kiranti sebelum dan selama periode datang bulan tuh sangat membantu.

Kiranti itu kan minuman sehat wanita yang terbukti berkhasiat mengatasi masalah wanita dan memelihara kesehatan wanita sejak tahun 1994. Nggak perlu khawatir untuk mengonsumsi Kiranti, karena Kiranti terbuat dari 100% bahan-bahan alami pilihan seperti, kunyit, asam jawa, jahe, kayu manis, dan gula jawa. Dalam proses produksinya, Kiranti menggunakan teknologi modern untuk menjaga higienisitas dan keamanan produknya dan Kiranti juga telah mendapatkan sertifikasi CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik dan Benar) dari Menteri Kesehatan pada tahun 2005. Selain itu, Kiranti juga merupakan satu-satunya minuman datang bulan yang mendapatkan sertifikasi Obat Herbal Terstandar (OHT) atas pembuktian keamanan dan khasiatnya melalui uji pra klinis dan bahan bakunya yang telah distandarisasi. So, nggak perlu ribet nunggu tukang jamu lewat depan rumah lagi, dan nggak perlu khawatir karena sekarang ada Kiranti yang kandungannya alami, halal, aman, dan higienis untuk membatu mengatasi nyeri haid dan berbagai problem kewanitaan.

Yeah, 11 – 12 lah dengan jamu kunyit asam yang di bakul ayu jamu. Enaknya, saat ini Kiranti tersedia dalam 3 varian yaitu, Kiranti Sehat Datang Bulan Original dan Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice yang berfungsi untuk membantu melancarkan haid dan mengatasi berbagai keluhan haid, juga tersedia Kiranti Pegal Linu yang aman diminum kapan saja dan berfungsi untuk membantu mengatasi pegal linu, keletihan, meringankan sakit pada persendian dan menghangatkan tubuh. Yipppiiie!

Gimana? Semoga 5 tips mengatasi nyeri haid di atas bisa bermanfaat dan bisa bikin kamu stay fresh, stay healthy, dan stay happy selama haid melanda.

Sampai jumpa lagi di postingan lainnya ya!

You Might Also Love

2 comments:

  1. untungnya aku mah gak pernah nyeri haid, jadi santai

    ReplyDelete
  2. Iya Nih, Nola. Alibi kebanyakan perempuan (gue aja kali) yang suka mager kalau lagi datang bulan hehehe. Nah yang ini kasih BOLD sama capslock, ya: Perempuan yang uring-uringan ketika PMS tuh bukannya dicuekin atau dimarahin, tapi harus disayang-sayang dan diperhatiin. *neyngir manis*

    ReplyDelete