Shave for Hope 2013

6:47:00 PM labollatorium 1 Comments

Hai..
Di kesempatan kali ini saya akan bahas tentang sebuah event yang udah lamaaaaaaaaaa banget pengen saya posting di blog ini. Yess, event tersebut namanya ‘Shave for Hope 2013’ yang digelar pada tanggal 8 September 2013 yang lalu.
Shave for Hope 2013, event sosial peduli penderita kanker
Udah lama banget ya? Iya. Udah ganti gebetan 7 kali, udah keselang sama musim mangga, musim php, musim kawin, sampe sekarang udah musim rambutan aja.. Lama banget deh pokonya.. Maklum aja, sekarang baru sempet buat nulis nih.. Hehe..

Jadi gini, di awal bulan September 2013 yang katanya 'September Ceria' itu, saya dapet info dari Afrillia Dian alias Moti. Moti ini anaknya sibuk banget udah setara sama ibu negara Ukraina, tapi sesibuk apapun Moti, dia tuh anaknya selalu peka sama event-event di Bandung gitu deh.. Hebring lah pokonya! Nah, disela-sela kesibukannya, sekilas dia bilang sama saya : “Tanggal 8 September 2013 tuh Nol, ada event Shave for Hope di BIP. Lo potong rambut, ntar rambut lo didonasiin untuk anak-anak penderita kanker”. Tanpa pikir panjang, saya langsung mengiyakan untuk datang ke event itu. Tapi, sebagai remaja tanggung yang rasa rasa sosial dan rasa ingin tau nya jauh lebih besar dari pada rasa cintanya sama gebetan, saya tetep aja penuh tanda tanya. Yang ngadain eventnya siapa? Terpercaya? Beneran disumbangin tuh rambut? Terus mekanismenya kalo mau ikutan gimana? Dan kemudian malaikat digital di sekeliling raga saya pun berbisik : “Ini era digital bro, kalo bingung apa itu Shave for Hope mah googling aja!”

Nahhh, dari hasil googling saya digiring ke http://shaveforhope.com deh, dari situ saya digiring ke FB Page Shave for Hope, official twitter account Shave for Hope, official Blognya, dan akun instagramnya Shave for Hope. Terus goggling lagi, saya digiring ke  beberapa website worldwide yang dibuat khusus untuk membantu anak- anak kanker dengan memberikan sarana untuk donasi, melakukan social act, dan tempat untuk bercerita pengalaman mengenai cerita anak- anak kanker dalam proses penyembuhannya yaitu http://pandji.com/ypkai/,www.cancerkids.org,www.cancerkids.comwww.stbaldricks.org/kids/, www.childrenscancer.org, www.kidsofchildhoodcancer.org dan www.hope4cancerkids.org, terus baca-baca lagi, baca ini, baca itu, dan saya menemukan banyak fakta seputar kanker, diantaranya adalah bahwa berdasarkan hasil survey, penduduk Indonesia yang jumlahnya lebih dari 230 juta jiwa (negara dengan populasi penduduk terbanyak ke 4, setelah Cina, India dan USA, red.) kanker telah menjadi bagian didalamnya sebagai pengancam nyawa ke 7 terbesar, dan insiden ini masih terus meningkat selama 10 tahun terakhir. Selain itu menurut data dari rumah sakit, medical societies research, dan NGO seperti "The Indonesian Cancer Foundation" , konon penyakit kanker yang terbanyak adalah kanker payudara, serviks (leher rahim, red.), liver dan empedu, limfoma serta leukemia. Kanker pada anak di Indonesia ternyata juga turut 'menyumbang' 4,9% dari keseluruhan kasus kanker di dunia. Sementara menurut Pediatric Hematology Oncology Division, Department of Pediatrics, Medical Faculty of Gadjah Mada University, Yogyakarta, Indonesia, mengatakan bahwa perkiraan rata-rata  jumlah anak-anak yang terkena leukemia akut mencapai 46,2 juta per tahun. Survey ini menunjukkan bahwa sebagian besar kanker yang terjadi pada anak adalah leukemia. Dari keseluruhan hasilnya, angka kematian yang diakibatkan kanker terus menerus meningkat dari 3,4% pada tahun 1980 sampai terakhir mencapai 5,7% di 2007.

Yeap, seperti yang kita ketahui bersama bahwa kanker adalah penyakit yang ditakuti banyak orang dan telah menjadi suatu fenomena yang sangat berat di kedua sisi penderita mau pun keluarga penderita, yaitu secara emosional dan juga finansial. Penyakit ini dapat menjangkiti baik itu anak-anak maupun dewasa, dan kebanyakan kanker pada anak menimbulkan permasalahan mental emosional untuk penderita terutama keluarga, apalagi keluarga yang secara ekonomi tidak mampu. Seringnya nih permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh keluarga dari pengidap kanker menyebabkan terhentinya pengobatan karena biaya dari pengobatan kanker yang sangat mahal. Ya bayangin aja, umumnya biaya untuk diagnosanya saja sudah mencapai Rp 10 juta. Kalau kankernya bisa diatasi dengan tindakan operasi biasanya memakan biaya sebesar kurang lebih Rp 25-29 juta, ditambah dengan radiasi dan atau kemoterapi Rp 2-6 juta sekali terapi sebanyak rata-rata 6 kali terapi. Jadi abis berapa tuh kalo diitung-itung?? Hmmmm.. Saking mahalnya biaya pengobatan kanker, karena keterbatasan biaya akhirnya banyak dari masyarakat yang tidak mampu beralih ke pengobatan alternatif yang sebenarnya belum terbukti efektif sebagai pengobatan utama. Ahhhh, speechless deh baca fakta ini..

Selain baca-baca, saya juga liat foto-foto ini..
sayangi penderita kanker

Terus saya googling lagi sampe nemu video-video ini..


..sampai akhirnya saya berhenti untuk cari info, karena dada kerasa nyesek, dan kemudian mata saya berkaca-kaca.. sedih banget......

Jadi, apa sih 'Shave for Hope' itu? 
shave for hope event peduli penderita kanker
'Shave for Hope' adalah sebuah gerakan yang dibentuk oleh volunteers dari Asian Medical Students Association dan Evio Productions untuk meningkatkan awareness dan fundraising untuk anak-anak kanker melalui Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia – Community for Children with Cancer (YPKAI-C3). Tujuan dari acara ini adalah menarik partisipasi masyarakat untuk bersedia mencukur rambutnya (pria) atau memotong rambutnya (wanita) untuk menumbuhkan rasa empati terhadap anak-anak kanker, dan nanti akan ada pihak sponsor yang mendonasikan uang per kepala yang mencukur rambutnya. 'Shave for Hope 2013' sendiri diadakan di 4 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Engggg.. Kalo kamu baca-baca blog ini, bukan cuma sekali saya posting motivasi, quotes, dan berbagai hal yang berbau semangat. Mau tau kenapa? Karena kalo menurut pendapat saya, ketika kita udah nggak punya apa-apa, satu hal yang tersisa adalah sebuah harapan yang mendapatkan semangat dan dukungan dari orang-orang di sekitar kita. Sungguh..

Coba deh kita introspeksi.. Apakah kita pernah ngomong salah satu dari beberapa kalimat di bawah ini :
"Ya ampun masalah gue tuh berat banget deh, rasanya gue nggak sanggup lagi ngadepin temen-temen gue, ngadepin hidup ini!!"
Padahal persoalannya cuma karena baru putus sama kakak kelas..

"Gilaaaaa!! Gue kemareeeen kelewatan salenya ZARA di PS doooong!! Gue nelangsaaaaa nggak bisa dapetin jaket kulit idaman gueeeeee!!"
Padahal diskonan ntar juga ada lagi, dan di luar sana banyak banget yang bajunya itu-itu aja tapi nggak pernah ngeluh lho..

"Gue lagi nggak mau nongkrong, soalnya gue lagi nabung buat party di club, buat beli sepatu limited edition, sama ntar akhir taun gue mau liburan ke luar negri!"
Padahal kalo nggak party, nggak beli sepatu limited edition, dan akhir taun di rumah aja juga nggak akan masuk neraka..

"Gue sirik banget sama si X. Dia mobilnya baru, terus tiap minggu perawatan di Dokter Kulit mahal, teruuuus tiap bulan pasti aja piknik bareng keluarganya.."
Sirik kok dipiara..

"Gokiiiil.. Gue setreeeees bangeuuuudh!! Udah seminggu absen nggak hangout pleus karaoke gituuuuu.. Ya Tuhaaaaan.."
Gara-gara nggak hangout dan karaoke aja bawa-bawa nama Tuhan.. Hadeuhhh..

"Gue nggak mau sekolah, gue lagi bad hair day! Kesel banget sama capster salon kemaren!! Rambut gue jadi nggak oke!!"
Padahal rambutnya sebenernya nggak kenapa-kenapa juga sih..

MEEEEEEN!! SADAR NGGAK SIH KALO GAYA HIDUP TUH SERING BIKIN KITA JADI BUDAK??
SADAR JUGA NGGAK KALO DI LUAR SANA, BANYAK ORANG YANG LEBIH SUSAH DAN BUTUH ULURAN TANGAN DARI KITA??
SAAAADAAAAR NGGAAAAAK??

Ooooppsssiiieee.. Maaf.. Ini bukan marah ke kalian para pembaca yang budiman.. Justru ini juga adalah sebuah catatan untuk diri saya sendiri yang seringkali khilaf karena hal duniawi.. Astagfirullah..

Oke, balik lagi ke cerita ya.. Setelah melalui proses googling, mata berkaca-kaca, dan pendaftaran, akhirnya pada tanggal 8 September 2013, disela-sela deadline kerjaan, saya datang sendiri ke acara 'Shave for Hope' yang di kota saya (Bandung, red.) diadakan di BIP. Sampe BIP? Gila, nggak nyangka.. Animo temen-temen di Bandung untuk partisipasi di acara ini tinggi banget, baik itu single shavee maupun group shavee.. Pokonya tekape penuh banget sama peserta dan beberapa bintang tamu lainnya yang turut memeriahkan acara yaitu ada mas Steny Agustaf, mas Edi Brokoli,  dan Project Pop! Saking banyaknya calon shavee, ngantri buat dapet giliran potong rambut lumayan agak lama nih, mungkin mbak-mbak dan mas-mas capsternya gempor juga ya kalo harus nyukur rambut ratusan orang.. Hihi.. Oh iya, untuk wanita berhijab yang ingin mengikuti event ini nggak usah khawatir karena ada ruangan khusus yang disediakan oleh panitia. Banyak banget kok shavee wanita yang berhijab, bahkan nggak sedikit loh shavee wanita yang rela botak.. Sumpah salut deh buat event ini!
shave for hope event peduli penderita kanker daftar
shave for hope event peduli penderita kanker acara
shave for hope event peduli penderita kanker acara
shave for hope event peduli penderita kanker acara
shave for hope event peduli penderita kanker acara
shave for hope event peduli penderita kanker acara
shave for hope event peduli penderita kanker sertifikat
shave for hope event peduli penderita kanker sertifikat
Nah, berdasarkan info yang saya dapet mengenai acara 'Shave for Hope 2013' melalui blog resminya, acara yang diadakan di Bandung Indah Plaza dari pk 10.00-22.00 tersebut menyumbangkan sebesar Rp 56.100.000,- dengan total 561 shavees. Keren ya? Tapi apakah menurut kamu itu cukup? Saya rasa sih enggak cukup deh.. Enggak akan pernah cukup malah.. Sementara itu, bagi saya pribadi menjadi salah satu shavee di event Shave for Hope mengajarkan saya bagaimana rasanya kehilangan helai demi helai rambut dan saya mengerti bagaimana rasanya tidak bisa mengikuti tren gaya rambut kekinian karena kondisi yang berbeda. Namun, satu hal yang pasti, meskipun kehilangan rambut bukan berarti kehilangan semangat untuk menggapai mimpi kan?

Well sebenarnya, sebagai manusia yang ada dalam keadaan sehat sepenuhnya, kita tidak dapat merasakan penderitaan mereka yang sakit. Namun, alangkah hebatnya bila kita menghargai kesehatan kita, dan membantu mereka yang sedang sakit dengan apa yang kita bisa, agar kesakitan mereka berkurang meskipun tidak secara langsung. Perjuangan mereka tidaklah singkat dalam melawan kanker. Beberapa telah berhasil melawan penyakit mematikan ini dalam skala tahunan, beberapa masih dalam proses untuk melawan, dan banyak sekali yang telah kalah untuk melawan kanker yang jahat ini dan meninggal dunia. So, apakah kamu tergerak buat ikutan 'Shave for Hope' taun ini? Atau mau donasi dalam bentuk uang atau mungkin bentuk lainnya? Boleh banget lah. Saya yakin mereka yang membutuhkan akan sangat senang dan berterimakasih sekali atas uluran tangan kita.. Jangan pernah biarkan mereka melihat akhir tanpa harapan, mari kita bantu agar mereka melihat harapan yang tidak ada akhirnya.

*sumber data, foto dan video dari http://shaveforhope2.blogspot.com, http://shaveforhope.com
*semua foto event adalah koleksi pribadi.

You Might Also Love

1 comment:

  1. Hallo Prima, Aku Budi, senang sekali bisa baca blog kamu.... Bagus dan menarik... :)
    Oh iya, kamu mau ikutan nyumbang rambut lagi gak di Shave For Hope ?? Kalo mau, tolong sms atau miscal aku du 087723620555, nanti kita omongin lagi yach... Ditunggu Lho... Thanks... :)

    ReplyDelete