[DIY] Accessories Hanger dari Koran dan Botol Bekas

2:12:00 PM labollatorium 1 Comments


Halooooo.. Haloooo Banduuuung..
Kumaha akang teteh sadayana, dararamang?
Palay beuleum peuyeum? Atanapi palay beuleum api asmara yeuh?
Heuheuy.. Deudeuuuuh.. Di bulan Februari gini ngomongin api asmara, atuhlaaaah.. Hahaha..
Yess!! Setelah sekian lama nggak bikin postingan di blog saya yang jumawa ini, pada hari Sabtu [yang kebeneran setelah dari pagi mendung tiba-tiba matahari mendadak] cerah -secerah-lampu-Phillips-TL-183-watt-secerah-muka-Laudya-Chintya-Bella-yang-abis-pake-masker-Garnier-juga-secerah-kulit-badan-yang-abis-luluran-pake-lulur-yang-bergambar-putri-raja- [tapi kemudian mendung lagi], saya menyempatkan diri untuk menuliskan sebuah postingan tentang pengalaman saya dalam membuat sebuah karya, yaitu DIY Accessories Hanger dari Koran dan Botol Bekas. *tepuk tangan meriah*
[DIY] Accessories Hanger dari Koran dan Botol Bekas

Well, sebagai seorang perempuan agak mapan yang hidup di daerah papsyupappap metropolitan [howeehyoooo..] yang memiliki kegiatan cukup padat dengan masa depan yang diprediksikan akan begitu gemilang [amiiiiiiiin!!], setelah resign pada tanggal 31 Desember 2013 yang lalu, saya sering ngerasa gatel kalo cuma diem aja.. Makannya, kemaren ini saya iseng aja bikin accessories hanger yang berbahan dasar koran dan botol bekas.. Dengan berbekal hati yang masih agak berantakan dan ternyata ketika ngelirik meja rias kok meja rias saya berantakan juga, saya buatlah karya ini.. Hihihi.. Isengnya bener-bener keterlaluan sih emang.. Bahkan waktu saya mulai projek DIY  ini, saya juga nggak tau apakah hasilnya akan sesuai dengan apa yang ada di pikiran saya yang suci ini atau malah sebaliknya.. Tapi emang dasar saya orangnya [kadang] pantang menyerah, dengan semangat dari sebuah pepatah Sunda yang berbunyi : "Lamun keyeng, tangtu pareng!" dan dengan mengucapkan "Bismillah.." saya mulai lah projek DIY ini..

Oke deh, daripada saya ngacapruk lebih panjang, langsung aja saya jelasin step by step [ouw beybehhhh..] pembuatan 'Accessories Hanger dari Koran dan Botol Bekas' di postingan ini ya.. Here.. We.. GO!!

Bahan-bahan dan peralatan-peralatan yang diperlukan :
[DIY] Accessories Hanger dari Koran dan Botol Bekas Bahan
1. Kertas koran bekas
2. Botol bekas
3. Pasir
4. Gunting kertas
5. Plastic tape
6. Lem kayu
7. Kuas
8. Penggaris
  
Cara pembuatan :
[DIY] Accessories Hanger dari Koran dan Botol Bekas Langkah
-Karena accessories hanger ini menggunakan botol bekas, maka botol bekas yang digunakan dalam projek ini perlu diisi dengan pasir dengan tujuan agar botol menjadi  agak berat sehingga nantinya botol akan kuat menopang aksesoris yang digantung.
-Dengan menggunakan corong, isilah botol bekas dengan pasir yang sudah diambil.
-Padatkan pasir di dalam botol, kemudian sumbat dan tutup botol dengan menggunakan kertas koran dan plastic tape.
-Siapkan lem kayu yang sudah dicampur dengan sedikit air.
-Pasang kertas koran pada setengah badan botol bagian bawah dan rekatkan antara koran dengan botol menggunakan lem kayu. Pemasangan kertas koran ini bertujuan agar lintingan koran yang nanti akan dipasang di badan botol dapat lebih merekat.

[DIY] Accessories Hanger dari Koran dan Botol Bekas Langkah Pifot
-Sementara itu, siapkan 3 macam lintingan koran :
1. Lintingan berukuran cukup panjang yang dibuat dengan cara memelintir kertas koran. Lintingan ini nantinya akan digunakan untuk menutupi seluruh permukaan accessories hanger.
2. Lintingan berukuran agak panjang yang dibuat dengan cara menggulung kertas koran. Lintingan ini nantinya akan berfungsi sebagai hanger.
3. Lintingan berukuran pendek yang juga dibuat dengan cara menggulung kertas. Lintingan ini akan menutupi seluruh bagian botol bekas. 
-Setelah semua lintingan siap, mulailah proses pemasangan semua lintingan di badan botol.
-Ketika memasang lintingan nomer 2 dan nomer 3, sisakan dan tekuk lintingan sekitar 2 centimeter. Hal ini dilakukan agar botol dapat tertopang sehingga nantinya ketika aksesoris digantungkan accessories hanger ini tidak akan mudah jatuh.
-Setelah lintingan nomer 2 dan nomer 3 menutupi badan botol, balut setengah badan botol bagian bawah dengan kertas koran agar semua lintingan tidak ada yang renggang atau lepas dari badan botol.
-Lengkungkan lintingan nomer 2 yang sudah merekat di badan botol. Agar lengkungan lebih kuat, balut lengkungan tersebut dengan lintingan nomer 1. Untuk membentuk lengkungan menjadi lebih sempurna, tahan lengkungan dengan tangan, dan keringkan lem yang menempel dengan hair dryer sampai lengkungan terasa cukup kaku. Lakukan hal yang sama pada 3 lengkungan lainnya.
-Pada ruang bagian atas botol, sematkan beberapa lintingan yang bisa dikombinasikan antara lintingan nomer 2 dan lintingan nomer 3 yang nantinya akan dibentuk menjadi hiasan accessories hanger. Setelah penyematan lintingan selesai, balut bagian atas botol dengan lintingan nomer 1, kemudian bentuklah kombinasi lintingan nomer 2 dan lintingan nomer 3 tersebut secara indah sesuai selera, dan tahan bentuk yang sudah kamu buat dengan menggunakan paper clip.
-Sambil menunggu 4 lengkungan dan bagian atas accessories hanger mengering dengan sempurna, balut seluruh badan botol yang tersisa dan balut juga dasar/penopang accessories hanger dengan lintingan nomer 1.
-Setelah semua proses diatas dilalui, pastikan tidak ada satupun lintingan yang tidak merekat, pastikan lem sudah kering, lepaskan paper clip yang masih menempel, dan rapikan dasar/penopang botol. Maka selesailah pembuatan accessories hanger berbahan dasar koran dan botol bekas, dan dengan ini sudah sah bagi kamu untuk menggantungkan aksesoris kesayanganmu di Accessories Hanger tersebut.
[DIY] Accessories Hanger dari Koran dan Botol Bekas Pajang

Nahhh.. Gimana? Bingung ya sama bahasanya? Sama, saya juga bingung gimana nulisinnya.. Hahaha.. Mungkin gambar yang saya sertakan cukup membantu kali ya.. Ya keliatannya sih kaya yang simple, tapi sebenernya ribet loh.. Hihihi.. Kalo kamu penasaran, boleh loh cobain bikin Accessories Hanger seperti yang saya buat ini. Bahkan kalo pengen Accessories Hanger nya tampil lebih kece, kamu boleh tambahkan dengan memulas warna dari cat poster yang bisa kamu sesuaikan dengan warna kesukaan kamu atau sesuai dengan warna interior ruang rias kamu.. Kalo kamu ngerasa males tapi niat bikin, sebenernya masih banyak kok benda-benda lain yang bisa kamu buat dengan berbahan dasar koran bekas.. Eummm, pertimbangan saya dalam pembuatan Accessories Hanger ini sih sebenernya lebih karena faktor fungsional, so untuk faktor estetika nya mah memang seadanya aja.. Hehehe.. Memang sih aksesoris saya nggak terlalu banyak, tapi kalo kita simpan dengan cara yang apik kan jadi lebih mudah ketika sewaktu-waktu membutuhkan aksesoris itu.. Dan lebih kecenya tempat nyimpen aksesorisnya bikin sendiri dari bahan-bahan tak terpakai yang ada di sekitar kita!! Cool banget dong!! ;)

Jadiiiii, daripada kamu ngabisin waktu dengan galau nggak jelas dan terus-terusan ngegantungin perasaan lebih baik ngegantungin aksesoris sambil terus berkarya dan katakan :
"Selamat tinggal berantakan!"

Akhir kata, semoga postingan ini bermanfaat dan sampai ketemu lagi di kesempatan lainnya yaaa..

Ciao~

You Might Also Love

1 comment: