Pengalaman Snorkeling di Pantai Sadranan Yogyakarta

7:40:00 PM labollatorium 2 Comments

Pengalaman Snorkeling di Pantai Sadranan Yogyakarta
Haloh temans!
Ehh apa khabar? Ehhh thau nggak sihhh, banyak banget hal yang terjadi selama saya nggak bikin postingan di blog ini lho! Misalnya apa, Nol? Misalnya, saya tuh udah liburan ke Bogor karena saya menang hadiah utama dari lomba nulis blog, and then saya udah bikin beberapa artikel untuk sebuah digital media dari hasil liputan saya ke sejumlah event di Jakarta, and then (lagi) saya udah bikin beberapa karya craft yang laris dipesan di musim valentine yang lalu, and then (juga) saya udah bikin beberapa digital strategy unyu-unyu berdasarkan permintaan kakak-kakak ketje, and then (lagi juga) saya akhirnya sempet liburan ke Yogyakarta lho temans! Sibuk dan keren ya? Iya dong, so pasti! Hahaha.. XD

Nah, di postingan kali ini saya mau share tentang cerita traveling saya ke Yogyakarta yang saya jamin akan sangat jauh berbeda dengan cerita perjalanan saya ke Yogyakarta pada 1 tahun yang lalu. Traveling jarang-jarang kayak gini tuh harus kerasa bedanya meskipun ke kota yang sama, yoi nggak? ;)

Jadi ceritanya di tanggal 14 Februari 2015 yang lalu, dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya membulatkan tekad untuk pergi ke Yogyakarta naik Kereta Api, tuuut.. tuuuutt.. tuuuuuuttt.. Persiapan lahir batin dan isi dompet untuk trip berbeza dan ashoiy kali ini pun tak lupa saya rancang secara matang. 
Seperti judul postingan ini: ‘Pengalaman Snorkeling di Pantai Sadranan Yogyakarta’, sudah jelas kalau isi postingan kali ini akan bercerita tentang pengalaman saya dalam melakukan wisata snorkeling atuh ahh.. Masa saya teh mau cerita pengalaman pahitnya dalam memadu asmara? Khan ngghak mungkhin! Hahaha.. Ehh sebenernya ya, pengalaman snorkeling ini hanya salah satu pengalaman main air saya di Yogya lho temans! Kenapa salah satu? Yeap, karena sebetulnya ketika saya ke Yogyakarta beberapa waktu yang lalu, selain wisata snorkeling saya pun main ke Pantai Indrayanti, kemudian saya juga mencoba wisata caving di Goa Pindul dan wisata River Tubing Kali Oyo. Ceritanya satu-satu aja ya, supaya temans nggak muntah pelangi kebelet liburan.. Huahahaha..

Menurut mbak-mbak di tempat wisata Goa Pindul yang saya ajak ngobrol, Pantai Sadranan ini sebenarnya adalah salah satu objek wisata pantai yang masih terbilang baru, "Masih sepi Mba'e, pantainya jernih, bisa snorkeling lho!". APAH?? DI PANTAI SADRANAN BISA SNORKELING JUGAK?? MEEEN!! Demikianlah statement mbak-mbak pengelola wisata Goa Pindul yang membuat saya makin penasaran dan menimbulkan keinginan untuk mengunjungi Pantai Sadranan yang ada di dalam dada ini pun semakin tersulut. Halah lebay banget!! :))
Pengalaman Snorkeling di Pantai Sadranan Yogyakarta
Perkataan Mbak-mbak pengelola Goa Pindul nggak boong, foto ini buktinya!
Jadi, untuk mencapai Pantai Sadranan yang terletak di Padukuhan (Dusun) Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini saya harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 sampai dengan 45 menit dari objek wisata Goa Pindul. Katanya sih Pantai Sadranan yang terletak di sepanjang gugusan pantai Gunungkidul ini tepatnya berada di sebelah timur Pantai Krakal atau sebelah barat Pantai Ngandong dan Pantai Sundak. Nggak ngerti deh dua pantai itu dimana.. Hahaha..

Sebenernya sih perjalanan menuju Pantai Sadranan itu nggak terlalu jauh lho.. Cuma mungkin karena saya udah ngerasa cape, plus perjalanannya yang agak berbatu dan sedikit berliku bikin perjalanan kerasa agak lama kali ya.. Etapi ada yang seru nih, jadi di sepanjang jalan menuju Pantai Sadranan itu ternyata banyak banget penjual jangkrik goreng.. Iya, J.A.N.G.K.R.I.K!! Jangkriknya digoreng, terus dibumbuin gitu. Jadi ya, ada jangkrik goreng rasa asin, rasa pedes, terus rasa apa lagi saya lupa, keburu geli sendiri soalnya!! Terus Nola makan jangkrik goreng nggak? MAKAN LAH!! PENASARAN!! UJI NYALI!! *meskipun geli setengah mampus* :))
Pengalaman Snorkeling di Pantai Sadranan Yogyakarta
Ini Jangkrik yang saya beli, isinya rasa kombinasi. Ahh udahan bahas jangkriknya ya? GELI!! :))
NYA.TA.TER-TER.NYA.TA!! Nyebelinnya perjalanan menuju Pantai Sadranan akan terbayar kontan dengan berbagai keindahan yang tak pernah kamu bayangkan sebelumnya! Yeap!! Pesona birunya langit, hamparan pasir putih yang terasa hangat dan lembut, jernihnya air laut yang membentang nan bening karena diterobos oleh sinar matahari, ditambah dengan sepinya suasana pantai ini selain akan membuat temans merasa takjub sekaligus akan mendadak timbul kesan romantis di dalam dada. Tsahhh.. Nggak usah percaya kalo nggak lihat sendiri foto-fotonya..

Pengalaman Snorkeling di Pantai Sadranan Yogyakarta
Hamparan pasir putih, jernihnya air laut, plus mas-mas pemandu wisata... *abaikan mas-masnya ya* :))
Pengalaman Snorkeling di Pantai Sadranan Yogyakarta
Birunya langit dan aroma air laut... Hmmm...
Pengalaman Snorkeling di Pantai Sadranan Yogyakarta
Langit, pasir pantai, air laut, dan ada saya yang mulai kecapekan... *abaikan saya di foto ini ya!* :))
Saya nggak lebay kok! Nyatanya memang begitulah yang saya & banyak orang rasakan setelah berkunjung ke Pantai Sadranan.. Bahkan katanya, dengan berbagai keindahan yang terangkum di Pantai Sadranan, membuat pantai ini disebut sebagai “Love Beach” atau “Pantai Cinta”. Nah kan, saya nggak lebay berarti! Hih! : )) 
Pengalaman Snorkeling di Pantai Sadranan Yogyakarta
Mentang-mentang "Love Beach" Mas sama Mba di foto ini indehoy mesra bener yak! :))
Bukan cuma menikmati pemandangan alam, berkunjung ke Pantai Sadranan pun membuat temans berkesempatan untuk menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan wisata snorkeling lho! Ketika mengunjungi Pantai Sadranan ini saya tidak ditunjang dengan persiapan yang cukup! Baju stock udah basah semua, mana saya belom pernah snorkeling sama sekali, ahh pokonya saya merasa cupu banget.. Ya tapi namanya juga ogah rugi dan kagok capek, meskipun minim persiapan rasanya sayang banget kalau kesempatan untuk snorkeling ini saya lewatkan! Hihi.. So tanpa tedeng aling-aling, saya pun merogoh kocek Rp50.000,00, untuk menikmati wisata snorkeling di Pantai Sadranan. Dengan Rp.50.000,00 kita bisa mendapatkan jasa pemandu sekaligus menyewa peralatan snorkeling, yaitu masker, snorkel, sepatu selam, dan pelampung. 
Pengalaman Snorkeling di Pantai Sadranan Yogyakarta
Biar trendy kayak orang-orang punya foto underwater, hih!! :))
Jasa penyewaan underwater camera pun disediakan di Pantai Sadranan dengan harga Rp.20.000,00. Lumayan lah ngerogoh kocek lagi buat beli kenang-kenangan sama buat sombong sepulangnya dari Pantai Sadranan. Hahahahahriyahahahabiyarinhahahahaaa..
Pengalaman Snorkeling di Pantai Sadranan Yogyakarta
SEAFIE!! *norak ya?* *bodo amat* :))
Awalnya sih saya sempet agak deg-degan mau nyoba snorkeling. Tapi berkali-kali mas guide snorkeling saya mengingatkan untuk tidak panik. Bahkan menurut keterangan mas guide, orang yang tidak bisa berenang saja pasti akan bisa melakukan snorkeling kok. Jadi sebelum snorkeling, saya dititipi beberapa pesan :
1. Sebelum memulai snorkeling, biasakan latihan bernafas menggunakan snorkel, yaitu menarik dan menghembuskan udara melalui mulut. Agak aneh awalnya, tapi lama-lama biasa, yaaaa semacam waktu pacaran kemana-mana biasa berdua terus pas putus ngapa-ngapain dikerjain sendiri gitu deh, lama-lama biasa.. Hahahaha~
2. Pastikan masker kencang menutupi wajah & hidung dan pastikan juga tali pelampung kamu dalam keadaan kencang. Jangan sampai ketika sedang asik snorkeling, tiba-tiba masker kemasukan air laut, bakal perih banget bagaikan ngeliat mantan jalan bareng pacar barunya! Bwahahahahahasseemmmm~ 
3. Nggak usah ngegerak-gerakin badan. Ikutin aja arus biar nggak capek. Tapi jangan terlena sama keindahan bawah laut dan diem aja ngikutin arus juga sih. Sekali-sekali cek lah ke atas permukaan laut ya! Baek-baek kamu kebawa arus menuju tengah laut. Hohoho..
Karena saya mengikuti pesan mas guide dengan baik dan benar, akhirnya saya sampe juga ke level snorkeling norak dengan melakukan seafie! Hahahahabwuodoamathahahahaha..
Pengalaman Snorkeling di Pantai Sadranan Yogyakarta
Sinar matahari tembus ke dalem laut! INDAH!!
Main-main di pantai sambil menikmati keindahan pemandangan alam dan pemandangan bawah laut di Pantai Sadranan tuh beneran bisa bikin hati dan pikiran kita menjadi fresh dan tenang lho! Sumpah! Itu sebabnya di Yogyakarta trip kali ini nyempetin dateng ke pantai. Kesimpulan dari saya. Dateng ke Pantai Sadranan tuh efeknya dahsyat banget. Kemana pun pandangan saya layangkan, saya hanya bisa berkata : "Ya Allah, indahnyaaa.." dan "Subhanallaaah, indah banget!". Iya, gitu.
Berasa mimpi bisa liat ikan di pantai, sampe-sampe saya cubit pipi waktu lagi snorkeling! :))
Gimana kalau menurut kamu Pantai Sadranan ini? Kalo temans punya rencana berlibur dalam waktu dekat ini, yok diayok bolehlah nama Pantai Sadranan dimasukkan di travel bucket list kamu! ;)

Sampai ketemu lagi di cerita liburan saya ke Yogyakarta yang lainnya ya.. 

Ciao~


You Might Also Love

2 comments:

  1. Ini blog menarik banget sih~ apalagi artikel tentang snorkling ini nih...
    Salam kenal ya mba nola... :)

    ReplyDelete
  2. kira-kira harga naik nggak ya waktu liburan? aku baru tahu nih kalau pantai sadranan udah bisa snorkeling padahal udh berkali-kali ke pantai ini. *nyesel bingiiitt

    ReplyDelete